Inilah 9 Rahasia Sukses Tokoh Tiongkok Dunia, Yang Nomor 8 Mengejutkan!

Ada banyak rahasia sukses kehidupan orang-orang Tiongkok yang seringkali tidak terungkap. Di balik semua kesuksesan yang telah diraih, tidak diperoleh hanya dengan bermodal dengkul saja, melainkan ada kiat-kiat usaha yang telah dilakukan untuk membangun kesuksesan tersebut. Tentu ini membuat banyak orang merasa penarasaran, hal-hal apa yang menjadi motivasi para keturunan Naga ini, sehingga bisa berhasil dan mendapatkan kesuksesan yang luar biasa.

Mari simak beberapa motivasi yang selalu melekat dalam pikiran para tokoh Tionghoa di dunia berikut :

1. “Visi bisa jadi adalah kekuatan terbesar kita. Ia selalu membangkitkan daya dan kesinambungan hidup; ia membuat kita memandang masa depan dan memberi kerangka tentang apa yang belum kita ketahui.” – Li Ka Shing 李嘉誠

Sebagai salah satu orang terkaya di negara Hongkong, pebisnis yang satu ini jelas menyatakan bahwa setiap orang yang ingin berhasil pasti mempunyai visi ke depan, mengenai hal-hal apa yang diinginkan untuk dicapai. Dengan visi, maka orang memiliki target secara terinci, sehingga nantinya memiliki 1 tujuan, lebih terarah dan mampu meraih hasil yang sesuai ekspetasi.

Loading...

2. “Kekayaan tidak akan memberimu kepuasan; menciptakan produk bagus yang diterima dengan baik oleh customer adalah hal yang paling penting.” – Ma Huateng 马化腾

Selanjutnya, ada pula sebuah kata bijak dari orang terkaya di China ini. Jika hanya memikirkan harta, maka belum tentu itu adalah hal terbaik yang bisa dilakukan. Namun mengusahakan sesuatu yang bermanfaat, pada akhirnya juga dapat mendatangkan harta yang belimpah. Intinya, berikan dulu usaha yang terbaik, nantinya kekayaan dan kemakmuran akan mengikuti secara tidak langsung.

3. “Jangan biarkan keadaan mengontrolmu, tetapi kontrolah keadaan.” – Jackie Chan 成龍

Prinsip hidup dari aktor yang satu ini juga cocok untuk dilakukan. Terutama dalam hal mengatur keuangan. Dengan mengatur keuangan secara tepat, maka kehidupan dapat berjalan lebih sukses. Lain halnya jika sembrono, maka harta akan cepat habis tanpa manfaat yang jelas.

4. “Pengetahuan akan memberimu kekuatan, tetapi karakter memberimu kehormatan.” – Bruce Lee 李小龍

Bintang laga era tahun 60-70 an yang satu ini semasa hidupnya sangat terkenal. Adalah suatu pencapaian besar jika namanya bisa dikenal di seluruh dunia. Yang mengagumkan adalah motivasinya di atas. Disini ternyata beliau mengutamakan pembentukan karakter sebagai modal utama untuk dapat dikenal orang.

Karena itu jika ingin sukses, miliki karakter yang baik lebih dahulu. Memiliki banyak pengetahuan memang baik, tetapi jika dilengkapi karakter yang luar biasa tentunya akan membuat banyak orang menjadi segan dan hormat kepada kita!

5. “Yang saya takutkan adalah sikap berpuas diri. Ketika hal-hal menjadi lebih baik, orang cenderung ingin (mendapat hasil) yang lebih banyak untuk pekerjaan yang lebih sedikit.” – Lee Kuan Yew 李光耀

Mantan Perdana Menteri Singapura ini juga tercatat sebagai salah satu tokoh yang cukup terkenal dan memiliki filsafat hifup yang sangat bijaksana. Karena itu tidak ada salahnya jika mencontoh motivasi hidup dari Lee Kuan Yew.

Disini beliau mengajarkan kita bahwa menjadi orang sebaiknya jangan cepat puas, yang dapat berakhir pada kesombongan. Karena saat hal itu terjadi, maka pencapaian yang diperoleh akan justru berkurang. Jika seseorang merasa termotivasi untuk lebih baik lagi, otomatis dia akan bekerja lebih keras dan mendapatkan hasil yang lebih besar pula.

6. “Tetaplah berkepala dingin dan rendah hati. Jangan pernah menonjolkan diri, tapi terus kerjakan sesuatu yang besar.” – Deng Xiaoping 鄧小平

Sangat penting untuk tetap bersikap rendah hati dan menjauhi kesombongan. Dengan demikian kita akan terus berusaha untuk memberikan hasil yang lebih baik melalui kerja keras kita. Oleh sebab itu, teruslah berfokus untuk meraih apa yang diinginkan. Jangan menjadi sombong dan akhirnya tidak dapat meningkat lebih sukses.

7. “Kunci keberhasilan adalah langkah dan yang terpenting dari langkah yaitu ketekunan.” – Dr. Sun Yat Sen 孫逸仙

Motivasi yang bijaksana ini datang dari salah satu revolusioner China yang paling berpengaruh saat itu. Kesuksesan yang diraih oleh Dr. Sun Yat Sen merupakan hasil dari ketekunannya memperjuangkan Republik China. Berkat ketekunannya, maka ia berhasil menjabat sebagai presiden China yang pertama.

8. “Orang miskin gagal karena seluruh hidup mereka adalah menunggu!” – Jack Ma 马云

Motivasi dari bos Alibaba Group yang satu ini sungguh sangat luar biasa! Ini merupakan pukulan telak bagi mereka yang terlalu banyak berpikir saat akan memulai usaha. Karena hal itu hanya akan membawa diri kita untuk menjadi seorang penunggu, yang tidak akan pernah berani melangkah dan tindakan.

Ini adalah kenyataan, karena mereka yang sukses hari ini adalah mereka yang berani maju untuk mengambil langkah nyata pertama, dan melakukan terobosan dalam hidup mereka, meski di awal-awal banyak kegagalan menanti.

Loading...

9. “Kita harus bebas mengekspresikan beragam pandangan, mengejar ide yang di luar kebiasaan atau semata-mata menjadi berbeda.” – Lee Hsien Long 李显龙

Kata bijak anak Lee Kwan Yew, yang juga menjadi Perdana Menteri Singapura ini berfokus supaya tiap orang yang menginginkan kesuksesan harus berani untuk tampil berbeda dibanding dengan yang lainnya. Dengan mengutarakan ide yang berbeda dari pandangan orang umumnya, maka akan muncul hasil yang lebih baik dan inovatif.

Itulah beberapa motivasi dari tokoh-tokoh kenamaan Tiongkok dan perantauannya, yang sudah mendunia ini. Tidak ada salahnya mencontoh filosofi mereka dalam menjalankan kehidupan. Meskipun memang tidak semudah yang dikatakan.

Tetapi jika mau berusaha, tentunya nanti dapat membuahkan kesuksesan yang diinginkan. Seperti halnya saat para tokoh Tionghoa ini memulai untuk meraih mimpi dan kesuksesan mereka. Jangan pernah menyerah dan tetaplah berusaha!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *