Ramalan 12 Shio di Tahun Tikus 2020 (Bagian II)

Perayaan Imlek tahun 2571 akan jatuh pada Sabtu, 25 Januari 2020; yang ditandai dengan pergantian tahun Babi Tanah ke tahun Tikus Logam. Dengan berakhirnya tahun (shio) babi, menandai pula akhir dari rangkaian siklus 12 tahunan shio, dengan kembali ke tahun (shio) tikus.

Masyarakat Tionghoa menyakini, dengan bergantinya tahun, keberuntungan (U Fuk) seseorang juga akan ikut berubah; entah itu berubah menjadi lebih baik, atau bisa sebaliknya. U FUK (五福) sendiri berarti “5 rejeki”, yaitu Fu (福, hoki), Lu (禄, nama baik / jabatan), Shou (寿, usia), Cai (财, kekayaan), dan Ting (厅, keturunan).

Apa sebenarnya astrologi Tiongkok itu?

Astrologi Tiongkok, atau dalam dunia Fengshui lebih dikenal dengan istilah Bazi; 八字, adalah satu ilmu yang menggunakan perhitungan saat kelahiran seseorang, yakni : Tahun, Bulan, Hari dan Jam; masing-masing 2 angka. Perhitungan bazi ini digunakan mengungkap sifat/kepribadian seseorang, termasuk keuangan, karir, kesehatan, serta kecocokannya dengan orang (yang bershio) lain.

Loading...

Sistem ini didasarkan pada siklus 10 tahunan matahari-bulan yang sesuai dengan kalender pertanian kuno Tiongkok (农历; Nong Li). Siklusnya dibagi menjadi 5 elemen, yakni : Air, Kayu, Api, Tanah dan Logam; juga menjadi 12 binatang yg mewakili setiap tahunnya. Sistem ini juga dipengaruhi oleh kosmos Yin (wanita, negatif) dan Yang (pria, positif), yang merupakan penafsiran dari keselarasan dan keseimbangan alam semesta.

Astrologi Tiongkok telah menuntut masyarakat Tiongkok dan perantauan selama ribuan tahun, dan sangat dalam pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari.

Namun untuk sebagian orang yang sudah tidak sabaran, atau yang sudah angkat tangan menyerah dengan nasibnya yang kurang baik di tahun ini, tentu dalam hati mulai bertanya-tanya : Bagaimana peruntungan shio saya di tahun depan?

Apakah bisa membaik? Atau setidaknya, berilah gambaran sedikit …

A. Ramalan Peruntungan 12 Shio di Tahun 2020 (Tikus Logam)

Selamat datang di artikel Ramalan 12 Shio tahun 2020. Dengan terbitnya artikel ini, berarti situs Tionghoa.INFO telah 5 tahun berturut-turut (2016-2020) secara rutin mengulas peruntungan setiap shio secara eksklusif.

Menurut penanggalan Imlek (kalender lunar Tiongkok), tahun 2020 merupakan tahun Tikus (, Shǔ) yang berunsur Logam (, Jīn). Jadi, orang2 akan menyebut tahun 2020 ini sebagai tahun tikus logam, atau tikus emas. Tahun Baru Imlek 2571 sendiri akan dimulai sejak 25 Januari 2020 hingga 11 Februari 2021.

Simak terus ulasan dibawah, mengenai hal apa saja yang akan terjadi pada setiap shio di tahun tikus logam 2020 nanti, menyangkut hal keuangan, karir/pekerjaan, cinta/keluarga, dan kesehatan.

Tidak seperti horoskop ala barat yang ramalannya bersifat bulanan (ditandai dengan simbol perbintangan), ramalan ala Tiongkok memiliki ramalan yang bersifat tahunan (ditandai dengan simbol shio; 生肖, Shēngxiào). Hal ini menjadikan setiap tahun memiliki nama tahun shio, dan akan mempengaruhi ramalan terhadap 11 shio lainnya.

生死有命 (Shengsi you ming). Takdir perjalanan hidup mati manusia sudah digariskan oleh yang DIATAS.
Kadang ada awan gelap yang datang menutupi, kadang juga cerah, sehingga bintang bisa bersinar terang.

B. Kapan Tahun Zodiak Dimulai?

Tahun kelahiran, atau 本命年 (ben ming nian) merupakan simbol dari tahun zodiak; yang ditentukan oleh tahun kelahiran Anda sendiri. Karena sistem perhitungan ramalan Tiongkok dilambangkan dengan 12 binatang (shio), maka setiap 12 tahun, tanda tahun lahir Anda akan datang sekali (siklus 12 tahun).

Tahun shio/zodiak Anda akan dimulai sejak hari pertama pada tahun baru Imlek yang berjalan, dan berakhir pada hari terakhir dari tahun yang berjalan. Misalnya tahun 2020 ini adalah tahun tikus, maka tahun shio tikus dimulai dari 25 Januari 2020 dan berakhir pada 11 Februari 2020 (keesokan harinya sudah masuk tahun kerbau).

Ada kepercayaan oleh beberapa peramal Fengshui, bahwa orang-orang yang terlahir sampai H+15 dari hari Imlek, masih akan mewarisi beberapa sifat dari shio tahun sebelumnya. Contohnya, seseorang yang terlahir di hari ke 4 tahun Naga, konon akan mewarisi sifat2 minor dari shio kelinci juga. Atau orang yang lahir di hari ke-11 tahun Ular, akan mewarisi sifat2 minor dari shio Naga.

Loading...

Karena itu, bagi pembaca yang lahir di bulan Januari atau Februari, mohon untuk memeriksa tabel daftar tahun shio, unsur shio, dan sifat berikut, untuk memastikan shio Anda.

Baca juga : Daftar Tahun Shio, Unsur Shio dan Sifat

Tag : Ramalan peruntungan 12 shio tahun 2020 untuk shio Tikus, shio Kerbau, shio Macan, shio Kelinci, shio Naga, shio Ular, shio Kuda, shio Kambing, shio Monyet, shio Ayam, shio Anjing dan shio Babi.

Berikut gambaran umum Ramalan Shio tahun 2020 (LANJUTAN) :

7. Ramalan Shio Kuda 2020 (Ciong)


Ramalan shio kuda 2020 memprediksi bahwa ini adalah tahun yang kurang baik bagi pemilik shio kuda. Segeralah berbenah, dan hentikan semua kebiasaan buruk dan kesenangan (yang berlebihan). Sebisa mungkin agar membuat hubungan Anda menjadi lebih menarik dan bersemangat.

Selain itu, ubah cara Anda dalam menghemat uang, atau itu akan menjadi beban dan membangkrutkan Anda.

Ini adalah tahun untuk mencoba sesuatu yang baru, untuk “keluar sejenak” dari dunia ini. Hindari aktivitas outdoor yang berlebihan, seperti mendaki gunung, atau olahraga ekstrim lainnya seperti paralayang atau bungee jumping.

Tahun kelahiran shio Kuda : kuda logam 1990, kuda air 1942 & 2002, kuda kayu 1954 & 2014, kuda api 1966, dan kuda tanah 1978.

Baca juga : Ramalan Shio Kuda 2020 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

8. Ramalan Shio Kambing 2020


Ramalan shio kambing 2020 memprediksi bahwa ini akan menjadi “tahun transformasi” bagi para kambing. Perubahan akan menjadi bagian dari hidup Anda di setiap langkah. Ini adalah tahun yang baik untuk mengubah gaya hidup, berganti pekerjaan, atau keluar dari hubungan asmara yang buruk.

Satu lagi, sepertinya Anda tidak perlu khawatir untuk pengeluaran (dalam hal keuangan) Anda. Tetap hadapi hidup dengan pikiran positif, dan Anda akan melihat segera hasilnya.

Tahun kelahiran shio Kambing : kambing logam 1991, kambing air 1943 & 2003, kambing kayu 1955 & 2015, kambing api 1967, dan kambing tanah 1979.

Baca juga : Ramalan Shio Kambing 2020 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

9. Ramalan Shio Monyet 2020


Orang-orang yang bershio monyet dikatakan memiliki kepribadian yang menarik, mudah bersosialisasi, mudah beradaptasi, memiliki banyak akal muslihat (詭計多端; guiji duoduan), cerdas, perhatian, penyayang, dan memiliki kepribadian yang cukup menyenangkan.

Di tahun 2020 nanti, pemilik shio monyet diprediksi sangat ingin menghadapi perubahan yang baru dalam hidup mereka. Anda akan tampil penuh energik, aktif di berbagai kegiatan sosial, serta penuh warna kehidupan.

Kesehatan Anda juga diperkirakan akan stabil, dan tidak akan menemui masalah yang serius. Jangan lupa tetap konsumsi buah pisang 🙂 Ini bukan menyindir, namun buah pisang memang banyak manfaatnya, terutama dalam hal membantu pencernaan (usus).

Demikian pula kondisi keuangan Anda. Spontanitas Anda dalam profesi (kerja/bisnis) akan sangat menguntungkan. Namun Anda perlu berhati-hati pada konflik serta adu argumen dalam hubungan, agar tidak lepas kendali; karena orang-orang yang bershio ini umumnya terkenal liar dan sukar dalam persoalan ini.

Tahun kelahiran shio Monyet : monyet logam 1980, monyet air 1992, monyet kayu 1944 & 2004, monyet api 1956, dan monyet tanah 1968.

Baca juga : Ramalan Shio Monyet 2020 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

Loading...

10. Ramalan Shio Ayam 2020 (Ciong)


Orang yang bershio ayam umumnya mempunyai skill berkomunikasi yang baik. Mereka-mereka yang terlahir di bawah naungan shio Ayam dikatakan memiliki kepribadian yang eksentrik, pekerja keras, percaya diri, spontan, pandai bergaul dan menempatkan diri, namun terkadang egois dan suka pamer 🙁

Sifat-sifat ini penting, dan dapat mempengaruhi ramalan mereka di tahun 2020 nanti.

Meski begitu, di tahun 2020, pemilik shio ayam diprediksi akan memiliki banyak hambatan. Percaya atau tidak, tahun tikus logam ini memang bukan tahun kesuksesan Anda. Ini juga bukan tahun yang tepat untuk memulai sebuah proyek atau beralih ke bisnis atau pekerjaan yang baru.

Anda akan menjadi sangat emosional di tahun ini, yang dapat mempengaruhi hubungan Anda dengan orang lain. Jangan biarkan tindakan impulsif Anda merusak karier atau bisnis Anda. Bicara soal uang, dengan sedikit penganggaran akan membantu Anda menghemat uang untuk masa depan.

Tahun kelahiran shio Ayam : ayam logam 1981, ayam air 1993, ayam kayu 1945 & 2005, ayam Api 1957 & 2017 dan ayam tanah 1969.

Baca juga : Ramalan Shio Ayam 2020 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

11. Ramalan Shio Anjing 2020


Tahun 2020 nanti diprediksi akan menjadi awal (kesuksesan) yang baru untuk pemilik shio anjing. Tahun tikus ini menunjukkan bahwa pikiran Anda yang fleksibel dan terbuka akan membuat hidup Anda menjadi jauh lebih mudah. Semoga sukses dan kemakmuran akan mengikuti Anda dalam pekerjaan!

Waspadai peluang baru, dan manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Tahun kelahiran shio Anjing : anjing logam 1970, anjing air 1982, anjing kayu 1994, anjing api 1946 & 2006, dan anjing tanah 1958 & 2018.

Baca juga : Ramalan Shio Anjing 2020 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

12. Ramalan Shio Babi 2020


Ramalan shio babi 2020 memprediksi bahwa di tahun tikus logam ini akan menjadi “tahun kebebasan” bagi para pemilik shio ini. Ini bisa jadi ada hubungan dengan tahun 2019, dimana tahun tersebut menjadikan mereka sebagai salah satu shio ciong, karena berada di posisi waktu tahun lahir mereka sendiri (本命年; běn mìng nián), sehingga peruntungan nasibnya kurang baik.

Di tahun 2020, mereka yang bershio babi akan sangat produktif dan fokus pada setiap usahanya; baik itu pekerjaannya, karier, bisnis, hingga urusan asmara dengan pasangan. Semuanya akan membaik dan stabil di sepanjang tahun tikus ini.

Anda mungkin hanya perlu menangani masalah kesehatan kecil yang mungkin akan datang mengganggu.

Hati-hati pada pendirian Anda yang mudah goyah, serta sifat bawaan materialistis Anda …

Tahun kelahiran shio Babi : babi logam 1971, babi air 1983, babi kayu 1995, babi api 1947, & 2007, dan babi tanah 1959 & 2019.

Baca juga : Ramalan Shio Babi 2020 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

Baca sebelumnya : shio Tikus 2020, shio Kerbau 2020, shio Macan 2020, shio Kelinci 2020, shio Naga 2020, shio Ular 2020

Kesimpulan :

Jika Anda menanyakan umur seseorang, biasanya mereka lebih memilih memberitahukan shionya, daripada memberitahukan berapa umurnya. Diyakini bahwa shio seseorang sangat mempengaruhi sifat dan masa depannya. Mungkin akan timbul pertanyaan, apakah itu berarti berjuta-juta orang yang lahir pada tahun yang sama, akan memiliki sifat yang sama pula?

Walaupun ini tampaknya hampir mustahil, tapi aku mengenali sifat-sifat yang mirip pada teman-temanku yang memiliki shio yang sama.

Astrologi Tiongkok jauh lebih kompleks daripada sekedar 12 shio. Perhitungan Bazi ditetapkan tidak hanya berdasarkan tahun berapa Anda lahir, tapi juga pukul/jam berapa Anda lahir, unsur Yin Yang, dan 5 elemen. Akan lebih baik jika dikombinasikan dengan melihat garis tangan serta raut wajah (Kan Xiang). Dengan demikian, hasil ramalan akan lebih spesifik dan akurat.

Hingga kini, masyarakat Tiongkok dan perantauan modern masih mengandalkan astrologi sebagai panduan dalam mengambil keputusan mengenai jodoh, perkawinan, dan karir, serta untuk mengetahui sifat seseorang.

Baca juga Kecocokan antar shio : Apakah dia cocok menjadi pasangan Anda?

Note :

1. Artikel bersifat ramalan-referensi.
2. Merupakan artikel eksklusif. Harap cantumkan sumber rujukan link aktif. Dengan demikian, pembaca sudah menghargai tim penulis.
3. Beberapa kata/kalimat yang digunakan pada artikel-sub artikel dibawah merupakan kata/kalimat tafsiran, yang kadang harus Anda artikan sendiri, disesuaikan dengan kehidupan yang sedang dijalani.

C. Daftar Shio Ciong di Tahun Tikus Logam 2020

Setiap tahun selalu ada 4 shio yang ciong. Dikatakan shio ciong, artinya yang menurut perhitungan ilmu Fengshui peruntungannya kurang bagus di tahun yang akan berjalan. Apalagi shio tikus, yang tahun ini bisa dibilang merupakan “masa-masa tergelap” bagi mereka.

Karena menurut perhitungan ramalan Tiongkok, tahun 2020 adalah tahun tikus. Jadi mereka-mereka yang bershio ini akan berada di posisi waktu tahun (zodiak) lahir mereka (本命年; běn mìng nián); atau yang secara harafiah berarti “asal tahun kehidupan”. Hal ini dipercaya  akan “menyinggung” Dewa Thay Sui (太岁).

Sebagian orang yang mempercayai ini biasanya akan cenderung menyesuaikan arah tempat tidur, meja kerja, bahkan semua perabot dimana tempat mereka tinggal, sebisa mungkin diatur agar menjauh dari Tai Shui; yakni dengan “menempatkan Tai Sui di belakang mereka” (berlawanan arah) dalam upaya untuk menghasilkan keberuntungan.

Sebagai contoh, pada tahun 2020 (tahun tikus), bintang Tai Sui akan berada di arah utara (0 °). Jadi pada tahun 2020, pemilik shio tikus sebisa mungkin akan menyesuaikan semua perabotan di tempat tinggalnya, agar menghadap ke arah selatan (180 °) untuk menarik keberuntungan.

Bahkan ketika melakukan sesuatu yang penting, misalnya seperti berbisnis, mereka akan cenderung menghindari arah utara. Jadi bagi mereka yang bershio ini sebisa mungkin akan menghadap ke arah selatan, sehingga peluang untuk berhasil meningkat.

Baca selengkapnyaCara Menjauh Bintang Thay Sui (Tai Sui) : Menghadap Ke Arah Sebaliknya!

Untuk shio yang ciong (jiong) di tahun Tikus Logam 2020 ini adalah :

“Shio Tikus, Shio Kelinci, Shio Kuda dan Shio Ayam” (shio ciong 2020)

Orang yang shionya ciong biasanya akan bersembahyang secara khusus kepada Dewa Thay Sui. Untuk Dewa Thay Sui yang bertugas di tahun 2020, atau Imlek 2571 ini bernama Jenderal Lu Bi Da Jiang Jun (盧秘大將軍) tahun 庚子年. Beliau (nama lain : Lu Xi) lahir di Khunshan Jiangsu, jaman Dinasti Ming (1368 – 1644).

Sembahyang khusus ini dinamakan sembahyang PO UN (匏安; pao an), atau masyarakat Tionghoa di Indonesia menyebutnya sebagai “sembahyang ciong” atau “ritual tolak bala”. Upacara sembahyang PO UN sendiri, selain bertujuan untuk memohon berkah dan nasib baik, juga memohon perlindungan serta keselamatan, agar sepanjang tahun yang akan berjalan mereka selalu dilindungi oleh Dewa-Dewi.

Baca juga4 Shio Ciong 2020 : Orang-Orang Dengan Shio Ini Perlu Waspada di Tahun 2020

Matahari dan Rembulan ada penuh ada sabitnya, nasib manusia ada pasang surut juga.
Meskipun ini adalah takdir, tetapi yang berbudi, yang baik hati, yang mengerti TAO,
Ketika nasib malang, sialnya dikurangi setengah.
Ketika nasib jaya, rezeki ditambah empat sampai lima bagian – 修道寶鑑

Demikian sedikit gambaran mengenai nasib dan peruntungan shio di tahun tikus logam 2020 ini.
Semoga nasib baik menyertai pembaca sekalian!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *