Last Updated on 5 November 2022 by Herman Tan

Perayaan Imlek tahun 2023 (4720 Huangdi Era) akan jatuh pada Minggu, 22 Januari 2023, yang ditandai dengan peralihan tahun Macan Air ke tahun Kelinci Air (兔, Tu).

Tahun ini tidak ada pergantian unsur, dimana hanya terjadi setiap 2 tahun sekali. Tahun 2023 ini juga dikenal dengan tahun Kelinci Air, atau Kelinci Hitam (Black Water Rabbit). Dalam Fengshui, air dianggap sebagai perlambang arah utara (hitam), yang disimbolkan dengan kura-kura (玄武; Xuanwu).

Ini adalah tahun yang paling cocok bagi pasangan yang ingin menikah, atau bagi mereka yang ingin memiliki/menambah keturunan, karena tahun depannya (2024) adalah tahun Naga Kayu (Green Wood Dragon). Dalam Fengshui, kayu dianggap sebagai perlambang arah timur (hijau), yang disimbolkan dengan Naga (青龍; Qinglong).

Tampak pada peta di atas, 28 Xiu beserta perbandingan dengan rasi-rasi bintang modern. Teknisnya bisa dibaca pada artikel berikut.

Bagi etnis Tionghoa, memiliki anak yang bershio Naga adalah sebuah keberuntungan! Tinggal diatur saja timing “programnya” agar jangan sampai kecepetan 💡

Seperti tahun2 sebelumnya, 2023 akan masih dianggap sebagai tahun transisi Covid-19, yang total kasusnya mencapai angka ratusan juta, dimana menyebabkan belasan juta orang meninggal. Belum lagi potensi ancaman WW3, dimana sumbunya sudah keliatan di Eropa timur dan di Asia timur.

Masyarakat Tionghoa menyakini, dengan bergantinya tahun, keberuntungan (五福 : 福, 禄, 寿, 财, 厅) seseorang juga akan ikut berubah. Di tahun 2023, shio yang akan paling beruntung adalah shio dengkul :mrgreen:

Karena para penulis/wartawan online, bahkan kreator konten di Youtube, saat ini begitu mudahnya mengambil konten (ide) orang, lantas memuatnya di media2 berita gaban kejar setoran, termasuk membuat artikel2 kloning di situs2 tuyulnya.

Padahal mereka digaji untuk menulis, bukan menjadi tukang copas tahunan. Di luaran sana, bahkan penulis2 non Tionghoa pun ikut2-an menerbitkan ramalannya sendiri 😛

A. Shio 2023 : Ramalan Peruntungan 12 Shio di Tahun Kelinci 2023

Simak gambaran umum ramalan shio tahun 2023 di bawah, mengenai hal2 apa saja yang diprediksi akan terjadi pada setiap shio, menyangkut hal keuangan, karir, usaha, cinta, keluarga, dan kesehatan.

Link artikel yang berisi detail ulasan setiap shio dibawah belum dijadwalkan kapan. Karena begitu di-update, para lalat dengkul akan ikut mengeluarkan artikel versi pak tani-nya.

Baca juga : Kecocokan Antar Shio : Apakah Dia Cocok Untuk Anda?

1. Ramalan Shio Tikus 2023 (Ciong)

Tikus harus berhati2 dalam menetapkan tujuan kehidupan (goal) di tahun kelinci air ini. Karena tahun 2023 akan menjadi “tahun ciong” bagi para tikus. Untuk itu, ada baiknya bagi mereka untuk mengambil satu langkah mundur, sambil menyusun rencana untuk tahun depan.

Cari bantuan dari orang lain, termasuk mendengarkan saran dari orang yang ahli di bidangnya. Hindari semua konflik ketika akan mengerjakan proyek. Prospek karir maupun usaha juga diprediksi tidak akan berjalan lancar di tahun ini.

Hubungan dengan pasangan juga cenderung memanas. Karena itu, penting bagi Anda untuk mengendalikan amarah, dan hindari pertengkaran yang tidak perlu.

Tahun kelahiran shio Tikus : tikus tanah 1948, tikus logam 1960, tikus air 1972, tikus kayu 1984, tikus api 1996, tikus tanah 2008.

Baca jugaRamalan Shio Tikus 2023 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

2. Ramalan Shio Kerbau 2023

Di tahun kelinci ini, lingkungan kerja para kerbau cenderung santai. Berbeda dengan tahun2 sebelumnya, yang ada begitu banyak tekanan. Akan ada kemajuan yang cukup signifikan dalam dalam kehidupan (sesuai harapan). Oleh karena itu, mereka akan memiliki cukup banyak waktu untuk menikmati kesenangan.

Kerjakan hobi2 yang Anda sukai, apalagi yang bisa menghasilkan cuan. Luangkan lebih banyak waktu bersama keluarga, terutama setelah melewati tahun2 yang sulit dan keras akibat pandemi covid-19.

Tahun kelahiran shio Kerbau : kerbau tanah 1949, kerbau logam 1961, kerbau air 1973, kerbau kayu 1985, kerbau api 1997, kerbau tanah 2009.

Baca jugaRamalan Shio Kerbau 2023 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

Kadang ada awan gelap yang datang menutupi, kadang juga cerah, sehingga bintang bisa bersinar terang.

3. Ramalan Shio Macan 2023

Sama seperti kerbau, tahun 2023 ini akan menjanjikan periode keberuntungan (golden period), khususnya dalam hubungan asmara dan usaha/karir bagi para macan.

Anda bisa sukses, asalkan tidak melibatkan diri dalam lingkaran setan pertemanan yang negatif. Secara keseluruhan, orang2 yang bershio macan akan puas dengan kemajuan yang bisa dicapai di sepanjang tahun kelinci. Ini akan memungkinkan mereka untuk menikmati hidup, karena sedang berada pada periode damai.

Tahun kelahiran shio Macan : macan logam 1950, macan air 1962, macan kayu 1974, macan api 1986, macan tanah 1998, macan logam 2010.

Baca jugaRamalan Shio Macan 2023 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

4. Ramalan Shio Kelinci 2023 (Ciong)

Menurut perhitungan ramalan shio, tahun 2023 adalah tahun kelinci. Jadi mereka yang bershio ini akan berada di posisi waktu tahun (zodiak) lahir mereka sendiri, mengalami Ciong 冲 atau Ben Ming Nian 本命年; yang secara harafiah berarti “asal tahun kehidupan”.

Hal ini dipercaya akan “menyinggung” Dewa Thay Sui 太岁. Orang2 yang bershio kelinci diyakini akan memiliki nasib yang kurang baik di sepanjang tahun yang berjalan ini.

Kesehatan para kelinci juga diprediksi tidak akan begitu baik, terutama pada masalah2 yang berhubungan dengan penyakit dalam, seperti darah tinggi, diabetes, dan stroke.

Investasi di segala bidang akan sangat berisiko, dan dapat mengakibatkan kerugian finansial berat. Mereka bahkan mungkin gagal dalam mengembalikan pinjaman dalam jumlah besar, karena “bintangnya” sedang tidak bersinar di tahun ini, sekalipun shio kelinci dikenal punya tingkat keberuntungan diatas rata-rata!

Kematian seorang teman baik atau anggota keluarga dapat membuat Anda tertekan. Ini dapat mempengaruhi perkembangan karir atau bisnis Anda.

Tahun kelahiran shio Kelinci : kelinci logam 1951, kelinci air 1963, kelinci kayu 1975, kelinci api 1987, kelinci tanah 1999, kelinci logam 2011.

Baca jugaRamalan Shio Kelinci 2023 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

Menangis tidak bisa menghapus kesedihan kemarin, hanya bisa mengurangi kekuatan untuk esok hari.

5. Ramalan Shio Naga 2023

Tahun kelinci akan membawa kabar baik dan ketenangan bagi para Naga! Tahun ini, takdir keberuntungan sedang menaungi. Kemajuan yang dicapai akan sangat luar biasa. Mereka akan berhasil dalam hal apa pun yang dikerjakan.

Kehidupan bersama pasangan Anda akan menyenangkan. Bagi para jomblo, hubungan romansa yang dibangun juga akan berhasil. Ini merupakan tahun yang cocok bagi mereka yang ingin melangsungkan pernikahan, atau bagi mereka yang ingin menambah keturunan, karena tahun depan adalah tahun Naga.

Memiliki seorang anak bershio Naga adalah impian para keluarga Tionghoa! Karena Naga selalu identik dengan keberuntungan dan kepemimpinan.

Tahun ini merupakan waktu yang tepat untuk memperbesar lingkaran sosial. Mereka dapat memulai proyek bisnis baru, dan membuat rencana untuk masa depan yang menguntungkan. Usahanya akan memberikan pengembalian finansial yang baik, dan semua investasi yang ditanam akan menguntungkan.

Tahun kelahiran shio Naga : naga logam 1940, naga air 1952, naga kayu 1964, naga api 1976, naga tanah 1988, naga logam 2000, naga air 2012.

Baca jugaRamalan Shio Naga 2023 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

6. Ramalan Shio Ular 2023

Sama seperti Naga, para ular juga akan menikmati kehidupan yang nyaman di tahun 2023. Tahun ini diprediksi akan menguntungkan bagi mereka.

Peningkatan pendapatan akan menyeimbangkan isi dompet Anda. Investasi di sektor properti, emas, atau saham juga akan memberikan tingkat pengembalian yang baik,

Namun di aspek sosial bisa menjadi berat. Karena ular mungkin kurang mencurahkan perhatiannya pada orang2 di sekitar, akibat komitmen profesional. Mereka harus siap menghadapi beberapa masalah rumah tanggga (keluarga) yang tak terduga sepanjang tahun.

Tahun kelahiran shio Ular : ular logam 1941, ular air 1953, ular kayu 1965, ular api 1977, ular tanah 1989, ular logam 2001, ular air 2013.

Baca jugaRamalan Shio Ular 2023 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

Bersambung ke Part 2 : Shio Kuda 2023, Shio Kambing 2023, Shio Monyet 2023, Shio Ayam 2023, Shio Anjing 2023, Shio Babi 2023

B. Kapan Sebuah Tahun Shio Dimulai?

Tahun kelahiran, atau Ben Ming Nian 本命年 merupakan simbol dari tahun zodiak, yang ditentukan oleh tahun kelahiran seseorang. Karena sistem perhitungan ramalan Tiongkok dilambangkan dengan 12 binatang, maka setiap 12 tahun, tanda tahun lahir seseorang (sign) akan datang sekali.

Lichun 立春 (315°) selalu jatuh antara tanggal 3-5 Februari, yang menandakan awal musim semi di sebagian besar daratan Tiongkok. Lichun adalah salah satu dari 24 nama posisi matahari dalam kalender solar.

Ada kepercayaan oleh sebagian ahli Gwa Mia (算命; Suan Ming) bahwa orang2 yang terlahir s/d 15 hari setelah Imlek, masih akan mewarisi beberapa sifat minor dari shio sebelumnya.

Contohnya, seseorang yang terlahir di hari ke-3 tahun Naga, masih akan mewarisi sifat2 minor dari shio Kelinci. Atau orang yang lahir di hari ke-10 tahun Macan, akan mewarisi sifat2 minor dari shio Kerbau juga.

Karena itu, bagi pembaca yang lahir di bulan Januari atau Februari, mohon untuk memeriksa tabel daftar tahun shio dan unsur berikut untuk memastikan shionya 💡

C. 4 Shio Hoki yang Diprediksi Beruntung di Tahun Kelinci 2023

Berdasarkan sistem penanggalan kalender Imlek, keberuntungan setiap shio selalu berubah2 setiap tahunnya. Ada yang beruntung, adapula yang akan buntung (menemui banyak kesialan dan rintangan).

Perhitungan 4 shio yang nasibnya diprediksi akan hoki ini didasarkan pada 4 shio yang berada di “posisi tengah”, yang sudah lewat masa ciongnya, dan yang sudah lewat 1 tahun. Perlu diingat, bahwa sebagian ahli fengshui lain mungkin memiliki perhitungan yang berbeda.

Berikut shio2 yang diprediksi akan mendapat Hoki besar di tahun 2023 :

Shio Kerbau : 1949, 1961, 1973, 1985, 1997
Shio Naga : 1952, 1964, 1976, 1988, 2000
Shio Kambing : 1955, 1967, 1979, 1991, 2003
Shio Anjing : 1958, 1970, 1982, 1994, 2006

Mereka2 yang bershio diatas diprediksi akan HOKI, dan menemukan KEBERUNTUNGAN di sepanjang tahun 2023! Bintang mereka akan bersinar terang, tanpa dibayangi awan hitam. Jalan mereka seolah seperti dimudahkan tahun ini.

Peluang keberhasilan mereka di bisnis dan karir akan tinggi, termasuk yang akan membuka usaha baru, atau yang sedang menjalankan kegiatan usaha, penghasilan cenderung meningkat. Bagi pekerja kantoran, kesempatan untuk naik gaji atau promosi jabatan juga terbuka lebar.

Bersambung ke Part 2 : Shio Kuda 2023, Shio Kambing 2023, Shio Monyet 2023, Shio Ayam 2023, Shio Anjing 2023, Shio Babi 2023

By Herman Tan

One Smile Return to the East. Follow @tionghoainfo untuk info2 terbaru.

14 thoughts on “Shio 2023, Ini Ramalan Peruntungan 12 Shio Lengkap di Tahun Kelinci Air”
  1. Halo Pak Herman Tan, pak sy mau tanya apa benar jika kita lahir sekitar tgl2 peralihan new year misal seperti sy tgl 26 Januari 1988 jam set 12 malam, shio masuk kemana pak? Kelinci atau naga? Apakah bisa masuk ke setengah2 (keduanya) misal kepala kelinci & badan naga? Bagaimana menentukan elemennya?

      1. Terima kasih banyak Pak Herman Tan. Dari blog ini sy banyak sekali belajar & mengambil ilmunya…
        besar harapan agar blog ini tetap menginspirasi pak bagi banyak org, tapi bukan buat org2 yg asal comot & mengambil keuntungan atas blog ini.

  2. Ko, padahal ditunggu versi lengkap per shionya lho..

    Semoga koko bisa nerbitin versi lengkapnya ya
    🙏🏻😊

  3. Selamat Pagi, pak Herman Tan,

    Terima kasih banyak atas blog Anda yang sangat informatif tentang ramalan. Akan tetapi, kita tidak bisa melihat blog bagian kedua Anda karena “Page Not Found”, semoga bisa di update 😊

    Terima kasih banyak!

  4. Saya tunggu versi update nya ya kak, soalnya cuma di web ini aja yg paling tepat, dari dulu slalu ngecek di web ini aja, ga tau kenapa pasti pas dan pasti kejadian.

    1. Halo Puspita, terima kaasih atas testimoninya.
      Namun keliatannya untuk tahun 2023 ini kita tidak akan menerbitkan artikel ramalan per shio (secara spesifik).

    2. Yah sayang sekali padahal bos saya orang taiwan.tiap tahun suruh saya buat bacain isi web ini buat liat peruntungan shio mereka .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: eitss, mau apa nih?