Last Updated on 1 May 2021 by Herman Tan

Pada hidangan Tiongkok, piring-piring disajikan satu demi satu di tengah meja, dan Anda harus mengambil makanan dari piring dan mangkuk dengan berbagi bersama yang lainnya yang duduk semeja dengan Anda.

Kami telah merangkum bagaimana makanan di Tiongkok disajikan. Jika dicermati, sebenarnya nyaris tidak ada bedanya dengan makan di rumah makan atau restoran ala chinese food di Indonesia, karena pada dasarnya, kita punya kebiasaan yang sama dengan mereka.

A. Cara Memesan Dan Menyajikan

Kadang tidak terdapat ilustrasi gambar pada daftar menu rumah makan Tiongkok

Ketika Anda memasuki suatu restoran, seorang pelayan (pramusaji) akan mengarahkan Anda ke meja yang kosong. Setelah Anda duduk, pelayan yang lain akan menyodorkan menu dan membantu Anda untuk memesan. Anda dapat menanyakan kepada pelayan untuk merekomendasikan makanan yang popular.

PS : Kebanyakan pelayan rumah makan / restoran Tiongkok tidak dapat berbahasa Inggris.

Apabila Anda tidak mengetahui berapa banyak hidangan yang akan dipesan, Anda dapat menanyakan pada pelayan. Sebagai alternatif, hitunglah berapa jumlah orang yang duduk se meja, dan pesanlah setidaknya satu hidangan untuk satu orang.

Anda dapat memanggil para pelayan kapan saja dengan mengatakan 服务员 (fúwùyuán) yang artinya “pelayan”. Beberapa penduduk lokal memanggil para pelayan dengan sebutan 美女 (měinǚ) yang artinya “wanita cantik”, atau 帅哥 (shuàigē ) yang artinya “lelaki tampan”.

B. Urutan Penyajian (umumnya) : Teh, Hidangan Dingin, Daging, Sayur, Sup, Buah

Hidangan dingin seperti ini umumnya disajikan terlebih dahulu dengan minuman teh

Setelah memesan, teh (chinese tea, bukan air putih) dan hidangan dingin (cold dishes) akan disajikan pertama. Makanan hangat akan disajikan setelahnya satu demi satu. Sup sering kali disajikan terakhir, diikuti oleh buah atau makanan penutup.

Teh / Minuman : Umumnya, rumah makan akan menawarkan teh jika memesan sesuatu. Apabila ingin minuman lainnya, seperti jus, minuman kalengan, anggur atau bir (jika tersedia, tidak semua rumah makan/restoran yang punya izin menjual minuman keras), Anda dapat memesannya dari menu.

Makanan pembuka (hidangan dingin) : Acar dan daging asin merupakan makanan dingin popular pada masyarakat Tiongkok, dan beberapa restoran menawarkan menu ini dalam porsi kecil secara cuma-cuma.

Makanan pembuka (hidangan hangat) : Beragam olahan daging (terutama olahan daging babi dan ayam) dan sayur merupakan makanan yang biasanya dipesan. Pelayan akan menghidangkan makanan selagi panas satu persatu, dan biasanya daging disajikan lebih dulu, baru kemudian sayuran.

Hidangan utama dalam meja bundar berputar

Nasi atau Mie : Nasi dan mie merupakan makanan pokok bagi masyarakat Tiongkok. Kebanyakan restoran menyajikan nasi, terutama di wilayah Selatan. Beberapa rumah makan juga menawarkan menu nasi goreng, nasi hainan, nasi yangzhou, atau ragam jenis olahan nasi lainnya. Sementara di wilayah utara, mie merupakan makanan pokok.

Baca Juga :  Inilah 7 Makanan Sehat Tiongkok Dengan Kalori di Bawah 400

Sup : Sup bukan merupakan makanan penting apabila Anda telah memakan cukup makanan, tetapi masyarakat Tiongkok biasanya meminum semangkuk sup setelah atau sebelum makan.

Sup dapat disajikan setelah semua makanan panas disajikan. Sup disajikan dalam 1 mangkuk besar, dan pelayan dapat membantu menuangkannya pada mangkuk kecil.

Buah : Setelah makan, beberapa restoran akan menawarkan buah gratis. Apel, semangka, pir, jeruk, disajikan dalam bentuk potongan2 kecil (sudah dikupas) pada piring.

C.  Pengaturan Tempat Duduk

Sebuah kursi dibiarkan kosong sebagai akses pelayan

Jika Anda makan di ruangan pribadi (ruang VIP, atau apalah namanya), maka tempat untuk menyajikan makanan berada di dekat pintu. Jika Anda makan di ruangan umum (banyak orang), maka tempat penyajian makanan berada di dekat dapur.

Ketika pelayan menyajikan makanan, mereka akan memperingatkan Anda untuk tidak menghalangi jalan. Akan lebih bijaksana untuk meninggalkan sebuah tempat duduk atau ruang yang kosong untuk memberikan para pelayan akses pada meja.

D. Peralatan Makan : Mangkuk Nasi, Piring, Gelas, Sumpit dan Sendok

Umumnya rumah makan atau restoran memiliki set peralatan makan yang disiapkan untuk para pelanggan sebelum mereka duduk. Biasanya ada 7 item wajib :

Mangkuk untuk sup

♦ Mangkuk nasi (beberapa restoran di selatan Tiongkok tidak menyediakan mangkuk nasi).
♦ Piring di bawah mangkuk (masakan Tiongkok tidak memisahkan tulang, sehingga Anda membutuhkan piring ini untuk tulang dan sebagainya).
♦ Piring kecil untuk saus

♦ Cangkir teh
♦ Gelas bir kecil (beberapa restoran menawarkan gelas anggur)
♦ Sepasang sumpit
♦ Sebuah sendok sup

Apabila aneka peralatan tersebut tidak memuaskan (rusak, kotor) para pegawai akan membantu Anda untuk menggantinya dengan yang baru jika diperlukan. Mereka juga menyediakan serbet makan.

By Herman Tan

One Smile Return to the East. Follow @tionghoainfo untuk info2 terbaru. PLAGIAT KONTEN bermodal COPY PASTE adalah tindakan yang tidak terpuji.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Jangan jadi penulis dengkulan, yg bermodal Copas artikel Tionghoa.INFO!