Bukan hanya menjadi world leader dalam dunia teknologi, negeri tirai bambu nyatanya tidak pelit membagikan ilmu yang mereka miliki.

Hal ini dibuktikan dengan tersedianya beragam BEASISWA yang diberikan Tiongkok, untuk para mahasiswa mancanegara agar mau datang dan mengenyam illmu disana secara langsung.

Tidak tanggung2, pemerintah Tiongkok bahkan memberikan beasiswa full-funded untuk para mahasiswa dari luar China (non-Chinese citizen) hingga US$ 38,000 per orang.

Bukan hanya dari pemerintah, beasiswa juga diberikan oleh berbagai lembaga serta universitas di Tiongkok secara langsung.

Kita dapat mengklasifikasikan beasiswa2 Tiongkok ini ke dalam 3 jenis, yakni :

1. Chinese Government Scholarships atau beasiswa yang berasal dari pemerintah Tiongkok,
2. Individual Chinese University Scholarships atau beasiswa dari universitas di Tiongkok,
3. dan non-Government Scholarships atau beasiswa yang berasal dari perusahaan2 atau organisasi tertentu di Tiongkok.

Berikut detail untuk masing2 beasiswa.

A. Government Scholarships

China Scholarship Council (CSC) Scholarships : Beasiswa CSC merupakan salah satu beasiswa terpopuler di kalangan mahasiswa internasional.

Beasiswa ini diperuntukkan untuk para mahasiswa di seluruh dunia yang memiliki keinginan untuk belajar dan berinteraksi, serta melakukan pertukaran budaya (cultural exchange) secara langsung di Tiongkok.

CSC Scholarships berada di bawah kendali langsung Kementerian Pendidikan Tiongkok (Chinese Ministry of Education). Selain mendukung keinginan mahasiswa yang berpotensi untuk belajar di Tiongkok, beasiswa ini juga dijadikan sebagai bentuk kerjasama Tiongkok dengan berbagai Negara di dunia.

Selain beasiswa langsung dari pemerintah pusat Tiongkok, beasiswa dari pemerintah daerah / provinsi juga diberikan dan dikhususkan untuk para mahasiswa yang ingin mengenyam pendidikan di universitas2 di provinsi tertentu di Tiongkok, seperti di Provinsi Jiangsu, Hubei, Beijing, dan Guanxi.

Baca juga : Wow! Inilah 10 Universitas Paling Top di Tiongkok!

Jiangsu Government Scholarship : Beasiswa yang satu ini berasal dari pemerintah Provinsi Jiangsu. Layaknya CSC Scholarships, Jiangsu Government Scholarship diperuntukkan untuk para mahasiswa internasional yang terdorong untuk belajar secara langsung di universitas2 yang terletak di Provinsi Jiangsu.

Besiswa ini mengcover seluruh biaya, termasuk tuition fee (uang semester), biaya registrasi, biaya penelitian di laboratorium, akomodasi intership (magang), buku-buku mata kuliah, serta asuransi kesehatan.

Hubei Provincial Scholarships : Hubei Provincial Scholarships memungkinkan para mahasiswa internasional untuk mengenyam program pendidikan bachelor’s, master’s atau Doctor of Philosophy (PhD) di bebagai universitas di Hubei yang tergabung dalam skema beasiswa.

Mahasiswa pun bisa memiih berbagai jenis jurusan (mayor dan minor) sesuai dengan minat mereka.

Beijing Government Scholarship :  Belajar di ibu kota memang selalu menjadi ketertarikan tersendiri. Oleh karenanya, pemerintah kota Beijing juga tak tanggung2 dalam memberikan program2 beasiswa untuk para mahasiswa internasional, yang ingin merasakan bagaimana hidup dan belajar di ibu kota Tiongkok.

Sayangnya, Beijing Government Scholarship ini diperuntukkan khusus untuk program undergraduate (S1) dan master saja.

Guanxi Government Scholarship for ASEAN Students : Berbeda dengan 3 jenis beasiswa sebelumnya yang diberikan untuk mahasiswa umum dari seluruh Negara di dunia, Guanxi Government Scholarship dikhususkan kepada para calon mahasiswa yang berasal dari Negara2 yang tergabung dalam ASEAN.

Mulai dari undergraduate hingga PhD program, akan dicover secara penuh dengan beasiswa Guanxi ini.

B. University Scholarships

Schwarzman Scholars Program : Schwarzman Scholars Program merupakan salah satu program beasiswa yang paling bergengsi di Tiongkok.

Ini merupakan program beasiswa master’s degree selama 1 tahun, yang diselenggarakan bekerjasama dengan universitas terbaik di Tiongkok, Tsinghua University, yang bertujuan untuk membentuk para calon2 pemimpin dunia di masa mendatang.

Meski hanya berdurasi 1 tahun pendidikan, program ini menjamin akan lahirnya para calon2 pemimpin dunia dengan mengedepankan koneksi setelah masa pendidikan berakhir. Adapun fokus dari Schwarzman Scholars Program adalah dalam bidang public policy, ekonomi, serta bisnis dan studi internasional.

Baca juga : Inilah 5 Universitas Kampus di Tiongkok (China) dengan Mahasiswa/i Asal Indonesia Terbanyak

Referensi :

China Admission website
PPIT Tiongkok website
Top Universities website

By Herman Tan

One Smile Return to the East. Follow Facebook & Twitter @tionghoainfo untuk info2 terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: eits, mau ngapain nih?