Tahun 2022 (Imlek 2573) adalah tahun Macan Air. Berikut ramalan untuk 12 shio, Tikus, Kerbau, Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing, dan Babi. Ini adalah kelanjutan dari seri Ramalan Shio Lengkap Tahun 2022. Jika pembaca belum membaca Part 1 dan Part 2 nya, silahkan dibaca dulu, biar runut ceritanya 😀

Tahun 2022 dikenal dengan tahun Macan Air, atau Macan Hitam (Black Water Tiger), karena dalam Fengshui, air dianggap sebagai perlambang arah utara (warna hitam, atau diasosiasikan dengan kura-kura). Pergantian ke tahun Macan sendiri akan dimulai sejak 01 Februari 2022.

Diingatkan bagi pembaca yang lahir di bulan Januari atau Februari, mohon untuk memeriksa tabel daftar tahun shio, unsur shio, dan sifat berikut untuk memastikan shionya 💡

Cek shio Anda disini : Daftar Tahun Shio, Unsur Shio dan Sifatnya

11. Ramalan Shio Anjing 2022

Ramalan shio Anjing di tahun 2022 cenderung berfluktuasi. Pergantian tahun sepertinya masih belum memberikan banyak harapan untuk perubahan.

Mereka akan menghadapi lingkungan kerja yang keras. Prospek keuangan juga tidak terlalu menggembirakan. Anda harus memangkas pengeluaran dan melakukan pengetatan agar bisa survive.

Kehidupan rumah tangga juga datar2 saja, dan cenderung membosankan. So, hindari konflik dengan pasangan Anda.

Tahun kelahiran shio Anjing : anjing api 1946, anjing tanah 1958, anjing logam 1970, anjing air 1982, anjing kayu 1994, anjing api 2006, anjing tanah 2018.

Baca juga : Ramalan Shio Anjing 2022 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

12. Ramalan Shio Babi 2022 (Ciong)

Shio Babi akan mengalami ciong di tahun 2022. Keadaan tidak akan berjalan lancar seperti biasanya, dimana Anda mungkin tidak dapat mengendalikan situasi. Bersikaplah terbuka, turunkan target Anda, jangan banyak bereksperimen, dan jalankan ide2 dengan gaya modern.

Mereka juga diprediksi akan menghadapi beberapa hambatan dan kegagalan pada usaha, yang dapat menyebabkan kerugian finansial yang cukup besar tahun ini. Hati2 pada pengeluaran finansial yang tidak terduga. Waspada juga terhadap rekan kerja di sekitar yang berbahaya.

Kehidupan bersama pasangan juga menjadi rumit, dan cenderung memanas. Para lajang juga sepertinya tidak akan banyak peluang dalam menjalin hubungan percintaan.

Disisi kesehatan, penyakit2 ringan, seperti flu dan maag bisa berdatangan. Kalau kurang berhati2, ada potensi mengalami kecelakaan berat.

Meski begitu, dengan tekad yang kuat, ketekunan, dan kerja keras, Anda masih dapat mengubah tahun 2022 menjadi lebih baik dan bermanfaat.

Tahun kelahiran shio Babi : babi api 1947, babi tanah 1959, babi logam 1971, babi air 1983, babi kayu 1995, babi api 2007, babi tanah 2019.

Baca juga : Ramalan Shio Babi 2022 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

“Kalau nenek moyang berbuat kebaikan, anak cucu akan dienakkan; Kalau anak cucu berbuat kebaikan, nenek moyang akan diringankan”

Baca Part 1 nya : Shio Tikus 2022, Shio Kerbau 2022, Shio Macan 2022, Shio Kelinci 2022, Shio Naga 2022
Baca Part 2 nya : Shio Ular 2022, Shio Kuda 2022, Shio Kambing 2022, Shio Monyet 2022, Shio Ayam 2022

Konklusi :

Jika Anda menanyakan umur seseorang, tidak jarang mereka hanya akan memberitahu (tahun) shionya, daripada memberitahu usianya. Diyakini bahwa shio seseorang sangat mempengaruhi sifat bawaan dan masa depannya.

Mungkin akan timbul pertanyaan, apakah itu berarti berjuta2 orang yang terlahir pada tahun yang sama, akan memiliki sifat2 yang sama pula? Walaupun ini tampaknya hampir mustahil, tapi aku mengenali sifat2 dan karakter yang mirip pada rekan2ku yang memiliki shio yang sama.

Astrologi Tiongkok jauh lebih kompleks daripada sekedar 12 shio. Perhitungan Bazi ditetapkan tidak hanya berdasarkan tahun berapa Anda lahir, tapi juga bulan, tanggal, dan jam berapa Anda lahir, lalu dikombinasikan dengan unsur 5 elemen, serta sifat Yin atau Yang.

Akan lebih baik jika dikombinasikan dengan teknik meramal ala Tionghoa lainnya. Dengan demikian, hasil ramalan akan lebih spesifik dan akurat.

Hingga kini, masyarakat Tiongkok dan perantauannya di seluruh dunia masih mengandalkan astrologi Tiongkok sebagai panduan dalam mengambil keputusan2 yang penting dalam hidup, seperti jodoh perkawinan hingga karirnya.

Baca juga Kecocokan antar shio : Apakah dia cocok menjadi pasangan Anda?

D. Usaha2 Apa yang Bagus dan Menjanjikan Untuk Dijalankan di Tahun 2022?

Efek dari shio yang mengalami Ciong pun bak kartu yang runtuh berurutan, seperti orang2 kehilangan pekerjaannya, usaha yang bangkrut, terhenti, atau omzetnya menurun, serta kehidupan rumah tangga yang menjadi kurang harmonis.

Seorang ahli Fengshui pernah berkata, keakuratan dari teknik ramalan garis tangan hanya berkisar 5% saja. Harus dikombinasikan dengan beberapa teknik ramalan lain untuk bisa mengetahui GARIS BESAR jalan kehidupan seseorang (Gwa Mia, Suan Ming; 算命)

Secara umum, tahun 2022 ini masih dianggap sebagai “tahun transisi”, setelah disepanjang tahun 2020 s/d 2021 dunia masih menghadapi bahaya Covid-19, yang total kasusnya mencapai angka ratusan juta orang, dan menyebabkan jutaan orang meninggal.

Tahun transisi yang dimaksud disini adalah perubahan ke arah yang lebih baik. Setelah vaksinisasi massal, dunia mulai pulih, roda perekonomian berputar, sekolah2 dibuka, dan pariwisata pun kembali berjalan. Orang2 juga menjadi lebih sadar akan kesehatan. Mereka bersyukur, karena berhasil survive melewati tahun kematian.

Jadi setelah pandemi, masa transisi ini diprediksi masih akan berlangsung hingga beberapa tahun ke depan. Sebagai perbandingan, pada saat Depresi Besar yang terjadi pada akhir 1929, dampak ekonominya bahkan terasa hingga 6 tahun setelahnya!

Namun bagi pembaca yang bisnisnya kurang bagus (terdampak), apabila memungkinkan untuk sementara bisa beralih ke model usaha yang baru.

Nyatanya, saat ini cukup banyak perusahaan yang menjalani survival mode, setidaknya agar tetap mendapat cash flow di masa2 yang sulit ini. Bahkan, Pizza Hut rela menurunkan karyawannya untuk berjualan langsung di jalanan demi mengejar omzet.

Jika pembaca ingin mengetahui bidang bisnis/usaha apa saja yang diprediksi akan bagus dan menjanjikan di tahun 2022, bisa membaca artikel berikut :

Baca juga : Usaha/Bisnis Apa Saja Yang Diramalkan Bagus dan Menjanjikan Untuk Dijalankan di Tahun 2022?
Baca juga : Usaha/Bisnis Apa Saja Yang Diramalkan Akan Terpuruk dan Bisa Bankrut di Tahun 2022?

Umat yang sama2 bersembahyang, tapi mengapa ada yang JAYA, ada yang TIDAK JAYA (menjadi sukses/kaya)?

Ini karena INTI TAKDIR mereka berbeda2. Ini sedikit banyak juga ada kaitannya dengan past life (masa lalu) seseorang. Misalnya si A takdirnya berpenghasilan tiap bulan 50 ribu. Ia bersembahyang, nasibnya berubah. Jika ditambah 1 kali lipat, maka tiap bulan menjadi 100 ribu.

Sementara si B takdirnya berpenghasilan sebulan 5 ribu, Ia juga bersembahyang, berubah pula nasibnya, jika sekali lipat, juga hanya 10 ribu, 2 kali lipat pun masih hanya 15 ribu saja. Kelihatan jauh berbeda bukan?

Dari cerita diatas kita dapat berpikir, seandainya tidak bersembahyang, sudah tentu kesempatan untuk merubah pun tidak ada. Namun soal merubah nasib ini biasanya yang bersangkutan tidak mengetahuinya, maka seakan2 seperti tidak ada bantuan dari yang DIATAS.

Tapi sebenarnya jelaslah, bahwa nasib itu dapat diubah-Nya dalam keadaan yang tidak diketahui oleh ybs.

E. Shio Apa Saja yang ‘Ciong’ di Tahun 2022?

Saban tahun, selalu ada 4 shio yang Ciong (冲; Chong). Dikatakan shio ciong, artinya yang menurut perhitungan astrologi Tiongkok, peruntungannya kurang bagus di tahun yang akan berjalan. Apalagi shio Macan, yang tahun 2022 ini bisa dibilang merupakan “masa2 tergelap” bagi mereka.

Karena menurut perhitungan, tahun 2022 adalah tahun Macan, jadi mereka2 yang bershio ini akan berada di posisi waktu tahun (shio) lahir mereka sendiri (本命年; běn mìng nián); atau yang secara harafiah berarti “asal tahun kehidupan”. Hal ini dipercaya akan “menyinggung” Dewa Thay Sui (太岁).

Dari cerita2 legenda yang berkembang di masyarakat, Thay Sui adalah sekelompok Dewa yang berjumlah 60, yang menguasai peredaran waktu. Oleh sebab itu, Dewa Thai Sui sangat dihormati oleh masyarakat Tionghoa. Menurut catatan sejarah, pemujaan terhadap Thay Sui dimulai sejak masa Dinasti Yuan (1280-1368).

Baca juga : Sejarah Dewa Thay Sui

Sebagian orang yang mempercayai ini biasanya akan cenderung menyesuaikan arah tempat tidur, meja kerja, bahkan semua perabot dimana tempat mereka tinggal, sebisa mungkin diatur agar menjauh dari Tai Shui; yakni dengan “menempatkan Tai Sui di belakang mereka” (berlawanan arah) dalam upaya untuk menghasilkan keberuntungan.

Sebagai contoh, di tahun 2022 ini (tahun Macan), bintang Tai Sui akan berada di arah timur laut (60 °). Jadi tahun ini yang bershio Macan sebisa mungkin akan menyesuaikan semua perabotan ditempat tinggalnya (bahkan ditempat usahanya), agar menghadap ke arah barat daya (270 °) untuk “menarik keberuntungan”.

Bahkan ketika melakukan sesuatu yang penting, misalnya seperti berbisnis, mereka akan cenderung menghindari arah timur laut. Jadi bagi mereka yang bershio ini, sebisa mungkin akan menghadap ke arah barat daya, sehingga peluang untuk berhasil meningkat.

Baca selengkapnyaCara Menjauh Bintang Thay Sui (Tai Sui) : Menghadap Ke Arah Sebaliknya!

Dewa Thay Shui 2022, Jenderal He E (贺谔)

“Shio Macan, Shio Ular, Shio Monyet dan Shio Babi” (shio ciong 2022)

Baca juga4 Shio Ciong yang Nasibnya Diprediksi Kurang Baik di Tahun Macan 2022

Orang yang shionya ciong biasanya akan bersembahyang secara khusus kepada Dewa Thay Sui. Sembahyang khusus ini dinamakan sembahyang PO UN (保运; Bao Yun). Masyarakat Tionghoa sendiri menyebutnya sebagai “sembahyang ciong” atau “ritual tolak bala”.

Untuk Dewa Thay Sui yang bertugas di tahun 2022, atau Imlek 2573 ini bernama Jenderal He E (贺谔大將軍). Berikut riwayat singkat-Nya :

He E (贺谔) hidup pada jaman Dinasti Yuan (大元; 1271 – 1368). Beliau bernama asli He Ben (贺贲) lahir di kabupaten E (鄂县; sekarang kabupaten Yanling, propinsi Hunan). Orangnya pintar dan pengertiannya tinggi, menghadapi segala sesuatunya dengan keteguhan.

Pada masa perang, He E sering menang karena banyak akalnya. Waktu itu, di daerah peperangan Guanzhong (关中) banyak sekali mayat2 bergeletakan, He E pun memerintahkan anak buahnya untuk mengubur semua mayat dengan baik.

He E juga mendapat kepercayaan dari Yuan Shi Zu (元世祖; Kubilai Khan), sehingga Beliau diangkat menjadi kepala tentara, dimana semua daerah yang penting dikuasakan kepada He E.

Secara tidak sengaja, di suatu daerah tiba2 ada tembok yang roboh. Di tembok yang roboh itu He E menemukan emas 7000 tael, dan emas tersebut tidak ada yang punya. Kebetulan waktu itu Yuan Shi Zu yang pergi menaklukan Yunnan (di Liu Panshan 六盘山) sedang mengalami kekurangan logistik dan makanan.

He E pun memberikan 5000 tael untuk membantu para tentara (mendanai ekspedisi), sehingga tentara2 tidak mengambil uang dari rakyat. Setelah meninggal, He E dianugerahi gelar anumerta Yong Guo Gong (雍国公), Zhen Xian (贞献).

Upacara sembahyang ciong sendiri, selain bertujuan untuk memohon berkah dan nasib baik, juga memohon perlindungan serta keselamatan, agar sepanjang tahun yang akan berjalan mereka selalu dilindungi oleh Shen Xian 神仙 atau Dewa-Dewi.

Baca bagian 1 nya : Shio 2022, Ini Ramalan Peruntungan 12 Shio Lengkap di Tahun Macan Air
Baca bagian 2 nya : Apa Shio Anda Beruntung? Berikut Ramalan Shio Lengkap Tahun 2022 (Part 2)

Demikianlah sedikit gambaran mengenai ramalan peruntungan 12 shio di tahun Macan air 2022 ini.
Semoga nasib baik menyertai pembaca sekalian!

By Herman Tan

One Smile Return to the East. Follow Facebook & Twitter @tionghoainfo untuk info2 terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *