Taman Hutan Nasional Zhangjiajie, atau Zhangjiajie National Forest Park, adalah sebuah kota setingkat prefektur di bagian barat laut propinsi Hunan, Tiongkok. Kota tersebut terdiri dari distrik Yongding ((永定区), Wulingyuan (武陵源区), kabupaten Cili (慈利县) dan Sangzhi (桑植县).

Awalnya, kota itu sendiri sebelumnya bernama Dayong 大庸 dan memiliki sejarah yang tercatat sejak tahun 221 SM.

Nama Zhangjiajie 张家界 sendiri diadopsi pada tahun 1994, setelah Taman Hutan Nasional di seluas 48,1 km² ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1992. Zhangjiajie juga ditetapkan sebagai kawasan pemandangan kelas AAAAA (5A) oleh Dinas Pariwisata Nasional Tiongkok.

Zhangjiajie sendiri terinspirasi dari Avatar, adalah tempat yang harus Anda lihat apabila berkunjung ke Tiongkok, karena pemandangannya yang luar biasa. Tetapi pengalaman berwisata Anda mungkin bisa hancur oleh kerumunan orang dan cuaca buruk, jika Anda tidak merencanakannya dengan baik.

A. Apa Saja yang Seru Untuk Dilihat di Area Taman Hutan Nasional Zhangjiajie?

Seluruh area Taman Hutan Nasional Zhangjiajie sangat besar, dengan banyak area pemandangan yang berbeda. Jika ingin mengeksplorasi semuanya, rencanakan perjalanan dari jauh2 hari, untuk memaksimalkan waktu Anda di lokasi ini.

Namun secara umum, area pemandangan terbaik terdapat di Yuanjiajie, Gunung Tianzi, dan Gold Whip Stream. Ke-3 daerah ini dapat dikunjungi oleh wisatawan dari segala usia.

Bagi yang lansia tidak perlu kuatir, karena di tempat2 wisata utama diatas terdapat fasilitas kereta gantung, lift, trem, dan bus antar-jemput untuk memudahkan perjalanan wisata Anda. Selain itu, jalan dan tangga2 beton juga telah dibangun.

Selain itu terdapat juga area yang indah lainnya, namun terletak di luar jalur utama. Lokasi wisata ini jauh lebih tenang karena sedikit pengunjung, tetapi membutuhkan lebih usaha pendakian, yakni di Yangjiajie, Yellow Stone Village, dan Old House Area.

Peta lokasi wisata Zhangjiajie.

• Yuanjiajie (Wilayah Keluarga Yuan) : Wilayah yang paling populer dan paling ramai dikunjungi wisatawan.
• Gunung Tianzi (Gunung Anak Surga) : Wilayah ini terkenal karena awan dan kabutnya.
• Yangjiajie (Wilayah Keluarga Yang) : Wilayah yang baru ditemukan, dimana disini terdapat bagian2 tebing yang curam.

• Gold Whip Stream  (Jinbian Xi) : Lokasi yang paling tepat untuk memudahkan perjalanan, disini Anda bisa berjalan2 dengan lebih santai, melewati aliran sungai kecil di kaki pegunungan.
• Desa Batu Kuning (Huangshi Zhai) : Mirip dengan Yuanjiajie, tetapi pemandangannya kurang spektakuler.
• Old House Area (Laowuchang) : Lokasi yang belum dieksplorasi dan dikembangkan sepenuhnya, area yang tenang dan alami, suatu keharusan bagi para fotografer alam.

1. Area Pemandangan Yuanjiajie (Yuanjiajie Scenic Area)

Waktu berkunjung ideal : ±2½ jam
Level kebugaran yang dibutuhkan : sedang

Area Pemandangan Yuanjiajie (Yuanjiajie Scenic Area).

Yuanjiajie (袁家界) atau “Wilayah Keluarga Yuan” merupakan lokasi yang digunakan dalam film Avatar (2009) besutan sutradara terkenal James Cameron. Ini adalah lokasi pemandangan pegunungan yang paling populer di Zhangjiajie!

Yuanjiajie  dikelilingi oleh puncak2 bersisi curam yang tinggi, pilar2 batu yang aneh, serta area lembah yang dalam. Adapun spot2 yang paling menarik wisatawan dari Yuanjiajie ini, adalah First Bridge under Heaven, Avatar Hallelujah Mountain, dan ‘Lost Souls Platform’.

Tips selama berada dalam lokasi : Cara termudah untuk mencapai Yuanjiajie adalah dengan menaiki Elevator Hundred Dragon (Lift Bailong) yang terkenal.

Tetapi kami tidak merekomendasikannya, kecuali jika Anda tiba setelah jam 7 pagi, atau turun setelah jam 4 sore, karena Anda akan melewatkan pengalaman perjalanan wisata ±1,5 jam yang menarik, yang terpaksa Anda “potong” dengan menggunakan lift untuk perjalanan selama ±2 menit.

Ketenaran Gunung Hallelujah dan pemandangannya berarti selalu ada orang banyak di daerah ini, terutama selama puncak musim liburan. Anda mungkin akan kesulitan untuk menemukan tempat yang bebas dari kerumuman orang untuk berfoto.

2. Gunung Tianzi (Tianzi Montain)

Waktu yang dibutuhkan :  ±2 jam
Level lebugaran yang dibutuhkan : sedang

Gunung Tianzi (Tianzi Montain).

Gunung Tianzi (Heaven Son Mountain, Emperor Mountain) atau Tianzishan (天子山) menawarkan peluang terbaik untuk memotret awan, terutama selama musim semi atau awal musim gugur.

Jangan lewatkan kereta gantung untuk ke area ini. Sensasi perjalanan ±30 menit dalam cable car, akan membawa Anda melewati formasi pilar2 batu yang menjulang tinggi, serta memberi Anda kesempatan untuk mengambil foto fly-by yang bagus.

Jika waktu Anda masih memungkinkan, Anda dapat mengunjungi Galeri Ten-Mile dimana Anda dapat naik kereta monorel. Setelah menaiki kereta, Anda bisa mendaki ke Gunung Tianzi.

3. Aliran Cambuk Emas (Gold Whip Stream)

Waktu berkunjung :  ±2 jam
Level kebugaran yang dibutuhkan : rendah hingga sedang (berjalan santai dan mudah)

Aliran Cambuk Emas (Gold Whip Stream).

Gold Whip Stream atau Jinbian Xi (金鞭溪) adalah aliran sungai kecil di kaki pegunungan yang menjulang tinggi. Panjangnya sekitar 7,5 km, atau sekitar 2 jam jika ditempuh dengan berjalan kaki. Dilokasi ini juga terdapat halte bus antar-jemput, jika ditengah jalan Anda memutuskan untuk berubah pikiran.

Ini adalah perjalanan yang mudah dan santai di sepanjang aliran sungai. Tebing2 yang menjulang setinggi ±400 meter di wilayah Gold Whip Stream sayang untuk dilewatkan, terutama saat menjelang matahari terbenam. Satu hal yang harus diperhatikan adalah adanya komunitas monyet liar di sepanjang sungai.

4. Desa Batu Kuning (Yellow Stone Village)

Waktu berkunjung : ±2 jam
Level kebugaran yang dibutuhkan : sedang

Desa Batu Kuning (Yellow Stone Village).

Yellow Stone Village atau Huangshi Zhai (黄石寨) berjarak sekitar 2 km di utara Gold Whip Stream. Desa pegunungan besar ini adalah pemandangan wisata menarik lainnya di Zhangjiajie. Atraksi utama di desa ini adalah Trail in Fir Woods, Imperial Edict and the Precious Box, Needle Peak, Southern Gate to Heaven, dan Five-Finger Peak.

5. Area Pemandangan Yangjiajie (Yangjiajie Scenic Area)

Waktu yang dibutuhkan : ±3 jam
Level kebugaran yang dibutuhkan : Anda harus bisa mendaki bukit (serius!)

Area Pemandangan Yangjiajie (Yangjiajie Scenic Area).

Yangjiajie (杨家界) atau “Wilayah Keluarga Yang” adalah area taman wisata yang baru2 ini dikembangkan. Ini adalah daerah yang paling ramai di Zhangjiajie, dengan pemandangan spektakuler dan jalur hiking yang menantang . Ini cocok untuk anak2 muda, dengan fisiknya yang masih prima, akan memudahkan perjalanan mereka dilokasi ini.

Area Pemandangan Yangjiajie melibatkan banyak jalur pendakian yang keras dan curam. Dibutukan waktu sekitar 2 jam untuk menuntaskan rute ini. Jalan2 terjal yang terdiri dari susunan anak tangga batu yang licin, serta memiliki area2 dengan tingkat kemiringan hingga 70 derajat, sehingga hanya memungkinkan orang untuk lewat samping.

Puncak dari daerah ini adalah Natural Great Wall, yakni dinding2 batu ular yang menjulang tinggi menembus bentang alam, laiknya seperti di Tembok Besar China; dimana coraknya sangat berbeda dengan pilar-pilar di seluruh taman nasional Zhangjiajie yang lain.

6. Area Rumah Tua (Old House Area)

Waktu yang dibutuhkan : ±1½ jam
Level kebugaran yang dibutuhkan : rendah hingga sedang, selama 30 menit berjalan di jalan tanah

Area Rumah Tua (Old House Area).

Kawasan Rumah Tua (Old House Area) atau Laowu Chang (老屋 场) adalah bagian yang belum dikembangkan dari Taman Hutan Nasional Zhangjiajie. Karena lokasi ini terletak jauh dari rute perjalanan biasa, sebagian besar hanya dikunjungi oleh kelompok pribadi, dengan mobil2 pribadi yang diatur oleh agen perjalanan.

Pemandangan di daerah itu sangat indah dan luar biasa. Sunrise dianggap oleh fotografer sebagai adegan yang harus “ditembak” selama di Zhangjiajie.

Puncak dari area ini adalah ‘Sky Field Garden‘ atau ‘Paddies in the Sky‘ (Kongzhong Tianyuan; 空中田园), yang merupakan area persawahan kecil yang ditanami oleh orang2 etnis setempat. Spot ini tampaknya tergantung di singkapan, yang dikelilingi oleh puncak2 khas Zhangjiajie.

By Herman Tan

One Smile Return to the East. Follow @tionghoainfo untuk info2 terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: eitss, mau apa nih?