Karakter/huruf Qíng (情), Qīng (清), Qǐng (请), Qíng (晴), dan 精 (Jīng) adalah aksara piktofonetik¹, yang terdiri dari struktur kiri dan kanan. Qīng (青) adalah sisi fonetik/suara (声旁; shēng páng), sementara radikal/awalan di sebelah kiri (偏旁; piānpáng) adalah sisi bentuk.

Semuanya memiliki kesamaan karakter/huruf Qīng (青) di belakang, yang menyatakan warna hijau.

1. Qíng (情) yang berarti kasih sayang, cinta, emosi. atau yang menyatakan keadaan peduli dan perhatian terhadap orang atau benda. Awalan karakter 忄(xin) berevolusi dari karakter “hati” (心; xīn).

Orang2 dahulu percaya bahwa hati bertanggung jawab atas pikiran manusia, sehingga kata2 di sebelah 忄sebagian besar terkait dengan aktivitas psikologis.

2. Qīng (清) yang berarti jernih, bersih, biasa dipakai pada kata festival Qingming (清明), atau dinasti Qing (清朝). Karakter ini berhubungan dengan air (水; shuǐ). Tiga titik 氵(shui) berevolusi dari karakter air.

Huruf ini juga dipergunakan sebagai lawan dari 浊 (zhuó) yang berarti “keruh”, dimana memiliki awalan radikal yang sama.

Macam2 karakter huruf Qing dalam bahasa Mandarin.

Baca juga : Berapakah Jumlah Keseluruhan Karakter Hanzi Mandarin?

3. Qǐng (请) yang berarti meminta tolong (kepada pihak lain untuk melakukan sesuatu). Karakter ini berhubungan dengan cara berbicara. Dalam skrip kursif (gaya penulisan sambung), bentuk penulisan awal dari karakter 讠adalah 訁. Kata 讠(yán) sendiri sebagian besar terkait dengan ucapan.

4. Qíng (晴) yang berarti cerah, bagus. Awalan dari karakter ini adalah 日 (rì), yang berarti hari, matahari, atau dipakai untuk kalimat yang berhubungan dengan cuaca. Misalnya cuaca terbaik adalah di siang hari, tanpa awan atau sedikit awan di langit.

5. Jīng (精) yang berarti bagus, atau yang berhubungan dengan kekuatan fisik; yang juga memiliki karakter Qīng (青) di belakang.

Catatan¹ :

Sebagian besar aksara Mandarin adalah aksara piktofonetik. Piktofonetik adalah sebuah bentuk gabungan, dimana yang satu disebut dengan piktografik, sementara yang satunya lagi disebut dengan radikal bunyi.

Komponen piktografik menunjukkan arti/makna dari sebuah aksara tersebut, sedangkan radikal bunyi merupakan lambang untuk pelafalan. Jika dilogikakan, akasara piktofonetik merupakan aksara yang terbentuk dari imajinasi.

Piktografik juga disebut “tanda bentuk” atau “tanda arti”, sedangkan radikal bunyi biasa disebut “tanda bunyi”. Komponen piktografik sebagian besar terdiri dari aksara piktofonetik. Aksara piktografi merupakan aksara penunjuk hal. Aksara makna gabungan maupun aksara piktofonetik semuanya dapat dijadikan sebagai radikal bunyi.

Pada umumnya, kebanyakan aksara mandarin yang telah dijadikan sebagai radikal bunyi hanya akan menyatakan lafal saja, dan tidak lagi menyatakan makna/arti sebagai fungsi awalnya.

Piktofonetik merupakan cara menciptakan aksara utama, dimana terdapat 80% aksara Mandarin yang terbentuk dengan piktofonetik dari keseluruhan aksara Mandarin yang ada.

Baca juga : Evolusi Karakter Huruf Mandarin

By Herman Tan

One Smile Return to the East. Follow @tionghoainfo untuk info2 terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: eitss, mau apa nih?