Last Updated on 16 August 2021 by Herman Tan

Marga Zhou (Hanzi : 周, Pinyin : Zhou) merupakan salah satu marga terbesar Tionghoa di dunia. Berdasarkan data dari situs Baidu, marga Zhou merupakan marga terbesar ke-9 di Tiongkok daratan, atau sekitar 2,1% dari Suku Han Tiongkok. Sementara menurut situs Wikipedia, jumlah pengguna marga ini berada di urutan ke-10 di Tiongkok daratan.

Marga ini masuk dalam 10 besar marga yang umum digunakan sejak jaman Dinasti Yuan (1271–1368).

Penulisan ejaan lain untuk Marga Zhou

♦ Dalam bahasa/dialek Hokkian dan Teochew (wilayah Fujian dan sekitarnya), marga Zhou disebut dengan “Chew”,
♦ Dalam bahasa/dialek Kanton (wilayah Guangdong dan Hongkong), orang-orang menyebutkannya “Chow”.

♦ Di wilayah yang menggunakan tulisan latin Wade-Giles seperti Taiwan, Zhou biasanya dieja menjadi Chou, Chau, Chao, Chiu, dan Cho.
♦ Sedangkan penyebutannya di Korea adalah “Joo” atau “Ju”, dan di Vietnam disebut sebagai “Châu” atau “Chu.”

Baca juga : Daftar Urutan Marga Tiongkok (Tionghoa)

Asal Usul Marga Zhou

Terdapat 2 asal usul marga Zhou 周, yakni (1) berasal dari nama Dinasti Zhou (1046 – 256 SM) yang digunakan oleh Raja Zhou Wen Wang 周文王 dan keturunannya, dan (2) pergantian marga Ji di jaman Dinasti Tang.

1. Dari Dinasti Zhou (周朝; Zhou Zhao)

Zhou Nan Wang
Zhou Nan Wang (ilustrasi : pinterest)

Dinasti Zhou adalah Dinasti yang berkuasa di daratan Tiongkok pada tahun 1066 hingga 256 SM. Setelah Pemerintahan Dinasti Zhou digantikan oleh Dinasti Qin pada tahun 221 SM, kaisar terakhir Dinasti Zhou, Kaisar Zhou Nan Wang 周赧王 beserta keluarga dan sisa2 bangsawan Dinasti Zhou kemudian diasingkan ke kabupaten Lin Ru, Provinsi Henan.

Masyarakat setempat menyebutnya sebagai Keluarga Zhou. Keluarga Raja Zhou dan bangsawan2 nya yang masih setia kemudian mengganti marganya menjadi marga Zhou. Karena itu, kaisar pertama Dinasti Zhou, Zhou Wu Wang 周武王 (anak dari Zhou Wen Wang) dianggap sebagai leluhur marga Zhou.

2. Berasal dari Marga Ji (姬)

Pada zaman Dinasti Tang (618  – 907 M), tepatnya di masa pemerintahan Kaisar Tang Xuanzong 唐玄宗. Nama aslinya adalah Li Long Ji 李隆基, cucu dari Kaisar wanita Wu Zetian 武则天.

Karakter Ji (基) yang terdapat pada nama kaisar ini memiliki nada yang mirip dengan karakter Ji (姬) dalam marga. Oleh karena itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebagian besar warga yang bermarga Ji (姬) mengubah marga mereka menjadi Marga Zhou (周).

Baca juga : Bai Jia Xing : Asal Usul Marga Tionghoa di Indonesia

Tokoh-tokoh Marga Zhou Yang Terkenal

1. Zhou Yu (Hanzi : 周瑜; rentang hidup 175 – 210) : Seorang Jenderal militer ternama Kerajaan Wu pada jaman Samkok 三国.

2. Chow Yun-fat (Hanzi : 周润发; Pinyin : Zhou Runfa; kelahiran 1955) : Adalah seorang aktor terkenal asal Hong Kong.

3. Stephen Chow (Hanzi : 周星馳; Pinyin : Zhou Xingchi; kelahiran 1962) : Adalah aktor dan sutradara asal Hong Kong, yang terkenal dengan filmnya Shaolin Soccer (2001) dan Kungfu Hustle (2004).

4. Zhou Enlai (Hanzi : 周恩来; rentang hidup 1898 – 1976) : Adalah Perdana Menteri pertama (PM) Republik Rakyat Tiongkok (1 Oktober 1949 hingga 8 Januari 1976).

By Herman Tan

One Smile Return to the East. Follow Facebook & Twitter @tionghoainfo untuk info2 terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *