Daftar Propinsi Tiongkok

Negara Tiongkok (Hanzi : 中国; Pinyin : zhong guo) adalah negara dengan luas wilayah  9,7 juta km² dan memiliki jumlah penduduk lebih dari 1,35 milyar (pada 2012). Negara ini mempunyai 34 daerah administrasi tingkat propinsi, termasuk 23 propinsi, 5 daerah otonomi, 4 kota setingkat propinsi serta 2 daerah administrasi khusus.
Color map of China with regions on a white background

A. 4 Kota Setingkat Propinsi

1. Beijing

Ibu kota Republik Rakyat Tiongkok, singkat disebut Jing, terletak di ujung barat laut padang datar Huabei. Pada semulanya disebut Jin. Pada dinasti Jin, Yuan, Ming dan Qing menjadi ibu kota; disebut pula Zhongdu, Dadu, Beiping, Beijing. Pada tahun 1928 ditempatkan sebagai kota. Kini, kota Beijing mempunyai 16 distrik dan 2 kapupaten, dan merupakan kota seingkat propinsi.

Luasnya 16,8 ribu kilometer persegi. ada tahun 2010, jumlah penduduknya sekitar 20  juta jiwa. Beijing adalah pusat politik dan pemerintahan Tiongkok; juga adalah pusat kebudayaan, iptek dan pendidikan. Beijing juga adalah tempat pariwisata yang terkenal dengan tembok besar, istana kuno dan sebagainya.

Loading...

2. Shanghai

Shanghai singkat disebut Hu, terletak di tengah pesisir laut Tiongkok, muara sungai Yangtze. Pada zaman kuno. Dulunya daerah ini adalah desa perikanan. Pada dinasti Song baru ditempatkan sebagai kabupate; dan pada tahun 1927 ditempatkan sebagai kota. Sekarang merupakan salah satu kota setingkat propinsi, dengan 18 distrik dan 1 kabupaten.

Pada tahun 2013, jumlah penduduknya sekitar 13  juta jiwa. Shanghai adalah kota industri, bisnis dan moneter.

3. Tianjin

Tianjin singkat disebut Jin, terletak di Timur Laut padang datar Huabei. Pada tahun 1928 ditempatkan sebagai kota dengan 15 distrik dan 3 kabupaten, Tianjin adalah kota setingkat propinsi. Luasnya 11 ribu kilometer persegi. Pada tahun 2009, jumlah penduduknya sekitar 12,28 juta jiwa. Tianjin adalah pusat bisnis dan pelabuhan yang penting.

4. Chongqing

Chongqing singkat disebut Yu. Terletak di Timur Tiongkok barat daya, hilir sungai Yangste. Tahun 1997, Chongqing ditempatkan sebagai kota setingkat propinsi dengan 15 distrik dan 4 kabupaten serta 4 kabupaten otonomi. Luasnya 82,3 ribu kilometer persegi. Pada tahun 2011, jumlah penduduknya sekitar 29,19 juta jiwa. Chongqing adalah kota industri.

B. 2 Daerah Administrasi Khusus

1. Hongkong

Tiongkok memulihkan pelaksanaan hak kedaulatan terhadap Hongkong sejak tanggal 1 Juli tahun 1997, dan ditempatkan sebagai daerah administrasi khusus Hongkong. Awalnya Hongkong adalah bagian dari kekuasaan negara kolonial Inggris. Nama singkatan Hongkong disebut Gan.

Hongkong terletak di muara timur Sungai Mutiara, termasuk pulau Hongkong, Kowloon, xinjie serta pulau-pulau di sekitarnya. Memiliki uas 1098,05 kilometer persegi. Pada tahun 2012, jumlah penduduk Hongkong sekitar 7,15 juta jiwa. Hongkong juga adalah salah satu tempat tujuan pariwisata di China.

2. Macau (Makau)

Tiongkok memulihkan pelaksanaan hak kedaulatan terhadap Macau sejak tanggal 20 Desember tahun 1999. Awalnya Macau adalah bagian dari pemerintahan negara kolonial Portugal. Macau adalah semenanjung di tepi barat muara suangai Mutiara dan memiliki luas 25,8 kilometer persegi. Pada tahun 2012, jumlah penduduk Macau sekitar 560 ribu jiwa.

china attraction map

C. 22 Propinsi Tiongkok

Nama Provinsi → Singkatan Disebut →  Ibukota

1. Hebei ( Ji) : Shijiazhuang
2. Shanxi (Jin) : Taiyuan
3. Liaoning (Liao) : Shenyang
4. Jilin (Ji) : Changchun
5. Heilongjiang (Hei) : Harbin

6. Jiangsu (Su) : Nanjing
7. Zhejiang (Zhe) : Hangzhou
8. Anhui (Wan) : Hefei
9. Fujian (Min) : Fuzhou
10. Jiangxi (Gan) :Nanchang

11. Shandong (Lu) : Jinan
12. Henan (Yu) : Zhengzhou
13. Hubei (E) : Wuhan
14. Hunan (Xiang) : Changsha
15. Guangdong (Yue) : Guangzhou

Loading...

16. Hainan (Qiong) : Haikou
17. Sichuan (Chuan atau Shu) : Chengdu
18. Guizhou (Qian atau Gui) : Guiyang
19. Yunnan (Dian atau Yun) : Kunming
20. Shaanxi (Shaan atau Qin) : Xi’an

21. Gansu (Gan Atau Long) : Lanzhou
22. Qinghai (Qing) : Xining

D. 5 Daerah Otonomi Tiongkok

Nama Daerah Otonomi → Singkatan Disebut →  Ibukota

1. Daerah Otonomi Mongolia (Mongolia) : Huhehaote
2. Daerah Otonomi Tibet (Tibet) : Lhasa
3. Daerah Otonomi Etnis Zhuang (Gui) : Nanning
4. Daerah Otonomi Etnis Hui Ningxia (Ning) : Yinchuan
5. Daerah Otonomi Etnis Uigur Xinjiang (Xin) : Urumqi

Catatan : Hingga kini, Taiwan (Republik Tiongkok) sendiri tidak pernah secara resmi memproklamasikan kemerdekaan dari Tiongkok, meski Tiongkok (Republik Rakyat Tiongkok) sendiri meng-klaim wilayah Taiwan sebagai propinsi ke-23 mereka. Hingga kini, Republik Tiongkok di Taiwan hanya diakui sekitar 25 Negara.

Posisi Chinese Taipei di dunia ini cukup unik, dimana mereka diizinkan untuk ikut serta dalam olimpiade, FIFA, dsb. Perdagangan dan perkembangan IPTEK disana juga maju pesat. Namun mereka tidak diizinkan mengubah nama mereka menjadi Taiwan. Tiongkok sendiri dalam 1 dekade terakhir tampaknya cukup melunak terhadap mereka; dimana opsi diplomasi lebih di kedepankan, alih-alih menggunakan opsi militer.

Pihak Indonesia sendiri tetap menjalin hubungan diplomatik dengan Republik Tiongkok walaupun secara tidak resmi dengan adanya perwakilan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) yang didirikan tahun 1994 di Taipei. Kantor ini merupakan perwakilan pemerintah yang mempunyai misi menjalankan kepentingan ekonomi dan imigrasi di Taipei.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *