Last Updated on 9 February 2022 by Herman Tan

Menurut ahli Geomancy, bahwa ramalan yang teliti dan terperinci hanya dapat diberikan setelah seseorang mempelajarinya secara mendalam mengenai uraian dan tempat penelitian.

Pedoman dalam menentukan arah bangunan dan rencana sebuah rumah dapat ditaksir dengan penggunaan sebuah Luopan yang berhubungan dengan tanggal kelahiran dan jam kelahiran dari pemilik rumah. Biasanya agak mahal untuk memperoleh pelayanan seorang ahli geomancy yang mungkin mengetahui pedoman peraturan dari perhitungan Hong Shui.

Beberapa kebiasaan Geomancy timbul karena adanya alasan-alasan praktis seperti yang terdapat pada daftar di bawah ini :

1) Para ahli geomancy selalu memberikan nasihat bahwa seharusnya gedung-gedung dibangun pada tanah yang tinggi bukannya dalam sebuah lembah. Pastilah ini merupakan usul yang praktis, karena daerah yang rendah akan mudah terserang banjir.

2) Dalam seluruh buku geomancy ada tertulis bahwa penempatan suatu rumah berada pada bagian yang berbentuk segitiga pada sambungan sebuah huruf ‘Y’ akan terserang bencana api dan bencana lain.

Kedengarannya agak menyeramkan dan tidak beralasan, tetapi dengan penyelidikan yang lebih dekati saksama, maka bencana tersebut dapat dilihat dengan bahasa kata yang cenderung pada sambungan Y. Lagi-pula suatu bagian yang berbentuk segitiga sulit untuk diterapkan dalam istilah pemandangan & rencana.

3) Banyak ahli geomancy percaya bahwa pohon-pohon yang tumbuh pada sisi tempat bagian barat laut dapat melindungi rumah dan memberikan kebahagiaan kepada keluarga, tetapi hanya sedikit yang dapat menerangkan logikanya atau asalnya. Pohon-pohon besar yang ditanam pada bagian barat laut dapat melindungi tempat tinggal dari pencemaran angin.

4) Pohon-pohon tidak selalu menjadi ‘perlindungan’ terhadap keluarga; kadang-kadang mereka bisa ‘merintangi’ masuknya kekayaan.

Sebagai contoh, sebuah pohon yang besar ditanam di depan pintu utama dapat mengurangi keberuntungan. pendapat ini muncul karena adanya kenyataan bahwa sebuah pohon besar yang menaungi rumah dapat mempengaruhi rumah dan isinya kekurangan sinar matahari. Alasan lain ialah bahwa pohon besar yang seperti itu biasanya tinggi dan memungkinkan adanya bahaya petir.

5) Apabila sebuah bangunan terletak pada ujung jalan kecil, merupakan tempat tinggal yang ‘tidak menguntungkan’. Kedengarannya tidak masuk akal atau takhyul. Mungkin dari pengalaman yang lalu, ternyata bahwa dalam keadaan bahaya atau selama kebakaran, pemadam kebakaran sulit untuk mencapai gedung yang terbakar.

Bahkan orang-orangnya sulit untuk menyelamatkan diri dari kejadian tersebut guna mendapatkan pertolongan.

6) Walau bagaimanapun juga, tidaklah berarti bahwa gedung-gedung yang berlokasi pada jalan besar pasti akan memberikan peruntungan dan kesehatan yang baik.  Posisi yang diinginkan hanya dapat diperoleh apabila jalan raya tersebut menghadap ke barat dari gedung.

Secara arsitektur pada negara-negara tropis adalah praktis bila sebuah gedung bangunan terletak pada sisi timur jalan, karena dengan demikian tembok-tembok bagian barat dapat dibangun untuk memberikan perlindungan dan berlaku seperti suatu bantalan besi juga untuk menghindarkan dari sinar matahari ketika ada di barat.

Tetapi di negara-negara yang kehidupan penduduknya masih sederhana, sinar matahari selalu disambut baik.

7) Di Tiongkok, angin barat daya selama musim semi lebih menyegarkan. Desakan para geomancy atas adanya sebuah bagian/lahan yang masih kosong yang mengarah ke selatan untuk memperoleh keberuntungan yang baik dapat dilihat pada prakteknya ahli bangunan pada daerah tropis, karena tempat yang lebih ke selatan merupakan tempat yang cocok untuk dijadikan ladang atau kebun.

8) Ahli geomancy selalu menasehatkan bahwa ruang gedung yang terpenting harus berlokasi di tengah tengah. Sebagai contoh dalam ruang tamu sebuah rumah, yang betul-betul ‘poros’ harus ada di tengah. Ini bermanfaat karena dapat mengurangi ruangan sirkulasi dan menghemat waktu bila pemiliknya jalan dari kamar ke ruang tamu.

9) Kerugian akan menimpa orang-orang muda bila kamar-kamar tidur berada di sebelah dapur. Kedengarannya takhyul, tetapi pada penyelidikan yang lebih dekat, keadaan ini merupakan titik nyata yang dapat dipertimbangkan. Bila dapur ada di sebelah kamar tidur, akan dapat memberikan pencemaran udara yang tidak baik.

Lagi pula kebakaran lebih sering dimulai dari dapur dalam suatu rumah tangga.

denah fengshui rumah
Tampak perbedaan denah rumah dengan pintu depan yang sejajar engan pintu belakang dan yang sebaliknya

10) Sebuah rumah atau gedung harus mempunyai sebuah pintu belakang yang tidak sejajar dengan pintu depan seperti diperlihatkan pada gambar A. Apabila pintu belakang dan depan sejajar seperti dalam gambar B, keberuntungan tidak akan bertambah. Rumah tanpa pintu belakang berarti kemalangan dan ketidak-beruntungan.

Sepertinya hal ini tidak masuk akal, tetapi tanpa pintu keluar belakang pasti dapat menyebabkan ketidak-nyamanan kepada ibu rumah tangga, karena ia harus sering pergi ke halaman belakang di mana tempat sampah dan jemuran terdapat.

nanyang-university-old
Foto Universitas Nanyang pada tahun 1980-an. Tanah yang bergelombang benar-benar merupakan profi naga. Bangunan-bangunan yang mempunyai perbukitan sebagai latar belakang dan sebuah kolam di depannya. Lektak yang demikian mempunyai nilai geomancy yang baik sekali.

Sebuah perguruan tinggi, yaitu Universitas Nanyang di Singapura, kelihatannya diatur demikian baiknya menurut geomancy di atas sebidang tanah yang menarik, berombak, dengan pemandangan alam yang lembut dan sesuai dengan pengaruh keberuntungan menurut alam.

nanyang university new
Tampak foto Universitas Nanyang (berubah nama menjadi Nanyang Technological University pada tahun 2010-an. Sumber gambar pada http://school.fornow.cn

Pemandangan di sekitarnya menunjukan corak yang seimbang dan topografi yang selaras. Susunan perbukitan terbentang di sebelah kiri (mirip dengan formasi naga biru laut dan kekuatan Yang), sedangkan daerah perbukitan yang lebih rendah berada di sepanjang bagian kanan (macan putih dan kekuatan Yin).

Di mana kedua kekuatan tersebut bertemu, formasi daratan mirip sebuah tapal kuda yang dibatasi dengan aliran sungai yang berkelok-kelok. Kampus ini dibangun menurut arah zi-wu (utara-selatan) atau poros sesuai dengan Luopan.

Baca juga : Cara Menyiasati Rumah Tusuk Sate

By Herman Tan

One Smile Return to the East. Follow @tionghoainfo untuk info2 terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Jangan jadi penulis dengkulan, yg bermodal Copas artikel Tionghoa.INFO