Inilah 10 Destinasi Wisata Hongkong Yang Wajib Kamu Kunjungi

Hongkong adalah salah satu kota yang sering menjadi sasaran para wisatawan mancanegara. Banyaknya mewah dan gedung2 pencakar langit di Hongkong, menjadikan “Negara semi-merdeka” ini dikenal sebagai salah satu wilayah paling elit dan modern di dunia. Disebut demikian, sebab Hongkong tidak sepenuhnya berdiri sendiri; karena meskipun memiliki sistem pemerintahannya sendiri, namun pertahanan Negara (militer) dikendalikan oleh bapaknya Tiongkok.

Kalau masih merasa asing dengan gambaran suasana di Hongkong, kamu dapat membayangkannya seperti Singapura. Sama-sama Negara maju, namun hanya memiliki luas wilayah yang sempit (seukuran Jakarta), dengan biaya hidup yang mahal. Hongkong juga merupakan pusat perekonomian dan perdagangan dunia.

Meskipun terkesan laiknya kota yang glamour, bukan berarti daya pikat Hongkong hanya sebatas kegemerlapannya saja. Ada banyak tempat wisata menarik dan unik, yang hanya dapat kamu temukan ketika berkunjung ke Hongkong.

Baca juga : Hong Kong Kota Pariwisata Dunia

Loading...

Namun siapkan budget kamu, karena Hongkong bukan tempat yang murah untuk menghabiskan liburan. Mulai dari makanannya, biaya transportasinya, penginapan hotelnya, serta tiket2 masuk wisata disana terkenal mahal! Penasaran apa saja yang ada disana? Simak daftar 10 destinasi wisata Hongkong berikut ini :

1. Victoria Peak : Lokasi Tertinggi di Hongkong

Foto : klook.com

Kalau kamu ingin menjauhkan diri sejenak dari kebisingan kota dan ingin menikmati keindahan alam, maka kamu wajib mengunjungi destinasi wisata ini. Sesuai dengan namanya, Victoria Peak adalah tempat wisata yang berada di puncak gunung Victoria Peak Mountain.

Gunung yang terletak di bagian barat pulau Hongkong ini juga merupakan gunung tertinggi di Hongkong, dengan ketinggian mencapai 552 meter. Nah, di puncak sana ada lokasi favorit bernama Sky Terrace, tempat yang akan memanjakanmu dengan pemandangan Hongkong di bawah sana secara menyeluruh, 360 derajat.

Meskipun lokasinya terletak di puncak gunung, bukan berarti kamu ke sana dengan mendaki ya. Sudah ada transportasi bernama trem, yang siap mengangkut penumpang untuk menuju ke berbagai lokasi di Victoria Peak. Meski sudah berumur 120 tahun, namun trem ini masih menjadi transportasi favorit para wisatawan yang akan berkunjung ke Victoria Peak.

Nah, sembari naik trem, kamu akan sekaligus menikmati perjalanan dengan suguhan pemandangan kota Hongkong yang indah nan megah, seperti pelabuhan, keramaian kota, serta pulau-pulau yang ada di sekitarnya. Setelah sampai atas, kamu akan sampai ke Peak Tower dan Peak Galeria, yang berisi toko-toko dan restoran. Kamu bisa makan dan berbelanja souvenir di sini.

Disini juga terdapat museum patung lilin yang terkenal, Madame Tussaud. Biaya tiket masuk disini mulai dari 250 HKD. Kamu bisa puas berfoto2 selfie disini, dengan berbagai tokoh dunia; termasuk Jokowi, Presiden kita, juga ada. Namun icon utama disini, tentu saja patung Jackie Chan! Anda harus antre jika ingin ingin berfoto dengan kembarannya.

Untuk menuju Victoria Peak, kamu hanya perlu membayar biaya trem saja, orang dewasa dikenai biaya 99 HKD, sementara anak-anak 47 HKD untuk pulang-pergi.

Tahukah kamu, penduduk Hongkong yang berusia 60 tahun keatas DIBEBASKAN dari semua biaya transportasi umum, serta GRATIS masuk ke semua tempat wisata disana! Belum cukup? mereka juga akan mendapat jatah “uang buah”, yang biasanya diberikan saat Imlek, berkisar belasan juta rupiah. Bagaiimana dengan Indonesia?

2. Victoria Harbour

Foto : 123rf.com

Victoria Harbour menjadi destinasi wisata terbaik untuk kamu yang ingin menikmati suasana lautan dengan pemandangan pencakar langit di kota Hongkong. Victoria Harbour adalah sebuah pelabuhan yang terletak di antara pulau Hongkong dan Kowloon Peninsula.

Di sini kamu dapat berjalan-jalan di sepanjang pelabuhan, sambil menikmati pemandangan bangunan-bangunan ikonik, seperti Bank of China dan bangunan HSBC. Tempat ini cocok kamu kunjungi pada sore hari, setelah berbelanja puas di pusat kota.

Tahukah kamu, ada cerita Fengshui yang menarik antara Bank of China vs HSBC ini. Diantara 2 gedung tersebut, berdiri pula gedung Cheungkong Center milik Li Kashing. Di ke-2 atap gedung tersebut dipasang simbol pisau dan meriam, yang masing2 saling berhadapan. Gedung milik Li Kashing yang terletak ditengah2 pun tidak tinggal diam. Mereka membentuk gedung yang berbentuk segi 4 sempurna.

Apa artinya? Baca cerita fengshuinya di artikel : Inilah Wejangan Pakar Fengshui Li Ka-shing Yang Terkenal!

Loading...

Kamu juga dapat menikmati pertunjukan A Symphony of Lights. A Symphony of Lights, yakni sebuah pertunjukan di Victoria Harbour pada malam hari, saat cahaya dan laser dari bangunan-bangunan pencakar langit berpadu. Selain menyuguhkan pemandangan yang romantis, A Symphony of Lights juga diiringi musik yang manis.

Kamu dapat menikmati pemandangan di Victoria Harbour dari berbagai sudut lokasi; hanya saja lokasi pemandangan yang paling indah akan kamu lihat dapat apabila menikmatinya dari TST Waterfront. Ada berbagai pemandangan menarik, yang dapat kamu lihat dari lokasi ini, seperti Clock Tower, Avenue of Stars, Museum Hongkong Space, dan sebagainya.

Terlebih, kamu tidak perlu jauh-jauh berjalan kalau ingin berbelanja, karena banyak tempat belanja yang dapat dijangkau dari posisi TST Waterfront, hanya dengan berjalan beberapa menit saja.

Disini juga terdapat tempat berbagai cap telapak tangan aktor dan artis Hongkong loh. Banyak pengunjung yang berfoto dengan telapak tangan para bintang film ini.

Nah, kalau sudah sampai Victoria Harbour, jangan lupa sempatkan naik Star Ferry juga ya. Star Ferry ini merupakan salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Hongkong. Untuk menikmati transportasi ini, biayanya sekitar 2-4 HKD per perjalanan.

3. Big Buddha (Tian Tan Buddha Statue)

Foto : shutterstock.com

Salah satu patung Buddha terbesar di dunia terletak di Hongkong, dengan tinggi patung yang mencapai 34 meter! Tidak heran apabila pembuatannya memakan waktu selama 12 tahun. Kalau kamu berkunjung ke Hongkong, jangan lupa sempatkan untuk melihat patung Big Buddha ini. Patung ini terletak di atas biara Po Lin Monastery dan dikelilingi oleh hutan, laut, dan pulau.

Untuk mencapai tempat ini, sebenarnya kamu dapat menggunakan bus. Hanya saja, ada transportasi lain yang lebih menarik, yaitu kereta gantung Ngong Ping 360°. Perjalanan sejauh 5,7 kilometer tidak akan terasa, karena kamu pasti akan terlena dengan pemandangan hutan dan gunung yang terbentang di bawah sana.

Kereta gantung ini akan membawamu sampai Ngong Ping Village. Nah setelah sampai di desa ini, kamu masih perlu berjalan sebentar untuk dapat mencapai biara. Tapi tidak apa, perjalanan pasti tidak akan terasa melelahkan setelah kamu melihat pemandangan patung Big Buddha yang megah.

Nah, untuk kereta gantung yang ada di sana terbagi menjadi 2 jenis, yaitu yang alasnya kristal dan yang biasa. Untuk yang kristal, alasnya terbuat dari kaca yang transparan. Jadi saat naik, rasanya seperti melayang di udara. Agak seram sih, tapi lebih menantang. Sedangkan untuk yang biasa, alasnya terbuat dari besi.

Untuk yang kristal, harga tiket 315 HKD untuk dewasa dan 190 HKD untuk anak-anak. Sedangkan untuk yang biasa, harga tiket 235 HKD untuk dewasa dan 110 HKD untuk anak-anak.

Tahukah kamu, dibalik gemerlapnya kehidupan kota Hongkong, juga menyimpan sisi gelap. Sebagian masyarakat kelas bawah disana bahkan hanya tinggal di “BILIK PETI MATI:, yang seukuran 4 meter persegi! Simak artikelnya : Potret Kehidupan Penghuni “Bilik Peti Mati” : Ironi Dibalik Gemerlapnya Kota Hongkong.

4. Hongkong Disneyland

Foto : traveltalkmag.com.au

Ingin seru-seruan bersama teman atau keluarga? Hongkong Disneyland boleh banget menjadi pilihan. Hongkong Disneyland sendiri terletak di Lantau Island. Di sini kamu bisa keluar sejenak dari dunia nyata, dan hidup seolah-olah di dunia fantasi, dengan ditemani karakter-karakter film dari Disney.

Ada 7 taman yang terdapat di Disneyland, yaitu Adventureland, Fantasyland, Toy Story Land, Tomorrowland, Grizzly Gulch, Mystic Point, dan Main Street. Kamu akan melihat banyak pertunjukan di sini, mulai dari parade, musikal, hingga pertunjukan kembang api malam hari di kastil. Selain itu, kamu juga bisa menjajal berbagai petualangan, misalnya saja seperti perjalanan ke rumah Tarzan.

Untuk mencapai Hongkong Disneyland, kamu dapat menggunakan transportasi khusus yang bernama MRT Disneyland Line. Harga tiket masuk Disneyland yaitu 589 HKD untuk dewasa dan 419 HKD untuk anak-anak.

Datang ke sini paling baik bersama istri, pacar, atau anak. Kalau 2 gadis muda, okelah, tapi kalau yang masuk 2 bujang tua hhmm, langsung kecium deh bau jomblo akutnya 🙂

5. Temple Street Night Market : Surganya Belanja Harga Miring

Foto : hong-kong-hotels.ws

Sesuai dengan namanya, Temple Street Night Market yaitu pasar yang beroperasi di malam hari. Di pasar ini, berjejer penjual yang menjual berbagai jajanan dan barang-barang rumah tangga, seperti tas, pakaian, pernak-pernik, hingga barang elektronik. Untuk kamu traveller dengan budget terbatas, mungkin akan segan untuk berbelanja di mall.

Di sepanjang jalanan ini, kamu bisa memotret berbagai aktivitas masyarakat lokal yang lalu lalang, melakukan traksaksi jual beli laiknya di pasar.

So, pastikan baterai kamera/ponsel kamu cukup : Ingin Berlibur ke Hongkong? Perhatikan 5 Tipe Colokan Listrik Disana

Loading...

Nah, pasar ini bisa menjadi pilihan, karena barang-barang yang dijual relatif murah, juga bisa ditawar sampai 70%! Dan karena sudah populer, pasar ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan asing untuk membeli oleh-oleh.

Penjual juga menjual berbagai kerajinan tradisional Tiongkok, misalnya saja perhiasan batu giok. Nah, kamu bisa ke sini untuk membeli souvenir untuk yang ada di rumah. Pasar mulai buka pukul 6 pagi. Tapi disarankan untuk datang tidak terlalu cepat karena terkadang penjual perlu mempersiapkan barang-barang dagangannya terlebih dahulu.

Untuk mengakses lokasi ini, kamu dapat menggunakan MRT dari Stasiun Jordan, exit A.

6. Ocean Park Hongkong

Foto : lajollamom.com

Ocean Park Hongkong adalah destinasi yang cocok untuk berwisata bersama keluarga. Selain menawarkan hiburan, tempat wisata ini juga akan mengedukasi kita dengan berbagai wahana di dalamnya. Saat masuk ke Ocean Park Hongkong, kita akan dikenalkan dengan indahnya dunia laut, binatang, serta berbagai pertunjukan menarik.

Ada juga berbagai permainan seru dan menantang, seperti roller coaster. Tempat wisata yang dibangun pada tahun 1977 ini terletak sisi selatan pulau Hongkong, dan memiliki luas wilayah mencapai 915.000 m².

Dengan wilayah yang begitu luas, tentu saja ada banyak objek wisata yang ditawarkan di sini. Misalnya saja objek wisata Adventures in Australia. Di sini kamu akan bertemu dengan berbagai satwa asli Australia, seperti koala dan burung kukabura. Selanjutnya ada objek wisata Shark Mistique, yang mana kamu akan melihat secara langsung ratusan ikan hiu dengan berbagai jenis.

Ada pula objek wisata Polar Adventure yang akan menampilkan nuansa hidup di kutub dengan berbagai satwa di dalamnya, seperti walrus pasifik, anjing laut tutul, burung hantu bersalju, dan berbagai binatang kutub lainnya.

Selain obek-objek wisata di atas, masih banyak objek wisata lain yang tak kalah menariknya, seperti Old Hongkong, Rainforest, Thrill Mountain, Aqua City, Amazing Asian Animals, pertunjukan lumba-lumba profesional, dan masih banyak lagi. Nah, untuk tiket masuknya, orang dewasa akan dikenai biaya 438 HKD, sementara anak-anak dikenai biaya 219 HKD.

Meski begitu terkenal, pada pertengahan tahun 1990-an Ocean Park nyaris BANGKRUT! Yup, untung saja pengelolanya bangkit, menurunkan harga tiket, dan pengunjung pun kembali berdatangan. Hitungannya, mereka butuh 30 tahun untuk hanya untuk sekadar balik modal!

7. Wong Tai Sin Temple : Dewa Pengobatan

Foto : hong-kong-hotels.ws

Rasanya masih kurang kalau kamu sudah jauh-jauh berlibur ke Hongkong, namun belum mengunjungi salah satu kelenteng terkenal di Hongkong ini. Kelenteng ini merupakan tempat ibadah dari 3 agama, yaitu Taoisme, Buddha, dan Konfusianisme.

Wong Tai Sin Temple terletak di Kowloon dan dibangun pada tahun 1920 untuk menghormati salah satu Dewa Taoisme, Wong Tai Sin. Penduduk setempat percaya bahwa Dewa Tao Wong Tai Sin akan membantu penyembuhan berbagai penyakit. Kelenteng ini pernah dipugar pada tahun 1968, dan bentuknya dipertahankan sampai saat ini.

Baca lebih detail mengenai kuil ini : Kuil Wong Tai Sin – Hong Kong

Kuil ini terdiri dari beberapa bangunan, diantaranya adalah Hall of Three Saints, Good Wish Garden, dan berbagai aula lainnya. Selain sebagai tempat ibadah, kelenteng ini juga merupakan wadah bagi mereka yang ingin diramal hidupnya.

Kalau kamu berkunjung saat musim gugur, kamu juga bisa menikmati pertunjukan festival yang diadakan di kuil setiap musim gugur. Setelah berkunjung, jangan lupa untuk memberi donasi, dengan mengisi kungtek siang kelenteng. Sudah menjadi kebiasaan di sana, bahwa setiap pengunjung akan memberikan donasi sebelum meninggalkan lokasi.

8. Repulse Bay and The Beaches : Dewa Jodoh Yue Xia Lao Ren

Foto : tourtohongkong.com

Repulse Bay and The Beaches adalah pantai tercantik di Hongkong yang terletak di selatan pulau Hongkong. Pantai ini adalah pantai yang sering direkomendasikan untuk para turis. Repulse Bay and The Beaches menawarkan pemandangan laut yang indah dan bisa menjadi tempat yang seru untuk berenang.

Selain itu, suasana sekitar juga menampilkan kemewahan khas Hongkong. Maka tidak heran apabila pantai ini selalu menarik mereka yang berasal dari kelas atas. Bahkan bisa dibilang bahwa pantai ini dulunya adalah kawasan elit di Hongkong. Hal ini bisa dengan mudah kamu lihat dari banyaknya kondominium mewah yang dibangun di area pesisir bukit sekitar pantai, yang langsung menghadap ke arah laut.

Di sini juga banyak restoran untuk tempat bersantap, sambil menikmati suasana sejuk dengan pemandangan laut yang membentang.

Karena tidak ada jalur MRT yang dekat dengan Repulse Bay and The Beaches, kebanyakan wisatawan menggunakan taksi atau bus kota untuk sampai ke lokasi ini. Biaya taksi sekitar 85 HKD sedangkan biaya bus kota sekitar 5 HKD. Nah yang paling asyiknya, kamu dapat masuk ke lokasi pantai ini secara gratis. Mungkin yang perlu kamu siapkan adalah uang untuk jajan di sekitar area.

Bagi yang pingin memohon jodoh, kita juga bisa bersembahyang kepada Dewa Jodoh, Yue Xia Lao Ren, yang terletak di  pinggir jalan Repulse Bay Hongkong, yang membelakangi pantai berpasir putih nan indah. Kamu akan dapat melihat markanya dari pinggiran jalan raya di dekat pantai.

Baca Sepenggal Kisah Dewa Jodoh : Yue Xia Lao Ren ( 月下老人 )

9. Dragon’s Back Hike

Foto : klook.com

Kalau kamu masih punya waktu lama di Hongkong, sebaiknya sempatkan juga untuk berolahraga. Nah, sambil berolahraga, kamu juga bisa sekaligus berwisata dengan menghabiskan waktu ke Dragon’s Back Hike. Dragon’s Back Hike adalah salah satu tempat hiking terbaik di Hongkong. Di sini kamu akan melakukan pendakian, dan menikmati waktu bersama alam sekitar.

Bukit Dragon’s Back Hike memiliki jalur pendakian menarik, tingginya hanya sekitar 500 meter, yang akan menunjukkan pemandangan spektakuler ke arah lautan, teluk, gunung, dan pemandangan alam lainnya. Kamu dapat sejenak menenangkan diri dengan ditemani nyanyian burung, suara air terjun, dan angin laut.

Dan di ujung jalur, pendaki akan disambut oleh Big Wave Bay dengan ombak putih yang bergelombang di depan sana. Jangan lewatkan untuk berenang dan berselancar di sini setelah lelah melakukan pendakian. Untuk berangkat dari titik awal sampai Big Wave Bay, rata-rata orang akan menghabiskan waktu 4 jam saat hiking. Untuk pulang dari titik akhir ini, kamu bisa mencari bus atau taksi di sekitar lokasi.

Untuk berkunjung ke Hongkong, Anda tidak memerlukan Visa. Namun jika Anda berencana untuk memasuki wilayah daratan Tiongkok, Visa wajib diurus : Cara Membuat Visa Tiongkok, Cara Mengurus Visa China : 9 Langkah Step by Step!

10. Ten Thousand Buddhas Monastery

Foto : iesphotography.co.uk

Ten Thousand Buddhas Monastery adalah sebuah biara di Hongkong yang sering menjadi objek wisata para turis. Daya pikat biara ini berasal dari ratusan patung yang berjajar di sepanjang tangga menuju lokasi biara. Biara Ten Thousand Buddhas Monastery sendiri berlokasi di Sha Tin, dan areanya terletak di puncak.

Oleh karena itu, untuk menuju ke sana kamu perlu menaiki tangga. Tapi tidak apa, sepanjang perjalanan kamu akan terkesima dengan ratusan patung unik yang berada di sisi-sisi tangga. Patung-patung ini berlapis emas, dan memiliki ekspresi yang berbeda-beda.

Di dalam biara, kamu akan disambut dengan patung-patung Buddha kecil yang melapisi dinding-dinding. Meskipun bernama biara, sebenarnya tempat ini bukan biara untuk beribadah, dan tidak ada biarawan yang hidup di sini. Tetap saja, kompleks ini masih berstatus situs bersejarah di Hongkong. Dan kamu tidak akan dikenai biaya, alias gratis, untuk menikmati wisata di tempat bersejarah ini.

Nah, mungkin sekian dulu mengenai 10 daftar tempat wisata yang ada di Hongkong. Sebenarnya, Hongkong memiliki banyak tempat wisata murah, bahkan gratis, hanya saja mungkin godaan terbesar saat ke Hongkong adalah kamu bisa menahan untuk berbelanja barang2 branded atau tidak 🙂

Semoga artikel ini bisa membantumu untuk membuat list tempat wisata mana saja yang akan kamu kunjungi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *