An Gong Niu Huang Wan (安宫牛黄丸), Obat Cina Legendaris Tionghoa

An Gong Niuhuang Wan ( 安宫牛黄丸), atau An Kung Niuhuang Wan, merupakan salah satu obat stroke legendaris dan manjur bagi masyarakat etnis Tionghoa. Obat cina ini telah dipercaya selama ratusan tahun, dan telah banyak dikenal orang karena khasiatnya yang ampuh.

Obat Angong Niuhuang Wan ini memiliki khasiat utama untuk memperlancar penyumbatan pembuluh darah dalam otak saat terbentur. The Golden Time, atau periode waktu emas dalam menolong pasien stroke adalah 1 hingga 3 jam pertama. Obat ini dapat digunakan sebagai pertolongan pertama untuk mencegah stroke, setelah itu segera dibawa ke rumah sakit, setidaknya akan menyelamatkan lebih dini kerusakan bagian otak agar tidak meluas.

Obat China An Gong Niu Huang Wan yang beredar (keduanya original) ada 2 macam. Keduanya memiliki kandungan yang sama persis. Namun, komposisi resep obat Ang Kung buatan (bergambar) Li Shih Chen, herbalist legendaris era Dinasti Ming dipercaya yang terbaik.

Obat ini pertama kali diracik pada tahun 1798 oleh Wu Ju Tong, dengan menggunakan racikan resep tradisional dari buku yang dibuat oleh Li Shizhen (李时珍), seorang apoteker dimasa pemerintahan Dinasti Qing.

Tabib Wu Ju Tong

Orang yang pertama kali meracik obat ini adalah tabib Wu Ju Tong (1758-1836), yang juga merupakan penulis buku klasik terkenal pengobatan tradisional Tionghoa, berjudul Wen Bing Tiao Bian (Analysis on Epidemic Febrile Disease); dan pada saat itu hanya orang-orang besar dari keluarga kerajaan atau pejabat-pejabat Negara sajalah yang bisa mendapatkan akses untuk mendapatkan obat ini.

An Gong Niu Huang Wan sendiri merupakan obat yang hingga kini masih diproduksi secara masal oleh Henan Shizen Medicine. Perusahaan ini memiliki prinsip tersendiri dalam memproduksi obat tersebut, yakni bahan-bahan yang digunakan untuk meraciknya haruslah menggunakan bahan terbaik, yang walaupun sangat mahal, tidak akan ada pengurangan komposisi di dalamnya.

Loading...

Dalam proses pembuatan obat ini, An Kung Niu Huang Wan masih diproduksi dengan menggunakan sistem tradisional demi menjaga keasliannya secara turun temurun. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, obat ini juga semakin disempurnakan melalui berbagai macam uji klinis.

Dilihat secara fisik, obat ini berbentuk satu kotak heksagonal berwarna merah berisikan satu buah pil seberat 3 gram. Secara umum, An Kung Niu Huang Wan sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan otak, termasuk serebrovaskular, demam tinggi yang tak kunjung turun, serta stroke.

Baca juga7 Macam Obat Cina Legendaris dan Khasiatnya Yang Masih Banyak Dipakai (PART 1)

Angong Niu Huang Wan, obat cina spesialis penyakit stroke

A. Khasiat An Gong Niu Huang Wan

1. Dapat membantu penyembuhan penyakit serebrovaskular (pembuluh darah otak) akut secara efektif, dengan kelebihan obat An Gong Niu Huang Wan ini tidak memiliki efek samping bagi tubuh.
2. Dapat memulihkan kesadaran diri akibat dari koma, demam yang tinggi, atau stroke.
3. Membantu pencegahan dan menghilangkan kejang akibat demam tinggi, stroke, atau radang selaput otak.

4. Memiliki kandungan sebagai penawar racun yang dapat menurunkan demam dan memulihkan kesadaran.
5. Membantu memperlancar peredaran darah, dengan mencairkan darah beku atau darah menggumpal.
6. Menurunkan dahak dan riak pada tenggorokan yang kemudian dapat mencegah sesak nafas.

7. Memperbaiki fungsi sel-sel paru-paru.
8. Menurunkan risiko edema (terdapatnya cairan) pada otak.

B. Dosis dan Cara Pemakaian/Cara Minum An Gong Niu Huang Wan

Untuk dewasa : Obat diminum dengan dosis 2x sehari, dengan 1 buah pil untuk sekali minum.
Untuk anak-anak s/d 12 tahun : cukup ½ dari dosis orang dewasa.
Untuk balita < 3 tahun : 1 x 1/4 dosis orang dewasa.

♦ An Gong Niu Huang Wan merupakan obat yang dikemas dengan kemasan heksagonal berwarna merah. Di dalamnya, terdapat perlindungan ekstra untuk obat yang dikemas berbentuk bola lilin untuk menjaga agar obat tetap steril selama dalam tahap distribusi.
♦ Setelah membuka plastik, belahlah bola lilin yang ada, kemudian akan ditemukan obat berbentuk bulat yang memiliki warna cokelat dalam bungkusan plastik.

♦ Obat kemudian dapat langsung diminum dengan cara sesuai keinginan, dapat ditelan bersama dengan kertas emasnya langsung bagaikan menelan obat pil, atau bisa juga dilarutkan dengan air hangat untuk kemudian diminum.
Khusus bagi penderita stroke : Jika keadaan masih kritis, konsumsi selama 2-3 hari berturut-turut. Jika kondisi tubuh telah membaik, dosis obat dapat dikurangi menjadi 1 minggu sekali. Untuk pencegahan dan pemulihan, obat An Gong Niu Huang Wan dapat diminum 1 bulan sekali.

Loading...

♦ Khusus untuk penderita demam tinggi : Minumkan 2 hari berturut-turut sesuai dosis. Apabila demam masih juga belum turun, segera hubungi petugas medis untuk pemeriksaan lebih lanjut.
♦ Khusus penderita pendarahan di otak : Minumlah An Gong Niu Huang Wan 1-2 kali dalam sehari.

C. Komposisi An Gong Niu Huang Wan

Di dalam obat An Gong Niu Huang Wan dengan khasiat yang begitu menakjubkan ini, tentunya terdapat komposisi terbaik yang diracik oleh tangan-tangan profesional. Komposisi tersebut antara lain :

♦ Niu Huang (Empedu Sapi) : Empedu sapi telah lama digunakan sebagai obat yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit stroke, serangan jantung, epilepsi, tak sadarkan diri, dan juga menurunkan demam.

♦ She Xiang (Moschus/Kantung Sekresi Rusa) : Bahan yang telah terbukti memiliki khasiat kardiotonik, yakni mencegah sekaligus mengobati gangguan jantung iskemik akibat thrombus. Juga mampu memperlancar aliran darah serta menaikkan jumlah sel darah merah. Manfaat lainnya juga sebagai zat anti bakteri dan peradangan.

♦ Zhen Zhu (Margarita/Mutiara/Pearl) : untuk menenangkan/menormalkan jantung yang terlalu cepat berdebar dan tidak beraturan. Selain itu, mutiara juga membantu melancarkan pembuangan racun/toxic pada hati.

♦ Madu
♦ Radix curcumae ( Yujin; 郁金), tanaman herbal asal Tiongkok.
♦ Rhizoma coptidis (Huang Lian; 黄连), tanaman herbal asal Tiongkok.
♦ Radix schutellariac asiatici (hanzi?), tanaman herbal asal Tiongkok.

Harga obat Angong Niuhuang Wan asli : Rp.350.000 s/d Rp.550.000 per kotak; Rp.3.500.000 s/d Rp.5.500.000 per pack (isi 10 kotak); ada juga yang Rp.2.200.000 untuk 1 butir/kotak kecil.

Pil obat Ankung Niuhuang Wan dikemas dalam bola lilin

D. Perbedaan antara Angong Nihuang Wan Tong Ren Tang VS An Kung Niu Huang Wan Li Shin Zhen (Li Shizhen)

Pada awal mulanya An Gong Niu Huang Wan keluaran Tong Ren Tang maupun Li Shin Zhen berasal dari satu pabrik, sebelum akhirnya pada tahun 80-an terjadi kongsi perpecahan. Namun secara garis besar perbedaan dari kedua merek ini adalah :

1. Pada Ankung Niuhuang Wan Tong Ren Tang terdiri dari 9 macam komposisi; sedangkan pada Ankung Niuhuang Wan Li Shin Zhen terdiri dari 7 macam komposisi.

2. Selain itu dosis pemakaiannya juga berbeda, dimana Ankung Niuhuang Wan Tong Ren Tang diminum 1 kali sehari; sedangkan pada Ankung Niuhuang Wan Li Shin Zhen sehari diminum 2 kali sehari untuk memperoleh hasil yang sama (dosis per kotaknya lebih ringan).

E. Perbedaan An Gong Niu Huang Wan/Ankung Niuhuang Wan Asli

Karena obat ini sudah cukup terkenal, maka sudah cukup banyak pula beredar versi palsunya. Berhati-hatilah sebelum membeli, sebab tentu kualitas obat yang asli akan lebih terjamin untuk menyembuhkan penyakit.

Untuk mengecek keaslian obat Angong Niuhuang Wan ini, cek terlebih dahulu kemasannya. Jika terdapat :

1. stiker 3 dimensi,
2. pita kuning pada bagian tutupnya untuk menyegel,
3. dan disertai dengan tanggal kadaluarsa, maka bisa dipastikan obat tersebut asli.

Obat yang asli juga di dalam kemasannya dibungkus dengan kantung plastik berlogo Li Shin Zhen.

Loading...

The following two tabs change content below.

diraliya

I'm a twenty-something years old woman who currently works as a content writer freelancer. I took a major of Chemical Engineering at Institut Teknologi Bandung, wishing that I could learn about what interests me. The wide scope of chemical engineering's knowledge let me learned much within small amount of time.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *