Jembatan Kaca Zhangjiajie

Jembatan Kaca Zhangjiajie (Zhangjiajie Glass Bridge) atau Yuntian du 云天渡 adalah jembatan tertinggi dan terpanjang di dunia, dengan bagian bawahnya yang terbuat dari kaca tebal transparan. Jembatan ini terbentang diantara 2 gunung di kompleks Taman Hutan Nasional Ngarai Besar Zhangjiajie (Zhangjiajie Grand Canyon).

Jembatan suspensi baja yang berlokasi di Zhangjiajie, Hunan, ini dibuka pada 20 Agustus 2016, yang menampung lebih dari 8000 turis harian. Ini adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi, jika Anda ingin mendapatkan pengalaman menarik saat berwisata di Tiongkok.

Untuk membangun jembatan, para insinyur mendirikan 4 pilar penyangga, masing2 2 di tepi dinding ngarai. Jembatannya sendiri terbuat dari bingkai logam, dengan lebih dari 120 panel kaca. Masing2 lempeng kaca ini memiliki 3 lapis, dan anti retak tempered glass setebal 2 inci (5 cm).

1. Fakta Tentang Jembatan Kaca Zhangjiajie

Jembatan Kaca Zhangjiajie
Jembatan Kaca Zhangjiajie

• Panjang : 430 meter (1.410 kaki)
• Lebar : 6 meter (20 kaki)
• Tinggi : 300 meter (984 kaki)

• Ringkasan : Berjalan diatas jembatan kaca transparan, dan menikmati pemandangan indah Ngarai Besar (Zhangjiajie Grand Canyon). Bagi yang punya nyali lebih, terdapat wahana untuk bungee jumping (terjun/lompat bebas, tersedia 3 titik) setinggi ±285 meter, juga merupakan yang tertinggi di dunia!

• Jam Buka : Bulan April s/d November jam  7:30 – 17:30, bulan Desember s/d Maret jam 8:00 – 16:00 (waktu setempat).

B. Tiket Jembatan Kaca Zhangjiajie Dan Cara Membelinya

Ada tiga jenis tiket jembatan kaca Zhangjiajie :

Tiket A hanya untuk Ngarai besar : Harga 118 yuan (sekitar 236 ribu). Untuk muter2 di dalam idealnya ±3 jam.
Tiket B untuk Ngarai besar dan Jembatan kaca : Harga 219 yuan (sekitar 438 ribu). Untuk muter2 di dalam & naik jembatan kaca idealnya ±4 jam).
Tiket C hanya untuk Jembatan kaca saja : Harga 138 yuan (sekitar 276 ribu). Kalau hanya untuk ke jembatan saja ±45 menit).

Karena maksimal hanya 600 orang yang boleh melintasi jembatan kaca pada saat bersamaan, pengunjung harus dibagi per kloter. Jam masuk akan ditentukan saat pemesanan tiket.

Jembatan Kaca Zhangjiajie
Jembatan Kaca Zhangjiajie

Sebagai catatan, tiket C hanya dipakai (tersedia) untuk siang hari. Jika Anda ingin mengunjungi jembatan pada pagi hari, Anda harus membeli tiket B, meskipun Anda tidak ingin melihat ngarainya.

Anda harus memesan tiket sebelumnya dari website resmi atau melalui agen perjalanan, karena tidak ada tiket yang dijual di lokasi, kecuali tiket diskon untuk anak-anak, pelajar, dan lansia.

Baca Juga :  6 Lokasi Wisata di Zhangjiajie; Avatarnya Negeri Tirai Bambu!

Website resmi hanya menerima pemesanan yang dibuat menggunakan nomor kartu identitas warga negara Tiongkok. Sebagai warga negara asing, lebih baik memesan lewat agen perjalanan.

C. Bagaimana Cara Memasuki Jembatan Kaca Zhangjiajie?

Pengunjung Jembatan Kaca Zhangjiajie
Tampak seorang pengunjung yang sedang pamer skill saat diatas jembatan kaca Zhangjiajie

1. Pengunjung hanya boleh membawa ponsel dan tas kecil selama menaiki jembatan. Ada area penitipan barang di pintu masuk, dimana Anda dapat menitipkan barang bawaan Anda dengan membayar biaya titipan (tidak mahal kok).

2. Jika Anda ingin mengunjungi jembatan kaca dan ngarai, kami merekomendasikan Anda untuk mengunjungi jembatan kaca terlebih dulu, untuk menghindari jalan memutar.

3. Jalur tur ini searah. Pintu masuk ada di gunung dan pintu keluar ada di bawah. Untuk mengambil kembali barang bawaan Anda, Anda harus kembali ke pintu masuk setelah tur selesai. So, jangan bawa barang yg tidak penting kesini, terutama wanita 🙂 lebih baik ditaruh di hotel/penginapan.

Untuk menghemat tenaga dan energi, Anda disarankan untuk hanya membawa dompet, paspor, smartphone (atau kamera), dan sebuah tas kecil saja.

4. Jembatan kaca terkenal di kalangan turis asing dan domestik. Lokasi ini selalu padat hampir setiap hari, terutama saat hari libur nasional, atau akhir pekan. Kami menyarankan agar datang lebih awal sebelum bus2 dari grup tur besar datang.

5. Periksa kondisi cuaca sebelumnya, karena jembatan kaca mungkin tutup saat cuaca buruk (terutama karena angin, karena ini jembatan suspensi/berayun).

6. Jangan mencoba melewati jembatan ini jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung, tekanan darah tinggi, atau pobia takut pada ketinggian. Jika nekat, Anda akan malu sendiri ditertawakan pengunjung lain, bahkan ditekam dan disebar luaskan 🙂

D. Bagaimana Rute Menuju Jembatan Kaca Zhangjiajie?

Ngarai Besar Zhangjiajie berada di 60km dari pusat kota Zhangjiajie.

Zhangjiajie mudah diakses dengan pesawat, atau kereta dari kota-kota utama Tiongkok, seperti Beijing, Shanghai, Guangzhou, Xi’an, Changsha, Shenzhen.

Diatas jembatan suspensi kaca ini, Anda juga dapat melihat pemandangan alam sekitar yang sangat menakjubkan.

Dari Pusat Kota Zhangjiajie

Naik bus dari terminal bus kota Zhangjiajie (张家界市中心汽车站) ke terminal Wulingyuan (武陵源). Waktu tempuhnya sekitar 1 jam. Lalu naik bus langsung ke arah ngarai.

Dari Area Wisata Wulingyuan

Ambil jalur “Wulingyuan – Ngarai” (武陵源–大峡谷) di terminal bus Wulingyuan. Lama perjalanan sekitar 40 menit. Setelah sampai di Ngarai Besar, ikuti tanda rambu dan rombongan orang untuk mencapai jembatan kaca.

Rute Ke Jembatan Kaca
Estimasi waktu dan rute menuju Jembatan Kaca Zhang Jiajie

E. Jembatan Kaca Zhangjiajie vs Jalur Kaca Skywalk Gunung Tianmen

Skywalk Kaca Gunung Tianmen
Skywalk Kaca Gunung Tianmen

Ada tiga skywalk kaca di Area Wisata Gunung Tianmen, berjarak ±85 kilometer dari Jembatan Kaca Ngarai Besar Zhangjiajie.

Baca Juga :  7 Hal Seputar Zhangjiajie : Harga Tiket Masuk, Penginapan, Waktu Terbaik, dan Private Tour

Berbeda dari Jembatan Kaca Ngarai Besar Zhangjiajie yang melayang di udara, Skywalk Kaca Gunung Tianmen dibangun disepanjang pinggiran puncak gunung, bergantung/menempel pada tebing vertikal di ketinggian lebih dari 1.400 meter dari permukaan tanah.

Seperti jembatan kaca, skywalk kaca ini juga memberikan sensasi menegangkan, laiknya Anda berjalan diatas langit. Jika Anda tak mendapatkan tiket untuk masuk ke jembatan kaca, Anda bisa mencoba alternatif ke skywalk ini.

Tempat Wisata Sekitarnya

1. Taman Hutan Nasional Zhangjiajie adalah taman hutan nasional Tiongkok pertama, yang memiliki pemandangan klasik berbentuk Menara batu Zhangjiajie.

2. Lift Bailong Zhangjiajie, Anda Berani Menaikinya? Ini adalah lift luar ruangan tertinggi dan tercepat di dunia!  Lift ini akan naik setinggi 326 meter dalam waktu kurang dari 2 menit.

3. Gunung Tianmen adalah puncak tertinggi di kawasan Zhangjiajie, dan dianggap sebagai jiwa Zhangjiajie. Tempat ini disebut sebagai “salah satu gunung terindah di dunia” oleh banyak wisatawan.

4. Danau Baofeng adalah danau air tawar di Area Wisata Wulingyuan. Akan sangat menyenangkan menaiki kapal untuk relaksasi di atas danau yang bening dan tenang.

By Nabilla Khudori

Saya seorang Head of Business Development di sebuah startup. Dengan menulis, saya dapat belajar dan berbagi pengalaman dengan khalayak. Memahami budaya Tionghoa menarik bagi saya yang lahir dan besar di lingkungan yang plural. Hal ini juga menjadikan saya memiliki banyak referensi mengenai budaya dan adat Tionghoa. Meskipun begitu, saya merasa masih harus belajar lebih untuk memahami budaya Tionghoa itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Jangan jadi penulis dengkulan, yg bermodal Copas artikel Tionghoa.INFO!