Last Updated on 24 September 2021 by Herman Tan

Tahun Macan Air akan dimulai pada 1 Februari 2022. Ramalan Shio Lengkap 2022 berikut akan mencakup berbagai aspek kehidupan, seperti karier, keuangan, cinta, dan kesehatan. Apa shio Anda akan hoki/beruntung di tahun 2022 ini?

Btw, ini merupakan seri lanjutan dari Ramalan Shio Lengkap di Tahun Macan 2022. Jika pembaca belum membaca bagian pertamanya, silahkan dibaca dulu, biar runut ceritanya πŸ™‚

Perayaan Imlek tahun 2022 tinggal sebentar lagi. Imlek 2573 akan jatuh pada Selasa, 1 Februari 2022; yang ditandai dengan pergantian tahun Kerbau Logam ke tahun Macan Air. Setiap 2 tahun selalu terjadi pergantian unsur, dan untuk tahun depan, ada pergantian dari unsur Logam ke unsur Air.

Pergantian ke tahun (shio) macan sendiri akan dimulai sejak 01 Februari 2022, dan akan berlangsung hingga 21 Januari 2023.

Disclaimer!

1. Merupakan #artikeleksklusif. Harap mencantumkan sumber rujukan berupa link aktif ke situs Tionghoa.INFO! Bagi wartawan media cetak/online harap mencantumkan sumber rujukan di artikel terbitannya. Bagi Youtuber, jangan asal menjiplak hasil karya orang, tanpa menyebutkan atau mencantumkan link sumber (credit).

2. Artikel bersifat ramalan-referensi. Beberapa kata/kalimat yang digunakan pada artikel2 dibawah merupakan tafsiran, yang kadang harus diartikan sendiri oleh pembaca, disesuaikan dengan kehidupan yang sedang dijalani.

3. Mohon bersabar, karena link2 yang berisi detail penjelasan setiap shio dibawah akan di update pada November 2021.

Diingatkan bagi pembaca yang lahir di bulan Januari atau Februari, mohon untuk memeriksa tabel daftar tahun shio, unsur shio, dan sifat berikut untuk memastikan shionya πŸ’‘

Cek shio Anda disini : Daftar Tahun Shio, Unsur Shio dan Sifatnya

Membaca video, atau menonton artikel tentang ramalan2 Shio pun perlu dilihat siapa pembuatnya. Karena dimasa kini, atas nama KEJAR SETORAN di situs2 berita segede Gaban, bahkan penulis2 non Tionghoa (dari agama I & K) pun ikutan menerbitkan ramalannya sendiri. wkwk …

6. Ramalan Shio Ular 2022 (Ciong)

Takdir akan memainkan peran penting dalam perjalanan shio Ular di tahun 2022. Sama seperti macan, ular juga akan mengalami ciong di tahun ini, dimana kehidupan mereka akan penuh dengan kegagalan, kemalangan, dan kejadian2 aneh.

Daripada meratapi nasib, Anda disarankan untuk secara aktif menyibukkan diri, dengan menekuni hobi (seperti kuliner, atau berkebun), siapa tahu bisa menghasilkan & menjadi usaha kecil2an. Anda juga disarankan untuk menghindari keputusan/tindakan yang berisiko, untuk menghindari kerugian finansial.

Meski tahun ini kurang beruntung, Anda harus tetap fokus pada pekerjaan saat ini. Bersikaplah diplomatis dalam berurusan dengan rekan kerja/partner. Hindari perselisihan, atau itu akan memperburuk situasi!

Dalam urusan asmara, mereka2 yang single juga masih berkesempatan untuk menjalin hubungan relationship yang romantis, namun sepertinya akan layu sebelum berkembang πŸ™ Sementara bagi yang sudah berkeluarga, kehidupan pernikahan akan sedikit bergolak.

Disisi kesehatan juga tidak akan begitu bagus. Hati2 pada penyakit darah tinggi dan insomnia (sulit tidur) yang memburuk. Kurangi tingkat stres dengan melakukan meditasi atau yoga.

Tetaplah berpikir positif, dan maju terus dalam kehidupan, baik itu urusan pekerjaan maupun percintaan; karena kekecewaan adalah bagian yang tak terpisahkan dari kerikil kehidupan. Disatu titik, semakin beranjak dewasa, Anda harus belajar untuk lebih mengiklaskan, daripada terus mencoba untuk bertahan …

Tahun kelahiran shio Ular : ular logam 1941, ular air 1953, ular kayu 1965, ular api 1977, ular tanah 1989, ular logam 2001, ular air 2013.

Baca juga :Β Ramalan Shio Ular 2022 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

7. Ramalan Shio Kuda 2022

Ramalan shio Kuda 2022 memprediksi bahwa tahun ini shio kuda akan menghadapi sedikit turbulensi dan gejolak. Oleh karena itu, kehidupan akan cenderung melambat.

Di Q1 tahun 2022, akan ada potensi konflik, beberapa rintangan, serta sedikit kemunduran. Tetaplah berkonsentrasi pada rencana (goals) Anda. Namun menjelang pertengahan tahun, situasi perlahan akan berubah membaik.

Pada pertengahan tahun, karir dan usaha akan menanjak dan mulai memberi keuntungan. Cobalah menginvestasikan sejumlah uang di saham2 yang low risk. Tahun ini cukup menjanjikan untuk investasi, namun jangan bermain dengan proyek2 spekulatif.

Perselingkuhan akan merusak keharmonisan dalam kehidupan pernikahan! Anda harus berhati2 dalam menjaga hubungan pernikahan yang sudah dibangun dengan susah payah.

Kesehatan akan cenderung baik, dengan beberapa masalah kecil saja.

Tahun kelahiran shio Kuda : kuda air 1942, kuda kayu 1954, kuda api 1966, kuda tanah 1978, kuda logam 1990, kuda air 2002, kuda kayu 2014.

Baca juga :Β Ramalan Shio Kuda 2022 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

8. Ramalan Shio Kambing 2022

Di tahun 2022, orang2 yang bershio Kambing diprediksi akan kembali mendapatkan “angin”, setelah tahun lalu mengalami ciong.

Keuangan akan berada di posisi yang sangat baik pada paruh pertama 2022. Para pekerja kantoran bisa menghasilkan sejumlah uang tambahan, tetapi harus waspada dengan “politik kantor” yang kotor.

Memiliki hubungan yang ramah dengan semua orang akan membantu Anda dalam karir. Kerja keras akan membawa pengakuan dan kepuasan, dengan keuntungan finansial.

Para lajang bisa mengambil kesempatan dalam menjalin hubungan yang baru, dan mungkin pada akhirnya akan mengikat tali simpul. Sementara bagi mereka2 yang sudah berkeluarga, sepertinya akan menemui beberapa masalah dalam keluarga, seperti perselisihan akibat kehadiran orang ke-3.

Jangan gunakan sikap keras kepalamu (sekeras kerbau!), hindari adu argumen dengan pasangan, atau itu hanya akan memperburuk situasi. Tidak ada masalah kesehatan yang berarti. Jalan2 ke luar negeri bisa menyegarkan pikiran Anda, yang selama ini mungkin hanya terkurung di rumah akibat pandemi.

Tahun kelahiran shio Kambing : kambing air 1943, kambing kayu 1955, kambing api 1967, kambing tanah 1979, kambing logam 1991, kambing air 2003, kambing kayu 2015.

Baca juga :Β Ramalan Shio Kambing 2022 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

9. Ramalan Shio Monyet 2022 (Ciong)

Shio Monyet akan mengalami ciong di tahun 2022. Sepertinya ini tidak akan menjadi tahun yang menyenangkan bagi mereka.

Anda harus mewaspadai serangan dari orang lain. Jangan mengambil risiko apa pun sebelum dipikir matang2, termasuk dalam berinvestasi.

Keuangan akan menunjukkan tren penurunan, karena itu pengeluaran harus diatur dengan memiliki rencana keuangan. Jika tengah menjajaki usaha baru, pelajari ketentuan perjanjian secara menyeluruh.

Secara personal, tahun ini monyet cenderung emosional. Ini akan memengaruhi hubungan cinta mereka. Pernikahan bisa berakhir jika Anda tidak sabaran, dan sering bertengkar dengan pasangan karena hal2 sepele.

Cobalah mengembangkan hubungan baik dengan pasangan untuk menyelamatkan kehidupan berumah tangga. Kesehatan (mental) juga tidak akan terlalu bagus. Waspada pada depresi dan stress. Berpikiran terbukalah dalam menghadapi hidup.

Tahun kelahiran shio Monyet : monyet kayu 1944, monyet api 1956, monyet tanah 1968, monyet logam 1980, monyet air 1992, monyet kayu 2004, monyet api 2016.

Baca juga :Β Ramalan Shio Monyet 2022 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

10. Ramalan Shio Ayam 2022

Ramalan shio Ayam 2022 memprediksi bahwa tahun 2022 ini akan sangat menguntungkan bagi para ayam. Para pebisnis diprediksi akan mengalami peningkatan yang luar biasa.

Tahun ini juga cocok untuk memulai sebuah usaha/unit yang baru, atau bagi mereka yang ingin berganti pekerjaan. Ambisi Anda akan terpenuhi jika mampu menjaga lawan tetap tenang.

Meski begitu, peruntungan mungkin masih akan sedikit berfluktuasi, karena arus uang tidak menentu di paruh kedua tahun ini. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan kebijaksanaan dan fleksibilitas.

Bagi mereka2 yang masih setia menjomblo, tahun ini ada kesempatan bagus untuk mencari pasangan. So, mantaatkan itu dengan daya tarik dan kemampuan berbicara Anda yang mumpuni! Bagi pria yang bershio ayam, rayu lawan jenismu dengan gombalan maut πŸ™‚

Bagi mereka2 yang sudah berkeluarga, situasi rumah tangga juga cenderung datar dan tenang2 saja. Namun situasi ini bisa menimbulkan kebosanan.

Hati2 terhadap beberapa masalah kesehatan, seperti gangguan persendian (tulang), dan penyakit dalam, seperti jantung, darah tinggi, dan diabetes.

Tahun kelahiran shio Ayam : ayam kayu 1945, ayam Api 1957, ayam tanah 1969, ayam logam 1981, ayam air 1993, ayam kayu 2005, ayam api 2017.

Baca juga :Β Ramalan Shio Ayam 2022 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

“Dalam perjalanannya, Astrologi Tiongkok telah menuntun masyarakat Tiongkok dan perantauannya selama ribuan tahun, dan pengaruhnya sangat besar dalam kehidupan.”

Bersambung ke Part 3 : Shio Anjing 2022, Shio Babi 2022
Baca juga bagian 1 nya : Shio Tikus 2022, Shio Kerbau 2022, Shio Macan 2022, Shio Kelinci 2022, Shio Naga 2022

C. Bagaimana Perhitungan Ramalan Astrologi ala Tiongkok Itu?

Tidak seperti ramalan horoskop ala barat yang bersifat bulanan (ditandai dengan simbol perbintangan), ramalan astrologi ala Tiongkok memiliki ramalan yang bersifat tahunan, dimana setiap tahun ditandai dengan simbol Shio (η”Ÿθ‚–; Shengxiao).

Setiap tahunnya, selalu ada 4 Shio yang terkena Ciong (冲). Apakah shio pembaca salah satu diantaranya? Jika ya, maka perlu waspada di tahun 2022 ini.

Hal ini menjadikan setiap tahun memiliki karateristik sendiri, dan akan mempengaruhi terhadap ke-11 shio lainnya.

Sistem perhitungan Astrologi Tiongkok didasarkan pada siklus 12 tahunan matahari dan bulan, yang sesuai dengan kalender pertanian kuno Tiongkok atau Nong Li ε†œεŽ†; juga menjadi penanda (sign) 12 binatang yang mewakili setiap tahunnya.

Ahli2 Astronomi Tiongkok kuno dulu telah menyadari, bahwa dari 5 bintang (planet) yang besar, terutama Mu Xing 木星 (bintang kayu, Jupiter), dalam peredarannya mengorbit selama 12 tahun, tepatnya 11,88 tahun (hitungan tahun bumi) dalam 1 lintasan lengkap.

Artinya kalau dihitung dari 1 titik di langit, Mu Xing ini akan beredar sesuai lintasan orbitnya, dan kembali ke titik tersebut dalam kurun waktu 12 tahun bumi. Ini berarti saat Mu Xing bergerak dengan jarak 1/12 lintasan orbitnya, maka waktu di bumi sudah berlalu selama 1 tahun.

Maka dari itu, orang2 jaman dulu menyebut Mu Xing sebagai Sue Xing (bintang umur, Sue = umur). Mu Xing beredar 1 putaran, yang berarti 12 tahun, dan 12 tahun inilah yang dipakai untuk menentukan standar tahun dan umur yang dijabarkan dalam 12 istilah tahun waktu.

Untuk lebih mudahnya, istilah2 ini kemudian dilambangkan dalam nama2 binatang (shio), yang tak lain hanya sebagai patokan semu saja, untuk sekedar mempermudah suatu perhitungan (atau mengingat) dalam praktek suatu ritual keagamaan.

Siklusnya juga terbagi dalam 5 elemen, yakni : Logam,Air, Kayu, Api dan Tanah; sehingga setiap 60 tahun dianggap sebagai 1 putaran (kombinasi tahun shio dan unsur). Sistem ini juga dipengaruhi oleh kosmos Yin (wanita, negatif) dan Yang (pria, positif), yang merupakan penafsiran dari keselarasan dan keseimbangan alam semesta.

Perhitungan Shio juga dipengaruhi oleh Bazi ε…«ε­—, yakni suatu ilmu yang menggunakan perhitungan saat kelahiran seseorang, yakni : Tahun, Bulan, Hari dan Jam; masing2 diambil 2 angka.

Perhitungan bazi ini juga digunakan untuk mengungkap sifat atau kepribadian seseorang, yang dihubungkan dengan cinta, usaha, keuangan dan kesehatan, serta kecocokan dengan shio lainnya.

η”Ÿζ­»ζœ‰ε‘½ (Shengsi you ming) … Takdir perjalanan hidup mati seseorang sudah digariskan oleh yang DIATAS.

Tentu saja, ramalan shio sendiri sulit terlepas dari Baoying ζŠ₯εΊ” atau karma seseorang, Mingyun 命运 atau takdir seseorang, serta Yuenfen ηΌ˜εˆ† atau kejodohan (suatu kebetulan yang ditakdirkan/dikondisikan oleh masa lalu seseorang). Mengakui hubungan ini, merupakan hasil dari membuat seseorang bertanggung jawab atas segala tindakannya ❗

Baca juga : Kecocokan Antar Shio : Apakah Dia Cocok Untuk Anda?

Bersambung ke Part 3 : Ramalan Peruntungan 12 Shio Lengkap Tahun Macan 2022 (Part 3)
Baca juga bagian 1 nya : Shio 2022, Ini Ramalan Peruntungan 12 Shio Lengkap di Tahun Macan Air

By Herman Tan

One Smile Return to the East. Follow Facebook & Twitter @tionghoainfo untuk info2 terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *