Last Updated on 25 September 2021 by Herman Tan

Mengenai shio Ciong 2022, saban tahun selalu ada 4 shio yang ciong (冲; Chong). Dikatakan shio ciong, artinya yang menurut perhitungan astrologi Tiongkok, peruntungannya kurang bagus di tahun yang akan berjalan. Apalagi shio Macan, yang tahun 2022 ini bisa dibilang merupakan “masa2 tergelap” bagi mereka.

Karena menurut perhitungan, tahun 2022 adalah tahun Macan, jadi mereka2 yang bershio ini akan berada di posisi waktu tahun (shio) lahir mereka sendiri (本命年; běn mìng nián); atau yang secara harafiah berarti “asal tahun kehidupan”. Hal ini dipercaya akan “menyinggung” Dewa Thay Sui (太岁).

Dari cerita2 legenda yang berkembang di masyarakat, Thay Sui adalah sekelompok Dewa yang berjumlah 60, yang menguasai peredaran waktu. Oleh sebab itu, Dewa Thai Sui sangat dihormati oleh masyarakat Tionghoa. Menurut catatan sejarah, pemujaan terhadap Thay Sui dimulai sejak masa Dinasti Yuan (1280-1368).

Baca juga : Sejarah Dewa Thay Sui

Sebagian orang yang mempercayai ini biasanya akan cenderung menyesuaikan arah tempat tidur, meja kerja, bahkan semua perabot dimana tempat mereka tinggal, sebisa mungkin diatur agar menjauh dari Tai Shui; yakni dengan “menempatkan Tai Sui di belakang mereka” (berlawanan arah) dalam upaya untuk menghasilkan keberuntungan.

Sebagai contoh, di tahun 2022 ini (tahun Macan), bintang Tai Sui akan berada di arah timur laut (60 °). Jadi tahun ini yang bershio Macan sebisa mungkin akan menyesuaikan semua perabotan ditempat tinggalnya (bahkan ditempat usahanya), agar menghadap ke arah barat daya (270 °) untuk “menarik keberuntungan”.

Bahkan ketika melakukan sesuatu yang penting, misalnya seperti berbisnis, mereka akan cenderung menghindari arah timur laut. Jadi bagi mereka yang bershio ini, sebisa mungkin akan menghadap ke arah barat daya, sehingga peluang untuk berhasil meningkat.

Jadi bagi mereka2 yang bershio ini sebisa mungkin akan menghadap ke arah barat daya, sehingga peluang untuk berhasil meningkat!

Secara keseluruhan, situasi di sepanjang tahun 2022 ini akan kurang menuntut, dan sedikit lebih nyaman dibandingkan tahun sebelumnya, mengingat efek pandemi Covid-19 benar2 menghantam bintang semua shio menjadi babak belur.

Baca selengkapnyaCara Menjauh Bintang Thay Shui (Tai Sui) : Menghadap Ke Arah Sebaliknya!
Baca juga : 4 Shio Hoki yang Diprediksi Beruntung di Tahun Macan 2022

Shio Ciong 2022 : 4 Shio yang akan Ciong (Jiong) di tahun Kerbau 2022

Dewa Thay Shui 2022, Jenderal He E (贺谔)

“Shio Macan, Shio Ular, Shio Monyet dan Shio Babi” (shio ciong 2022)

Baca juga : Shio 2022, Ini Ramalan Peruntungan 12 Shio Lengkap di Tahun Macan Air

Orang yang shionya ciong biasanya akan bersembahyang secara khusus kepada Dewa Thay Sui. Sembahyang khusus ini dinamakan sembahyang PO UN (保运; Bao Yun). Masyarakat Tionghoa sendiri menyebutnya sebagai “sembahyang ciong” atau “ritual tolak bala”.

Untuk Dewa Thay Sui yang bertugas di tahun 2022, atau Imlek 2573 ini bernama Jenderal He E (贺谔大將軍). Berikut riwayat singkat-Nya :

He E (贺谔) hidup pada jaman Dinasti Yuan (大元; 1271 – 1368). Beliau bernama asli He Ben (贺贲) lahir di kabupaten E (鄂县; sekarang kabupaten Yanling, propinsi Hunan). Orangnya pintar dan pengertiannya tinggi, menghadapi segala sesuatunya dengan keteguhan.

Pada masa perang, He E sering menang karena banyak akalnya. Waktu itu, di daerah peperangan Guanzhong (关中) banyak sekali mayat2 bergeletakan, He E pun memerintahkan anak buahnya untuk mengubur semua mayat dengan baik.

He E juga mendapat kepercayaan dari Yuan Shi Zu (元世祖; Kubilai Khan), sehingga Beliau diangkat menjadi kepala tentara, dimana semua daerah yang penting dikuasakan kepada He E.

Secara tidak sengaja, di suatu daerah tiba2 ada tembok yang roboh. Di tembok yang roboh itu He E menemukan emas 7000 tael, dan emas tersebut tidak ada yang punya. Kebetulan waktu itu Yuan Shi Zu yang pergi menaklukan Yunnan (di Liu Panshan 六盘山) sedang mengalami kekurangan logistik dan makanan.

He E pun memberikan 5000 tael untuk membantu para tentara (mendanai ekspedisi), sehingga tentara2 tidak mengambil uang dari rakyat. Setelah meninggal, He E dianugerahi gelar anumerta Yong Guo Gong (雍国公), Zhen Xian (贞献).

Upacara sembahyang ciong sendiri, selain bertujuan untuk memohon berkah dan nasib baik, juga memohon perlindungan serta keselamatan, agar sepanjang tahun yang akan berjalan mereka selalu dilindungi oleh Shen Xian 神仙 atau Dewa-Dewi.

Baca juga : Po Un (Poun) Ritual Sembahyang Bagi Orang2 yang Shionya Ciong

Dalam Ciong, terdapat juga istilah Ciong besar dan Ciong kecil. Untuk tahun 2022 ini, ciong besarnya adalah shio Macan. Namun bukan berarti semua orang yang bershio macan akan terkena efek ciong besar. Secara spesifik, masih ada hitungan lain, berupa tahun2 kelahiran mana saja dalam shio tersebut yang terkena ciong paling besar.

Namun berdasarkan perhitungan secara umum, ciong besar adalah tahun shio yang sedang berjalan, dan yang berselisih 6 dari tahun shio, sementara yang berselisih 3 dan 9 dianggap ciong kecil.

Jadi bagi mereka2 yang terkena ciong di tahun 2022 ini, disarankan untuk MENGHINDARI acara2 pemakaman (mulai dari tutup peti atau malam kembang, pemberangkatan jenazah, hingga di penguburan), mengunjungi rumah sakit, atau bahkan mengunjungi orang yang baru melahirkan bayi.

Jikapun memang terpaksa, semisal menghadiri acara duka keluarga/kerabat dekat, harus melakukan cisuak-cisuak tersentu (agar efek negatifnya tidak menempel), seperti ketika pulang dan hendak memasuki rumah, harus membakar kertas emas dan melangkahinya, lalu segera mandi bersih.

Sebagian Kelenteng, Wihara, dan Daoguan yang ada di Indonesia akan melakukan ritual “sembahyang ciong” ini, khususnya di minggu2 pertama pasca tahun baru Imlek.

So, bagi pembaca yang tahun ini shionya termasuk dalam salah satu shio tersebut, tidak ada salahnya untuk mengikuti/mendaftar sembahyang ciong tersebut, hitung2 juga sebagai perbuatan kungtek/amalan.

天机不可泄漏 (Tiān jī bùkě xièlòu); Rahasia langit tidak boleh dibocorkan!

Sebelumnya, bagi pembaca yang lahir di bulan Januari atau Februari, mohon untuk memeriksa tabel daftar tahun shio berikut, untuk memastikan apa shio Anda.

Link : Cara Mengetahui Shio Seseorang Berdasarkan Tahun Kelahiran dan Unsur Elemennya

1. Shio Macan (1950, 1962, 1974, 1986, 1998, dan 2010) – ★☆☆☆☆

Tahun Macan 2022 akan menjadi “tahun Ciong” bagi para macan. Untuk tahun ini, ada baiknya bagi Anda untuk mengambil satu langkah mundur, sambil menyusun rencana untuk 1-2 tahun ke depan.

Prospek karir maupun usaha tidak akan berjalan begitu baik di tahun ini. Kalaupun ada, maksimal hanya di triwulan pertama, sisa2 kejayaan tahun kemarin.

Pengeluaran akan melonjak, dan menabung mungkin menjadi hal yang sulit. Bagi pelaku bisnis, perlu waspada terhadap beberapa staf yang mungkin akan merusak usaha. Karena ketidakpuasan, mereka mungkin sedang merencanakan sesuatu … So, bersikaplah diplomatis dan rendah hati.

Hubungan dengan pasangan juga cenderung akan memanas. Karena itu penting bagi Anda untuk mengendalikan amarah dan hindari pertengkaran yang tidak perlu. Para lajang juga perlu berhati2 dalam berkomitmen dengan pasangannya.

Kesehatan juga diprediksi tidak akan begitu baik, terutama pada masalah2 yang berhubungan dengan penyakit dalam, seperti diabetes, stroke, dan darah tinggi.

Menurut perhitungan ramalan shio, tahun 2022 adalah tahun macan. Jadi mereka2 yang bershio ini akan berada di posisi waktu tahun (zodiak) lahir mereka sendiri, mengalami Ciong 冲 atau Ben Ming Nian 本命年; yang secara harafiah berarti “asal tahun kehidupan”. Hal ini dipercaya akan “menyinggung” Dewa Thay Sui 太岁.

Mereka diyakini akan memiliki nasib yang kurang baik di sepanjang tahun yang berjalan ini. So, alih2 mencoba untuk membuka usaha atau mencari pekerjaan yang baru, ada baiknya menunggu hingga tahun depan. Kehidupan normal Anda juga akan terganggu dengan hal-hal yang kurang berguna.

So, gunakan tahun ini sebagai waktu untuk belajar, atau mengembangkan keahlian/skill yang baru, agar kelak bisa menunjang pekerjaan. Ingat, orang2 profesional akan dihargai lebih (secara finansial) atas ketekunan dan keterampilan yang mereka miliki. Tahun ini, keluarga akan memainkan peran penting dalam hidup Anda!

Tahun kelahiran shio Macan : macan logam 1950, macan air 1962, macan kayu 1974, macan api 1986, macan tanah 1998, macan logam 2010.

Baca jugaRamalan Shio Macan 2022 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

2. Shio Ular (1941, 1953, 1965, 1977, 1989, 2001, dan 2013) – ★★☆☆☆

Takdir akan memainkan peran penting dalam perjalanan shio Ular di tahun 2022. Sama seperti macan, ular juga akan mengalami ciong di tahun ini, dimana kehidupan mereka akan penuh dengan kegagalan, kemalangan, dan kejadian2 aneh yang mungkin membuat stres.

Daripada meratapi nasib, Anda disarankan untuk secara aktif menyibukkan diri, seperti menekuni hobi (seperti kuliner, atau berkebun), siapa tahu bisa menghasilkan & menjadi usaha kecil2an. Anda juga disarankan untuk menghindari keputusan/tindakan yang berisiko, untuk menghindari kerugian finansial.

Meski tahun ini akan kurang beruntung, Anda harus tetap fokus pada pekerjaan saat ini. Bersikaplah diplomatis dalam berurusan dengan rekan kerja/partner. Hindari perselisihan, atau itu akan memperburuk situasi

Dalam urusan asmara, mereka yang single juga masih kesempatan untuk menjalin hubungan relationship yang romantis, namun sepertinya tidak akan bertahan lama. Bagi yang sudah berkeluarga, kehidupan pernikahan akan sedikit bergolak.

Sementara disisi kesehatan juga tidak akan begitu bagus. Hati2 pada penyakit darah tinggi dan insomnia (sulit tidur) yang memburuk. Kurangi tingkat stres dengan melakukan meditasi atau yoga.

Tetaplah berpikir positif, dan maju terus dalam kehidupan, baik itu urusan pekerjaan maupun percintaan; karena kekecewaan adalah bagian yang tak terpisahkan dari kerikil-kerikil kehidupan. Disatu titik, semakin beranjak dewasa, Anda harus belajar untuk lebih mengiklaskan, daripada terus mencoba untuk bertahan …

Tahun kelahiran shio Ular : ular logam 1941, ular air 1953, ular kayu 1965, ular api 1977, ular tanah 1989, ular logam 2001, ular air 2013.

Baca jugaRamalan Shio Ular 2022 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

3. Shio Monyet (1944, 1956, 1968, 1980, 1992, 2004, dan 2016) – ★★☆☆☆

Shio Monyet akan mengalami ciong di tahun 2022. Sepertinya ini tidak akan menjadi tahun yang menyenangkan. bagi mereka.

Anda harus mewaspadai serangan dari orang lain. Jangan mengambil risiko apa pun sebelum dipikir matang2, termasuk dalam berinvestasi.

Keuangan akan menunjukkan tren penurunan, karena itu pengeluaran harus diatur dengan memiliki rencana keuangan. Jika tengah menjajaki usaha baru, pelajari ketentuan perjanjian secara menyeluruh.

Secara personal, tahun ini monyet cenderung emosional. Ini akan memengaruhi hubungan cinta mereka. Pernikahan bisa berakhir jika Anda tidak sabaran dan sering bertengkar dengan pasangan karena hal2 sepele. Cobalah mengembangkan hubungan baik dengan pasangan untuk menyelamatkan kehidupan berumah tangga.

Kesehatan (mental) juga tidak akan terlalu bagus. Waspada pada depresi dan stress. Berpikiran terbukalah dalam menghadapi hidup.

Tahun kelahiran shio Monyet : monyet kayu 1944, monyet api 1956, monyet tanah 1968, monyet logam 1980, monyet air 1992, monyet kayu 2004, monyet api 2016.

Baca jugaRamalan Shio Monyet 2022 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

4. Shio Babi (1946, 1958, 1970, 1982, 1994, dan 2006) – ★★☆☆☆

Catatan : Bulan berdasarkan penanggalan Tionghoa (kalender imlek), BUKAN penanggalan masehi.

Shio Babi akan mengalami ciong di tahun 2022. Keadaan tidak akan berjalan lancar seperti biasanya, dimana Anda mungkin tidak dapat mengendalikan situasi. Bersikaplah terbuka, turunkan target Anda, jangan banyak bereksperimen, dan jalankan ide2 dengan gaya klasik.

Mereka juga diprediksi akan menghadapi beberapa hambatan dan kegagalan pada usaha, yang dapat menyebabkan kerugian finansial yang cukup besar tahun ini. Hati2 pada pengeluaran finansial yang tidak terduga.Waspada juga terhadap rekan kerja disekitar yang berbahaya.

Kehidupan bersama pasangan juga menjadi rumit, dan cenderung memanas. Para lajang juga sepertinya tidak akan banyak peluang dalam menjalin hubungan percintaan. Disisi kesehatan, penyakit2 ringan seperti flu dan maag akan berdatangan. Kalau kurang berhati2, berpotensi mengalami kecelakaan berat.

Meski begitu, dengan tekad yang kuat, ketekunan, dan kerja keras, Anda masih dapat mengubah tahun 2022 menjadi lebih baik dan bermanfaat.

Tahun kelahiran shio Babi : babi api 1947, babi tanah 1959, babi logam 1971, babi air 1983, babi kayu 1995, babi api 2007, babi tanah 2019.

Baca jugaRamalan Shio Babi 2022 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

Ingin membaca ramalan shio yang lain? Simak artikel Apa Shio Anda Beruntung? Berikut Ramalan Shio Lengkap Tahun 2022 (Part 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *