Jika Anda adalah penggemar makanan Chinese food, atau mungkin yang sedang melakukan diet rendah kalori dan menginginkan makanan sehat yang rendah kalori, Anda tidak perlu khawatir lagi.

Menemukan makanan sehat di restoran2 favorit Anda tidaklah sulit, karena masakan Chinese food banyak ragamnya, dan banyak diantara masakan2 tersebut adalah makanan sehat rendah kalori yang aman dikonsumsi.

Berikut 7 Makanan Sehat Tiongkok dengan Kalori di Bawah 400

Kami telah mengumpulkan menu makanan Tiongkok sehat dan rendah kalori, yang akan kami ulas lebih dalam artikel berikut.

1. Salad Moo Shu

(Foto : everylastbite.com)

Pada hidangan ini, sayuran adalah unsur yang paling utama. Ada beberapa varian salad Moo Shu. Yang pertama adalah Moo Shu babi, yang mana Moo Shu ini paling terkenal di negeri asalnya. Bahan2 yang digunakan pada Moo Shu ini adalah daging babi yang digoreng, irisan kubis, jamur, wortel dan bawang2an.

Jika Anda tidak diperbolehkan makan daging babi, Anda bisa mencoba Moo Shu salad ayam, dimana salad Moo Shu dicampur dengan irisan daging ayam, yang kemudian dibungkus dengan daun selada.

Meskipun nilai gizi yang ada pada Moo Shu ini sangat tergantung pada bahan2 yang digunakan, biasanya pada satu mangkok Moo Shu dengan berat 151 gram memiliki kandungan 230 kalori. Pada Moo Shu juga terdapat 16 gram protein dan 16 gram lemak (babi maupun ayam).

Noted : Hindari menyantap salad ini dengan makanan berat lain seperti pancake.

2. Moo Goo Gai Pan

(Foto : inneratthezoo.com)

Moo Goo Gai Pan adalah ayam dan sayur2an yang dibumbui dengan saos ringan. Bahan2 lain yang digunakan untuk memasak Moo Goo Gai Pan adalah jamur, brokoli, wortel dan kaldu yang dihasilkan dari rebusan kacang kastanye.

Karena masakan ini penuh dengan sayur-mayur dan daging ayam rendah lemak, masakan ini memiliki kalori yang cukup rendah. Daging ayamnya memberikan nilai gizi, seperti protein hewani.

Satu mangkok Moo Goo Gai Pan dengan berat 216 gram memiliki nilai kalori sebesar 160 kalori. Sementara kandungan protein yang di dapatkan adalah sebesar 15 gram.

Jika Anda memesan makanan ini, cobalah untuk bertanya apakah saosnya dapat dipisah. Karena dalam saos tersebut biasanya mengandung banyak garam dan gula. Jika saosnya dapat dipisah, Anda bisa mengontrol asupan garam dan gulanya.

3. Chop Suey

(Foto : kirbiecravings.com)

Chop Suey merupakan hidangan yang dimasak dengan cara ditumis. Bahan2 nya adalah daging, telur, dan sayur yang diiris tipis2, kemudian dibumbui dengan saos ringan.

Beberapa Chop Suey dimasak dengan daging babi, tetapi tak jarang juga beberapa yang dimasak dengan daging ayam, tahu, maupun daging sapi.

Seperti masakan Chinese food tumis lainnya, Chop Suey adalah pilihan makanan sehat untuk Anda. Makanan ini sangat sehat karena terdapat sumber protein dan juga vitamin dari buah2an.

Satu mangkok Chop Suey dengan berat 220 gram tanpa mie memiliki kandungan 216 kalori. Sementara kandungan proteinnya sebesar 23 gram, dan kandungan lemaknya sekitar 9,5 gram.

4. Ayam Kung Pao

(Foto : cafedelites.com)

Ayam Kung Pao merupakan masakan Sichuan yang rasanya pedas. Masakan ini terdiri atas ayam yang ditumis dengan kacang tanah, paprika, cabai, dan juga beberapa sayur-mayur.

Tidak hanya kaya akan protein dan mikronutrien seperti selenium dan niasin, tetapi dengan taburan kacang tanah, makanan ini juga kaya akan sumber lemak tak jenuh tunggal, yang baik untuk kesehatan jantung.

Jika ingin memaksimalkan nilai gizi dari makanan ini, Anda bisa menambahkan beberapa macam sayuran. Anda juga perlu mempertimbangkan untuk membatasi porsi yang ingin dimakan, jika ingin mengontrol asupan garam dalam tubuh, karena makanan ini mengandung banyak garam.

5. Buddha’s Delight

(Foto : dinneratthezoo.com)

Buddha’s Delight adalah makanan yang cocok untuk para vegan yang hanya mengonsumsi makanan sayuran. Masakan ini berupa tumisan yang berisikan tahu dengan sayur2an yang dikukus. Sayur yang digunakan biasanya seperti pakcoy (bok choy), brokoli, kubis, dan saos asam.

Karena makanan ini 100% berasal dari tumbuh-tumbuhan, makanan ini terkandung banyak serat serta protein nabati yang berasal dari tahu. Satu mangkok Buddha’s Delight dengan berat 217 gram mengandung 193 kalori, 3 gram serat, dan 9 gram protein.

6. Terong dengan Saos Bawang Putih

(Foto : cookpad.com)

Terong dengan saos bawang putih adalah hidangan dari terong yang dipanggang sampai berasap, lalu dicampur dengan saos yang terbuat dari bawang putih.

Terong merupakan bahan makanan rendah kalori adalah bahan utama dari hidangan ini. Terong memiliki beberapa kandungan yang sangat baik bagi tubuh, seperti serat, mangan, folat dan potasium.

Selain itu, bumbu yang digunakan pada saos bawang putihnya adalah jahe dan paprika. Untuk memaksimalkan nilai gizi pada makanan ini, Anda disarankan menyantap hidangan ini dengan nasi (beras) merah, dan bukan nasi putih.

Karena nasi merah yang juga rendah kalori akan menambahkan kandungan serat pada makanan ini, sehingga sangat baik bagi tubuh.

7. Pangsit Kukus

(Foto : thekitchen.com)

Pangsit merupakan makanan yang berasal dari adonan dengan isian di dalamnya. Pangsit kukus yang disajikan pada restoran2 Chinese food berisi daging dan sayuran yang telah dibumbui.

Daging yang digunakan biasanya daging babi, daging ayam, atau daging sapi. Sementara sayur yang digunakan biasanya adalah sayur kubis.

Umumnya pangsit yang kita ketahui adalah pangsit yang digoreng. Tetapi pangsit yang digoreng tidaklah lebih sehat dari pangsit yang dikukus (ala dimsum), karena pangsit yang digoreng mengandung banyak (minyak) lemak dan kolesterol. Satu pangsit kukus dengan ukuran sedang mengandung 40 kalori.

Semoga makanan2 rendah kalori diatas dapat mengenyangkan perut Anda!

Baca juga : Kumpulan Artikel Kuliner Tionghoa

By Herman Tan

One Smile Return to the East. Follow @tionghoainfo untuk info2 terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: eitss, mau apa nih?