Shio Tiongkok
  • 15
    Shares

Persamaan utama dari zodiak China dan astrologi barat, adalah didasarkan pada tanggal lahir, dengan 12 simbol atau tanda (sign) yang digunakan untuk membedakannya. Berikut beberapa perbedaannya, untuk membuatnya lebih mudah dipahami.

A. 12 Shio

Dalam kedua sistem, jumlah simbolnya sama, 12.

♦ Shio China : Tikus, Kerbau, Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing, dan Babi.
♦ Zodiak Barat : adalah: Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Capicorn,  Sagitarius, Aquarius, Pisces.

Baca juga : Ramalan Shio 2020

B. Asal Muasal

Dalam shio China,  12 shio berawal dari mitos, bahwa ketika Tuhan sedang menciptakan kalender, semua hewan yanga da di hutan diundang untuk berpartisipasi dalam sebuah lomba. 12 hewan pertama yang melewati garis finish akan masuk menjadi simbol shio.

Hal ini berbeda dengan astrologi Barat, dimana 12 simbol didasarkan pada posisi rasi bintang relatif terhadap bumi. Susunan konstelasi ini dinamai berdasarkan mitologi Dewa/i Yunani.

Baca juga : Asal Usul 12 Shio Dalam Tradisi Tionghoa

C. Bulan Zodiak : Kesamaan Yang Lain

Overlap Shio vs Zodiak
Zodiak Barat dan Shio China memiliki perbedaan waktu setengah bulan

Hewan2 dalam zodiak China diatur berdasarkan kalender matahari tradisional China. Setiap shio sesuai dengan 2 dari 24 istilah matahari, untuk periode yang mirip dengan bulan zodiak Barat.

Ini berarti bahwa astrologi Barat dan shio China memiliki perbedaan setengah bulan, dan dapat dilihat dalam diagram di atas.

Baca juga : 24 Nama Posisi Matahari Dalam Kalender Solar

D. Lebih Dari Sekedar Bulan dan Tahun Kelahiran

Zodiak barat dibagi berdasarkan bulan, sementara Shio dibagi berdasarkan tahun. Ini berarti bahwa dalam kepercayaan Tiongkok, orang yang lahir di tahun yang sama, akan memiliki karakteristik yang sama; sama halnya dengan kepercayaan Barat yang menganggap bahwa orang yang lahir di periode bulan yang sama, akan memiliki karakteristik yang sama.

Meskipun begitu, ada banyak faktor lain yang ikut berpengaruh. Dalam astrologi Barat, terlepas dari konstelasi rasi bintang dan planet2, sebagai contohnya, menyimbolkan motivasi dasar dalam psikologi manusia.

Baca Juga :  Cerita Dibalik Matahari dan Bulan

Selain shio tahunan, astrologi China juga memiliki tiga pilar lain yang membentuk takdir seseorang, jadi total ada 4 pilar utama (bazi), yakni: tahun, bulan, tanggal, dan jam kelahiran.

Ketika membandingkan 4 pilar dengan astrologi Barat, perbedaan utamanya adalah bahwa astrologi Barat berfokus pada garis2 luar angkasa (konstelasi planet, bintang, bulan, dan lain-lain), sementara 4 pilar didasarkan pada blok waktu dalam penanggalan Tiongkok.

Baca juga : Cara Mengetahui Shio Seseorang Berdasarkan Tahun Kelahiran dan Unsur Elemennya

E. Kalender Bulan dan Matahari

Pemujaan Pada Bulan
Pemujaan pada bulan mengakar kuat pada kebudayaan Tiongkok kuno

Dalam sistem astrologi Tiongkok yang populer digunakan (kalender Lunar), setiap bulan dimulai dengan bulan baru, yang berlangsung sekitar 29-30 hari. Tanggal Tahun Baru Imlek dan panjang tahun lunar berubah hingga satu bulan terhadap kalender matahari.

Namun, astrologi Tiongkok yang konvensional lebih banyak menggunakan penanggalan matahari tradisional ketika membuat prediksi dan meramalkan horoskop. Dengan metode ini, tahun baru dimulai pada tanggal 4 Februari (dalam satu hari).

Sementara kalender astrologi Barat berdasarkan pada orbit Bumi terhadap matahari (menghasilkan garis angkasa), yang memberi setiap zodiak bulan pengaturan tanggal (dalam satu hari), sepanjang sekitar 29-30 hari. Inilah mengapa zodiak Barat juga disebut zodiak matahari.

Baca juga : Perhitungan Bulan Lun (Lun Gwee) Pada Kalender Imlek

F. Fase Bulan di Tiongkok dan Barat

Astrologi Tiongkok menempatkan empasis dalam fase bulan pada waktu kelahiran Anda. Ada 4 fase bulan : bulan baru, bulan pasang, bulan purnama (penuh), dan bulan surut. Tipe bulan baru adalah mereka yang menyukai lingkungan yang inovatif, tipe bulan pasang adalah para pekerja keras, tipe bulan penuh bersifat diplomatis, dan tipe bulan surut menyukai lingkungan yang tenang.

Sementara sistem zodiak barat, jika dibandingkan, menggunakan 2 periode bulan, yakni utara atau bulan naik, dan selatan atau bulan turun. Meskipun masih berperan dalam area sensitif, astrologi Barat melihat planet-planet sebagai faktor penting.

Baca juga : 24 Nama Posisi Matahari Dalam Kalender Solar

G. Melibatkan 5 Elemen

Sistem astrologi Tiongkok mengindentifikasi 5 elemen : api, bumi, logam, air, dan kayu. Setiap elemen berhubungan dengan kekuatan yang memotivasi Anda dalam hidup.

Baca Juga :  Mengenal Bubuk 5 Rempah Tiongkok; Wu Xiang Fen
5 Elemen
5 unsur elemen

Karena shio berada dalam siklus 12 tahun, keseluruhan siklus elemen dan shio Tiongkok berlangsung selama 60 tahun. Dalam sistem ini, setiap shio memiliki variasi elemen api, bumi, logam, air, dan kayu tergantung tahun Anda lahir

Elemen api terinspirasi dari gairah / kegembiraan.
Elemen bumi menyukai pondasi yang aman.
Elemen metal ingin untuk membuat keteraturan / ketertiban.
Elemen air cenderung membentuk ikatan emosional.
Elemen kayu memiliki minat untuk meng-eksplorasi.

Baca jugaMengenal 5 Elemen Dalam Fengshui

Dalam sistem Barat, hanya 4 elemen yang diidentifikasi, yakni api, tanah, udara, dan air. Setiap elemen diasosiasikan dengan 4 fitur psikologi. Setiap zodiak memiliki satu elemen yang terkait.

Air dikendalikan oleh emosi.
Tanah lebih cocok untuk hal-hal praktikal.
Api berkarakter impulsif.
Udara berorientasi pada intelektual.


  • 15
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *