Last Updated on 26 March 2020 by Herman Tan

Kompas Fengshui, atau Luopan 罗盘 adalah alat untuk menentukan arah masuk suatu bangunan (arah yang tepat dari suatu struktur).

Ini merupakan ‘peralatan wajib’ dari para ahli Fengshui, ataupun mereka2 yang ingin mempelajari ilmu Fengshui. Pada papan diagram Luopan terdapat banyak simbol dan karakter hanzi, dimana setengahnya (dianggap) berarti ‘Yin’, dan setengahnya lagi ‘Yang’.

Pada papan diagram Luopan juga terdapat 2 utas benang merah saling bersilangan, yang membagi papan menjadi 4 bidang, 24 penanda arah, 64 simbol hexagram, dan sebuah jarum bermagnet di tengah. Sebuah luopan umumnya berukuran sekitar 20-25 cm persegi, dibuat dengan bahan kayu atau logam.

Para ahli Fengshui wajib mengetahui cara penggunaan dari kompas Luopan (罗盘).

Baca juga : Rumah Yang Baik Menurut FENGSHUI

Setiap tanda (sign) bisa menguntungkan, bisa juga tidak menguntungkan. Oleh karena itu, kita harus selalu menghadap ke arah (direction) yang baik. Tapi agar bisa membaca dengan benar, kompasnya harus diselaraskan terlebih dulu; yakni menyelaraskan kompasnya sesuai dengan arah bangunan, lalu putar agar jarumnya sejajar/selaras dengan arah utara dan selatan.

Prinsip dasar Luopan, yakni ‘selatan cerah dan utara sejuk’, tentu saja mudah dipahami. Tetapi, ada banyak tingkat lain yang lebih rumit dari itu. Ini bukan hanya tentang membaca kompas, tapi juga bagaimana menafsirkannya pada lingkungan.

Luopan biasanya berisi tanda untuk 24 arah; dimana setiap 15 derajat menunjukkan 1 arah (total 360 derajat). Matahari membutuhkan waktu sekitar 15,2 hari untuk melintasi setiap posisi matahari, dan membutuhkan waktu sekitar 365,25 hari (1 tahun) untuk menuntaskan 1 putaran.

Baca juga : 24 Nama Posisi Matahari Dalam Kalender Solar

Beberapa jenis luopan yang paling umum digunakan saat ini, yakni luopan San He, luopan San Yuan (disebut juga Jiang Pan, atau Yi Pan), dan luopan Zong He.

Tidak seperti kompas biasa, kompas luopan tidak menunjuk ke arah kutub magnet utara Bumi. Arah jarum luopan justru menunjuk ke arah kutub magnet selatan. Jadi, kompas luopan diterjemahkan menjadi “jarum penunjuk arah selatan” (south-pointing needle).

Catatan : Artikel tentang Luopan ini merupakan artikel rintisan. Pembaca dapat membantu kami untuk mengembangkannya.

By Herman Tan

One Smile Return to the East. Follow @tionghoainfo untuk info2 terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: eitss, mau apa nih?