Organ2 dalam tubuh manusia dapat digolongkan menjadi Lima organ Zang dan Enam organ Fu (五脏六腑; Wuzang Liufu). Organ2 ini adalah entitas fungsional yang ditetapkan oleh Pengobatan Tradisional Tiongkok (中医; Zhong Yi), dan merupakan inti dari pengobatan tradisional Tiongkok tentang cara kerja tubuh manusia.

Istilah Lima Organ (脏; Zang) mengacu pada organ2 yang dianggap Yin, yakni : Jantung, Limpa, Hati, Paru-paru, dan Ginjal.

Sementara Enam organ (腑; Fu) mengacu pada organ2 yang dianggap Yang, yakni : Lambung, Usus halus, Usus besar, Kantong empedu, Kandung kemih, dan Tiga pembakar (Sanjiao). Ini merupakan istilah kolektif untuk menyebut organ2 dalam tubuh manusia.

Wu Zang Liufu merupakan suatu sistem yang berhubungan dengan keseimbangan Yin dan Yang; dimana 5 organ Zang bersifat yin, sementara 6 organ Fu bersifat Yang.

Setiap Zang dipasangkan dengan Fu. Masing2 pasangan ditempatkan ke salah satu posisi Wu Xing atau 5 unsur.

A. Lima organ Zang (五脏; Wuzang) terdiri dari :

• Jantung (心; Xin), kadang2 ditambahkan Perikardium (心包; Xinbao) sehingga menjadi enam organ dalam.
• Limpa (脾; Pi)
• Hati (肝; Gan)
• Paru-paru (肺; Fei)
• Ginjal (腎; Shen)

Organ2 dalam tubuh manusia dapat digolongkan menjadi Lima organ Zang dan Enam organ Fu (五脏六腑; Wuzang Liufu). Organ2 ini adalah entitas fungsional yang ditetapkan oleh Pengobatan Tradisional Tiongkok (中医; Zhong Yi), dan merupakan inti dari pengobatan tradisional Tiongkok tentang cara kerja tubuh manusia.

B. Enam organ Fu (六腑; Liufu) terdiri dari :

• Lambung (胃; Wei)
• Usus halus (小肠; Xiao chang)
• Usus besar (大肠; Dachang)
• Kantung empedu (胆; Dan)
• Kandung kemih (膀胱; Pangguang)
Triple Energizer / Tiga Pembakar (三焦; Sanjiao)

Lima organ Zang menghasilkan kehidupan dan merupakan tempat penyimpanan energi vital dan inti kehidupan.

Sementara Enam organ Fu menyerap zat gizi dari makanan dan air, lalu mengubahnya menjadi sisa tanpa menyimpannya (dikeluarkan).

C. Mengenal Lima Organ (五脏; Wuzang) Dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok (中医; Zhong Yi)

Mengenal Wuzang Liufu (五脏六腑) Dalam Pengobatan Zhong Yi Tiongkok.

Baca juga : Mengenal 5 Unsur Elemen Dalam Fengshui

1. Jantung (心; Xin)

Jantung bertugas mengendalikan kegiatan dan fungsi organ dalam tubuh. Jantung juga bertugas mengedarkan darah dan Chi (气; Qi) dalam tubuh, serta membawa zat-zat gizi ke bagian tubuh lainnya.

Jika jantung berfungsi dengani baik (banyak darah) wajah seseorang akan terlihat berseri2. Sementara jika kurang darah, wajah akan terlihat pucat.

Baca Juga :  20 Fakta Menarik dari Sejarah Peradaban Tiongkok

2. Hati (肝; Gan)

Hati bertugas menyimpan dan mengatur volume darah. Hati juga bertugas mengatur aliran Chi (气; Qi) yang mempengaruhi emosi seseorang.

Darah merupakan dasar bagi jiwa dan roh. Karena hati menyimpan darah, hati juga menyimpan jiwa. Kekurangan Yin (darah) dalam hati, atau kelebihan Yang dalam hati akan menyebabkan seseorang mudah marah.

Memiliki darah yang cukup dalam hati akan ditunjukkan oleh kuku yang kuat dan berwarna cerah. Sementara jika kurang darah maka kukunya akan terlihat pucat, tipis, dan rapuh.

3. Limpa (脾; Pi)

Fungsi dari limpa adalah mengatur pencernaan dan transportasi, serta membantu dalam mencerna dan menyerap zat gizi untuk diedarkan ke seluruh tubuh.

Selain mengatur aliran darah dalam pembuluh, limpa juga membawa cairan dalam tubuh dan mempertahankan keseimbangan di dalamnya.

Limpa membantu dalam memelihara fungsi tungkai dan otot. Limpa yang sehat berarti memiliki tungkai dan otot yang kuat. Kekurangan darah di limpa akan ditunjukkan oleh bibir yang pucat.

4. Paru-paru (肺; Fei)

Paru-paru bertugas untuk mengambil udara bersih, dan mengeluarkan karbondioksia untuk memelihara metabolisme. Semua darah dalam tubuh mengalir melalui paru-paru untuk bertukar udara bersih dan kotor, sebelum melanjutkan perjalanan ke bagian tubuh lainnya.

Mengatur Chi dalam tubuh serta mengarahkannya ke bawah, yakni ke ginjal dan kandung kemih, untuk mempertahankan aliran agar tetap normal dan megeluarkan keringat tubuh. Kulit yang sehat mencerminkan fungsi paru-paru yang bagus, dan lebih tahan terhadap bakteri patogen.

5. Ginjal (腎; Shen)

Ginjak menyimpan esensi dari lima organ Zang dan enam organ Fu. Ginjal bertugas untuk mengatur metabolisme air, mengatur distribusi pengeluaran air, dan mempertahankan metabolisme air dalam tubuh.

Ginjal merupakan dasar dari kehidupan, yang membuat kegiatan hidup tetap berlangsung. Rambut yang tebal dan berkilau mencerminkan ginjal yang muda dan sehat. Sedangkan rambut rontok mencerminkan ginjal yang lemah dan tua.

By Herman Tan

One Smile Return to the East. Follow @tionghoainfo untuk info2 terbaru. PLAGIAT KONTEN bermodal COPY PASTE adalah tindakan yang tidak terpuji.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Jangan jadi penulis dengkulan, yg bermodal Copas artikel Tionghoa.INFO!