7 Macam Obat Cina Legendaris dan Khasiatnya Yang Masih Banyak Dipakai (PART 1)

Sejak jaman dulu, khasiat obat-obatan tradisional tionghoa (obat cina) sudah terpercaya, digunakan oleh orang tua dan kakek nenek kita, serta diwariskan secara turun temurun sebagai resep pengobatan keluarga. Obat-obat yang pada umumnya terbuat dari bahan-bahan herbal alami dan hewani, diyakini jauh lebih aman untuk dikonsumsi daripada obat-obatan kimiawi yang lebih banyak memberikan efek samping pada tubuh. Berikut beberapa macam obat cina legendaris beserta khasiatnya, yang masih banyak dipakai hingga saat ini di kalangan Tionghoa :

1. An Kung, Angkung, An Gong Niu Huang atau Angong Niu Huang Wan

An Kung Niu Huang Wan (Hanzi : 安宫牛黄丸) adalah salah satu obat (gejala awal) stroke legendaris di kalangan etnis Tionghoa. Memperlancar penyumbatan pembuluh darah dalam otak saat terbentur.

The Golden Time, atau periode waktu emas dalam menolong pasien stroke adalah 1 hingga 3 jam pertama. Obat ini dapat digunakan sebagai pertolongan pertama, setetelah itu segera dibawa ke rumah sakit, setidaknya akan menyelamatkan lebih dini kerusakan bagian otak agar tidak meluas.

Obat China An Kung Niu Huang Wan yang beredar (keduanya original) ada 2 macam. Keduanya memiliki kandungan yang sama persis. Namun, komposisi resep obat Ang Kung buatan (bergambar) Li Shih Chen, herbalist legendaris era Dinasti Ming dipercaya yang terbaik.

Khasiat dari An Kung Niu Huang Wan antara lain :

Loading...

♦ Memulihkan koma, kejang akibat panas tinggi
♦ Mengantisipasi stroke agar tidak berlanjut lebih serius.
♦ Radang Selaput otak atau meningitis.
♦ Mengencerkan darah agar aliran darah lancar memasuki pembuluh darah halus di otak agar tidak terjadi kematian sel-sel otak.

Dosis umum : 

♦ Usia 5-10 Tahun- 1 x 1/2 Butir
♦ Di bawah 3 tahun : 1 x 1/4 Butir (selengkapnya lihat petunjuk penggunaan)

Catatan** : Perbedaan antara Angong Nihuang Wan Tong Ren Tang dengan An Kung Niu Huang Wan Li Shin Zhen

Pada awal mulanya An Kung Niu Huang Wan keluaran Tong Ren Tang maupun Li Shin Zhen berasal dari satu pabrik, sebelum akhirnya pada tahun 80-an terjadi kongsi perpecahan.

Namun secara garis besar perbedaan dari kedua merek ini adalah :

1. Pada Angong Tong Ren Tang terdiri dari 9 macam komposisi, sedangkan pada Ankung Li Shin Zhen terdiri dari 7 macam komposisi.

2. Selain itu dosis pemakaiannya juga berbeda, dimana Angong Tong Ren Tang diminum 1 kali sehari, sedangkan pada Ankung Li Shin Zhen sehari diminum 2 kali sehari untuk memperoleh hasil yang sama (lebih ringan dosis per kotaknya).

Estimasi harga : Rp.350.000 s/d Rp.550.000 per kotak; Rp.3.500.000 s/d Rp.5.500.000 per pack (isi 10 kotak); ada juga yang Rp.2.200.000 untuk 1 butir/kotak kecil.
Referensi : zh.wikipedia.org
Dapat dibeli di : Tokopedia (bukan bermaksud promosi toko tertentu, hanya untuk mempermudah pembaca saja, dapat dicari berdasarkan penjualan, review pembeli, dan harga yang layak di toko fisik/online lainnya)

2. Pianzihuang atau Pien Tze Huang, dijuluki Rajanya Para Obat

Pianzihuang atau Pien Tze Huang (Hanzi : 片仔癀) dalam bahasa Mandarin kira-kira berarti “Hanya dengan satu tablet (pien) dapat menyembuhkan peradangan (huang)”. Obat antibiotik yang sering dijuluki “raja obat” karena harga dan manfaatnya ini merupakan salah satu obat legendaris yang banyak digunakan etnis Tionghoa untuk menyembuhkan luka pasca operasi, memelihara kesehatan fungsi hati, dan berbagai penyakit yang berhubungan dengan infeksi atau peradangan.

Loading...

Pien Tze huang merupakan ramuan tradisional negeri Tiongkok yang diturunkan secara turun temurun dan sangat dijaga kerahasiannya. Ramuan ini dipercaya telah ada sejak abad ke 16, dan konon hanya perusahaan Zhangzhou Pien Tze Huang Pharmaceutical Co Ltd, Fujian – Tiongkok yang tahu komposisi sebenarnya dari obat ini. Di Indonesia, distributor resminya saat ini dipegang oleh PT.Saras Subur Ayoe/Abadi.

Salah satu cara mengecek keaslian produk Pien Tze Huang adalah dari stiker hologram.

Khasiat dari Pien Tze Huang :

♦ Menyembuhkan luka (mencegah infeksi; mengeringkan luka dari dalam) setelah operasi.
♦ Memelihara kesehatan fungsi organ hati.
♦ Mempercepat penyembuhan luka akibat terkena benda tajam.
♦ Melancarkan peredaran darah dalam tubuh.
♦ Melawan infeksi akibat bakteri, menyembuhkan batuk berdahak, dan lain sebagainya.

Dosis umum :
♦ Sesudah operasi : Diminum 3 x 0.5 gram (1 Kapsul), lama pemakaian setiap hari 2 – 3 sesudah operasi.
♦ Melindungi kesehatan hati : Diminum 3 x 0.5 gram (1 Kapsul), lama pemakaian diminum setiap hari berturut-turut dalam bulan.
♦ Melindungi hati dari efek negatif alkohol : Diminum 0.5 gr sebelum minum, kemudian 0.5 gr setiap 8 jam berikutnya.
♦ Luka Bakar & berbagai jenis peradangan : Diminum 3 x 0.5 gram (1 Kapsul), lama pemakaian setiap hari untuk 3 – 14 hari (selengkapnya lihat petunjuk penggunaan).

Untuk lebih amannya, jangan mengkonsumsi obat ini bersama obat dokter. Setidaknya beri jeda waktu sekitar 4 jam.

Obat Pien tze huang saat ini cukup banyak terjadi pro kontra di kalangan masyakarat dan dunia kedokteran. Konon obat ini tidak lagi dianjurkan dipakai setelah pasca operasi di rumah sakit besar Tiongkok, karena bisa berefek pendarahan, atau luka operasi tidak kunjung mengering. Tapi ada kemungkinan obat yang digunakan tidak cocok, atau produk palsu (kualitasnya dibawah standar).

Menurut orang2 kedokteran, jaman sekarang antibiotik modern sudah jauh lebih canggih, jadi tidak perlu Pien tze huang lagi. Sementara sebagian orang berpendapat bahwa jika dunia kedokteran modern saat ini mereferensikan Pien Tze Huang, nanti obat-obatan antibiotik buatan mereka tidak akan laku lagi. Inilah yang terjadi ketika pengobatan medis dan pengobatan tradisional bertemu di satu titik.

Estimasi harga : Rp.950.000 s/d Rp.1.050.000 per dus kecil (isi 1 butir @3 gram, ditumbuk menjadi 6 @0,5 gram per bagian kapsul); Rp.8.700.000 s/d Rp.9.850.000 per pack (isi 10 dus kecil)
Referensi : Mandjur.co.id
Dapat dibeli di : Tokopedia (bukan bermaksud promosi toko tertentu, hanya untuk mempermudah pembaca saja, dapat dicari berdasarkan penjualan, review pembeli, dan harga yang layak di toko fisik/online lainnya)

3. Yunnan Baiyao, Pertolongan Pertama Akibat Pendarahan

Yunnan Baiyao (hanzi : 云南白药) merupakan salah satu obat yang paling dikenal luas, dan telah banyak digunakan di Asia selama bertahun-tahun. Obat ini utamanya sangat bagus untuk mengobati segala jenis luka luar, nyeri, dapat menghentikan perdarahan, menghilangkan nyeri, bengkak, memar, serta mengobati patah tulang yang diakibatkan luka jatuh atau luka terpukul (luka dalam), dan sangat bagus bagi yang akan menjalankan operasi.

Obat yang termasuk salah ke dalam satu dari 8 obat legendaris versi Tionghoa.INFO ini ditemukan oleh Dr. Qu Huangzhang in Yunnan, Tiongkok, dan menjadi sangat terkenal karena digunakan pada saat Perang Dunia ke 2 saat Jepang menginvasi Tiongkok; dan pada saat Vietnam diserang AS, dimana saat itu (perang vietnam) telah menyelamatkan puluhan ribu nyawa prajurit Vietnam dari luka parah dan ancaman kematian!

Obat ini tersedia hampir di semua toko obat, karena harganya cukup terjangkau. Rata2 keluarga Tionghoa menyimpan 1 di rumah buat antisipasi.

Khasiat dari Yunnan Baiyao :

♦ Menghentikan pendarahan, menghilangkan nyeri, bengkak dan memar, serta mengobati patah tulang akibat terjatuh / terpukul.
♦ Mengobati radang lambung menahun, nyeri lambung, radang usus, tukak lambung dan usus serta pendarahan pada saluran pencernaan dan pernapasan.
♦ Menghentikan pendarahan berlebihan saat haid dan setelah melahirkan.
♦ Mengobati wasir yang disertai nyeri, bengkak dan pendarahan.

Dosis umum : 

♦ Pada luka ringan akibat terjatuh, dipukul , memar : Diminum sehari 4x, sekali minum 1 – 2 kapsul, 3 kotak sebagai 1 seri pengobatan.

♦ Jika luka dirasa berat, minum terlebih terlebih dahulu satu butir pil keselamatan yang berwarna merah (bao xian zi), kemudian minum Kapsul Yunnan Baiyao 4×2 kapsul sehari; 15 kotak sebagai satu seri pengobatan.

Tampak pil merah dalam strip Yunnan Baiyao. Gunakan hanya pada saat keadaan darurat!

Yunnan Baiyao berguna untuk semua jenis luka luar dan segala jenis operasi. Khusus obat ini, rata-rata dokter di Tiongkok menganjurkan agar pasiennya untuk memakan Yunnan Baiyao sebelum operasi, karena berdasarkan hasil penelitian, obat ini dapat mengurangi pendarahaan pada saat operasi, mempercepat waktu pemulihan pasca operasi, serta tidak mengganggu obat anastesi barat, sehingga aman digunakan bersamaan.

Pil Merah (Bao Xian Zi) yang terdapat pada tengah setiap strip (1 butir pil merah per strip) disarankan hanya dikomsumsi pada saat terjadi luka berat atau pendarahan serius. Pil merah tidak berfungsi menghentikan pendarahan, tetapi berfungsi untuk mencegah terjadinya shock akibat kehilangan banyak darah. Tidak disarankan untuk mengkonsumsi lebih dari satu per hari.

Estimasi harga : Rp.70.000 s/d Rp.85.000 per dus (isi 16 kapsul)
Referensi : Mandjur.co.id
Dapat dibeli di : Tokopedia (bukan bermaksud promosi toko tertentu, hanya untuk mempermudah pembaca saja, dapat dicari berdasarkan penjualan, review pembeli, dan harga yang layak di toko fisik/online lainnya)

4. Duzhong Bu Tian Wan, Obat Ginjal Terkenal

Duzhong Bu Tian Wan (Hanzi : 杜仲補天丸), atau Duzhong Bu Tian Su Pian (杜仲补天素片) adalah obat untuk lemah ginjal, kencing yang tidak teratur (tengah malam), sakit pinggang atau lemah punggung bagian bawah, nyeri sendi yang berhubungan dengan trauma atau penuaan, dan lutut lemas.

Du Zhong Bu Tian Su Pian dalam model kemasan kotak, kemasannya sendiri ada yang berwarna biru, dan adapula dikemas dalam kemasan botol.

Estimasi harga : ±200.000 / botol (isi 100 pil);  ±150.000 / pack (isi 120 pil)
Dosis umum : 3 pil, 2x sehari
Kontraindikasi : Hentikan pemakaian selama pilek dan flu. Dilarang selama proses kehamilan.

5. Fufang Ejiao Jiang

Fufang Ejiao Jiang (Hanzi : 复方阿胶浆) merupakan salah satu obat herbal yang berkhasiat sebagai penambah trombosit darah pada penderita demam berdarah, menaikan hemoglobin (hb) dsb, yang terbuat dari bahan-bahan herbal alami berkualitas. Obat ini diproduksi oleh Shandong Dong Ejiao Co Ltd, dengan distributor resmi di Indonesia saat ini dipegang oleh Saras Subur Abadi. Obat ini berbentuk cairan berwarna coklat dengan rasa manis.

Salah satu yang menyebabkan perbedaan harga adalah adanya label izin BPOM. Tampak pada foto terdapat kode POM TI, TI artinya “Obat tradisional Import”

Khasiat dari Fufang Ejiao Jiang :

♦ Membantu mempercepat pemulihan pasca sakit demam berdarah.
♦ Membantu meredakan HAID dan melancarkan HAID yang tidak teratur.
♦ Baik digunakan bagi pasien Kemoterapi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Dosis umum :

♦ Diminum sehari 3 x 20 ml (selama 30 hari sebagai 1 seri pengobatan)
♦ Untuk menjaga kondisi tubuh diminum sehari 1-2 x 20 ml

Estimasi harga : Rp.180.000 s/d Rp.235.000 per dus (isi 12 botol @20 ml)
Referensi : Mandjur.co.id
Dapat dibeli di : Tokopedia (bukan bermaksud promosi toko tertentu, hanya untuk mempermudah pembaca saja, dapat dicari berdasarkan penjualan, review pembeli, dan harga yang layak di toko fisik/online lainnya)

6. Tian Wang Bu Xin Wan

Tian wang bu xin Wan (Hanzi : 天王补心丸) merupakan salah satu obat yang terbuat dari bahan-bahan herbal alami, sehingga aman dikonsumsi dan tanpa efek samping. Obat ini banyak digunakan untuk melancarkan sirkulasi darah, sebagai penambah darah, membantu menyehatkan fungsi ginjal, menguatkan jantung yang lemah, jantung yang berdebar/palpitasi, dan membantu menenangkan pikiran (gelisah, susah tidur nyenyak, insomnia).

Obat Tian Wang Bu Xin Wan sudah ada sejak zaman dinasti Ming (368–1644 M). Konon resep obat ini pertama kali dituliskan oleh seorang herbalist yang bernama Hong Ji In, dalam buku catatannya “Shesheng Mipou” pada tahun 1638. Khasiat obat ini hasilnya akan lebih berefek jika dikombinasikan/diminum bersama jenis obat-obatan yang lain, khusus untuk jantung koroner, insomnia dan sindrom menopause.

Tian Wang Bu Xin Dan, obat untuk memperlancar sirkulasi darah

Dosis umum :

Diminum sehari 3x, sekali minum 8 pil. Sebaiknya dikonsumsi sebelum makan. 1 botol untuk konsumsi selama 8 hari. Biasanya agar khasiatnya terasa dan gejala mulai berkurang membutuhkan 1 kali terapi selama 30 hari, atau 4 botol.

Estimasi harga : Rp.48.000 s/d Rp.50.000 per botol (isi 200 tablet)
Referensi : Mandjur.co.id
Dapat dibeli di : Tokopedia (bukan bermaksud promosi toko tertentu, hanya untuk mempermudah pembaca saja, dapat dicari berdasarkan penjualan, review pembeli, dan harga yang layak di toko fisik/online lainnya)

7 . Wei Feng Ling

Wei Feng Ling (Hanzi : 胃风灵) atau nama Indonesianya “Sehat Pencernaan” merupakan salah satu produk herbal yang memiliki khasiat untuk mengatasi masalah pencernaan yang tidak baik, seperti asam lambung, mual, perut kembung dan rasa sesak pada ulu hati.

Wei Feng Ling, obat untuk mengatasi masalah pencernaan

Dosis umum :

Dewasa 3x sehari @ 4 pil, anak-anak 3x sehari @ 2 pil.

Estimasi harga : Rp.35.000 s/d Rp.50.000 per botol (isi 100 tablet @250 mg)
Referensi : Mandjur.co.id
Dapat dibeli di : Toko obat tradisional Tionghoa

Catatan penulis :

1. Obat-obat diatas pada umumnya dapat dibeli di toko obat cina/toko obat tradisional milik etnis Tionghoa. Sebagian juga sudah dapat ditemukan di toko2 online dengan penjual yang terpercaya.
2. Hati hati obat palsu, jangan tergiur harga murah dibawah pasaran, namun kualitasnya dibawah standar.
3. Untuk pengidap penyakit komplikasi, tetap konsultasikan ke dokter. Jangan sampai efek obatnya bertabrakan. Resiko ditanggung penumpang masing2.
4. Artikel ini baru rangkanya saja, revisi dan penambahan jenis-jenis obat yang lain sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan isi.
5. Mengingat makin banyaknya obat-obat Tiongkok bermerek baru, maka untuk mempersempit pembahasan artikel ini dikhususkan untuk obat-obat bermerek lama yang sudah dikenal luas masyarakat etnis Tionghoa di Indonesia.
6. Mohon bagi yang ingin meng-copy/menyebarluaskan artikel ini agar mencantumkan sumber link aktif media Tionghoa.INFO, karena penulis telah rela bergadang bermalam-malam hanya demi kesempurnaan isi artikel ini.

Special thanks : Segenap pembaca Tradisi dan Budaya Tionghoa yang sudah memberikan masukan yang sangat berarti.

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...