Last Updated on 17 April 2021 by Herman Tan

Coba pembaca perhatikan gambar diatas. Tampak adalah seperti sebuah huruf Mandarin. Ya, benar. Ini adalah salah satu jenis huruf/karakter Mandarin (Hanzi) yang tersulit, yang ada di negeri Tiongkok. Nama jenis Huruf tersebut adalah Huruf  ‘Biang’.


Huruf Biang ini sulit ditulis (atau bahkan dieja) karena untuk menulis satu huruf membutuhkan goresan yang sangat banyak (tampak pada gambar huruf Biang diatas sampai terdapat 57 goresan), dan mungkin cukup rumit bagi sebagian orang; bahkan bagi orang asli Tiongkok sendiri.

Teknik penulisan huruf Biang ini sebenarnya disusun/ditulis dari beberapa huruf yang digabung menjadi satu.

biangbiang-noodles-shop-2007
Tampak foto rumah makan dari penjual mie Biang-Biang (hanyu pinyin : biang-biang mien)

Pada awalnya kata ‘Biang’ sendiri berasal dari nama sebuah mie yang terkenal di kota Xianyang, propinsi Shaanxi, China. Kios rumah makan mie Biang-Biang juga memiliki cabang di kota Beijing, China. Tapi setelah di Beijing nama mereka berubah jadi mie Bang-Bang (diambil dari huruf ‘Bang’ yang berarti ‘Hebat’).

Ini karena banyak warga Beijing yang tidak bisa membaca huruf ‘Biang’ tersebut. Huruf Biang sendiri diakui sebagai salah satu huruf Mandarin yang tersulit, yang pernah ada di dunia.

Huruf Biang ini sudah pasti tidak ada di dalam komputer manapun di dunia. Bahkan di Kangxi Dictionary pun tidak ditemukan jenis huruf ini.

By Herman Tan

One Smile Return to the East. Follow @tionghoainfo untuk info2 terbaru.

2 thoughts on “Biang, Huruf Mandarin Yang Tersulit”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: eitss, mau apa nih?