Kalender Cina (Kalender Imlek) : Arti Penjelasan dan Cara Membacanya!

Kalender Cina, atau kalender Imlek, atau disebut juga dengan kalender Huang Li (kalender Huang 黄历, kalender kerajaan). Penyebutan kalender “Huang Li” memiliki arti bahwa kalender ini diciptakan sejak jaman kaisar Huang Di (Yellow Emperor; ±2700 SM); dimana pada jaman dulu, yang berwenang untuk menerbitkan kalender tersebut adalah pihak kerajaan yang berkuasa masa itu.

Perubahan pada model kalender terus berevolusi. Kini, kalender cina berbentuk seperti kebanyakan yang beredar di pasaran, dimana umumnya berjenis kalender harian (sobekan) dan kalender bulanan. Pada kalender bulanan, informasi yang tercantum lebih sedikit karena ruangnya yang terbatas.

Contoh model kalender cina bulanan, lebih menonjolkan desain sebagai pajangan, daripada informasi hariannya.

Contoh kalender harian cina, namun yang ini sebenarnya kurang lengkap, karena hanya menyajikan informasi seputar penanggalan Imlek.

Selain informasi umum mengenai penanggalan internasional beserta hari liburnya, ada beragam informasi lainnya yang terdapat pada kalender cina, diantaranya :

1. Penanggalan Imlek (pencantuman tahun, bulan dan tanggal).
2. Hari-hari besar tradisi & budaya tionghoa, seperti Imlek, Cap Go Meh, Cengbeng, Bakcang, Sembahyang rebutan, Festival kue bulan (Tiong Ciu), Festival Ronde (dongzhi), dan sebagainya.

Loading...

3. Waktu yang baik dan waktu tidak baik dalam melakukan sesuatu (seperti pernikahan, penguburan, dsb), atau hal-hal yang dapat dilakukan serta hal-hal yang perlu dihindari pada hari yang besangkutan.
4. 24 nama posisi matahari (perubahan cuaca; 二十 四节气 Èrshísì jiéqì), serta informasi-informasi penting lainnya.

5. Daftar hari libur atau hari penting di Tiongkok lainnya, seperti hari Imlek (yang tanggal merahnya kadang sampai 7 hari beruntun), atau hari Nasional Tiongkok pada 1 oktober, Festival Qixi, Festival Chongyang, dsb.

Umumnya kalender cina (kalender Imlek) atau kalender harian sobekan yang beredar di Indonesia, kebanyakan dicetak dari Tiongkok, Hongkong dan Taiwan, sehingga rata-rata tulisannya adalah dalam bahasa Mandarin (huruf hanzi). Berikut cara membaca Kalender Cina, disertai penjelasan informasi-informasi yang tercantum dalam kalender ini.

Berikut beberapa informasi lainnya yang sering ditemukan dalam kalender Cina (disebut juga kalender Tong Shu (hanzi : 通 勝; pinyin : Tong Sheng, ejaan lain : Tung Shing), atau kalender Fengshui. Kemampuan membaca dan memahami hanzi / mandarin sangat dibutuhkan) :

Kalender harian cina yang lengkap, disebut juga kalender Tong Shu (hanzi : 通 勝; pinyin : Tong Sheng, ejaan lain : Tung Shing), atau kalender Fengshui (ilustrasi : dinaviriya.com)

Keterangan pada Kelender :

Nomor 1 : Pada bagian atas (header) kalender harian cina, berisi informasi tahun dan bulan pada penanggalan masehi, atau kalender Internasional. Di sampingnya ikut dicantumkan pula bulan dalam huruf mandarin.

Nomor 2 : Pada posisi tengah kalender harian cina, berisi tanggal yang dicetak segede gaban besar, sesuai penanggalan internasional / masehi. Di sampingnya kadang dicantumkan syair/poem yang bermakna baik, atau informasi lainnya yang penting pada hari/bulan tersebut.

Nomor 3 : Hari pada penanggalan Kalender Internasional (masehi). Dicantumkan dalam huruf mandarin, contoh pada gambar ilustrasi : 星期三 (xīngqísān) yang berarti hari Rabu.

Nomor 4 : Tahun, Bulan dan Tanggal pada penanggalan Kalender Imlek. Contoh pada ilustrasi tercantum : 农历甲午,年正月小 (Nong li jia wu Nian zheng yue xiao), yang artinya kira-kira : Tahun (imlek) Jia Wu (sebutan nama tahun), bulan kecil. Yang dimaksud dengan bulan kecil (xiao yue, 小月) adalah bulan yang hanya memiliki 29 hari, sedangkan bulan besar (da yue,大月) adalah bulan yang memiliki 30 hari.

Nomor 5 : Memuat informasi mengenai waktu/jam, seperti waktu yang baik (吉; Ji), waktu yang tidak/kurang baik (凶; Xiōng), atau waktu tengah / netral (中; Zhōng). Berikut mama waktu dan jam :

子 [Zi] 23.00 – 01.00
丑 [Chǒu] 01.00 – 03.00
寅 [Yín] 03.00 – 05.00

卯 [Mǎo] 05.00 – 07.00
辰 [Chén] 07.00 – 09.00
巳 [Sì] 09.00 – 11.00

午 [Wǔ] 11.00 – 13.00
未 [Wèi] 13.00 – 15.00
申 [Shēn] 15.00 – 17.00

Loading...

酉 [Yǒu] 17.00 – 19.00
戌 [Xū] 19.00 – 21.00
亥 [Hài] 21.00 – 23.00

Nomor 6 : Huruf Yi (宜) pada sisi kiri menunjukkan hal-hal yan dapat dikerjakan, atau cocok dilakukan pada hari yang dimaksud.
Nomor 7 : Huruf Ji (忌) pada sisi kanan menunjukkan hal-hal yang perlu dihindari, atau tidak cocok dilakukan pada hari yang dimaksud.

Arti dan Penjelasan Pada Kalender Cina, Mengenai Hal Yang Bisa dan Yang Pantang Dilakukan :

Orang Tionghoa sangat mementingkan hari baik. Apalagi untuk acara-acara penting, seperti pertunangan (sangjit), pernikahan, naik rumah baru, pembukaan usaha toko baru, naik atau pindah rumah baru, bahkan untuk acara pemakaman pun perlu dicari hari yang bagus.

Tujuannya (harapannya), dengan dicarikan hari yang baik, kegiatan yang dimaksud bisa berjalan dengan baik, lancar, dan tanpa hambatan.

Untuk memudahkan, kegiatan-kegiatan yang tercantum pada kalender cina di kelompokkan menjadi beberapa kategori,yakni pernikahan, bisnis, bangunan, pemakaman, sembahyang, dan kegiatan keseharian lainnya.

Berikut adalah istilah-istilah mandarin yang sering ditemukan / tercantum pada kelender cina, untuk kegiatan yang cocok dan yang pantang untuk dilakukan :

A. Kategori Pernikahan

嫁娶 (Jià qǔ) : Pesta pernikahan, resepsi pernikahan
纳采 (Nà cǎi) : Melamar ke rumah calon pengantin perempuan
安床 (Ān chuáng) : Peletakan dan pemasangan tempat tidur
订盟 (Dìng méng) : Pertunangan

B. Kategori Bisnis

开市 (Kāi shì) : Acara pembukaan toko baru atau peresmian toko baru
挂匾 (Guà biǎn) : Menggantungkan papan nama toko
纳财 (Nà cái) : Membeli properti, menagih hutang, menagih uang sewa, mengajukan kredit
立卷 (Lì juǎn) : Membuat berbagai perjanjian atau kontrak bisnis
交易 (Jiāoyì) : Melakukan berbagai transaksi bisnis
开仓 (Kāi cāng) : Melakukan pengiriman barang, export, pemberian kredit
安机 (Ān jī) : Peletakan dan pemasangan mesin produksi

C. Kategori Bangunan

入宅 (Rù zhái) : Acara/pesta pindah ke rumah Baru atau open house
安门 (Ān mén) : Pemasangan pintu utama rumah / gedung
修造 (Xiū zào) : Perbaikan rumah, renovasi rumah
上梁 (Shàng liáng) : Pemasangan balok utama atap atau pengecoran atap
拆卸 (Chāi xiè) : Membongkar bangunan yang telah ada
解除 (Jiě chú) : Membersihkan rumah / bangunan
移徙 (Yí xǐ) : Pindah tempat tinggal, pindah rumah

D. Kategori Kehidupan sehari-hari

出行 (Chū xíng) : Perjalanan, wisata
栽种 (Zāi zhòng) : Bercocok tanam, berkebun
纳畜 (Nà chù) : Berternak, memelihara hewan
赴任 (Fù rèn) : Menduduki jabatan baru

E. Kategori Sembahyang

祭祀 (Jì sì) : Sembahyang leluhur, sembahyang Dewa
祈福 (Qí fú) : Berdoa untuk kebahagian dan bebas dari bencana
求嗣 (Qiú sì) : Berdoa untuk mendapatkan keturunan
开光 (Kāi guāng) : Sembahyang peletakan patung Buddha atau Dewa/i ke altar

F. Kategori Pemakaman

安葬 (Ān zàng) : Penguburan
修墓 (Xiū mù) : Memperbaiki tempat pemakaman
入殓 (Rù liàn) : Memasukan mayat ke peti mayat
破土 (Pò tǔ) : Membuat tempat makam (termasuk bongpay)

Loading...

Informasi lainnya pada bagian bawah kalender berhubungan dengan Fengshui. Seperti hari penanggalan, angka baik, angka jelek, kecocokan antar shio, umur, waktu/jam, dan lain sebagainya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *