•  
  • 44
  •  
  •  
  •  
  •  
    44
    Shares

Last Updated on 3 December 2020 by Herman Tan

Di Tahun 2021, perayaan Imlek 2572 akan jatuh pada Jumat, 12 Februari 2021; yang ditandai dengan pergantian tahun Tikus Logam ke tahun Kerbau Logam atau Kerbau Emas (setiap 2 tahun unsurnya sama), yang bersifat Yin (negatifz. Ini juga merupakan tahun ke 6 media Tionghoa.INFO yang rutin menerbitkan artikel eksklusif mengenai Ramalan Peruntungan 12 Shio secara gratis.

Ini merupakan artikel lanjutan dari Ramalan Peruntungan 12 Shio di Tahun Kerbau 2021. Jika pembaca belum membaca bagian pertamanya, silahkan dibaca dulu biar runut ceritanya 😀

Disclaimer!

1. Merupakan artikel eksklusif 😡 Harap mencantumkan sumber rujukan Link Aktif ke situs Tionghoa.INFO! Dengan demikian, Anda sudah menghargai tim penulis. Bagi wartawan media online/cetak juga harap mencantumkan sumber rujukan di artikel terbitan nya masing2.

Bagi para Youtuber, juga jangan asal menjiplak hasil karya orang, tanpa menyebutkan atau mencantumkan sumber (credit)! Jangan salahkan kami jika iklan2 di konten anda di takedown Google.

2. Artikel bersifat ramalan-referensi. Beberapa kata/kalimat yang digunakan pada artikel2 dibawah merupakan tafsiran, yang kadang harus diartikan sendiri oleh pembaca, disesuaikan dengan kehidupan yang sedang dijalani.

3. Mohon bersabar, karena link2 yang berisi detail penjelasan setiap shio dibawah akan di update pada November 2020.

Diingatkan bagi pembaca yang lahir di bulan Januari atau Februari, mohon untuk memeriksa tabel daftar tahun shio, unsur shio, dan sifat berikut untuk memastikan shionya 💡

Baca juga : Daftar Tahun Shio, Unsur Shio dan Sifatnya

7. Ramalan Shio Kuda 2021

Ramalan shio Kuda 2021 memprediksi bahwa tahun ini para pebisnis akan memiliki tahun yang hebat, dan akan mencapai semua target mereka, asal bekerja dengan tekun. Dalam prosesnya, mereka akan mendapatkan Cuan yang besar. Tetap pertahankan hubungan yang baik dengan orang lain, untuk memperbesar peluang berhasil di tahun kerbau ini.

Tetapi sepertinya ini bukan tahun yang menggembirakan dalam hubungan rumah tangga. Anda mungkin akan terlibat konflik dengan karyawan, atau berkonflik di rumah dengan anak-anak. Meski begitu, secara keseluruhan situasi disepanjang tahun 2021 ini akan kurang menuntut, dan sepertinya akan lebih nyaman dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Baca Juga :  Ramalan Shio Ayam 2021 : Jodoh, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

Tahun kelahiran shio Kuda : kuda air 1942, kuda kayu 1954, kuda api 1966, kuda tanah 1978, kuda logam 1990, kuda air 2002, kuda kayu 2014.

Baca juga : Ramalan Shio Kuda 2021 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

8. Ramalan Shio Kambing 2021 (Ciong)

Shio Kambing akan mengalami ciong di tahun 2021. Itu berarti segala sesuatu akan berubah menjadi lebih rumit (kurang lancar) bagi mereka2 yang bershio ini. Mereka akan menghadapi masalah kebingungan, perkelahian, termasuk masalah keuangan.

Ini bukanlah tahun yang tepat untuk menjalankan prospek baru. Kehidupan yang berjalan akan cenderung membosankan, dan suasana di tempat kerja akan berubah menjadi tidak menyenangkan.

Hati2 dalam mengelola emosi Anda, jangan menumpahkan emosi dan stres kepada orang2 rumah; atau itu hanya akan memperburuk keadaan! Meski begitu, menjelang kuartal akhir 2021 akan membawa sedikit bantuan dalam kesulitan Anda.

Tahun kelahiran shio Kambing : kambing air 1943, kambing kayu 1955, kambing api 1967, kambing tanah 1979, kambing logam 1991, kambing air 2003, kambing kayu 2015.

Baca juga : Ramalan Shio Kambing 2021 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

9. Ramalan Shio Monyet 2021

Shio Monyet diprediksi dapat berlayar mengarungi tahun kerbau logam ini dengan lancar. Ini mungkin bukan tahun yang sangat menguntungkan secara finansial, namun keuangan mereka sepertinya akan cukup stabil. Jangan ragu untuk mengambil beberapa trip/perjalanan untuk memajukan karir profesional.

Hubungan dengan pasangan dan anggota keluarga akan menyenangkan. Meski begitu, Anda tampaknya harus menyederhanakan beberapa harapan di tahun ini. Hati2 akan ada beberapa masalah kesehatan yang bisa datang mengganggu.

Orang2 yang bershio monyet juga perlu berhati2 pada konflik dan adu argumen dalam hubungan (dengan pasangan maupun teman) agar tidak lepas kendali, karena orang2 yang bershio ini umumnya terkenal liar dan sukar dalam hal ini.

Tahun kelahiran shio Monyet : monyet kayu 1944, monyet api 1956, monyet tanah 1968, monyet logam 1980, monyet air 1992, monyet kayu 2004, monyet api 2016.

Baca Juga :  Ramalan Shio Anjing 2021 : Jodoh, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

Baca juga : Ramalan Shio Monyet 2021 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

10. Ramalan Shio Ayam 2021

Ramalan shio Ayam 2021 memprediksi bahwa ini akan menjadi tahun yang menjanjikan bagi mereka2 yang bershio ini. Mereka akan mencapai kesuksesan, dengan bantuan dari jaringan sosial yang selama ini telah dibangun. Ini terjadi karena orang2 yang bershio ayam umumnya mempunyai skill berkomunikasi (dalam pergaulan) yang sangat baik dibanding shio2 lainnya.

Apabila siap menghadapi tantangan di tahun ini, maka Anda akan keluar sebagai pemenang. Akan ada pengakuan dan penghargaan, yang akan membawa banyak kegembiraan dalam hidup Anda. Hidup akan terasa menyenangkan di rumah. Lakukan beberapa trip perjalanan yang menyenangkan bersama keluarga apabila memungkinkan.

Jaga suasana hati dan emosi, karena itu dapat mempengaruhi hubungan Anda dengan orang lain (terutama pasangan!).

Tahun kelahiran shio Ayam : ayam kayu 1945, ayam Api 1957, ayam tanah 1969, ayam logam 1981, ayam air 1993, ayam kayu 2005, ayam api 2017.

Baca juga : Ramalan Shio Ayam 2021 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

11. Ramalan Shio Anjing 2021 (Ciong)

Orang2 yang bershio Anjing harus realistis dan lebih toleran terhadap orang lain (yang mungkin kurang disukai) di tahun 2021. Mereka juga diprediksi akan menghadapi beberapa hambatan dan kegagalan, yang dapat menyebabkan kerugian finansial yang cukup besar tahun ini.

Berpikir sebelum mengambil keputusan, serta menjauhlah dari konflik! Ini bukan tahun yang kurang baik bagi shio kambing (Ciong). Segeralah berbenah, hentikan semua kebiasaan buruk serta kesenangan duniawi yang berlebihan.

Tahun kelahiran shio Anjing : anjing api 1946, anjing tanah 1958, anjing logam 1970, anjing air 1982, anjing kayu 1994, anjing api 2006, anjing tanah 2018.

Baca juga : Ramalan Shio Anjing 2021 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

12. Ramalan Shio Babi 2021

Tahun 2021 akan menjadi tahun yang menguntungkan bagi para pemilik shio Babi. Mereka memiliki banyak celah untuk meningkatkan profit, dan usaha yang bersifat “spekulatif” memiliki peluang yang tinggi untuk berhasil. Perbesar lingkaran sosial Anda, dengan menjalin berbagai kontak relasi baru yang dapat diandalkan kelak.

Baca Juga :  Ramalan Shio Kelinci 2021 : Jodoh, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

Shio babi juga disarankan untuk mengindari konflik terbuka dengan kolega mereka (seperti senior atau rekanan bisnis). Kendalikan kemarahan Anda jika ingin sukses. Hubungan asmara bersama pasangan juga sepertinya tidak akan berjalan mulus. Bagi mereka yang sudah berkeluarga, hati2 akan kehadiran orang ke-3!

Tahun kelahiran shio Babi : babi api 1947, babi tanah 1959, babi logam 1971, babi air 1983, babi kayu 1995, babi api 2007, babi tanah 2019.

Baca juga : Ramalan Shio Babi 2021 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

“Kadang ada awan gelap yang datang menutupi, kadang juga cerah, sehingga bintang bisa bersinar terang.”

Baca Bagian 1 nyashio Tikus 2021, shio Kerbau 2021, shio Macan 2021, shio Kelinci 2021, shio Naga 2021, shio Ular 2021

Kesimpulan :

Jika Anda menanyakan umur seseorang, tidak jarang mereka hanya akan memberitahu (tahun) shionya, daripada memberitahu usianya. Diyakini bahwa shio seseorang sangat mempengaruhi sifat bawaan dan masa depannya. Mungkin akan timbul pertanyaan, apakah itu berarti berjuta2 orang yang terlahir pada tahun yang sama, akan memiliki sifat2 yang sama pula?

Walaupun ini tampaknya hampir mustahil, tapi aku mengenali sifat2 dan karakter yang mirip pada rekan2ku yang memiliki shio yang sama.

Astrologi Tiongkok jauh lebih kompleks daripada sekedar 12 shio. Perhitungan Bazi ditetapkan tidak hanya berdasarkan tahun berapa Anda lahir, tapi juga bulan, tanggal, dan jam berapa Anda lahir, lalu dikombinasikan dengan unsur 5 elemen, serta sifat Yin atau Yang.

Akan lebih baik jika dikombinasikan dengan teknik meramal ala Tionghoa lainnya. Dengan demikian, hasil ramalan akan lebih spesifik dan akurat.

Hingga kini, masyarakat Tiongkok dan perantauannya di seluruh dunia masih mengandalkan astrologi Tiongkok sebagai panduan dalam mengambil keputusan2 yang penting dalam hidup, seperti jodoh perkawinan hingga karirnya.

Baca juga Kecocokan antar shio : Apakah dia cocok menjadi pasangan Anda?

D. Usaha2 Apa Yang Bagus dan Menjanjikan Untuk Dijalankan di Tahun 2021?

Secara umum, tahun 2021 ini merupakan “tahun transisi”; setelah disepanjang tahun 2020, yang oleh sebagian orang menganggapnya sebagai tahun mati (tahun kematian).

Baca Juga :  Ramalan Shio Naga 2021 : Jodoh, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

Karena selain mewabahnya Virus Corona (Covid-19) yang menjangkiti puluhan juta penduduk di dunia, sehingga menyebabkan jatuhnya jutaan korban jiwa, juga membuat perekonomian di berbagai Negara mengalami resesi.

Menurut para ahli kesehatan, vaksin dari virus ini dipastikan akan tersedia pada akhir tahun 2020. Namun vaksinnya sendiri perlu diperbanyak untuk dipasarkan ke berbagai Negara yang membutuhkan, termasuk Indonesia.

Jadi selama prosesnya itu, pandemi Covid -19 diprediksi masih akan berlangsung hingga 1-2 tahun sejak tanggal ditemukannya vaksin pertama (Sinovac, November 2020). Sebagai perbandingan, pada saat Depresi Besar yang terjadi pada Oktober 1929, dampak ekonominya bahkan terasa hingga 6 tahun setelahnya!

Jadi, selama itu pula, orang2 akan terus melakukan jaga jarak (social distancing). memakai masker, dan melakukan usaha2 untuk memproteksi kesehatan diri lainnya. Jadi jangan bayangkan setelah vaksin ditemukan, kehidupan langsung akan kembali normal seperti sebelumnya.

Pemerintah kita saja sudah menggalakkan new normal untuk menjalankan roda perekonomian dan aktivitas bermasyarakat.

Namun bagi pembaca yang bisnis/usahanya kurang bagus (terdampak), JIKA MEMUNGKINKAN untuk sementara bisa beralih ke model bisnis yang baru/usaha lain. Nyatanya, saat ini semakin banyak perusahaan yang mencari dan menjalani survival mode, setidaknya agar tetap mendapat cash flow di masa2 yang sulit ini.

Jika pembaca ingin mengetahui lebih detail, usaha2 apa saja yang diramalkan akan bagus dan menjanjikan untuk dijalankan di Tahun Kerbau 2021, bisa membaca artikel2 eksklusif berikut :

Baca juga : Usaha/Bisnis Apa Saja Yang Diramalkan Bagus dan Menjanjikan Untuk Dijalankan di Tahun 2021?
Baca juga : Usaha/Bisnis Apa Saja Yang Diramalkan Akan Terpuruk dan Bisa Bankrut di Tahun 2021?

Umat yang sama2 bersembahyang, tapi mengapa ada yang JAYA, ada yang TIDAK JAYA (menjadi sukses/kaya)?

Ini karena INTI TAKDIR mereka berbeda2. Ini sedikit banyak juga ada kaitannya dengan past life (masa lalu) seseorang. Misalnya si A takdirnya berpenghasilan tiap bulan 50 ribu. Ia bersembahyang, nasibnya berubah. Jika ditambah 1 kali lipat, maka tiap bulan menjadi 100 ribu.

Baca Juga :  Ramalan Shio Monyet 2021 : Jodoh, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

Sementara si B takdirnya berpenghasilan sebulan 5 ribu, Ia juga bersembahyang, berubah pula nasibnya, jika sekali lipat, juga hanya 10 ribu, 2 kali lipat pun masih hanya 15 ribu saja. Kelihatan jauh berbeda bukan?

Dari cerita diatas kita dapat berpikir, seandainya tidak bersembahyang, sudah tentu kesempatan untuk merubah pun tidak ada. Namun soal merubah nasib ini biasanya yang bersangkutan tidak mengetahuinya, maka seakan2 seperti tidak ada bantuan dari yang DIATAS.

Tapi sebenarnya jelaslah, bahwa nasib itu dapat diubah-Nya dalam keadaan yang tidak diketahui oleh ybs.

E. Shio Apa Saja yang ‘Ciong’ di Tahun 2021?

Saban tahun, selalu ada 4 shio yang Ciong (冲; Chong). Dikatakan shio ciong, artinya yang menurut perhitungan astrologi Tiongkok, peruntungannya kurang bagus di tahun yang akan berjalan. Apalagi shio Kerbau, yang tahun 2021 ini bisa dibilang merupakan “masa2 tergelap” bagi mereka.

Karena menurut perhitungan ramalan Tiongkok, tahun 2021 adalah tahun Kerbau, jadi mereka2 yang bershio ini akan berada di posisi waktu tahun (shio) lahir mereka (本命年; běn mìng nián); atau yang secara harafiah berarti “asal tahun kehidupan”. Hal ini dipercaya akan “menyinggung” Dewa Thay Sui (太岁).

Dari cerita2 legenda yang berkembang di masyarakat, Thay Sui adalah sekelompok Dewa yang berjumlah 60, yang menguasai peredaran waktu. Oleh sebab itu, Dewa Thai Sui sangat dihormati oleh masyarakat Tionghoa. Menurut catatan sejarah, pemujaan terhadap Thay Sui dimulai sejak masa Dinasti Yuan (1280-1368)

Baca juga : Sejarah Dewa Thay Sui

Sebagian orang yang mempercayai ini biasanya akan cenderung menyesuaikan arah tempat tidur, meja kerja, bahkan semua perabot dimana tempat mereka tinggal, sebisa mungkin diatur agar menjauh dari Tai Shui; yakni dengan “menempatkan Tai Sui di belakang mereka” (berlawanan arah) dalam upaya untuk menghasilkan keberuntungan.

Sebagai contoh, di tahun 2021 ini (tahun Kerbau), bintang Tai Sui akan berada di arah timur laut (30 °). Jadi tahun ini yang bershio Kerbau sebisa mungkin akan menyesuaikan semua perabotan ditempat tinggalnya (bahkan ditempat usahanya), agar menghadap ke arah barat daya (210 °) untuk “menarik keberuntungan”.

Baca Juga :  Ramalan Shio Kuda 2021 : Jodoh, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

Bahkan ketika melakukan sesuatu yang penting, misalnya seperti berbisnis, mereka akan cenderung menghindari arah timur laut. Jadi bagi mereka yang bershio ini sebisa mungkin akan menghadap ke arah barat daya, sehingga peluang untuk berhasil meningkat.

Baca selengkapnyaCara Menjauh Bintang Thay Sui (Tai Sui) : Menghadap Ke Arah Sebaliknya!

Jenderal Yang Xin (楊信). Dewa Thayshui tahun 2021.

“Shio Kerbau, Shio Naga, Shio Kambing dan Shio Anjing” (shio ciong 2021)

Baca juga4 Shio Ciong yang Nasibnya Diprediksi Kurang Baik di Tahun Kerbau 2021

Orang yang shionya ciong biasanya akan bersembahyang secara khusus kepada Dewa Thay Sui. Sembahyang khusus ini dinamakan sembahyang PO UN (匏安; Pao An). Masyarakat Tionghoa sendiri menyebutnya sebagai “sembahyang ciong” atau “ritual tolak bala”.

Untuk Dewa Thay Sui yang bertugas di tahun 2021, atau Imlek 2572 ini bernama Jenderal Yang Xin (楊信大將軍). Berikut riwayat singkat-Nya :

Yang Xin (楊信) hidup pada jaman Dinasti Han 漢 (206 SM-220 M), lahir di propinsi Shanxi. Pada periode Yuan Ding (116-111 SM), Yang Xin diutus oleh Raja Han Wu Di 汉武帝 pergi ke barat untuk menundukkan bangsa Xiong Nu 匈奴. Karena sifat Yang Xin yang keras, setia, jujur, dan tidak mau mengalah, sehingga dirasa Raja cocok untuk menjadi utusan ke barat.

Raja Xiong Nu melihat Yang Xin hanya seorang yang terpelajar (sarjana) saja, bukan seorang bangsawan, sehingga Yang Xin pun selalu dipersulit. Waktu itu Raja Xiong Nu meminta Yang Xin untuk menemuinya dalam kemah, tetapi Yang Xin tidak mau masuk, sehingga akhirnya Raja Xiong Nu pun yang keluar untuk menemui Beliau.

Waktu itu Raja Han Wu Di sudah menang di wilayah timur, dengan menaklukan wilayah Korea utara dan sekitarnya; dan mendirikan Kabupaten Jiuquan (sekarang wilayah Provinsi Gansu) di barat. Yang Xin pun berkata ke Raja Xiong Nu, “Kalau Raja Xiong Nu baik pada orang Han, maka putra mahkotamu akan dijadikan jaminan (sandera) pada Han”.

Dikarenakan Xiong Nu licik, Raja Xiong Nu pun menekan kembali kepandaian Yang Xin dan berkata, “Sebaiknya kamu orang Han kalau mau berdamai dengan kami, maka kalian harus memberi Saya banyak kain sutra dan makanan”. Alhasil perundingan tidak membuahkan hasil, maka mau tidak mau Raja Xiong Nu pun mengantar kembali Yang Xin ke Negaranya.

Upacara sembahyang ciong sendiri, selain bertujuan untuk memohon berkah dan nasib baik, juga memohon perlindungan serta keselamatan, agar sepanjang tahun yang akan berjalan mereka selalu dilindungi oleh Shen atau Dewa-Dewi.

Baca Juga :  Ramalan Shio Macan 2021 : Cinta, Usaha, Keuangan, Kesehatan dan Fengshui

Matahari dan Rembulan ada penuh ada sabitnya, nasib manusia ada pasang surut juga.
Meskipun ini adalah takdir, tetapi yang berbudi, yang baik hati, yang mengerti TAO,
Ketika nasib malang, sialnya dikurangi setengah.
Ketika nasib jaya, rezeki ditambah empat sampai lima bagian – 修道寶鑑

Baca Bagian 1 nya : Ramalan 12 Shio di Tahun kerbau 2021

Demikianlah sedikit gambaran mengenai ramalan peruntungan 12 shio di tahun Kerbau logam 2021 ini.
Semoga nasib baik menyertai pembaca sekalian!


  •  
  • 44
  •  
  •  
  •  
  •  
    44
    Shares
9 thoughts on “Ramalan Peruntungan 12 Shio di Tahun Kerbau 2021 (Bagian 2)”
  1. Maaf mau tanya ko,,,kalau shio kerbau air,ada rencana mau beli rumah di bulan november /desember 2020,bagus apa tidak trimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *