Last Updated on 4 April 2021 by Herman Tan

Saban tahun (menurut sistem penanggalan kalender lunar Tiongkok), selalu ada 4 shio yang Ciong (冲; Chong). Dikatakan shio ciong, yang artinya menurut perhitungan astrologi Tiongkok peruntungannya kurang bagus di tahun yang akan berjalan. Apalagi shio Kerbau, yang tahun ini bisa dibilang merupakan “masa tergelap” bagi mereka.

Karena menurut perhitungan ramalan Tiongkok, tahun 2021 adalah tahun Kerbau (unsur Logam, sifat Yin), jadi mereka2 yang bershio ini akan berada di posisi waktu tahun (shio) lahir mereka (本命年; běn mìng nián); atau yang secara harafiah berarti “asal tahun kehidupan”. Hal ini dipercaya akan “menyinggung” Dewa Thay Sui (太岁).

Sebagian orang yang mempercayai ini biasanya akan cenderung menyesuaikan arah tempat tidur, meja kerja, bahkan semua perabot dimana tempat mereka tinggal, sebisa mungkin diatur agar menjauh dari Tai Shui; yakni dengan “menempatkan Tai Sui di belakang mereka” (berlawanan arah) dalam upaya untuk menghasilkan keberuntungan.

Sebagai contoh, di tahun 2021 ini (tahun Kerbau), bintang Tai Sui akan berada di arah timur laut (30 °). Jadi tahun ini yang bershio Kerbau sebisa mungkin akan menyesuaikan semua perabotan ditempat tinggalnya (bahkan ditempat usahanya), agar menghadap ke arah barat daya (210 °) untuk “menarik keberuntungan”.

Bahkan ketika melakukan sesuatu yang penting, misalnya seperti berbisnis, mereka akan cenderung menghindari arah timur laut. Jadi bagi mereka yang bershio ini sebisa mungkin akan menghadap ke arah barat daya, sehingga peluang untuk berhasil meningkat.

Baca selengkapnyaCara Menjauh Bintang Thay Shui (Tai Sui) : Menghadap Ke Arah Sebaliknya!
Baca juga : 4 Shio Hoki yang Diprediksi Beruntung di Tahun Kerbau 2021

Untuk Shio-Shio yang akan Ciong (Jiong) di tahun Kerbau 2021 ini adalah :

Jenderal Yang Xin (楊信). Dewa Thayshui tahun 2021.

“Shio Kerbau, Shio Naga, Shio Kambing dan Shio Anjing” (shio ciong 2021)

Baca juga : Ramalan Peruntungan 12 Shio di Tahun Kerbau 2021

Orang yang shionya ciong biasanya akan bersembahyang secara khusus kepada Dewa Thay Sui. Sembahyang khusus ini dinamakan sembahyang PO UN (补运; Bu Yun). Masyarakat Tionghoa sendiri menyebutnya sebagai “sembahyang ciong” atau “ritual tolak bala”.

Untuk Dewa Thay Sui yang bertugas di tahun 2021, atau Imlek 2572 ini bernama Jenderal Yang Xin (楊信大將軍). Berikut riwayat singkat-Nya :

Yang Xin (楊信) hidup pada jaman Dinasti Han 漢 (206 SM-220 M), lahir di propinsi Shanxi. Pada periode Yuan Ding (116-111 SM), Yang Xin diutus oleh Raja Han Wu Di 汉武帝 pergi ke barat untuk menundukkan bangsa Xiong Nu 匈奴. Karena sifat Yang Xin yang keras, setia, jujur, dan tidak mau mengalah, sehingga dirasa Raja cocok untuk menjadi utusan ke barat.

Raja Xiong Nu melihat Yang Xin hanya seorang yang terpelajar (sarjana) saja, bukan seorang bangsawan, sehingga Yang Xin pun selalu dipersulit. Waktu itu Raja Xiong Nu meminta Yang Xin untuk menemuinya dalam kemah, tetapi Yang Xin tidak mau masuk, sehingga akhirnya Raja Xiong Nu pun yang keluar untuk menemui Beliau.

Waktu itu Raja Han Wu Di sudah menang di wilayah timur, dengan menaklukan wilayah Korea utara dan sekitarnya; dan mendirikan Kabupaten Jiuquan (sekarang Kabupaten Jiuquan, Provinsi Gansu) di barat. Yang Xin pun berkata ke Raja Xiong Nu, “Kalau Raja Xiong Nu baik pada orang Han, maka putra mahkotamu akan dijadikan jaminan (sandera) pada Han”.

Dikarenakan Xiong Nu licik, Raja Xiong Nu pun menekan kembali kepandaian Yang Xin dan berkata, “Sebaiknya kamu orang Han kalau mau berdamai dengan kami, maka kalian harus memberi Saya banyak kain sutra dan makanan”. Alhasil perundingan tidak membuahkan hasil maka mau tidak mau Raja Xiong Nu mengantar kembali Yang Xin ke Negaranya.

Upacara sembahyang ciong sendiri, selain bertujuan untuk memohon berkah dan nasib baik, juga memohon perlindungan serta keselamatan, agar sepanjang tahun yang akan berjalan mereka selalu dilindungi oleh Shen atau Dewa-Dewi.

Baca juga : Po Un (Poun) Ritual Sembahyang Bagi Orang2 yang Shionya Ciong

Dalam Ciong, terdapat juga istilah Ciong besar dan Ciong kecil. Untuk tahun 2021 ini, ciong besarnya adalah shio Kerbau sendiri. Namun bukan berarti semua orang yang bershio ini terkena efek ciong besar. Secara spesifik, ada hitungan lain berupa tahun2 kelahiran mana saja (dalam shio tersebut) yang terkena ciong paling besar.

Namun berdasarkan perhitungan secara umum, Ciong besar adalah tahun (shio) yang sedang berjalan dan yang selisih 6 dari tahun shio (tahun 2021 dengan shio Kambing), sementara yang selisih 3 dan 9 (shio Naga dan shio Anjing) dianggap Ciong kecil.

Jadi bagi mereka2 yang terkena ciong besar di tahun 2021 ini, DISARANKAN untuk MENGHINDARI acara2 pemakaman (mulai dari tutup peti atau malam kembang, pemberangkatan jenazah, hingga di penguburan), mengunjungi rumah sakit, atau bahkan mengunjungi orang yang baru melahirkan bayi.

Jikapun memang terpaksa, semisal menghadiri acara duka keluarga/kerabat dekat, harus melakukan cisuak-cisuak tersentu (agar efek negatifnya tidak menempel), seperti ketika pulang dan hendak memasuki rumah, harus membakar kertas emas dan melangkahinya, lalu segera mandi bersih.

Hampir semua kelenteng, Daoguan, dan Vihara yang ada di Indonesia akan melakukan ritual “sembahyang ciong” ini, khususnya di minggu2 pertama tahun baru Imlek.

So, bagi pembaca yang tahun ini shionya termasuk dalam salah satu shio tersebut, tidak ada salahnya untuk mengikuti/mendaftar sembahyang ciong tersebut, hitung2 juga sebagai perbuatan kungtek/amalan.

天机不可泄漏 (Tiān jī bùkě xièlòu); Rahasia langit tidak boleh dibocorkan!

Sebelumnya, bagi pembaca yang lahir di bulan Januari atau Februari, mohon untuk memeriksa tabel daftar tahun shio berikut, untuk memastikan apa shio Anda.

Link : Cara Mengetahui Shio Seseorang Berdasarkan Tahun Kelahiran dan Unsur Elemennya

1. Shio Kerbau (1949, 1961, 1973, 1985, 1997, dan 2009) – ★☆☆☆☆

Menurut perhitungan ramalan Tiongkok, tahun 2021 adalah tahun Kerbau. Jadi mereka yang bershio ini akan berada di posisi waktu tahun (zodiak) lahir mereka sendiri, mengalami Ciong, atau Ben Ming Nian 本命年, yang secara harafiah berarti “asal tahun kehidupan”. Hal ini dipercaya akan “menyinggung” Dewa Thay Sui 太岁.

Mereka diyakini akan memiliki nasib yang kurang baik di sepanjang tahun yang berjalan ini. So, alih2 mencoba untuk membuka usaha atau mencari pekerjaan yang baru, ada baiknya menunggu hingga tahun depan. Kehidupan normal Anda akan terganggu dengan hal-hal yang kurang berguna, seperti kegiatan2 sosial tambahan.

Gunakan tahun ini sebagai waktu untuk belajar, atau mengembangkan keahlian skill yang baru, agar bisa menunjang pekerjaan Anda kelak. Ingat, orang2 profesional akan dihargai lebih (secara finansial) atas ketekunan dan keterampilan yang mereka miliki. Tahun ini, keluarga akan memainkan peran penting dalam hidup Anda!

Hati2 terhadap beberapa masalah kesehatan yang bisa datang mengganggu.

Tahun kelahiran shio Kerbau : kerbau api 1937, kerbau tanah 1949, kerbau logam 1961, kerbau air 1973, kerbau kayu 1985, kerbau api 1997, kerbau tanah 2009.

Baca juga : Ramalan Shio Kerbau 2021 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

2. Shio Naga (1940, 1952, 1964, 1976, 1988, 2000, dan 2012) – ★★☆☆☆

Shio Naga dipediksi akan menghadapi berbagai tantangan dan hambatan dalam perjalanannya di tahun 2021. Pastikan untuk tetap teliti dalam pekerjaan atau proyek yang sedang Anda lakukan, untuk memaksimalkan keuntungan tersebut.

Shio ini memiliki tingkat keberuntungan yang cukup tinggi laiknya shio kelinci, sehingga keuangan mereka diprediksi masih akan cukup stabil meski mengalami Ciong di tahun ini. Namun ingat, bahkan pemilik “shio terkuat” ini pun tidak bisa menghindari putaran roda nasib begitu saja, karena tahun ini ada “awan gelap” yang akan datang menghampiri bintang Anda.

Tahun kelahiran shio Naga : naga logam 1940, naga air 1952, naga kayu 1964, naga api 1976, naga tanah 1988, naga logam 2000, naga air 2012.

Baca juga : Ramalan Shio Naga 2021 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

3. Shio Kambing (1943, 1955, 1967, 1979, 1991, 2003, dan 2015) – ★★☆☆☆

Shio Kambing akan mengalami ciong di tahun 2021. Itu berarti segala sesuatu akan berubah menjadi lebih rumit (kurang lancar) bagi mereka2 yang bershio ini. Mereka akan menghadapi masalah kebingungan, perkelahian, termasuk masalah keuangan.

Ini bukanlah tahun yang tepat untuk menjalankan prospek baru. Kehidupan yang berjalan akan cenderung membosankan, dan suasana di tempat kerja akan berubah menjadi tidak menyenangkan. Hati2 dalam mengelola emosi Anda, jangan menumpahkan emosi dan stres kepada orang2 rumah, atau itu hanya akan memperburuk keadaan!

Meski begitu, menjelang kuartal akhir 2021 akan membawa sedikit bantuan dalam kesulitan Anda.

Tahun kelahiran shio Kambing : kambing air 1943, kambing kayu 1955, kambing api 1967, kambing tanah 1979, kambing logam 1991, kambing air 2003, kambing kayu 2015.

Baca juga : Ramalan Shio Kambing 2021 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

4. Shio Anjing (1946, 1958, 1970, 1982, 1994, 2006, dan 2018) – ★★☆☆☆

Catatan : Bulan berdasarkan penanggalan Tionghoa (kalender imlek), BUKAN penanggalan masehi.

Orang2 yang bershio Anjing harus realistis dan lebih toleran terhadap orang lain (yang mungkin kurang disukai) di tahun 2021. Mereka juga diprediksi akan menghadapi beberapa hambatan dan kegagalan, yang dapat menyebabkan kerugian finansial yang cukup besar tahun ini. Berpikir sebelum mengambil keputusan, serta menjauhlah dari konflik!

Ini bukan tahun yang kurang baik bagi shio kambing (Ciong). Segeralah berbenah, hentikan semua kebiasaan buruk serta kesenangan duniawi yang berlebihan.

Tahun kelahiran shio Anjing : anjing api 1946, anjing tanah 1958, anjing logam 1970, anjing air 1982, anjing kayu 1994, anjing api 2006, anjing tanah 2018.

Empat shio diatas dianjurkan untuk waspada di tahun 2021 ini. Diharapkan agar senantiasa rajin berbuat kungtek (amal) dan berdoa/sembahyang agar selalu diberikan perlindungan dari Thian.

Baca juga : Ramalan Shio Anjing 2021 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

Ingin membaca ramalan shio yang lain? Simak di artikel Ramalan Peruntungan 12 Shio di Tahun Kerbau 2021 berikut.

By Herman Tan

One Smile Return to the East. Follow Facebook & Twitter @tionghoainfo untuk info2 terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *