•  
  • 105
  •  
  •  
  •  
  •  
    105
    Shares

Last Updated on 3 December 2020 by Herman Tan

Di Tahun 2021, perayaan Imlek 2572 akan jatuh pada Jumat, 12 Februari 2021; yang ditandai dengan pergantian tahun Tikus Logam ke tahun Kerbau Logam atau Kerbau Emas (setiap 2 tahun unsurnya sama), yang bersifat Yin (negatif). Ini juga merupakan tahun ke 6 media Tionghoa.INFO yang rutin menerbitkan artikel eksklusif mengenai Ramalan Peruntungan 12 Shio secara gratis.

Secara umum, tahun 2021 ini merupakan “tahun transisi”, setelah disepanjang tahun 2020 ini, yang oleh sebagian orang menganggapnya sebagai tahun mati (tahun kematian); karena selain mewabahnya Virus Corona (Covid-19) yang menjangkiti jutaan penduduk di dunia, sehingga menyebabkan jatuhnya ratusan ribu korban.

Tentu saja, efek yang ditimbulkan pun bak kartu yang runtuh berurutan, seperti banyak orang yang kehilangan pekerjaannya, banyak usaha yang bangkrut, terhenti, atau profitnya menurun (sehingga tidak sedikit yang harus banting setir, beralih ke usaha lain).

Masyarakat Tionghoa sendiri menyakini, dengan bergantinya tahun, keberuntungan seseorang juga akan ikut berubah; entah itu berubah menjadi lebih baik, atau bisa saja memburuk.

Keberuntungan yang dimaksud adalah U FUK (五福), yang berarti “5 Rejeki“, yakni Fu (福, hoki), Lu (禄, nama baik atau jabatan), Shou (寿, usia), Cai (财, kekayaan), dan Ting (厅, keturunan).

Bagi sebagian orang yang sudah tidak sabaran, atau yang sudah menyerah dengan nasibnya yang kurang baik di tahun ini, tentu dalam hati mulai bertanya2, bagaimana peruntungan shio saya di tahun 2021 nanti? Apakah bisa membaik? Atau setidaknya, berilah gambaran sedikit 🙁

A. Bagaimana Perhitungan Ramalan Astrologi ala Tiongkok Itu?

Setiap tahun selalu ada 4 Shio yang terkena Ciong (冲; Chong). Apakah shio pembaca salah satu diantaranya? Jika Ya, maka perlu waspada di tahun 2021 ini.

Tidak seperti ramalan horoskop ala barat yang bersifat bulanan (ditandai dengan simbol perbintangan), ramalan astrologi ala Tiongkok memiliki ramalan yang bersifat tahunan, dimana setiap tahun ditandai dengan simbol shio (生肖; Shengxiao). Hal ini menjadikan setiap tahun memiliki karateristik sendiri, dan akan mempengaruhi terhadap ke-11 shio lainnya.

Sistem perhitungan Astrologi Tiongkok didasarkan pada siklus 12 tahunan matahari-bulan yang sesuai dengan kalender pertanian kuno Tiongkok (农历; Nong Li); juga menjadi penanda (sign) 12 binatang yang mewakili setiap tahunnya.

Baca Juga :  Ramalan Shio Kuda 2021 : Jodoh, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

Ahli2 Astronomi Tiongkok kuno dulu telah menyadari, bahwa dari 5 bintang (planet) yang besar, terutama Mu Xing 木星 (bintang kayu, Jupiter), dalam peredarannya mengorbit selama 12 tahun, tepatnya 11,88 tahun (hitungan tahun bumi) dalam 1 lintasan lengkap.

Artinya kalau dihitung dari 1 titik di langit, Mu Xing ini akan beredar sesuai lintasan orbitnya, dan kembali ke titik tersebut dalam kurun waktu 12 tahun bumi. Ini berarti saat Mu Xing bergerak dengan jarak 1/12 lintasan orbitnya, maka waktu di bumi sudah berlalu selama 1 tahun.

Maka dari itu, orang2 jaman dulu menyebut Mu Xing sebagai Sue Xing (bintang umur, Sue = umur). Mu Xing beredar 1 putaran, yang berarti 12 tahun, dan 12 tahun inilah yang dipakai untuk menentukan standar tahun dan umur yang dijabarkan dalam 12 istilah tahun waktu.

Untuk lebih mudahnya, istilah2 ini kemudian dilambangkan dalam nama2 binatang (Shio), yang tak lain hanya sebagai patokan semu saja, untuk sekedar mempermudah suatu perhitungan (atau mengingat) dalam praktek suatu ritual keagamaan.

Siklusnya juga terbagi dalam 5 elemen, yakni : Logam,Air, Kayu, Api dan Tanah; sehingga setiap 60 tahun dianggap sebagai 1 putaran (kombinasi tahun shio dan unsur). Sistem ini juga dipengaruhi oleh kosmos Yin (wanita, negatif) dan Yang (pria, positif), yang merupakan penafsiran dari keselarasan dan keseimbangan alam semesta.

Perhitungan Shio juga dipengaruhi oleh Bazi 八字, yakni suatu ilmu yang menggunakan perhitungan saat kelahiran seseorang, yakni : Tahun, Bulan, Hari dan Jam; masing2 diambil 2 angka.

Perhitungan bazi ini juga digunakan untuk mengungkap sifat atau kepribadian seseorang, yang dihubungkan dengan cinta, usaha, keuangan dan kesehatan, serta kecocokan dengan shio lainnya.

生死有命 (Shengsi you ming) … Takdir perjalanan hidup mati seseorang sudah digariskan oleh yang DIATAS.

Tentu saja, Ramalan Shio juga sulit terlepas dari Baoying 报应 atau karma seseorang, Mingyun 命运 atau takdir seseorang, serta Yuenfen 缘分 atau kejodohan (suatu kebetulan yang ditakdirkan/dikondisikan oleh masa lalu seseorang). Mengakui hubungan ini, merupakan hasil dari membuat seseorang bertanggung jawab atas segala tindakannya ❗

Baca Juga :  Ramalan Peruntungan 12 Shio di Tahun Kerbau 2021 (Bagian 2)

Dalam perjalanannya, Astrologi Tiongkok telah menuntun masyarakat Tiongkok dan perantauannya selama ribuan tahun, dan pengaruhnya sangat besar dalam kehidupan.

B. Kapan Sebuah Tahun Shio Dimulai?

Tahun kelahiran, atau Ben Ming Nian 本命年 merupakan simbol dari tahun zodiak, yang ditentukan oleh tahun kelahiran seseorang. Karena sistem perhitungan ramalan Tiongkok dilambangkan dengan 12 binatang, maka setiap 12 tahun tanda tahun lahir seseorang (sign) akan datang sekali (siklus 12 tahun).

Satu tahun shio akan dimulai sejak hari pertama pada tahun baru Imlek yang berjalan, dan berakhir pada hari terakhir dari tahun yang berjalan. Misalnya tahun 2021 ini adalah tahun Kerbau, yang dimulai sejak 21 Februari 2021, dan berakhir pada 31 Januari 2022.

Ada kepercayaan oleh beberapa ahli Fengshui, bahwa orang2 yang terlahir s/d H+15 Imlek, masih akan mewarisi beberapa sifat dari shio sebelumnya. Contohnya, seseorang yang terlahir di hari ke-3 tahun Naga, masih akan mewarisi sifat2 minor dari shio kelinci. Atau orang yang lahir di hari ke-10 tahun Macan, akan mewarisi sifat2 minor dari shio Kerbau juga.

Karena itu, bagi pembaca yang lahir di bulan Januari atau Februari, mohon untuk memeriksa tabel daftar tahun shio, unsur shio, dan sifat berikut untuk memastikan shionya 💡

Baca juga : Daftar Tahun Shio, Unsur Shio dan Sifatnya

C. Ramalan Peruntungan 12 Shio di Tahun Kerbau 2021

Menurut penanggalan kalender Imlek (kalender lunar Tiongkok), tahun 2021 merupakan tahun Kerbau (牛, Niu, sebagian orang menyebutnya tahun Sapi) yang berunsur Logam (金, Jin).

Jadi, masyarakat Tionghoa akan menyebut tahun 2021 ini sebagai tahun kerbau logam, atau tahun kerbau emas. Tahun Baru Imlek 2572 sendiri akan dimulai sejak 12 Februari 2021 hingga 31 Januari 2022.

Simak gambaran umum Ramalan Shio tahun 2021 di bawah, mengenai hal2 apa saja yang diprediksi akan terjadi pada setiap shio di tahun Kerbau Logam 2021 nanti, menyangkut hal keuangan, pekerjaan/usaha, cinta/keluarga, dan kesehatan.

Disclaimer!

1. Merupakan artikel eksklusif 😡 Harap mencantumkan sumber rujukan Link Aktif ke situs Tionghoa.INFO! Dengan demikian, Anda sudah menghargai tim penulis. Bagi wartawan media online/cetak juga harap mencantumkan sumber rujukan di artikel terbitan nya masing2.

Baca Juga :  Ramalan Shio Anjing 2021 : Jodoh, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

Bagi para Youtuber, juga jangan asal menjiplak hasil karya orang, tanpa menyebutkan atau mencantumkan sumber (credit)! Jangan salahkan kami jika iklan2 di konten anda di takedown Google.

2. Artikel bersifat ramalan-referensi. Beberapa kata/kalimat yang digunakan pada artikel2 dibawah merupakan tafsiran, yang kadang harus diartikan sendiri oleh pembaca, disesuaikan dengan kehidupan yang sedang dijalani.

3. Mohon bersabar, karena link2 yang berisi detail penjelasan setiap shio dibawah akan di update pada November 2020.

1. Ramalan Shio Tikus 2021

Pemilik shio Tikus harus siap untuk menghadapi tantangan dalam karir atau bisnisnya selama tahun 2021. Mereka akan sarat dengan berbagai tugas tambahan yang membutuhkan banyak usaha.

Namun karena sifat dasar dari shio tikus, mereka tidak ragu-ragu menerima tantangan baru di tahun ini. Ini juga akan membuka peluang Anda untuk mendapatkan “hadiah”, seperti promosi jabatan, kenaikan gaji, atau mendapat pemasukan ekstra.

Pemilik shio ini juga diharapkan untuk bijak menyimpan uang di tahun ini, karena seperti yang kita ketahui, usai pandemi covid-19, banyak hal di dunia yang berubah menjadi ketidakpastian. Selain itu, jangan memaksakan diri untuk memenuhi gaya hidup yang tinggi!

Meski begitu, sepertinya ini akan menjadi “tahun kebebasan” bagi para pemilik shio ini, karena di tahun 2020 kemarin mereka termasuk dalam salah satu shio Ciong, karena berada di posisi waktu tahun lahir mereka sendiri (本命年; běn mìng nián), sehingga peruntungan nasibnya menjadi kurang baik.

Tahun kelahiran shio Tikus : tikus api 1936, tikus tanah 1948, tikus logam 1960, tikus air 1972, tikus kayu 1984, tikus api 1996, tikus tanah 2008.

Baca juga : Ramalan Shio Tikus 2021 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

2. Ramalan Shio Kerbau 2021 (Ciong)

Menurut perhitungan ramalan Tiongkok, tahun 2021 adalah tahun Kerbau. Jadi mereka yang bershio ini akan berada di posisi waktu tahun (zodiak) lahir mereka sendiri, mengalami Ciong, atau Ben Ming Nian 本命年, yang secara harafiah berarti “asal tahun kehidupan”. Hal ini dipercaya akan “menyinggung” Dewa Thay Sui 太岁.

Baca Juga :  Ramalan Shio Tikus 2021 : Jodoh, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

Mereka diyakini akan memiliki nasib yang kurang baik di sepanjang tahun yang berjalan ini. So, alih2 mencoba untuk membuka usaha atau mencari pekerjaan yang baru, ada baiknya menunggu hingga tahun depan. Kehidupan normal Anda akan terganggu dengan hal-hal yang kurang berguna, seperti kegiatan2 sosial tambahan.

Gunakan tahun ini sebagai waktu untuk belajar, atau mengembangkan keahlian skill yang baru, agar bisa menunjang pekerjaan Anda kelak. Ingat, orang2 profesional akan dihargai lebih (secara finansial) atas ketekunan dan keterampilan yang mereka miliki. Tahun ini, keluarga akan memainkan peran penting dalam hidup Anda!

Hati2 terhadap beberapa masalah kesehatan yang bisa datang mengganggu.

Tahun kelahiran shio Kerbau : kerbau api 1937, kerbau tanah 1949, kerbau logam 1961, kerbau air 1973, kerbau kayu 1985, kerbau api 1997, kerbau tanah 2009.

Baca juga : Ramalan Shio Kerbau 2021 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

3. Ramalan Shio Macan 2021

Mereka yang bershio Macan harus cukup berani untuk menghadapi salah satu tahun paling menantang dalam hidup mereka. Kegiatan usaha baru sebaiknya ditunda, karena tidak ada tempat untuk spekulasi. Beberapa rencana mereka yang bershio ini mungkin akan serba salah, karena ada “penghalang” dari orang lain yang lebih berkuasa.

Keras kepala yang Anda miliki akan menambah kebingungan yang tidak perlu! Hadapi situasi buruk ini dengan kesabaran dan ketenangan untuk meminimalkan kerusakan. Kalau tidak, masalah Anda akan berlipat ganda.

Meski begitu, pemilik shio macan diprediksi mampu mengontrol hubungan relationship dengan mitra kerja dan bisnis. Tetap bekerja keras tahun ini. Jalin pertemanan dengan orang2 yang menginspirasi. Sebaliknya, lepaskan mereka2 yang memiliki pengaruh negatif. Mareka diprediksi tidak akan mengalami gangguan kesehatan yang serius di tahun ini.

Tetaplah berpikir positif, dan maju terus dalam kehidupan, baik itu urusan pekerjaan maupun percintaan; karena kekecewaan adalah bagian yang tak terpisahkan dari kerikil-kerikil kehidupan. Disatu titik, semakin beranjak dewasa, Anda harus belajar untuk lebih mengiklaskan, daripada terus mencoba untuk bertahan …

Baca Juga :  Ramalan Shio Monyet 2021 : Jodoh, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

Tahun kelahiran shio Macan : macan tanah 1938, macan logam 1950, macan air 1962, macan kayu 1974, macan api 1986, macan tanah 1998, macan logam 2010.

Baca juga : Ramalan Shio Macan 2021 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

4. Ramalan Shio Kelinci 2021

Sama seperti macan, Kelinci juga diprediksi akan menghadapi beberapa penundaan dalam pelaksanaan proyek atau pekerjaan di tahun 2021. Jangan membuat perubahan radikal pada rencana Anda. Meski begitu, sepertinya itu akan terselesaikan menjelang akhir2 tahun.

Anda seharusnya tidak berharap terlalu banyak dari orang lain. Bersiaplah untuk menghadapi kekecewaan, terlepas dari usaha dan ketekunan yang selama ini dijalankan. Akan ada beberapa masalah kesehatan mental yang berhubungan karena situasi, seperti stress.

Tahun kelahiran shio Kelinci : kelinci tanah 1939, kelinci logam 1951, kelinci air 1963, kelinci kayu 1975, kelinci api 1987, kelinci tanah 1999, kelinci logam 2011.

Baca juga : Ramalan Shio Kelinci 2021 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

5. Ramalan Shio Naga 2021 (Ciong)

Shio Naga dipediksi akan menghadapi berbagai tantangan dan hambatan dalam perjalanannya di tahun 2021. Pastikan untuk tetap teliti dalam pekerjaan atau proyek yang sedang Anda lakukan, untuk memaksimalkan keuntungan tersebut.

Shio ini memiliki tingkat keberuntungan (luck) yang cukup tinggi laiknya shio kelinci, sehingga keuangan mereka diprediksi masih akan cukup stabil, meski mengalami Ciong di tahun ini.

Namun ingat, bahkan pemilik “shio terkuat” ini pun tidak bisa menghindari putaran roda nasib begitu saja, karena tahun ini ada “awan gelap” yang akan datang menghampiri bintang Anda.

Tahun kelahiran shio Naga : naga logam 1940, naga air 1952, naga kayu 1964, naga api 1976, naga tanah 1988, naga logam 2000, naga air 2012.

Baca juga : Ramalan Shio Naga 2021 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

6. Ramalan Shio Ular 2021

Shio Ular harus berpikir 2 kali sebelum merambah ke daerah-daerah baru (termasuk keluar dari zona nyaman) selama tahun ini. Karena sifat malas, mereka mungkin akan sulit untuk berhasil dalam beberapa proyek yang dilakukan. Shio Ular juga dikenal memiliki sifat keras kepala dan kurang rasional.

Baca Juga :  Ramalan Shio Macan 2021 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

Karena itu, nantinya akan ada pertentangan dengan cara eksekusi Anda. Untuk mencapai kesuksesan, setiap tindakan/upaya yang Anda lakukan harusnya masuk akal, dan carilah bantuan atau kerja sama dengan orang lain.

Selain itu, tidak akan ada banyak ruang gerak untuk menghasilkan kemajuan. Pastikan Anda tidur nyenyak, atau penyakit insomnia akan membuntuti. Kurangi tingkat stres dengan melakukan meditasi atau yoga.

Orang2 yang bershio ular harus lebih waspada dalam mengambil sikap, karena shio ini dipercaya bertindak lebih condong bersadarkan insting ketimbang berpikir!

Tahun kelahiran shio Ular : ular logam 1941, ular air 1953, ular kayu 1965, ular api 1977, ular tanah 1989, ular logam 2001, ular air 2013.

Baca juga : Ramalan Shio Ular 2021 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

“Kadang ada awan gelap yang datang menutupi, kadang juga cerah, sehingga bintang bisa bersinar terang.”

Baca Bagian 2 nya : Shio Kuda 2021, Shio Kambing 2021, Shio Monyet 2021, Shio Ayam 2021, Shio Anjing 2021, Shio Babi 2021


  •  
  • 105
  •  
  •  
  •  
  •  
    105
    Shares
6 thoughts on “Ramalan Peruntungan 12 Shio di Tahun Kerbau 2021”
  1. Kalau shio ular unsur api bagaimana ya di tahun shio kerbau logam 2021terutama di segala aspek

    1. Bagian 2 nya baru tayang per hari ini (5 Oktober). Jadi artikel diatas masih pakai link lama.
      Tapi sekarang sudah kita ganti linknya dengan yang baru.
      PS : Untuk detail setiap shio, nanti keluar satu per satu mulai awal November.

      Xie-xie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *