Die Da Yao Jing (跌打藥精), Obat Merah “Betadinenya” Tiongkok

Die Da Yao Jing (跌打藥精), atau ‘Tieh Ta Yao Gin’, merupakan obat merah (betadine) yang sangat mujarab untuk mengobati berbagai macam luka, dari mulai luka lecet, luka terkena benda tajam, terjatuh, keseleo, terbeset, memar, dan berbagai luka lainnya. Die Da Yao Jing sering juga disebut dengan nama “betadine china”, sebab obat ini memang diproduksi dan diimport langsung dari negeri tirai bambu.

Di Indonesia sendiri, betadine atau obat merah ini cukup banyak dijual di pasaran, kemasannya pun bisa berbeda-beda.

Wajar saja, sebab ada beberapa distributor yang memasarkan merek Die Da Yao Jing di pasar Indonesia. Namun untuk yang kualitasnya sudah terjamin dan teruji oleh balai BPOM, pilihlah Die Da Yao Jing yang di distribusikan/di import oleh PT. Purusa Bhakti Indonesia atau dari PT. Saras Subur Abadi.

Karena kepopuleran nya itulah sehingga banyak sekali obat Die Da Yao Jing yang beredar di pasaran dengan berbagai merek dan kemasan. Secara garis besar, di pasar Indonesia terdapat merek Die Da Yao Jing yang memiliki kualitas setara, yakni :

1. Die Da Yao Jing yang di impor oleh PT. Purusa Bhakti Indonesia,
2. lalu Die Da Yao Jing yang di impor oleh PT. Sinar Herba Radix,

3. kemudian Die Da Yao Jing yang dimport oleh PT. Saras Soebur Ayoe yang kemudian berganti nama menjadi PT. Saras Subur Abadi,
4. dan yang terakhir Die Da Yao Jing merek Chu Kiang Brand (Feng Liao Xing).

Die Da Yao Jing dikemas dengan kotak berwarna merah, di dalamnya terdapat sebuah botol cokelat tempat meyimpan cairan obat luka. Produk obat yang telah dipercaya ratusan tahun ini sangat direkomendasikan untuk selalu tersedia di rumah, agar dapat menjadi pertolongan pertama ketika anggota keluarga mengalami luka tertentu.

Loading...

Baca juga14 Macam Obat Cina Legendaris dan Khasiatnya Yang Masih Banyak Dipakai (PART 2)

Obat merah tempoe doeloe, saat betadine belum ada. Jika terasa perih, gigitlah bantal 🙂

A. Khasiat Obat Merah Die Da Yao Jing

1. Mengobati berbagai macam luka, seperti lecet, luka tertusuk benda tajam, terjatuh, terbeset, keseleo, dan sebagainya.
2. Mengobati pendarahan, peradangan, dan pembengkakan pada luka.
3. Mengobati luka dalam, seperti terkilir, keseleo, bengkak, otot tertarik.

4. Membantu pemulihan penderita patah tulang yang telah menjalani operasi.
5. Mencegah terjadinya infeksi pada luka.

B. Dosis dan Aturan Pemakaian Obat Merah Die Da Yao Jing

♦ Pengobatan untuk luka luar (pendarahan, peradangan, infeksi, pembengkakan luka) : terlebih dahulu bersihkan area kulit yang terbuka dengan menggunakan air hangat. Pastikan debu dan kotoran lainnya yang menempel terbasuh air hangat.

Tuangkan Die Da Yao Jing secukupnya pada kapas, kemudian ditempelkan pada area yang terluka. Gunakan plester untuk melekatkan kapas dan obat ke bagian yang terluka. Setiap hari, gantilah kapas dan obat 3-4 kali, hingga dirasa luka sudah mengering.

♦ Pengobatan untuk luka dalam (terkilir, keseleo, bengkak, otot tertarik) : Tanpa perlu menggunakan kapas, langsung teteskan obat ini secukupnya menjadi seperti obat gosok. Kemudian pijat perlahan-lahan bagian tubuh yang mengalami luka dalam.

Setelah itu, bagian tubuh yang terasa sakit bisa juga dibalut perban yang telah dilumuri Die Da Yao Jing. Ganti perban sebanyak 2-3 kali dalam sehari agar tetap higienis.

♦ Pengobatan untuk patah tulang pasca operasi pembetulan tulang : Cukup tuangkan cairan Die Da Yao Jing di kapas, kemudian kompres di bagian yang sakit. Tidak perlu menekan bagian yang sakit tersebut, cukup mengompresnya. Lakukan beberapa kali dalam sehari hingga dirasa luka telah pulih.

Untuk hasil yang terbaik dapat dikombinasikan dengan minum obat Yunnan Baiyao agar membantu mengeringkan luka dari dalam.

Loading...

Penting!

Obat merah ini tidak dianjurkan untuk diminum sebagai pengobatan patah tulang, karena bisa berefek samping pada kerusakan organ tubuh lainnya! Hanya digunakan untuk obat luar.

Die Da Yao Jing (跌打藥精), atau kemasan Indonesianya tercantum ‘Tieh Ta Yao Gin’

C. Kandungan Obat Merah Die Da Yao Jing

Olibanum 4,50 gram
Myrrha 4,50 gram
Cartham flos 4.55 gram
Catechu 2,25 gram
Notoginseng radix 4,50 gram
Angelicae sinensis radix 4,95 gram
Draconis sanguis 4,65 gram

D. Harga Obat Die Da Yao Jing (Obat Merah)

Di pasaran, Die Da Yao Jing dijual dalam kemasan botol berisi 30 ml. Harganya cukup bervariasi antara Rp 24.000- Rp 35.000.

Botol Die Da Yao Jing harus disimpan di tempat yang sejuk dan kering, serta jauh dari jangkauan anak-anak. Untuk ibu hamil, obat luka yang satu ini pantang digunakan, sebab bisa berdampak pada kesehatan janin.

Die Da Yao Jing merupakan obat cair dengan warna coklat kemerahan. Berhati-hatilah saat menuangkannya, agar tidak terkena pakaian. Namun jika sudah terlanjur terkena pakaian, noda bisa dihilangkan dengan mencuci pakaian menggunakan sedikit alkohol.

Loading...

The following two tabs change content below.

diraliya

I'm a twenty-something years old woman who currently works as a content writer freelancer. I took a major of Chemical Engineering at Institut Teknologi Bandung, wishing that I could learn about what interests me. The wide scope of chemical engineering's knowledge let me learned much within small amount of time.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *