Perkebunan Teh Meijiawu di Hangzhou

Last Updated on 1 May 2021 by Herman Tan

Teh adalah bagian penting dari tradisi Tiongkok. Seiring dengan perkembangan dan kemajuan jaman, produksi teh memiliki peran dalam mengendalikan laju perkembangan ekonomi, sedangkan konsumsi teh tetap menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

Penerapan tradisi mengkonsumsi teh dapat membawa semangat dan kebijaksanaan dalam kehidupan manusia untuk menjadi lebih baik. Teh memiliki kedekatan mendalam dengan kebudayaan Tiongkok, dan penelitian tentang hal tersebut meliputi bidang yang luas dan kaya akan konten.

Hal ini tak hanya melingkupi semangat peradaban, namun juga semangat bentuk ideologi. Dimana tak ada keraguan bahwa teh memiliki manfaat dalam meningkatkan pencapaian dan apresiasi masyarakat terhadap seni.

A. Sejarah Teh Tiongkok

Sejarah teh Tiongkok memiliki cerita yang panjang. Secara turun temurun, generasi penanam dan produsen telah menyempurnakan cara Tiongkok dalam memproduksi teh, dan variasi unik per wilayahnya.

Perkebunan Teh Di Tiongkok
Perkebunan Teh di Tiongkok

Baca juga : 7 Jenis Teh Tiongkok Yang Perlu Anda Ketahui

Ide otentiknya dianggap datang dari Kaisar Shennong yang legendaris, yang hidup sekitar 5 000 tahun lalu. Dalam dekritnya beliau mengatakan antara lain, bahwa semua air minum harus direbus untuk alasan pencegahan penyakit.

Kisah berlanjut pada suatu hari di musim panas, ketika sedang mengunjungi suatu wilayah yang jauh di kerajaannya, beliau dan pengawalnya beristirahat.

Sesuai dengan aturan yang ia terapkan, pelayan mulai merebus air untuk diminum. Daun kering yang berasal dari semak2 sekitar jatuh ke dalam ketel, dan membuat warnanya berubah menjadi kecoklatan. Laiknya seorang ilmuwan, sang Kaisar tertarik dengan cairan baru ini, meminum sebagian, dan merasakan bahwa minuman ini sangat menyegarkan.

Jadilah menurut legenda, teh pertama dibuat sekitar tahun 2737 SM.

B. Jenis Teh Tiongkok

Variasi utama teh Tiongkok adalah teh hijau, teh hitam, teh Oolong, teh putih, teh kuning, dan sebagainya. Baca lebih lanjut mengenai jenis-jenis Teh Tiongkok.

C. Tradisi Teh Tiongkok

Orang Tiongkok Minum Teh
Tampak seorang gadis sedang menyeduh teh

Minum teh: Teh diambil sebagai minuman untuk memuaskan dahaga.

Mencicipi teh: Kualitas dari teh dinilai dari warna, aroma dan rasa teh, kualitas air, bahkan peralatan minumnya. Ketika mencicipi teh, penilai harus dapat merasakan keseluruhannya.

Seni meminum teh: Saat minum teh, perhatian harus berfokus pada lingkungan, atmosfir, musik, teknik menyeduh, dan hubungan antar sesama manusia.

Pengetahuan teh tertinggi : Filosofi, etika, dan moralitas  menyatu dalam aktivitas minum teh. Orang mengolah moralitas dan pikiran mereka, dan menikmati hidup dengan minum teh, karena itu menghasilkan kebahagiaan jiwa.

Baca Juga :  Budaya Teh Tiongkok

Pengetahuan teh Tiongkok telah berumur ratusan tahun, mungkin ribuan, lebih tua dari Jepang. Diceritakan bahwa pengetahuan Tiongkok tentang teh menenangkan jiwa, sehingga membentuk seberkas cahaya.

Pengetahuan teh memiliki representasi berbeda dalam setiap periode sejarah. Teh juga memiliki banyak variasi, tapi secara keseluruhan jiwa teh adalah ‘kejelasan, rasa hormat, kebahagiaan, dan kejujuran’.

Baca juga : 8 Jenis Teh Hijau, Cara Menyeduh Teh dan Manfaatnya

D. Tips Meminum Teh Yang Efektif

Perkebunan Teh Meijiawu di Hangzhou
Perkebunan Teh Meijiawu di Hangzhou

Minum teh menawarkan banyak manfaat. Teh menyegarkan pikiran, menurunkan panas tubuh, dan membantu orang menurunkan berat badan. Saat Anda mengkonsumsi teh dalam rutinitas Anda, silahkan cek tips dibawah agar Anda mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal.

1. Minumlah selagi panas. Teh ber-oksidasi dengan cepat setelah diseduh, dan nutrisinya berkurang seiring waktu. Disarankan bahwa Anda meminumnya selagi panas, untuk mendapatkan manfaat terbaiknya.

2. Jangan minum teh yang kental terlalu banyak. Perut Anda akan bermasalah, serta bisa mengakibatkan insomnia (sulit tidur) jika Anda mengkonsumsi teh terlalu kental. Normalnya, Anda dapat mencampur 4 gram daun teh dengan 250 ml air untuk membuat secangkir teh. 12 – 15 gram daun teh adalah dosis maksimal konsumsi harian.

3. Saat terbaik minum teh adalah diantara waktu makan. Jangan minum teh sebelum atau sesudah makan! Teh dapat menghilangkan nafsu makan jika perut Anda kosong, dan dapat menyebabkan permasalahan pencernaan jika perut Anda terisi.

4. Jangan digunakan untuk minum obat. Teh mengandung sejumlah besar Tannin, yang bisa bereaksi dengan unsur tertentu dalam kandungan obat, yang mengakibatkan berkurangnya efek obat secara drastis. Anda boleh minum teh, paling cepat 2 jam setelah minum obat.

5. Teh hijau adalah pilihan tepat untuk pekerja kantor. Teh hijau mengandung katekin yang membantu mencegah radiasi dari perangkat komputer, dan merupakan suplemen untuk melembabkan tubuh manusia dari udara panas.

Baca juga : 10 Fakta Seputar Teh Tiongkok (Teh China)

By Nabilla Khudori

Saya seorang Head of Business Development di sebuah startup. Dengan menulis, saya dapat belajar dan berbagi pengalaman dengan khalayak. Memahami budaya Tionghoa menarik bagi saya yang lahir dan besar di lingkungan yang plural. Hal ini juga menjadikan saya memiliki banyak referensi mengenai budaya dan adat Tionghoa. Meskipun begitu, saya merasa masih harus belajar lebih untuk memahami budaya Tionghoa itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Jangan jadi penulis dengkulan, yg bermodal Copas artikel Tionghoa.INFO!