Last Updated on 24 September 2021 by Herman Tan

Sebagian pembaca Tionghoa sudah menantikan bagaimana peruntungan shio 2022 nanti. Perayaan Imlek tahun 2022 (Imlek 2573) akan jatuh pada Selasa, 1 Februari 2022; yang ditandai dengan pergantian tahun Kerbau Logam ke tahun Macan Air.

Tahun ini, ada pergantian unsur dari Logam ke Air (cair), dimana pergantian unsur ini terjadi setiap 2 tahun sekali. Tahun 2022 ini juga dikenal dengan tahun Macan Air, atau Macan Hitam (Black Water Tiger), karena dalam Fengshui, air dianggap sebagai perlambang arah utara (warna hitam, atau disimbolkan dengan kura2).

Pergantian ke tahun macan sendiri akan dimulai sejak 01 Februari 2022, dan berlangsung hingga 21 Januari 2023.

Secara umum, tahun 2022 ini masih dianggap sebagai “tahun transisi”, setelah disepanjang tahun 2020 s/d 2021 dunia masih menghadapi bahaya Covid-19, yang total kasusnya mencapai angka ratusan juta orang, dan menyebabkan jutaan orang meninggal.

Tahun transisi yang dimaksud disini adalah perubahan ke arah yang lebih baik. Setelah vaksinisasi massal, dunia mulai pulih, roda perekonomian berputar, sekolah2 dibuka, dan pariwisata pun kembali berjalan. Orang2 juga menjadi lebih sadar akan kesehatan. Mereka bersyukur, karena berhasil survive melewati tahun kematian.

Masyarakat Tionghoa menyakini, dengan bergantinya tahun, keberuntungan seseorang juga akan ikut berubah. Entah itu berubah menjadi lebih baik, atau bisa saja menjadi lebih buruk.

Keberuntungan yang dimaksud adalah U FUK (五福), atau “5 REZEKI”, yakni Fu (福, hoki), Lu (禄, nama baik atau jabatan), Shou (寿, usia), Cai (财, kekayaan), dan Ting (厅, keturunan).

Bagi sebagian pembaca yang sudah tidak sabaran, atau yang sudah menyerah dengan nasibnya yang kurang baik di tahun ini, tentu dalam hati mulai bertanya2, bagaimana peruntungan shio saya di tahun 2022 nanti? Apakah bisa membaik?

Membaca video, atau menonton artikel tentang ramalan2 Shio pun perlu dilihat siapa pembuatnya. Karena dimasa kini, atas nama KEJAR SETORAN di situs2 berita segede Gaban, bahkan penulis2 non Tionghoa (dari agama I & K) pun ikutan menerbitkan ramalannya sendiri. wkwk …

A. Shio 2022 : Ramalan Peruntungan 12 Shio di Tahun Macan 2022

Menurut penanggalan kalender Imlek (kalender lunar), tahun 2022 merupakan tahun Macan (虎, Hu) yang berunsur Air (水, Shui).

Jadi, masyarakat Tionghoa akan menyebut tahun 2022 ini sebagai tahun Macan Air, atau macan hitam. Tahun Baru Imlek 2572 sendiri akan dimulai sejak 01 Februari 2022 s/d 21 Januari 2023.

Simak gambaran umum Ramalan Shio tahun 2022 di bawah, mengenai hal2 apa saja yang diprediksi akan terjadi pada setiap shio, menyangkut hal keuangan, karir, usaha, cinta, keluarga, dan kesehatan.

Disclaimer!

1. Merupakan #artikeleksklusif. Harap mencantumkan sumber rujukan berupa link aktif ke situs Tionghoa.INFO! Bagi wartawan media cetak/online harap mencantumkan sumber rujukan di artikel terbitannya. Bagi Youtuber, jangan asal menjiplak hasil karya orang, tanpa menyebutkan atau mencantumkan link sumber (credit).

2. Artikel bersifat ramalan-referensi. Beberapa kata/kalimat yang digunakan pada artikel2 dibawah merupakan tafsiran, yang kadang harus diartikan sendiri oleh pembaca, disesuaikan dengan kehidupan yang sedang dijalani.

3. Mohon bersabar, karena link2 yang berisi detail penjelasan setiap shio dibawah akan di update pada November 2021.

Baca juga : Kecocokan Antar Shio : Apakah Dia Cocok Untuk Anda?

1. Ramalan Shio Tikus 2022

Mereka2 yang bershio Tikus akan menghadapi tahun 2022 dengan banyak transformasi. Selain itu, akan ada banyak kabar gembira yang datang di tahun ini.

Perjalanan bisnis akan menghasilkan banyak keuntungan pada sekitar pertengahan tahun. Keuangan dapat dijaga, dengan membatasi pengeluaran dan kontrol yang ketat. Anda mungkin akan memerlukannya di akhir2 tahun nanti pada pengeluaran2 yang tak terduga.

Hindari berganti pekerjaan, atau berpindah ke tempat kerja yang baru. Anda memerlukan kestabilan untuk memaksimalkan keuntungan di tahun ini.

Hubungan dengan pasangan (keluarga) juga akan menyenangkan dan baik2 saja di tahun 2022 nanti. Sementara bagi mereka2 yang masih lajang, dapat menantikan hubungan baru. Ini juga merupakan waktu yang tepat untuk menikah, atau memiliki bayi (akan bershio macan).

Namun disisi kesehatan, sepertinya tidak akan terlalu bagus di tahun ini. Karena tekanan pekerjaan, Anda mungkin akan sering mengalami stres dan gangguan pencernaan.

Tahun kelahiran shio Tikus : tikus tanah 1948, tikus logam 1960, tikus air 1972, tikus kayu 1984, tikus api 1996, tikus tanah 2008.

Baca juga : Ramalan Shio Tikus 2022 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

2. Ramalan Shio Kerbau 2022

Tahun 2022 masih akan menjadi ancaman bagi para Kerbau. Mereka harus mengambil keputusan cepat terhadap berbagai hal yang menantang akibat perubahan yang radikal. Tahun Anda sepertinya akan menghadapi banyak permusuhan. Kendalikan amarah, dan jangan ikut campur urusan orang lain.

Hari2 kehidupan para pebisnis akan penuh dengan drama gejolak dan kekacauan. Mereka harus bersabar, dan membiarkan kebingungan mereda. Spekulasi tidak memiliki tempat di tahun ini. Persiapkan tabungan untuk pengeluaran yang tidak terduga, karena aliran uang diprediksi masih tidak menentu.

Meski begitu, sepertinya ini akan menjadi “tahun kebebasan” bagi para kerbau, karena di tahun 2021 kemarin kerbau termasuk dalam salah satu shio Ciong, dimana mereka berada di posisi waktu tahun lahirnya sendiri (本命年; běn mìng nián), sehingga peruntungan nasibnya menjadi kurang baik.

Mereka2 yang masih lajang sepertinya akan menemukan hubungan yang menjanjikan. Sementara bagi pasangan yang sudah menikah, mungkin akan menghadapi beberapa “cegukan” dalam hubungan rumah tangganya. Hal ini wajar, karena shio kerbau dikenal dengan sifat keras kepalanya. Apalagi jika mendapati pasangan yang bershio kambing atau kuda.

Tahun ini kesehatan Anda akan prima, namun akan rentan terhadap kecelakaan. Hindari aktivitas2 menantang, seperti mendaki, menyelam, atau melakukan penjalanan jauh.

Tahun kelahiran shio Kerbau : kerbau tanah 1949, kerbau logam 1961, kerbau air 1973, kerbau kayu 1985, kerbau api 1997, kerbau tanah 2009.

Baca juga : Ramalan Shio Kerbau 2022 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

3. Ramalan Shio Macan 2022 (Ciong)

Tahun Macan 2022 akan menjadi “tahun Ciong” bagi para macan. Untuk tahun ini, ada baiknya bagi Anda untuk mengambil satu langkah mundur, sambil menyusun rencana untuk tahun depan.

Prospek karir maupun usaha diprediksi tidak akan berjalan begitu baik di tahun ini. Kalaupun ada, maksimal hanya di triwulan pertama, sisa2 kejayaan tahun kemarin. So, gunakan tahun ini sebagai waktu untuk belajar, atau mengembangkan keahlian/skill yang baru, agar kelak bisa menunjang pekerjaan.

Pengeluaran akan melonjak, dan menabung mungkin menjadi hal yang sulit. Bagi pelaku bisnis, perlu waspada terhadap beberapa staf yang mungkin akan merusak usaha. Karena ketidakpuasan, mereka mungkin sedang merencanakan sesuatu … So, bersikaplah diplomatis dan rendah hati.

Hubungan dengan pasangan juga cenderung akan memanas. Karena itu penting bagi Anda untuk mengendalikan amarah dan hindari pertengkaran yang tidak perlu. Para lajang juga perlu berhati2 dalam berkomitmen dengan pasangannya.

Kesehatan juga diprediksi tidak akan begitu baik, terutama pada masalah2 yang berhubungan dengan penyakit dalam, seperti diabetes, stroke, dan darah tinggi.

Menurut perhitungan ramalan shio, tahun 2022 adalah tahun macan. Jadi mereka2 yang bershio ini akan berada di posisi waktu tahun (zodiak) lahir mereka sendiri, mengalami Ciong 冲 atau Ben Ming Nian 本命年; yang secara harafiah berarti “asal tahun kehidupan”. Hal ini dipercaya akan “menyinggung” Dewa Thay Sui 太岁.

Mereka diyakini akan memiliki nasib yang kurang baik di sepanjang tahun yang berjalan ini. So, alih2 mencoba untuk membuka usaha atau mencari pekerjaan yang baru, ada baiknya menunggu hingga tahun depan. Kehidupan normal Anda juga akan terganggu dengan hal2 yang kurang berguna.

Tahun kelahiran shio Macan : macan logam 1950, macan air 1962, macan kayu 1974, macan api 1986, macan tanah 1998, macan logam 2010.

Baca juga : Ramalan Shio Macan 2022 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

4. Ramalan Shio Kelinci 2022

Mereka2 yang bershio Kelinci akan menjalani tahun 2022 dengan cemerlang. Didukung dengan faktor lucky yang tinggi, prospek karir dan usaha shio kelinci diprediksi akan mengalami banyak peningkatan.

Meski begitu, mereka mungkin mengalami waktu2 yang sulit di tempat kerja, serta akan menghadapi beberapa pertentangan dari rekan kerjanya. Hindari pengeluaran2 yang tidak perlu, dan usaha2 yang bersifat spekulatif. Investasi harus dilakukan dengan cermat.

Kelinci juga akan mengalami masa2 yang menyenangkan bersama pasangan cintanya. Bagi keluarga muda, ini merupakan waktu yang cocok untuk memiliki/menambah keturunan.

Kesehatan Anda juga diprediksi tidak akan menemui masalah berarti. Lakukan diet dan relaksasi jika diperlukan. Perjalanan wisata yang menyenangkan dapat dilakukan di akhir2 tahun macan.

Tahun kelahiran shio Kelinci : kelinci logam 1951, kelinci air 1963, kelinci kayu 1975, kelinci api 1987, kelinci tanah 1999, kelinci logam 2011.

Baca juga : Ramalan Shio Kelinci 2022 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

5. Ramalan Shio Naga 2022

Tahun 2022 akan menjadi tahun yang sangat sibuk bagi shio Naga. Keberuntungan para Naga juga diprediksi akan kembali. Awan gelap yang menutupi bintang Anda sudah bergerak menyingkir 🙂

Walau begitu, dalam berkarir membutuhkan lebih banyak perhatian dan ketelitian. Awalnya mungkin masih ada kesulitan2 (sisa2 efek tahun kemarin), tetapi pada akhirnya mereka akan memiliki tahun yang hebat!

Jika ingin berganti pekerjaan, atau memulai proyek usaha baru, inilah waktu yang tepat, karena tahun ini cukup menjanjikan. Keuangan  juga diprediksi akan stabil (steady pace). Pengeluaran tidak akan melampaui pendapatan, selama cekatan dalam mengelolanya, karena kalau tidak, Anda akan berurusan dengan bencana keuangan!

Anda harus tetap menjaga hubungan baik dengan semua orang di lingkaran. Kurangi ego ketika berurusan dengan orang lain. Masalah2 harus diselesaikan dengan diplomasi dan kesabaran.

Bagi yang masih single, carilah pasangan yang bershio tikus, macan, atau ayam. Mereka akan sangat menunjang dan membantu menutupi kelemahan2 Anda. Berkomitmenlah dalam hubungan, siapa tahu Anda akan menikah tahun ini 🙂

Sementara bagi yang sudah berkeluarga, kehidupan perkawinan akan cenderung mengalami pasang surut, dan sepertinya akan ada pertengkaran terus menerus karena kehadiran orang ke-3. Membuka dialog dengan pasangan akan membuat pernikahan tetap hidup.

Kesehatan akan sering dihantui oleh penyakit2 lama yang kambuh. Tragedi kematian salah satu anggota keluarga bisa mengganggu kebahagiaan keluarga …

Tahun kelahiran shio Naga : naga logam 1940, naga air 1952, naga kayu 1964, naga api 1976, naga tanah 1988, naga logam 2000, naga air 2012.

Baca juga : Ramalan Shio Naga 2022 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

“Kadang ada awan gelap yang datang menutupi, kadang juga cerah, sehingga bintang bisa bersinar terang.”

Bersambung ke Part 2 : Shio Ular 2022, Shio Kuda 2022, Shio Kambing 2022, Shio Monyet 2022, Shio Ayam 2022
Baca juga bagian 3 nya : Shio Anjing 2022, Shio Babi 2022

B. Kapan Sebuah Tahun Shio Dimulai?

Tahun kelahiran, atau Ben Ming Nian 本命年 merupakan simbol dari tahun zodiak, yang ditentukan oleh tahun kelahiran seseorang. Karena sistem perhitungan ramalan Tiongkok dilambangkan dengan 12 binatang, maka setiap 12 tahun, tanda tahun lahir seseorang (sign) akan datang sekali (siklus 12 tahun).

Lichun 立春 (315°) tanggal 3 – 5 Februari : Awal musim semi di sebagian besar daratan Tiongkok. Lichun adalah salah satu dari 24 nama posisi matahari dalam kalender solar.

1 tahun shio akan dimulai sejak hari pertama pada tahun baru Imlek yang berjalan, dan berakhir pada hari terakhir dari tahun yang berjalan. Misalnya tahun 2022 ini adalah tahun Macan, yang dimulai sejak 01 Februari 2022, dan berakhir pada 21 Januari 2023.

Ada kepercayaan oleh beberapa ahli Fengshui, bahwa orang2 yang terlahir s/d H+15 Imlek, masih akan mewarisi beberapa sifat dari shio sebelumnya.

Contohnya, seseorang yang terlahir di hari ke-3 tahun Naga, masih akan mewarisi sifat2 minor dari shio Kelinci. Atau orang yang lahir di hari ke-10 tahun Macan, akan mewarisi sifat2 minor dari shio Kerbau juga.

Karena itu, bagi pembaca yang lahir di bulan Januari atau Februari, mohon untuk memeriksa tabel daftar tahun shio dan unsurnya berikut untuk memastikan shionya 💡

Cek shio Anda disini : Daftar Tahun Shio, Unsur Shio dan Sifatnya

Bersambung ke Part 2 : Apa Shio Anda Beruntung? Berikut Ramalan Shio Lengkap Tahun 2022 (Part 2)
Baca juga bagian 3 nya : Ramalan Peruntungan 12 Shio Lengkap Tahun Macan 2022 (Part 3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *