Menjelang Tahun Baru Imlek

Tidak terasa, kita sudah melangkah di tahun yang baru ini. Bagi sebagian orang, tentu suasana tahun baru sudah berakhir. Aktivitas normal sudah harus kembali berjalan seperti biasa. Tapi, bagi orang Tionghoa, justru suasana tahun baru yang sebenarnya baru akan dimulai sebentar lagi. Ya, tinggal beberapa hari lagi, seluruh orang Tionghoa di dunia akan merayakan tahun baru, atau di Indonesia biasa dikenal dengan Hari Raya Imlek.

Setiap tahun, Imlek akan jatuh sekitar pada awal bulan Januari atau Februari kalender Masehi.  Bulan awal dalam kalender Imlek (lun) adalah Cia Gwee. Sesuai perputaran kalender penanggalan China, setiap 12 tahun nama-nama tahun (shio) akan kembali berulang (berputar), dan setiap 60 tahun unsur-unsur akan kembali berulang (berputar).  Sebagian orang Tionghoa masih percaya bahwa kesuksesan atau kesialan akan silih berganti datang setiap tahun, dicocokkan dengan karateristik shio setiap orang sesuai perhitungan Thay Shui.

Nama Tahun ImlekTanggal Jatuh MasehiTahun Dalam Imlek
Ular10 Februari 20132564
Kuda31 Januari 20142565
Kambing19 Februari 20152566
Monyet08 Februari 20162567
Ayam28 Januari 20172568
Anjing16 Februari 20182569
Babi05 Februari 20192570

Menjelang Imlek, orang Tionghoa biasanya mulai mengadakan persiapan, seperti bersih-bersih rumah, mengecat dinding tembok yang kusam dengan warna-warna cerah, menghias rumah dengan pernak-pernik Imlek (hiasan lampion, naga, lukisan, dll), sampai mulai mempersiapkan menu jamuan makan untuk hari H nya, karena diharapkan, pada hari Imlek nanti, seluruh anggota keluarga dan sanak saudara akan berkumpul bersama dalam penuh keceriaan.

Loading...

Tak lupa juga, mereka akan menyempatkan diri untuk pergi ke kuil/klenteng untuk menyampaikan doa dan harapan kepada dewa/i, agar di tahun yang baru nanti diberikan berkah dan perlindungan agar semuanya dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Selanjutnya, seperti apakah rangkaian yang akan mewarnai kegiatan sesudah Imlek berturut-turut sampai ke acara puncaknya, yakni Perayaan Lentera atau Cap Go Meh. Nantikan ulasannya hanya di Tionghoa.Info.

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

5 Responses to Menjelang Tahun Baru Imlek

  1. Bapang 007 says:

    Artikel sangat menarik…

  2. Monica Azzawan says:

    Hore…

  3. Monica Azzawan says:

    Thanks, sangat membantu:)

  4. Zippy says:

    Iya nih, gak kerasa bentar lagi imlek 😀
    Asik deh, siap2 berburu angpau, huahahha 😆
    Btw, mas herman bagi2 angpau nggak? Wkwkwkwk :mrgreen:

  5. Wah bener nih, tidak terasa sebentar lagi Imlek. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...