Last Updated on 1 May 2021 by Herman Tan

Lindswell Kwok (26) berhasil meraih medali EMAS Wushu di nomor Taijiqian dan Taijiquan dengan nilai total 19.50. Ini merupakan medali kedua dari cabang Wushu, setelah kemarin Edgar Xavier Marvelo meraih perak di nomor Changquan dengan nilai 9,72.

A. Profile Lindswell Kwok

Nama : Lindswell Kwok
Tempat Tanggal Lahir : Binjai, 24 September 1991
Tinggi/Berat : 161 cm / 53 kg

Orang tua : Tjoa Eng Hing dan Nuraini
Saudara : Ivan Kwok (Kakak; Pengurus Besar Wushu Indonesia)
Pendidikan : Universitas Sumatera Utara (UTSU), jurusan Manajemen Bisnis

B. Prestasi paling bergengsi :

Lindswell Kwok, gadis kelahiran Medan, Sumatra Utara ini awalnya merupakan penerus Susyana Tjhan, atlet wushu spesialis changquan + jianshu, yang memutuskan pensiun di tahun 2012. Who next?

Emas Sea Games 4x berturut-turut : Tahun 2011 (Indonesia; 2 emas @Taijiquan & Taijijian), 2013 (Myanmar; Taijijian), 2015 (Singapore; 2 emas @Taijiquan & Taijijian), 2017 (Malaysia; Taijiquan)

Emas Asian Games : Tahun 2018 (Taijiquan & Taijijian all round); Asian Games 2014 (Perak Taijiquan & Taijijian all round)

Emas Kejuaraan Dunia Wushu : Tahun 2009 (Toronto; Taijiquan), 2013 (Kuala Lumpur; Taijijian), 2015 (Jakarta; 2 emas @Taijiquan & Taijijian), 2017 (Kazan; Taijiquan)

C. Trivia :

1. Lindswell memulai Wushu pada tahun 1999 di Medan, Indonesia, berawal dari ajakan kakaknya.
2. Zhang Yue Ning adalah pelatihnya saat ini, berasal dari Tiongkok.
3. Tokoh panutan/idolanya adalah Jet Li, aktor sekaligus mantan atlet wushu Tiongkok.

4. Pada tahun 2013 ia dinobatkan sebagai Atlet Terbaik oleh KOI – Komite Olimpiade Indonesia.
5. Pada Oktober 2013 ia juga menerima Satyalancana Dharma Olahraga. Medali tersebut merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan dalam bidang olahraga di Indonesia.
6. Pada awal 2017, ia sempat mengalami cidera lutut, dan melakukan terapi penyembuhan di Tiongkok.

7. Dijuluki Ratu Wushu Asia Tenggara karena selalu mendapatkan medali emas di 4 ajang Sea Games terakhir.
8. Lindswell juga ternyata seorang model paruh waktu, dan tertarik pada bidang fotografer.
9. Memutuskan pensiun di puncak karirnya :

” I would prefer to close my career with my best performance” – Lindswell Kwok, bolasport.com 28 April 2018

D. Mendapatkan Medali Emas Asian Games 2018, Medali paling bergengsi

Atlet wushu Indonesia Lindswell (tengah) menerima ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo (kanan) dan Ketua Umum PB Wushu Indonesia Airlangga Hartarto usai menyelesaikan nomor Taijijian Putri Wushu Asian Games 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (20/8/2018). Lindswell mempersembahkan emas kedua bagi kontingen Merah Putih usai berlaga dalam nomor Taijijian, meraih nilai tertinggi dengan total skor 9,75.
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menpora Imam Nahrawi (kedua kiri) memberi ucapan selamat kepada atlet Indonesia Lindswell usai bertanding dalam nomor Taijijian Putri Wushu Asian Games 2018 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Senin (20/8/2018). Lindswell mempersembahkan emas kedua bagi kontingen Merah Putih usai berlaga dalam nomor Taijijian, meraih nilai tertinggi dengan total skor 9,75.

Lindswell Kwok (26) berhasil meraih medali EMAS Wushu di nomor Taijiqian & Taijiquan all round dengan nilai total 19.50. Ini merupakan medali kedua dari cabang Wushu, setelah kemarin Edgar Xavier Marvelo meraih perak di nomor Changquan dengan nilai 9,72.

Nilai Lindswell sejatinya hanya terpaut 0,08 poin dari atlet asal Hongkong, Juanita Mok Uen Ying Menempati peringkat 2 (medali perak) dengan nilai 19,42. Di tempat ke 3 ada atlet asal Filipina, Agatha Chrystenzen Wong dengan nilai 19, 36. Nomor Taijiqian & Taijiquan ini diikuti oleh 16 atlet dari berbagai negara.

“Emas ini saya persembahkan untuk semua masyarakat Indonesia,” kata Lindswell. Saya grogi banget tadi sebenernya karena ini kan pertandingan terakhir saya,” ujar Lindswell di Hall B, JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (20/8/2018).

Dengan raihan emas ini, merupakan sumbangan medali wushu terakhir dari Lindswell, yang tahun lalu mengatakan bahwa Ia akan pensiun usai Asian Games 2018, berhenti di puncak karir.

Tampak pada foto, presiden Indonesia Joko Widodo yang hadir menyaksikan pertandingan Lindswell tadi pagi, ikut memberi ucapan selamat atas raihan medali emasnya.

Mari, berikan komentar dan share terakhir sebagai bentuk aplause dan wujud rasa bangga kita kepada atlet ini! 🤗🤗

By Herman Tan

One Smile Return to the East. Follow @tionghoainfo untuk info2 terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: eitss, mau apa nih?