Zheng Gu Shui (正骨水), Obat Patah Tulang Paling Mujarab

Zheng Gu Shui (正骨水) merupakan salah satu obat patah tulang paling ampuh yang dikenal luas masyarakat Tionghoa! Obat cina ini yang secara harafiah dapat diartikan sebagai “air obat patah tulang”. Formula obat ini dibuat oleh seorang tabib terkenal di Tiongkok di era dinasti Ming (sekitar tahun 1500 M).

Ramuan minyak obat yang telah dikenal selama 500 tahun ini memang cukup mujarab dan sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit atau kelainan pada tulang, seperti membantu peyembuhan retak dan patah tulang, keseleo, memar karena benturan, meringankan sakit rematik, mengobati pegal linu/sakit tulang, meredakan pembengkakan dan melancarkan sirkulasi darah.

Zheng Gu Shui dikemas dengan kemasan dengan warna dominan merah yang bertuliskan nama obat tersebut dalam huruf Hanzi (正骨水) dan diikuti dengan tulisan dalam huruf pinyin. Di dalamnya, terdapat botol kaca transparan dengan tutup berwarna merah.

Di dalam botol terdapat cairan Zheng Gu Shui berwarna cokelat kehitaman dengan kandungan herbal untuk mengobati berbagai penyakit tulang. Jika Anda mengalami masalah pada tulang dan menggunakan obat ini, akan langsung terasa berkurangnya rasa sakit.

Minyak obat Zheng Gu Shui sangat terkenal untuk mengobati retak atau patah tulang, sebab dalam ramuan obatnya terdapat kandungan yang dapat mempercepat proses regenerasi sel-sel tulang yang patah dan retak. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut, seperti melakukan rontgen.

Artinya, setelah menggunakan obat Zheng Gu Shui juga perlu untuk menemui dokter (seperti dokter spesialis tulang) untuk berkonsultasi lebih lanjut, sehingga proses penyembuhan serta pemulihan akan lebih baik dan tidak menimbulkan resiko di kemudian hari.

Karena khasiatnya untuk mengobati berbagai macam masalah tulang dan memar, obat Zheng Gu Shui ini juga sudah cukup terkenal di kalangan praktisi kedokteran untuk mengobati atlet yang sering kali mengalami cidera atau memar karena berlatih.

Loading...

Zheng Gu Shui bukan obat untuk dikonsumsi! Apabila terdapat luka yang terbuka, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu luka, kemudian oleskan Zheng Gu Shui hanya di bagian sekitarnya. Hindari mengoleskan di bagian luka yang terbuka!

Zheng Gu Shui (正骨水), obat patah tulang paling mujarab

Baca juga28 Macam Obat Cina Legendaris dan Khasiatnya Yang Masih Banyak Dipakai (PART 4)

A. Khasiat/Manfaat Zheng Gu Shui

1. Mengobati berbagai macam penyakit tulang, dari mulai tulang retak, patah tulang, keseleo, memar karena terbentur, dan luka yang mencapai bagian tulang.
2. Mengurangi rasa sakit di bagian tulang yang bermasalah.
3. Membantu meredakan pembengkakan di sekitar luka.

4. Melancarkan peredaran darah di bagian sekitar luka, juga meningkatkan metabolisme sel pada bagian yang dilumuri.
5. Mepercepat tumbuhnya osteoblasts (sel-sel tulang) sehingga mempercepat pemulihan tulang yang patah dan retak.
6. Mengobati semua jenis luka memar akibat olahraga, kecelakaan kendaraan bermotor, dan cedera luar lainnya yang mengakibatkan dislokasi tulang.

B. Cara Pemakaian/Penggunaan Zheng Gu Shui

Minyak/cairan obat ini dapat digunakan sebagai pertolongan/pengobatan medis pertama, karena dapat mengurangi rasa sakit dan dapat digunakan juga untuk mempercepat proses regenerasi bagian tulang yang patah. Pastikan tidak ada luka luar yang terbuka sebelum menggunakan obat ini.

Pengobatan umum orang dewasa : Kompres atau gosokkan minyak obat pada bagian tubuh yang terluka. Gunakan kapas atau kain kasa untuk menggunakan obat ini. Jangan gunakan tisue karena hanya akan menyerap.

Untuk anak-anak : Kurangi dosisnya (cairan obat) sehingga tidak menyebabkan iritasi pada kulit yang digosokkan Zheng Gu Shui.

♦ Untuk dislokasi persendian : Terlebih dahulu perlu dilakukan proses pengembalian sendi yang mengalami dislokasi. Setelahnya, bisa digunakan cairan obat Zheng Gu Shui dengan cara mengompresnya pada bagian yang sakit tersebut selama 1 jam. Ulangi sebanyak 2-3 kali dalam sehari hingga kondisi membaik.

♦ Untuk kecelakaan tulang yang menggunakan gips : Oleskan atau semprotkan cairan obat Zheng Gu Shui ke daerah sekitar gips untuk mempercepat proses pemulihan.

♦ Untuk kaki pegal akibat terlalu lama berdiri : Semprotkan atau oleskan pada bagian telapak kaki sebelum mengenakan kaus kaki dan sepatu. Obat ini cukup mujarab untuk mencegah pegal-pegal karena berdiri dalam waktu yang lama.

Loading...

Catatan penggunaan minyak obat Zheng Gu Shui :

1. Zheng Gu Shui bukan obat untuk dikonsumsi! Apabila terdapat luka yang terbuka, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu luka, kemudian oleskan Zheng Gu Shui hanya di bagian sekitarnya. Hindari mengoleskan di bagian luka yang terbuka!

2. Setelah mengoleskan atau menyemprotan Zheng Gu Shui, hindari untuk memberikan perban! Sebab jika diperban, akan muncul risiko penyumbatan sirkulasi darah sehingga memperlambat waktu penyembuhan.

3. Untuk patah tulang atau dislokasi persendian, harus dikembalikan keposisi semula terlebih dahulu sebelum diurut. Jika diurut duluan, maka hanya akan memperparah dislokasi tulang, sehingga nantinya akan semakin sakit.

4. Cucilah tangan setelah menggosokkan obat ini. Hindari mengucek mata setelah tangan bersentuhan dengan cairan Zheng Gu Shui. Kalau tidak, silahkan rasakan ‘khasiatnya’ 🙂

Zheng Gu Shui (正骨水) kemasan 60 ml dan 100 ml

C. Kandungan Obat Zheng Gu Shui

• Notoginseng radix (田漆; tián qī) : Berfungsi untuk menghentikan pendarahan, mencegah penyumbatan sirkulasi darah, mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit.

• Curcumae rhizoma (莪朮; é zhú) : Berfungsi untuk memperlancar sirkulasi darah dan memecah akumulasi darah di satu tempat.
• Polygoni Cuspidati Rhizoma (虎杖; hǔ zhàng) : Berfungsi untuk menyegarkan darah, menghalau kondisi darah statis dan menghentikan rasa sakit.
• Cinnamomi Ramulus (桂枝; guì zhī): Berfungsi untuk melegakan otot, memperlancar sirkulasi darah dan menimbulkan efek hangat.

• Crotonis Crassifolii Radix (鸡骨香; jī gǔ xiāng): Berfungsi untuk mengobati memar, mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit.
• Angelicae Dahuricae radix (白芷; bái zhǐ): Berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan kejang.
• Moghaniae radix (千斤拔; qiān jīn bá) : Membersihkan racun di sekitar area tulang.

• Inulae Cappea Herba (白牛胆; bái niú dǎn) : Berfungsi mengurangi rasa sakit di bagian sendi.
• Mentholum (薄荷脑; bò hé nǎo): Zat analgesik (penghilang rasa sakit).
• Camphora (脑; zhāng nǎo) : Memperlancar peredaran darah dan mengurangi rasa sakit.

D. Harga Obat Zheng Gu Shui

Di pasar Indonesia, minyak obat Zheng Gu Shui sendiri hanya tersedia dalam kemasan berukuran 60 ml dan 100 ml. Sementara di pasar Tiongkok dan wilayah sekitarnya, terdapat beberapa ukuran kemasan botol : 12 ml, 30 ml,45 ml dan 88 ml.

Untuk Zheng Gu Shui botol semprotan (Zheng Gu Shui spray bottle) hanya terdapat pada kemasan ukuran 60 ml, sedangkan kemasan 100 ml tidak mendapatkan semprotan, hanya dijual sebagai refil atau isi ulang.

Untuk ukuran 60 ml, Zheng Gu Shui dijual dalam kisaran harga Rp 55.000,- hingga Rp 70.000,-.
Sementara untuk kemasan isi ulang 100 ml, dijual dalam kisaran harga Rp 70.000,- hingga Rp 80.000,-.

Loading...

The following two tabs change content below.

diraliya

I'm a twenty-something years old woman who currently works as a content writer freelancer. I took a major of Chemical Engineering at Institut Teknologi Bandung, wishing that I could learn about what interests me. The wide scope of chemical engineering's knowledge let me learned much within small amount of time.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

error: eits, mau ngapain nih?
Loading...