Last Updated on 11 March 2020 by Herman Tan

Di Tiongkok, angka hoki memiliki pengucapan yang mirip dengan kata yang memiliki makna ‘untung’. Angka 8 adalah angka yang dianggap paling membawa keberuntungan / hoki. Dalam tingkat yang lebih rendah, angka 2, 6, dan 9 juga dianggap angka hoki, sedangkan angka 4 adalah angka yang dianggap paling membawa sial di Tiongkok.

Melengkapi kepercayaan tentang angka-angka ini, fengshui dan shio juga menyebutkan angka hoki untuk lokasi-lokasi dan masing-masing orang.

A. Angka Paling Hoki di Tiongkok : 8


‘8’ adalah angka paling digemari di Tiongkok modern, karena erat hubungannya dengan kekayaan dan keberuntungan, Orang Tionghoa menyukai angka ini, baik untuk hal2 yang sepele hingga peristiwa2 penting. Angka 8 mendapat prioritas tertinggi ketika menentukan jumlah piring untuk dibeli, sampai keputusan untuk membeli rumah.

Contoh, apartemen di lantai 8 paling laku dibanding apartemen lain di keseluruhan bangunan. Atau, rumah yang memiliki nomor rumah angka 8 akan dianggap lebih mendatangkan hoki. Plat mobil dengan nomor 8 juga dapat dijual lebih tinggi daripada plat nomor mobil biasa. Nomor ponsel juga lebih disukai yang memiliki satu atau lebih angka 8.

Secara umum, angka 8 dihubungkan dengan kekayaan, kesuksesan, dan status sosial.

B. Mengapa Angka 8 Itu ‘Untung’?

Angka 8 dianggap hoki dan difavoritkan warga Tionghoa karena maknanya, baik dalam kebudayaan tradisional maupun modern.

1. Taoisme Tradisional

8 arah dalam Taoisme

Dalam Budaya Tao, angka 8 dihubungkan dengan kelengkapan dan keutuhan. Menurut I Ching (易经), bagua (八卦) atau delapan trigram adalah dasar yang menciptakan segalanya.

8 Arah (八方, Bafang) merepresentasikan seluruh alam semesta dalam konsep spasial penganut Tao. Ke-8 arah ini juga digunakan untuk menafsirkan takdir seseorang, seperti dalam Bazi (八字), metode ramalan Tiongkok yang menggambarkan hidup seseorang berdasarkan 2 angka tanggal kelahiran, 2 angka bulan kelahiran, 2 angka tahun kelahiran, dan 2 angka jam kelahiran orang tersebut.

2. Bisnis Modern

Di Tiongkok modern, ‘8’ dihubungkan dengan kekayaan. ‘Delapan’ (八) dalam Bahasa mandarin dilafalkan ‘ba’ dan terdengar mirip dengan fa (发). Contoh : facai 发财, yang bermakna “kaya” atau “menjadi kaya dalam waktu singkat”. Maka dari itu, angka 8 dikatakan sebagai undangan untuk mendatangkan kekayaan.

Menghubungkan angka ‘8’ dengan uang, dipercayai berasal dari budaya Kanton, terutama di Hongkong, sebuah pusat bisnis dan menjadi populer dengan cepat di wilayah lain di Tiongkok, karena Negara beserta penduduknya mengejar perkembangan ekonomi, dan keberhasilan mereka dalam meraih kekayaan.

C. Kalimat Atau Ungkapan Yang Dihubungkan Dengan Angka 8

Dalam bahasa mandarin, ‘8’ muncul dalam banyak ungkapan tentang ‘keuntungan’, dimana sering juga dikombinasikan dengan arti angka ini secara tradisional dan modern. Contohnya :

♦ “Bamian laicai.” (八面来財. 8 arah datangnya kekayaan), yang artinya kekayaan datang dari berbagai ujung dunia.

♦ “Bamian chunfeng” (八面春风, 8 sisi angin musim sepi’), yang artinya angin musim semi datang dari delapan arah, mengungkapkan harapan bahwa seseorang akan mendapat keberuntungan, apapun yang orang tersebut usahakan.

♦ Karakter fachun (发春, menambah kekayaan + musim semi), kalimat ini sering dipajang saat Imlek, yang menggambarkan harapan2 untuk kekayaan yang terus bertambah di tahun2 berikutnya.

D. Contoh Kegemaran Masyarakat Tiongkok Terhadap Angka 8

A. Olimpiade Beijing Tahun 2008


Mungkin contoh terbaik
yang menunjukkan kecintaan orang Tiongkok pada angka 8, ditunjukkan dengan bagaimana angka tersebut muncul dalam Olimpiade tahun 2008 di Beijing.

Upacara pembukaan dilakukan tepat pada jam 8 lebih 8 menit 8 detik, pada tanggal 8 Agustus, bulan ke-8, pada tahun ke-8 abad ke-21. Hal ini sebagai wujud harapan kemenangan pada mayoritas cabang kompetisi, dan membawa kesuksesan bagi Negara.

B. Tanggal Lahir

Pasangan Chinese juga ingin memberikan unsur angka ini pada anak-anak mereka. Tahun 2008, ada 170 juta bayi dilahirkan, jumlahnya 5 juta lebih tinggi dibanding tahun 2007, menciptakan rekor sejak awal tahun 1990-an. Kebanyakan bayi dilahirkan sekitar bulan Agustus (bulan ke-8). Banyak yang berharap bahwa keberuntungan angka 8 akan membawa hoki untuk anak mereka.

C. Nomor Plat Mobil

Kegemaran warga Tiongkok akan angka 8 dapat dilihat bahkan dalam hal kecil, seperti plat mobil. Tahun 2014, dua plat mobil bernomor “8888” terjual dengan harga fantastis, yakni masing-masing RMB 12 juta (sekitar 24 miliar) dan RMB 17,2 juta (34,4 miliar) secara terpisah di Zhengzhou dan Shenzhen.

D. Nomor Rumah, Nomor Telepon, dan Tanggal Pernikahan

Dalam memilih hunian (apartemen atau lantai ke berapa), nomor telepon, atau tanggal momentum penting seperti pernikahan, lamaran, dan lain-lain, lebih disukai jika terdapat angka 8 di dalamnya.

E. Atraksi Turis Yang Berhubungan Dengan Angka ‘8’

♦ Bagian yang paling sering dikunjungi wisatawan di Tembok Besar Cina adalah Badaling ‘8 Barisan (Gunung) Besar’.
Delapan Kuliner Besar (八大菜, Bada cai) adalah landasan dari kebudayaan masakan Tiongkok yang mendalam dan bervariasi.

Bagian Huangyaguan di Tembok Besar Cina memiliki delapan sisi labirin seperti bagua Tao.
Kata ‘pagoda’ berarti ‘menara 8 sisi’ (八角塔, Bajiao ta), dan di Tiongkok sendiri banyak pagoda yang wajib dikunjungi, misalnya Pagoda Besi di Kaifeng.

♦ Bajiaozhai (八角寨) — ‘Gunung Desa Sisi 8’ adalah salah satu wilayah Guilin yang terkenal karena formasi jalan batunya yang menarik.

F. Angka-Angka Hoki Yang Lain

Meskipun angka 8 adalah angka hoki yang paling penting, kita tidak dapat mengesampingkan peran angka-angka lain, yang akan dijelaskan di bawah ini.

Angka Genap


Angka 2 dipercaya sebagai pembawa harmoni dan keseimbangan, maka dari itu, angka genap lebih disukai daripada angka ganjil. Angka 0 adalah angka bulat, seperti angka satu, terutama untuk urusan uang, juga dianggap nomor hoki.

2 (两), dilafalkan liang (atau er), dianggap membawa keberuntungan, karena orang Tiongkok percaya bahwa hal baik itu berpasangan. Hal ini dapat diamati dalam karakter berulang, di beberapa nama merek atau hadiah.

Angka 3

3 (三), bunyinya san, dianggap hoki karena kemiripannya dengan kata yang berarti kelahiran. Ditambah lagi, angka ini menggambarkan 3 tahapan penting dalam kehidupan manusia : kelahiran, pernikahan, dan kematian, dimana hal ini menguatkan peran angka 3 dalam kebudayaan Tiongkok.

Angka 5

5 (五), atau dalam pinyin-nya, wu, dihubungkan dengan 5 elemen : tanah, air, api, kayu, dan logam. Dalam kebudayaan Tiongkok kuno, elemen-elemen ini dianggap sebagai dasar dunia, dan dihubungkan dengan Kaisar Tiongkok. Angka ini memiliki lebih banyak sejarah yang signifikan.

Contohnya adalah Gerbang Tiananmen, pintu masuk utama Kota Terlarang. Gerbang ini memiliki 5 lengkungan. Dalam sejarah Tiongkok, angka 5 digunakan dalam banyak klasifikasi, seperti 5 rasa (pedas, manis, asam, asin, pahit), 5 gunung suci (Huashan, Hengshan di Hunan, Hengshan di Shanxi, Songshan, dan Taishan), serta lain sebagainya.

Angka 6

6 (六), dilafalkan liu, dianggap hoki karena mirip dengan kata yang bermakna ‘mengalirkan’, dan dapat mengindikasi perkembangan yang lancar dalam kehidupan. Kata ini juga berarti kaya. Sama dengan angka 8, angka 6 juga disukai untuk plat kendaraan dan nomor ponsel.

Ketika sepasang kekasih akan melakukan lamaran, pihak sang pria akan menawarkan mahar unik kepada pihak keluarga sang gadis, biasanya berupa uang (contohnya RMB 6.666 dan sebagainya). Hadiah ini melambangkan kehidupan yang harmonis bagi pasangan tersebut.

Saat seseorang merayakan ulang tahunnya yang ke-66, hal ini dianggap peristiwa besar. Dalam bisnis, angka 6 dianggap hoki. Kerjasama maupun kontrak baru, biasanya ditandatangani pada tanggal2 yang mengandung angka 6.

Angka 7


7 (七), yang bunyinya qi/ chi, adalah angka yang melambangkan kebersamaan dan keharmonisan, karena dalam Konfusianisme, dianggap sebagai persatuan dari yin yang, dan 5 elemen yang telah dijelaskan di atas.

Angka 9

9 (九), dalam Bahasa mandarin dilafalkan jiu, adalah angka populer, seperti halnya angka 6 dan 8. Bunyinya sama dengan karakter yang bermakna keabadian/panjang (久; jiu). Adalah hal yang wajar untuk menghadiahi kekasih 99 bunga mawar di saat hari Valentine di Tiongkok (tanggal 7 bulan 7, Qixi Festival). Angka 9 adalah digit tertinggi, sehingga dianggap merepresentasikan keutuhan.

Hal ini menyebabkan angka tersebut sangat populer di kalangan para Kaisar, yang menggunakannya dalam berbagai aspek dalam administrasi mereka, mulai dari membagi kerajaan menjadi 9 wilayah, menggunakan jubah kekaisaran berhias 9 Naga, 9 tingkat pejabat Negara, dan sebagainya. Dalam mitologi Tiongkok, dikatakan bahwa sang Naga memiliki 9 anak.

G. Angka Sial di Tiongkok

Penggunaan angka nomor 4 dihindari di salah satu lift hotel di Shanghai.

Penjelasan di atas mengungkapkan semua hal yang perlu diketahui tentang angka hoki. Namun, perlu diingat juga bahwa terdapat beberapa angka yang dianggap sial di Tiongkok.

Angka Sial 4

Di Tiongkok, angka 4 (四; sì) dianggap paling sial karena pelafalannya mirip dengan kata yang bermakna kematian (死; sǐ).

Menariknya, hal terlihat jelas di berbagai bangunan yang dibuat tanpa angka 4 yang tertera di liftnya. Tampak pada gambar diatas, penomoran lift pada sebuah hotel, dimana angka 4 sama sekali tak dimunculkan.

Sebagai tambahan, memberikan uang atau benda apapun yang memiliki angka 4 (40 atau 14 RMB) dianggap tidak menguntungkan. Pengaruh faktor ini semakin terasa dalam penentuan harga produk di Tiongkok ke luar negeri, dalam jumlah uang angpau, atau berbagai bentuk hadiah lain.

Angka Sial 3

Angka 3 dapat dianggap membawa sial tergantung situasi dan penggunaan. Contohnya, memberi hadiah kepada teman atau pasangan jarang mengandung unsur angka 3. Angka ini dilafalkan ‘san‘ yang memiliki bunyi nada sama dengan kata yang bermakna ‘untuk berpisah’.

Angka Hinaan ‘250’

Angka 250 adalah kumpulan angka yang digunakan untuk menghina, menyebut seseorang bodoh, atau meragukan kecerdasan orang tersebut. Dalam bahasa non formal. 二百五 (èr bǎi wǔ) adalah bahasa mandarin dari angka 250, tapi malah disebutkan ‘lǐang bǎi wǔ’. Angka 250 adalah setengah dari jin (satuan berat, setara 0,5 kg), sehingga disamakan dengan ‘setengah otak’.

H. Zodiak Tiongkok (Shio) dan Angka Hoki/Sial

Meskipun kita telah menjelaskan Shio dalam artikel berikut, namun dalam bagian ini kita ingin pembaca mengetahui lebih jauh angka2 yang memiliki korelasi langsung dengan masing2 shio. Silahkan simak dibawah ini, agar pembaca lebih mengerti angka mana yang bisa membawa hoki untuk tiap Shio.

Untuk angka hoki, bahkan jika angka2 tersebut adalah digit kombinasi dari angka keberuntungan yang dinyatakan di bawah (misalnya 23, kombinasi dari 2 dan 3), itu masih dianggap beruntung untuk setiap zodiak.

Tikus

Angka hoki: 2, 3
Angka sial: 5, 9

Kerbau

Angka hoki: 1, 4
Angka sial: 5, 6

Macan

Angka hoki: 1, 3, 4
Angka sial: 6, 7, 8

Kelinci

Angka hoki: 3, 4, 6
Angka sial: 1, 7, 8

Naga

Angka hoki: 1, 6, 7
Angka sial: 3, 8

Ular

Angka hoki: 2, 8, 9
Angka sial: 1, 6, 7

Kuda

Angka hoki: 2, 3, 7
Angka sial: 1, 5, 6

Kambing

Angka hoki: 2, 7
Angka sial: 4, 9

Monyet

Angka hoki: 4, 9
Angka sial: 2, 7

Ayam

Angka hoki: 5, 7, 8
Angka sial: 1, 3, 9

Anjing

Angka hoki: 3, 4, 9
Angka sial: 1, 6, 7

Babi

Angka hoki: 2, 5, 8
Angka sial: 1, 7

By Nabilla Khudori

Saya seorang Head of Business Development di sebuah startup. Dengan menulis, saya dapat belajar dan berbagi pengalaman dengan khalayak. Memahami budaya Tionghoa menarik bagi saya yang lahir dan besar di lingkungan yang plural. Hal ini juga menjadikan saya memiliki banyak referensi mengenai budaya dan adat Tionghoa. Meskipun begitu, saya merasa masih harus belajar lebih untuk memahami budaya Tionghoa itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *