Heng Mountain

rsz_heng_mountain

Masih di kota Datong Propinsi Shanxi China, terdapat satu tempat yang layak dikunjungi yaitu Hengshan ( Heng Mountain ) yang terletak sekitar 60 kilometer dari pusat kota. Gunung ini termasuk salah satu dari lima gunung suci di China. Karena letaknya di sebelah utara, tempat ini sering juga disebut Northern Hengshan, karena rupanya ada juga yang namanya mirip tapi letaknya di selatan. Untuk menuju ke Hengshan ini kita bisa menyewa taksi dengan tarif RMB 260 ( sekitar Rp.450.000 ). Hmmm, terlihat mahal bukan? Tapi sesuailah dengan jarak yang harus ditempuh.

Sepanjang perjalanan menuju Hengshan ini, mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan pepohonan dan bukit-bukit hijau dimana-mana, benar-benar membuat hati terasa tenang dan damai. Nah seperti inilah pemandangan yang akan kita temui di sepanjang jalan menuju Hengshan :

Loading...

Di area parkiran terdapat patung seorang kakek tua yang sedang menaiki seekor keledai. Inilah yang disebut sebagai Zhuangguan Monument.

heng-mountain-zhuangguan

Area kompleks Hengshan Mountain termasuk luas. Tarif masuk seharga RMB 30 ( sekitar Rp.50.000 ) per orang.

map of mountain heng

Bila kita tidak ingin berjalan kaki mendaki ke atas gunung, kita bisa menaiki cable car dengan membayar sebesar RMB 45 ( sekitar Rp. 75.000 ) per orang. Memang cable carnya agak sedikit menakutkan karena curam sekali. Dan kita bisa membeli tiket cable car yang dilengkapi dengan asuransi.

heng mountain 2

Dari dalam cable car kita akan menemukan pemandangan yang sangat indah ke arah pegunungan dan danau yang tadi kita lewati dalam perjalanan kesini.

heng mountain 3

Untuk yang berjalan kaki, pemandangannya pun tidak kalah indahnya. Ditengah-tengah jalan akan kita temukan pohon pine yang sangat unik.

heng mountain 4

Sebenarnya diatas gunung ini terdapat kuil-kuil yang bentuknya unik-unik.

heng mountain 5

Contohnya kuil yang menempel di tebing ini yang terkenal dengan nama Sister in Law Cliff.

Loading...

heng mountain 6

Dan ada satu kuil yang terdapat dipuncak gunung yang bernama Chao Hall dimana kita harus menaiki tangga yang hampir tegak lurus bentuknya sehingga agak melelahkan juga untuk dinaiki.

heng mountain 7

Dan ada juga kuil yang disebut Living Palace yang terlihat menyempil disalah satu bukit pegunungan Hengshan ini, dimana ini adalah kuil aliran agama Tao karena kita akan menemukan orang-orang yang berpakaian seperti pendeta Tao dengan topinya yang khas.

heng mountain 8

Apabila kita turun dari gunung lalu berasa lapar, jangan khawatir. Di sekitar tempat parkir banyak orang membuka kedai berjualan makanan. Semoga informasi ini berguna dalam perencanaan wisata anda. Selamat berwisata.

Sumber lengkapnya bisa klik disini.

Loading...

The following two tabs change content below.
Mommy 2 anak yang tidak mau menjadi emak-emak biasa

Latest posts by Yance Chendana (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...