Tempat Bersejarah Chen Clan Academy 陳家祠

image010

Pintu masuk utama Chen Clan Academy

Chen Clan Academy juga dikenal sebagai Chen Lineage Hall atau Kuil Leluhur Keluarga (marga) Chen. Lokasinya terletak di Provinsi Guangdong, kota Guangzhou, RRC, yang saat ini juga berfungsi sebagai museum seni rakyat. Akademi ini berada di bawah perlindungan oleh Pemerintah Republik Rakyat China 中花人民共和国.

image004

Papan nama di pintu masuk utama

A. Sejarah

Tempat ini dibangun pada akhir abad 19 pada periode Dinasti Qing 大清朝代 oleh dua orang yang bernama Chen Rui Nan dan Zhao Chen Nan. Mereka mengusulkan sebuah ide untuk mengumpulkan uang dari semua keluarga Chen untuk membangun kuil agar mereka dapat menyembah nenek moyangnya dan tempat untuk belajar sesama anggota keluarga Chen.

Loading...

Chen Clan Academy selesai pada tahun 1894 dengan uang yang disumbangkan oleh keluarga Chen dari 72 kabupaten di Provinsi Guangdong. Tidak hanya anggota keluarga Chen yang dari China daratan saja yang menyumbang, tetapi juga beberapa anggota keluarga Chen yang berasal dari luar negeri.

Akademi ini juga digunakan sebagai rumah/tempat mempersiapkan diri bagi anggota keluarga Chen yang datang dari seluruh provinsi untuk ujian kekaisaran. Pada tahun 1905, sistem ujian kekaisaran telah dieliminasi; lalu setelah itu Chen Clan Academy diubah menjadi sekolah praktis untuk anggota keluarga Chen.

B. Struktur Lokasi

image015

Tampak taman belakang 后花园

image014

Tampak taman belakang 后花园

Di lokasi, tampak Chen Clan Academy menghadap ke selatan dan menempati area seluas 13.200 meter persegi. Ini termasuk struktur utama, Halaman Timur 东庭院, Halaman Barat 西庭院 dan Taman Belakang 后花园. Balai Juxian 聚賢堂 adalah bangunan sentral dalam akademi.

Bagian dalam dan luar aula dihiasi dengan batu, bata, kayu, patung keramik dan tanah liat. Pada pintu utama dilukiskan seolah-olah menyerupai Pintu dewa 門神. Selain dari gaya arsitektur, Akademi ini penuh segala macam bentuk kerajinan lokal, mulai dari gading, patung, patung kelapa, patung batu giok dan sebagainya. Karena setiap item dalam koleksi sangat berharga, Akademi ini biasa disebut dengan rumah harta kerajinan.

Di Aula Belakang 后堂, sebuah altar peringatan leluhur ditempatkan pada tingkatan ke 21 rak kayu. Disitu sebelumnya pernah digunakan sebagai tempat menyembah nenek moyang. Gedung dipisahkan dengan sebuah gang yang disebut Qingyun Arena 青云巷 dan terhubung dengan koridor.

image012

Qingyun Arena 青云巷

C. Mengapa aku memilih tempat ini?

Ketika aku sedang berada di kampung halaman, aku pergi ke sebuah Kuil Tao yang bernama Wan Xing Gong 万興宮. Kuil ini adalah kuil Tao tertua yang berada di China bagian Timur. Karena kuil ditempatku adalah salah satu tempat bersejarah yang sangat terkenal di kota, turis biasanya datang untuk bertamasya.

Suatu hari, aku bertemu dengan turis asal Malaysia yang bermarga keluarga Chen. Aku menjadi penerjemah mereka selama di kuil tersebut. Ketika kami berbicara, ia mengatakan sesuatu tentang Chen Clan Academy (kuil leluhur keluarga Chen) di Guangzhou.

Dia mengatakan bahwa sebelumnya salah satu dari leluhurnya juga pernah mengunjungi tempat tersebut 4 tahun silam. Nah kebetulan aku juga memiliki tugas dari tempat studiku untuk membuat sebuah laporan tempat bersejarah; Jadi kuputuskan untuk memilih tempat Chen Clan Academy sebagai objek penelitianku.

image002

Chen Clan Academy

D. Bagaimana caranya untuk bisa pergi kesana?

Menggunakan metro station 地鐵 : Dari gerbang barat, berjalan ke stasiun Gangding 岗顶站 dan naik kereta ke TiyuXilu 体育西路. Setelah tiba di Stasiun TiyuXilu, mengubah kereta ke jalur 1. Berhenti di Chen Clan Academy Station, keluar dari pintu gerbang D, berbelok ke kiri dan itu adalah gerbang utama 正門.

Loading...


Lihat Peta Lebih Besar

Menggunakan bus publik 公交車 : Dari Jinan Universitas South Gate 暨大南门, berjalan menuju Rumah Sakit Huaqiao dekat Tan Cun Zhan 谭村站. Mengambil bus nomor 517 dan turun di Jin Cheng Garden Station 锦城花园站. Dari Jin Cheng Stasiun Taman, mengambil nomor 204. Turun di Chen Jia Ci Station 陈家祠站.

Untuk biaya pendaftaran, turis normal dikenakan biaya 10 RMB per entri. Jika Anda memiliki Kartu Mahasiswa, biayanya 5 RMB saja.

Penulis : Kisko Poluan
(Mahasiswa Jinan University)

Loading...

2 Responses to Tempat Bersejarah Chen Clan Academy 陳家祠

  1. Josep says:

    Sekilas info… Kalo marga chen bisa gratis masuk, asal turis tunjukkan pasport. Sebab kami dulu gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *