Niu Nai Liang (牛奶凉), Obat Batuk Anak-Anak dan Balita

Niu Nai Liang (牛奶凉) dikenal sebagai salah satu obat batuk khusus untuk bayi dan balita yang mengalami panas dalam, batuk, dan berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan tenggorokan. Selain itu, Niu Nai Liang juga baik untuk mengobati sakit perut dan menyehatkan fungsi pencernaan.

Kemasan Niu Nai Liang sendiri cukup menarik dengan perpaduan warna putih biru muda dan oranye, sehingga tampak menarik bagi anak-anak. Di dalamnya, terdapat 1 buah botol cokelat dengan isi cairan obat batuk sebanyak 100 ml. Terdapat tulisan “Niu Nai Liang” dan juga nomor POM di kemasannya.

Obat batuk Niu Nai Liang sendiri memiliki rasa manis, sehingga akan terasa enak di lidah anak-anak. Di kemasan bagian depannya pun terdapat gambar balita dan anak-anak, yang menegaskan bahwa kandungan obat yang satu ini memang khusus diracik khusus untuk anak-anak.

Niu Nai Liang sendiri juga terbukti aman untuk dikonsumsi, sebab telah terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dengan nomor TI 094 639 271. Di Indonesia sendiri, Niu Nai Liang didistribusikan oleh PT. Saras Subur Ayoe. Meskipun begitu, obat ini diproduksi di Tiongkok, tepatnya oleh Guandong Enterlife Pharmaceutical Co.

Orang tua mana yang tahan melihat anaknya mengalami sakit. Apalagi panas dalam yang sangat rentan muncul pada balita/anak-anak, dengan gejala seperti bibir pecah-pecah, demam, tubuh lemas, kehilangan nafsu makan, sariawan, dan sebagainya, sudah tentu akan sangat menyiksa kondisi fisik balita yang jelas masih lemah.

Niu Nai Liang, hhmm, manis dan enak rasanya 🙂

Baca juga21 Macam Obat Cina Legendaris dan Khasiatnya Yang Masih Banyak Dipakai (PART 3)

Begitu pula dengan penyakit tenggorokan seperti batuk berdahak maupun tak berdahak (batuk kering), hidung tersumbat, dan gejala lainnya. Kandungan yang terdapat dalam obat Niu Nai Liang ini berasal dari bahan-bahan herbal alami, yang sudah tentu aman dikonsumsi oleh bayi/balita yang masih dalam masa pertumbuhan.

Loading...

A. Khasiat Obat Batuk Niu Nai Liang

1. Meredakan panas dalam dan batuk : Niu Nai Liang memiliki kandungan zat Armeniacae, yang berdasarkan penelitian mampu membersihkan paru-paru dan menghilangkan batuk. Selain itu, terdapat pula kandungan Chrysanthemi yang merupakan zat alami pencegah panas dalam.

2. Membantu mengencerkan dahak : Masih dengan bantuan zat Armeniacae yang mampu mengencerkan dahak agar mudah dikeluarkan.

3. Membantu meredakan sesak nafas atau asma : Dengan kandungan Forsythiae fructus yang mampu menghilangkan racun pada tubuh.

4. Menjaga kesehatan lambung dan sistem pencernaan : Dengan kandungan Crataegi Fructus yang memiliki khasiat untuk meningkatkan sistem pencernaan dan nafsu makan, juga menghilangkan gas pada lambung.

5. Mengobati kembung, rasa mual, dan diare : Dengan kandungan Crataegi fructus dan Citri reticulate pericarpium untuk mengatasi rasa nyeri dan kembung akibat kadar gas dalam lambung yang tinggi.

B. Dosis dan Cara Pakai Obat Batuk Niu Nai Liang

♦ Untuk bayi usia di bawah 1 tahun : Minum 3x dalam sehari, diutamakan setelah makan. Setiap kali diminum, berikan dosis sebanyak 4-5 ml (1 sendok teh).

♦ Untuk balita (1-5 tahun) : Minum 3x dalam sehari, diutamakan setelah makan. Setiap kali minum, berikan dosis 8-10 ml (2 sendok teh).

♦ Untuk anak-anak di atas 5 tahun : Minum 3x dalam sehari, diutamakan setelah makan. Setiap kali minum, berikan dosis 15 ml (3 sendok teh).

Niu Nai Liang juga bisa diminum secara rutin walaupun anak-anak sehat, untuk mencegah penyakit pada organ pernafasan dan pencernaan. Karena obat ini sebetulnya merupakan bahan-bahan herbal, maka tidak akan memberikan pengaruh/efek samping pada tubuh.

Untuk penggunaan rutin, campurkan sesuai dosis dengan ditambahkan air atau susu.

Loading...

C. Komposisi Obat Batuk Niu Nai Liang

• Citri Reticulate Pericarpium (30 ml) : Citri Reticulate pericarpium ini berasal dari kulit jeruk yang dikeringkan. Kulit jeruk sendiri mengandung cukup banyak vitamin C, sehingga sangat mujarab untuk mengobati panas dalam dan meredakan batuk. Selain itu, zat inilah yang berfungsi untuk meredakan pencernaan yang terganggu.

• Aqua Chrysanthemi (20 ml) : Zat herbal ini berasal dari bunga krisan (菊花; Júhuā), yang mengandung berbagai zat yang sangat baik untuk kesehatan paru-paru. Bunga krisan sendiri memang cukup banyak ditanam di daratan Tiongkok, terutama di daerah Shanxi, Gansu, Henan, Anhui, Zhejiang, dan Jiangxi.

• Aqua Forsythiae Fructus (13 ml) : Merupakan tanaman herbal Tiongkok yang banyak tumbuh di daerah Henan, Shanxi dan Shaanxi yang bernama lokal 连翘 (lián qiáo). Tanaman berfungsi sebagai zat anti peradangan, zat anti bakteri, dan juga antivirus, sehingga sangat ampuh membantu meredakan flu dan penyakit gangguan pernapasan.

• Aqua Armeniacae (10 ml) : Berasal dari tumbuhan sejenis kacang-kacangan yang memiliki nama lain Ku Xing Ren (hanzi : 苦杏仁), yang sangat baik untuk menjaga kesehatan paru-paru dan fungsi usus besar, juga mampu meredakan batuk berdahak.

• Crataegi Fructus (5 ml) : Tanaman sejenis hawberry ini sendiri merupakan tanaman herbal yang tumbuh subur di daratan Tiongkok, dengan nama lokal 山楂 (Shānzhā) yang memiliki rasa asam-manis dan sedikit hangat. Zat yang terkandung dalam tanaman ini berfungsi untuk menyehatkan saluran pencernaan, meghentikan diare, dan juga memperlancar peredaran darah.

D. Harga Obat Batuk Niu Nai Liang

Di pasaran, Niu Nai Liang dapat ditemukan dengan kemasan 100 ml. Harga obat batuk ini berada pada rentang Rp 50.000.- hingga Rp 75.000,-.

Pastikan Anda membeli obat batuk Niu Nai Liang asli, dengan cap BPOM di kemasannya, serta perhatikan pula tanggal kadaluarsanya. Setelah dibuka, sebaiknya kemasan Niu Nai Liang disimpan di tempat kering dan terhindar dari sinar matahari langsung.

Loading...

The following two tabs change content below.

diraliya

I'm a twenty-something years old woman who currently works as a content writer freelancer. I took a major of Chemical Engineering at Institut Teknologi Bandung, wishing that I could learn about what interests me. The wide scope of chemical engineering's knowledge let me learned much within small amount of time.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

error: eits, mau ngapain nih?
Loading...