Tak hanya terkenal sebagai Negara yang memiliki laju ekonomi tertinggi di dunia, Tiongkok juga dikenal sebagai salah satu destinasi wisata di kawasan Asia Timur. Orang-orang datang ke Tiongkok dengan berbagai latar belakang, seperti untuk studi, untuk pekerjaan, untuk berobat, ataupun untuk berwisata, terus bertambah setiap tahunnya.

Selain membutuhkan transportasi dan akomodasi, mereka tentu juga membutuhkan asupan makanan untuk mengisi perut. Nah, bagi pembaca yang Muslim, yang sedang atau akan berkunjung ke Tiongkok, berikut adalah 5 rekomendasi restoran yang menyajikan menu HALAL di Tiongkok :

1. Yi Tiao Long Restaurant, Beijing

Yi Tiao Long Restaurant Beijing, terkenal dengan harga makanan halalnya yang terjangkau (Foto : thesimplestaphrodisiac.blogspot.com)

Dikutip dari blog The Simplest Aphrodisiac dan situs Beijing Tourism, restoran Yi Tiao Long ini berlokasi di Jalan Qianmen No. 27, Distrik Dongcheng, Beijing. Lokasinya sendiri tak terlalu jauh dari Kompleks Kota Terlarang. Restoran ini merupakan segelintir dari beberapa tempat di Beijing yang sudah berdiri ratusan tahun; yaitu sejak tahun 1785.

Sebagai restoran yang cukup dikenal dengan makanan yang ramah bagi turis dan pengunjung tamu Muslim, terdapat beberapa menu rekomendasi, diantaranya ‘Zha Jiang Mian’ dan ‘Ma La Hot Pot’. Menu pertama, ‘Zha Jiang Mian’ (±24 RMB) sendiri berupa mie tebal, dengan paduan daging cincang dan diberi saus pasta kedelai, yang sebelumnya sudah difermentasi.

Mie, daging, dan saus disajikan dalam wadah terpisah, agar para pengunjung dapat mengkombinasikan sendiri sesuai seleranya. Sementara menu ‘Ma La Hot Pot’ (±75 RMB) adalah sajian bermacam olahan daging sapi, yang kemudian direbus di wadah hot pot. Harga yang ditawarkan restoran ini relatif terjangkau. Restoran ini buka mulai pukul 10.00 dan tutup pada pukul 21.00.

Baca juga : Inilah 6 Hal Muslim Tiongkok Yang Perlu Anda Ketahui; Yang Nomor 5 nya Mencengangkan!

2. Hong Chang Xing Restaurant, Shanghai

Hong Chang Xing Restaurant, restaurant halal kelas atas di Shanghai. Pastikan Anda mencobanya jika ke Shanghai! (Foto : muslim2china.com)

Jika sedang berada di Kota Shanghai, maka Restoran Hong Chang Xing 洪长兴 patut menjadi pertimbangan bagi Anda yang mencari restoran makanan halal. Dikutip dari Detik Food dan situs Muslim2China, restoran ini berlokasi di Jalan Yunnan No.1, Distrik Huangpu, Shanghai. Perlu diketahui, restoran inidikategorikan sebagai restoran halal kelas atas di wilayah Shanghai!

Restoran ini pertama dibuka sekitar tahun 1891. Hong Chang Xing, yang termasuk salah satu pelopor restoran halal di Shanghai, menyajikan berbagai macam hidangan khas Tiongkok dengan gaya rumahan.

Menu yang tersedia diantaranya daging kambing hot pot, pangsit berisi daging domba, sup buntut, mie dengan daging sapi cincang, serta iga domba. Operasional restoran ini buka pada waktu makan siang (pukul 11.00 hingga 14.00) dan pada waktu makan malam (pukul 17.00 hingga 22.00). Diluar jam tersebut, restoran ini tutup (istirahat).

3. Brothers Muslim Restaurant, Guangzhou

Brothers Muslim Restaurant, Guangzhou (Foto :openrice.com)

Kota metropolitan Tiongkok tak hanya ada di bagian utaranya saja, tetapi juga ada di bagian selatan. Salah satunya adalah kota Guangzhou (Guangdong). Kota yang sedang tumbuh menjadi salah satu pusat perdagangan di Tiongkok, ternyata juga memiliki restoran ramah bagi kaum Muslim. salah satunya adalah Brothers Muslim Restaurant (兄弟穆斯林美食餐厅; Xiōngdì mùsīlín měishí cāntīng).

Dikutip dari Detik Food dan situs Top China Travel, restoran ini tak hanya menyajikan menu tradisional Tiongkok, tetapi juga menyajikan rasa Timur Tengah (sajian dengan menu dari Arab, Turki, dan Pakistan).

Restoran ini berlokasi di Dongdudashijie No.475, Huangshi East Road, Distrik Yuexiu, Guangzhou.

Menu utama yang tersedia di restoran ini adalah ayam rebus dengan kentang dan lada hijau, domba dan kambing panggang, roti isi yang dipanggang, dan lain-lain. Restoran ini dapat menampung para pengunjung hingga ±150 orang. Jam buka restoran ini mulai dari pukul 10.00 dan tutup pada pukul 23.00

Selain itu, ada juga Qinghai Restaurant, yang merupakan restoran muslim tertua di Guangzhou! Beberapa menu andalannya adalah big plate chicken, mutton kebab, mutton soup, dan yogurt. Restoran ini terletan di Jalan Shanyuan Li No.71, Distrik Baiyun, Guangzhou.

Baca juga : Inilah 3 Makanan Halal di Tiongkok Yang Perlu Anda Coba

4. Ma’s Restaurant, Hongkong

Ma’s Restaurant, HongKong, tempat favoritnya para Pekerja Migran Indonesia berkumpul (Foto : nusatrip.com)

Selain Beijing, Shanghai, dan Guangzhou, saat menyebut kota-kota yang biasa dikunjungi oleh para wisatawan, tak lengkap rasanya jika belum membahas Hongkong.

Sebagai daerah administratif khusus Tiongkok, kota yang terletak di muara sungai dan menghadap langsung dengan Laut Tiongkok Selatan ini terkenal sebagai kota megapolitan, pusat perdagangan dan keuangan dunia; bersaing dengan Singapore, New York, dan kota-kota besar di Eropa.

Tak hanya menarik para pebisnis dan pengusaha, dengan adanya Resort Disneyland Hongkong yang dibuka pada tahun 2005, para wisatawan mancanegara turut menjadikan Hongkong sebagai destinasi wajib untuk dikunjungi di kawasan Asia Timur.

Kota yang dipenuhi dengan gedung dan bangunan pencakar langit ini, tentunya memiliki banyak sekali tempat dan kawasan yang erat kaitannya dengan kuliner. Tak hanya wisatawan, pelajar, pebisnis/pengusaha juga butuh makan kan?

Dalam hal santapan yang bersifat halal, cukup banyak pilihan yang tersedia. Salah satu restoran ramah Muslim yang cukup terkenal di Hongkong, adalah Ma’s Restaurant (馬家莊清真館; Mǎ jiā zhuāng qīngzhēn guǎn). Dikutip dari situs Literasi Digital dan Tripzilla, Ma’s Restaurant berlokasi di Shop A, G/F, 21-25 Cheung Sha Wan Road, Sham Shui Po.

Restoran ini dapat dicapai dengan ±5 menit berjalan kaki dari Stasiun MTR Prince Edward. Hidangan favorit disini adalah gulai daging sapi dan daging domba. Selain itu, menu lain yang tersedia adalah dimsum, sup, dan olahan lain dari daging domba, sapi, ayam, dan ikan. Harga semua menunya relatif terjangkau untuk para wisatawan backpacker.

Restoran ini kerap ramai oleh para WNI / PMI (Pekerja Migran Indonesia) yang bekerja disini. Terlebih jika anda berkunjung di hari Minggu, yang adalah hari libur para tenaga kerja asing di Hongkong, maka siapkan kesabaran yang cukup untuk mengantri dan bersantap disini. Restoran ini buka setiap hari, mulai dari pukul 11.30 hingga tutup pukul 23.00.

5. Dong Yi Shun Restaurant, Hangzhou

Dong Yi Shun Restaurant Hangzhou. Kelezata menu di restoran ini bisa Anda jajal, ketika Asian Games 2022 nanti berlangsung (Foto : walkwalkhangzhou.blogspot.com)

Pada akhir dari rangkaian acara Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, diperlihatkan bahwa tuan rumah Asian Games berikutnya (AG 2022) adalah Tiongkok, tepatnya di Hangzhou, Zhejiang. Kota Hangzhou sendiri dikenal sebagai pusat dari riset dan teknologi terbarukan, serta rumah bagi Alibaba Group, besutan Jack Ma, salah satu perusahaan raksasa e-commerce dunia!

Selain dari label megapolitan dan high tech city, Hangzhou terkenal dengan wisata sejarah dan lanskap alam yang indah, menjadikan Hangzhou sebagai salah satu alternatif bagi para wisatawan di samping Beijing, Shanghai, dan Hongkong.

Dalam hal urusan perut, tentu sudah banyak kawasan dan tempat makan yang tersedia untuk melayani para wisatawan. Tak terkecuali yang menyediakan makanan ramah bagi kaum Muslim. Dikutip dari blog Walk Walk Hangzhou dan situs Top China Travel, terdapat satu restoran yang cukup direkomendasikan untuk bersantap makanan halal di Hangzhou, yaitu Dong Yi Shun Restaurant (东伊顺穆斯林餐厅; Dōng yī shùn mùsīlín cāntīng).

Berlokasi di Zhongshan Road No.288, dan dapat dijangkau dengan transportasi umum seperti bus kota, restoran ini menjual masakan ala Chinese food dan ala Timur Tengah. Menu yang tersedia antara lain, ayam rebus ala Xinjiang, masakan daging kambing dengan jinten, roti na’an, domba panggang, serta beberapa makanan bergaya timur tengah.

Restoran ini terkenal bagi para wisatawan dari luar negeri, dikarenakan harganya cukup terjangkau dan pelayanannya yang bagus. Banyak dari para wisatawan dan orang2 yang bekerja di Hangzhou, kembali lagi untuk sekedar mampir makan di restoran ini. Restoran ini buka pada pukul 11.00, dan melayani para wisatawan hingga pukul 21.00.

Baca juga : Inilah 5 Masjid Yang Berarsitektur Paling Menakjubkan di Tiongkok

By Herman Tan

One Smile Return to the East. Follow @tionghoainfo untuk info2 terbaru. PLAGIAT KONTEN bermodal COPY PASTE adalah tindakan yang tidak terpuji.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Jangan jadi penulis dengkulan, yg bermodal Copas artikel Tionghoa.INFO!