Last Updated on 17 April 2021 by Herman Tan

Ilmu Fengshui ternyata tidak dipakai hanya untuk rumah atau bangunan saja, tetapi bisa juga dipakai untuk membuat nama pada anak (sejak bayi).

Tujuan pembuatan nama anak berdasarkan Fengshui dengan harapan agar anaknya kelak bisa menjadi orang yang kaya rezeki, jadi orang terkenal, jadi pejabat, jadi artis, dan sebagainya. Banyak teknik atau cara dalam pemberian nama Fengshui anak, diantaranya adalah :

1. Untuk nama karakter Hanzi juga ada hitungan unsur-nya. Misalnya kalau unsur lahirnya kekurangan/lemah di unsur Kayu, maka dicarikan nama yang berunsur Kayu agar bisa seimbang. Untuk nama karakter Hanzi juga harus lebih dari 30 coretan/goresan (tradisional).

2. Tanggal lahir dan jam lahir anak dicarikan unsurnya. Kalau sudah ketemu, misalnya unsurnya adalah udara, maka bisa pakai nama ‘Bayu’; nama ‘Bayu’ berarti angin. Kalau angin berarti unsurnya udara, atau dicarikan unsur lain yang berkaitan terhadap udara.

3. Pemberian nama berdasarkan silsilah keluarga. Tapi di jaman modern sekarang, rasanya sudah jarang yang memakai nama dari silsilah keluarga yang seperti ini. Yang penting arti namanya bagus saja. Contohnya seperti ini :

♦ Misalnya nama kung-Kung saya Tjong Nyi Chai (dalam bahasa hakka/khek)
♦ Terus nama papa saya Tjong Ik Sin (juga dalam bahasa khek)
♦ Terus nama saya Tjong Se Wie (juga dalam bahasa khek)

♦ Lalu sudara kandung papa saya yang laki pakainya Tjong Ik … (siapa gitu)
♦ Lalu saya dan adik laki-laki pakainya Tjong Se Wie terus Tjong Se Yung (misalnya)
♦ Setelah itu, nama anak laki-laki saya pakai kembar 2 huruf, misalnya Tjong Jing … (siapa gitu)

♦ Silsilah nama itu sudah disusun dari nenek moyang. (‘Ik’ dan ‘Se’ nya konon sudah diatur dari nenek moyang)

Nama berdasarkan silsilah ini biasanya berasal dari kata-kata syair. Seperti pada contoh diatas, nama-nama ‘Tjong Nyi Chai’, Tjong Ik Sin’, dan ‘Tjong Se Wie’ mungkin menggunakan syair yang bunyinya ‘Nyi Ik Se’. Jadi jika sudah sampai di akhir syair (‘Se’), maka akan kembali ke kata yang pertama (‘Nyi).

Nama Keluarga, atau Nama Generasi, biasanya berbentuk sajak/puisi, yang kata awal hingga kata akhirnya TIDAK ADA YANG SAMA. Sehingga dari nama Keluarga, dapat menunjukkan generasi ke berapa dari ‘Keluarga Besar’. Contoh Sajak (telah ditranslate) : Air Dari Gunung Mengalir Melalui Sungai Menuju Laut.

Baca Juga :  Tips Membuat Kamar Mandi Dalam Kamar Tidur

Maka, yang nama Keluarganya ‘Laut’ akan memanggil ‘Sungai’ sebagai Kung Kung, karena 3 generasi diatasi ‘Laut’. Bukan karena usia, Panggilan2 kekerabatan seperti ini biasanya berlaku pada pertemuan Keluarga Besar.

Kalau di kampung halaman leluhur, jika kita bertanya pada tetua disana, hanya dengan menyebut She/Marga dan 3 nama generasi keluarga (kita, papa, kung kung), maka akan ketemu dengan keluarga Besar kita disana.

Nama silsilah ini biasanya sudah di atur sampai ke generasi terbawah (cucu/cicit) oleh nenek moyang. Oleh karena orang-orang Tionghoa masuk ke Indonesia kebanyakan sekitar pada abad ke 16-19, generasi saat ini bisa dibilang “lost generation” akibat gerakan anti China pada tahun 1965 dan diskriminasi terhadap kaum Tionghoa pada 1998.

Sebetulnya urutan silsilah keluarga ini hampir hilang, karena terkena tekanan akibat kejadian diatas, banyak orang Tionghoa yang akhirnya “membuang” nama Tionghoanya. Jadi bersyukur bagi keturunan Tionghoa yang saat ini masih sempat masuk di urutan silsilah generasi keluarga.

Marga Tionghoa

“名不正则言不顺, 言不顺则事不成.” (Míng bù zhèngzé yán bù shùn, yán bù shùn zé shì bùchéng)

Pepatah Tiongkok diatas diungkapkan oleh Confucius, seorang cendekiawan. Arti pepatah diatas “Ketika nama seseorang tidak tepat, Maka kata-kata seseorang tidak dapat diterima. Jika kata-kata seseorang tidak diterima, maka seseorang tidak dapat mencapai apa pun”.

Pepatah ini mengungkapkan tentang pentingnya nama seseorang, karena itu adalah bagian yang paling mendasar dari identitas seseorang.

Meski sekarang penggunaan nama Tionghoa mulai berkurang di masyarakat, tetapi setidaknya tetap dipakai di lingkungan keluarga. Karena biar bagaimanapun itulah darah yang mengalir di tubuh kita. Beruntung setelah era Gusdur, banyak perkumpulan-perkumpulan marga Tionghoa (berbentuk paguyuban sosial atau yayasan) yang berdiri.

Contohnya seperti perkumpulan suku, seperti suku Hakka (Khek), Hokkian, Kanton, Tiochiu, dan sebagainya, atau perkumpulan marga, seperti marga Lim/Lin (Hanzi 林), Tio/Zhang (Hanzi 張), Ong/Wang (HanZi 王), Tan/Chen (Hanzi 陳), dan sebagainya.

Jadi untuk generasi Tionghoa sekarang yang ingin memberi nama pada anak/cucu, bisa mendapatkan informasi langsung dari tanah leluhurnya, yaitu dari desa/kampung asal leluhur, karena biasanya mereka punya data-datanya. Tentunya hal ini dibantu oleh perkumpulan-perkumpulan Tionghoa yang sudah ada di Indonesia juga.

Sebenarnya ini peluang bagus untuk bisnis pemberian nama Chinese/Tionghoa bayi, karena sekarang orang Tionghoa di Indonesia kebanyakan masuk kategori ‘lost generation’, jadi kebanyakan sudah tidak mengerti/paham bahasa Mandarin secara mendalam.

Baca Juga :  Laksamana Cheng Ho (Zheng He)

Ya, meski sejak awal tahun 2000-an sudah mulai dibuka kran-kran informasi Tionghoa, seperti sekolah/fakultas yang menyediakan pembelajaran bahasa Mandarin, atau bersekolah ke luar negeri (China), tetapi butuh waktu setidaknya 20 tahun untuk berkembang buat para generasi muda Tionghoa ini.

Catatan :

1. Artikel ini masih perlu direvisi. Banyak informasi yang masih kurang jelas serta simpang siurnya data. Penulis hanya menyampaikan berdasarkan apa yang penulis ketahui untuk saat ini. Apabila ada pembaca yang tertarik untuk merevisi atau menambahkan, maka dipersilahkan untuk mengontak admin lewat form komentar dibawah.

2. Sumber dari hasil share/diskusi antara Zhang, Chandra Widjaya, Iwan Binanto dan Herman Tan di Milis Kedai Teh pada Februari 2012.

By Herman Tan

One Smile Return to the East. Follow @tionghoainfo untuk info2 terbaru. PLAGIAT KONTEN bermodal COPY PASTE adalah tindakan yang tidak terpuji.

67 thoughts on “Pemberian Nama Tionghoa Pada Anak (Menurut Fengshui)”
  1. Permisi koh, jadi gini. Kakek dari papaku itu dia orang Tionghoa asli tapi orang hokian kalau kata papa, nama kakeknya papa itu siu teng shui, sedangkan nama kakek ku itu siaw kwang ie, tapi dulu sudah di Indonesiakan menjadi iwan rahardja. Nah setelah itu papa sama sekali tidak dapat nama Mandarin dikarenakan kakek saya menikah dengan orang Belanda. Papa itu lahir tanggal 24 Oktober 1973 shio nya kerbau. Nah maka dari itu kira² kalau aku mau punya nama Mandarin harus gimana ya? Nama lengkap ku itu Aina Nur Salsabilla, lahir tanggal 16 juni 2004 jam 8 pagi, shio monyet.

    Terimakasih koh🙏🏻

  2. Mau tanya klo mau kasih nama anak generasi papa nya hok, anaknya di bawah hok apa ya untuk nama tengah nya

  3. Halo saya Kris dari marga 王,
    Jika saya menikah dengan non tionghoa apakah otomatis anak saya tidak bisa dberi marga? Thanks a lot before

    1. Maaf, Anda laki-laki atau perempuan?
      Kalau laki2, tetap menggunakan marga ayahnya, termasuk nama Tionghoa (dan nama generasi kalau ada).
      Kalau perempuan, masa mau pakai/ikut marga ibu?
      Ini sudah resiko para wanita Tionghoa yg ingin menikahi pria2 non Tionghoa.
      Kalaupun mau, tinggal diberikan nama kecil, atau nama sapaan Tionghoa saja, TANPA marga.

    2. Halo pak, mohon maaf sy ini generasi yg hilang, karena sudah keturunan ke 4 dari nenek sy, yang tionghoa adalah nenek sy menikah dgn pribumi dan keturunannya smpai ke ibu saya tidak ada yg menikah dgn tionghoa lagi, sedangkan kami ingin kembalikan budaya tionghoa leluhur kami lewat pemberian nama bagi kami yg generasi ke 4, mohon dibantu

  4. Saya warga Indonesia, saya memiliki suami China dengan marga Lin.
    Saat ini saya sedang hamil, tolong bantu saya Carikan nama yang bagus untuk anak saya.
    Nama yang suami saya berikan pada saya LINLI JUAN
    nama suami saya LIN WENQIANG

  5. Dear Pak Herman Tan,
    perkenalkan nama saya Andy Haryono, sebentar lg saya akan memiliki anak cm saya tidak tau urutan nama tengah dari silsilah saya. saya harap bapak bisa membantu saya.
    nama saya : Wang Sie(dunia) Liek(berbakti)
    Nama Papa : Wang Fuk Ming / Ong Hok Bing
    Nama Engkong : Ong Ka Seng (maaf tdk tau penulisan yg bnr)
    Saya harap Bapak atau siapapun bisa membantu saya.
    Ban ban kamsia

  6. Hallo saya mau tanya nama saya melda silvany tan
    Marga papa saya Tan mama saya chen
    Nama saya mandarin saya Tan chang Le apakah sudah bagus koh ???

  7. Sore pak. Teman saya minta dibuatkan nama Chinese. Tp saya bingung gimana buatnya. Namanya Nita, marganya 吴 ingin punya nama chinese yang artinya hati yang mulia. Tolong dibantu pak. Terima kasih

    1. 吴妮塔 [Wú Nītǎ]
      吴 marganya
      妮 artinya anak perempuan
      塔 pagoda
      Kalau digabung jadi anak perempuan dari marga Wu (Gouw, Go, Ng)yang berhati luhur (mulia, tinggi seperti pagoda)

      1. Hallo..saya mau kasih nama anak perempuan saya,saya marga Lin anak saya baru lahir tanggal 23-juli-2021 bagus dikasih nama apa y?

  8. Saya mau beri nama Tionghoa untuk anak laki saya berdasarkan silsilah keluarga dia lahir tgl 11 Feb 2016
    Nama bapak saya Tjong Khie Nen
    Nama saya Tjong Hien Fuk
    sebaiknya nama tionghoa nya seperti apa ya ?
    apakah sudah bagus klo namanya tjong lie wei
    Terima kasih

  9. saya generasi ketiga, kakek buyut saya orang tionghoa. tapi karena nenek buyut saya muslim, dan karena kakek buyut saya kembali ke tempat asalnya (dan hanya membawa anak pertamanya), saya tidak tahu asal usul kakek buyut saya. kakek saya pun mengganti namanya dengan nama sunda, dan kakek saya juga tidak memperkenalkan tentang keluarganya. padahal, sayang sering penasaran. saya juga tertarik dengan budaya tiongkok. tapi belajar sendiri itu susah.

  10. Nama saya Billy Kalandra Dewantoro
    Saya anak ke 3 dari 3 bersaudara
    Marga papah saya liem dan marga mamah saya tan
    saya lahir tahun 1997
    Bisa minta tolong dibuatkan nama tionghoa ?
    terima kasih

    1. Halo Billy,
      Nama menyangkut masalah pribadi. Sebaiknya tanyakan ke orang tua anda untuk persetujuannya. Nama tidak bisa seenaknya diganti dan diubah apabila tidak suka. Itu akan melekat selamanya hingga akhir hayat anda.

      Demikian info & salam hangat

      1. Saya ingin memberi nama cucu laki laki saya,yang lahir pada 17 Agustus 2015 jam 08.15 pagi,nama apa sebaiknya bisa diberikan pada cucu saya tsb?saya dari marga Tan.terima kasih atas sarannya.Salam.

  11. Dedi Oktaviano 邱俊雄
    Apakah marga khek saya dalam hanzi dan dalam tatanan marga siapa sisilah dr marga Hiu/qiu

  12. salam kenal semuanya…
    saya indah / kam mey shiang, sy py 2 anak perempuan, pgn kasih nama chinese, kira” gmn / ke siapa ya?
    tolong email ke saya ya
    Makasih info nya ya

  13. Salam kenal,
    Nama saya Hendry nama tionghoa saya Jap Thien Sun ( 葉天順).
    Saya mempunyai anak yang baru berumur 3 bulan,sekarang ini saya bingung ingin memberi nama tionghoa untuk anak saya (perempuan).
    Apakah bisa dibantu nama tionhoa yang baik untuk anak saya?
    Sempat terpikir ingin memberi nama Jap Kim San (葉金山)atau Jap Kim Sim (葉金心), apakah boleh/tepat?

    Terima kasih atas tanggapan dan masukkannya..

    1. Halo Hendry Jap,
      Pertama-tama selamat atas kelahiran putri dari Hendry. Untuk pemilihan nama Tionghoa sepenuhnya diserahkan kepada kesepakatan anda dan istri.
      Pada dasarnya kedua nama diatas sama baiknya, baik Ye Jinshan* (葉金山) maupun Ye Jinxin* (葉金心); namun karakter gunung “山” cenderung lebih cocok digunakan kepada anak laki-laki sebagai perlambang KETEGUHAN; anak perempuan anda lebih cocok jika menggunakan karakter Xin “心” yang secara harafiah berarti “hati emas”, secara makna berarti punya HATI YANG BAIK/MULIA.

      *Sebagai catatan, penulisan pinyin didadarkan pada pelafalan Mandarin/huayu, karena secara pribadi saya kurang mengerti pelafalan Hokkian. Mohon dimaafkan.

      Demikian info & salam hangat untuk anda sekeluarga 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Jangan jadi penulis dengkulan, yg bermodal Copas artikel Tionghoa.INFO!