YunGang Grottoes

rsz_yungang_grottoes

Sepertinya belum banyak orang tahu di sebuah kota bernama Datong yang terletak di provinsi Shanxi China, terdapat beberapa tempat wisata yang bagus, salah satunya adalah Yungang Grottoes. Kota Datong berjarak sekitar 300 kilometer dari Beijing. Saat berkunjung kesini, penulis menempuh perjalanan dari Beijing ke Datong dengan menggunakan kereta api yang tiketnya berharga RMB 47,5 per orang dewasa ( sekitar Rp. 79.500, kurs Rp.1.675 saat itu ). Sedangkan tiket anak-anak dihargai separuhnya. Tiket ini adalah yang paling murah di antara tiga pilihan yang ada yaitu : soft sleeper ( yang paling mahal dilengkapi bed ), hard sleeper dan hard seat. Yah tentunya ada harga ada rupa, tapi sebenarnya cukup nyaman kok di dalam gerbongnya.

Sesampainya di Datong, kita bisa memilih mau ke Yungang Grottoes yang berjarak sekitar 15 kilometer ( 30 menit ) dari kota dengan menyewa taxi dengan tarif sekitar RMB 30 ataupun dengan bis kota yang tarifnya sungguh murah meriah, hanya RMB 1 saja.

Harga tiket masuknya adalah RMB 120 ( sekitar Rp. 200.000 ) per orang dewasa. Lumayan mahal juga ya, terlebih lagi bila perginya berombongan.

Loading...

Di depan gerbang masuk kuil, kita akan menemui patung Tanyao, sang perancang awal kompleks Yungang Grottoes ini.
DSC00721
Setelah memasuki gerbang masuknya akan terlihat pilar-pilar tinggi yang dibawahnya berbentuk patung gajah seakan-akan memberikan sambutan bagi para pengunjung yang datang.
DSC00726
Disini ada kuil yang dibangun diatas air :
DSC00821
Didalam kuil itu ada pagodanya juga :
DSC00779
Ada juga aliran air yang terlihat dengan batu-batu berundak turun dari atas bukit.
DSC00891
Disini kita juga akan menemui kuil yang dibangun menempel pada bukit :
DSC00927
Didalam kuil ini juga ada beberapa pahatan patung Budha :
DSC00919
Selanjutnya inilah yang disebut kawasan kaki bukit Zhongshan dimana sepanjang bukit itu ( sekitar satu kilometer ) ditemui pahatan patung-patung Budha dan ada sekitar 51.000 ukiran/pahatan patung Budha baik besar maupun kecil di seluruh kawasan komplek kuil ini.
DSC00881
DSC00953
Menurut sejarahnya, tempat ini adalah peninggalan dari dinasti Wei yang berkuasa sekitar tahun 386-534. Wowww…sudah ribuan tahun lamanya, pantas saja tempat ini masuk dalam daftar warisan budaya dunia ( world heritage ) oleh UNESCO.
DT5
DSC00968
Oh iya, jarak dari gerbang masuk ke bukit dengan pahatan patung-patung Budha ini memang agak jauh, tapi jangan khawatir karena disini tersedia kendaraan kecil untuk mengangkut wisatawan yang enggan berjalan kaki dengan membayar sekitar RMB 10 per orang.
DSC00988
Saat penulis berkunjung kesini, kebetulan cuaca sedang tidak bersahabat karena hujan sepanjang perjalanan. Jadi pastikan saat akan berkunjung kesini cuacanya mendukung sehingga nyaman untuk sekedar melihat-lihat ataupun hunting foto. Semoga informasi ini berguna, selamat berwisata.

Versi lengkap bisa dilihat disini.

Loading...

The following two tabs change content below.
Mommy 2 anak yang tidak mau menjadi emak-emak biasa

Latest posts by Yance Chendana (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...