Last Updated on 17 April 2021 by Herman Tan

Mantan Perdana Menteri Singapura, Lee Kuan Yew dalam usia 91 tahun. Beliau meninggal dengan tenang di Singapore General Hospital pukul 03:18 pagi tadi waktu setempat. Rencananya Almarhum akan dimakamkan pada 29 Maret 2015.

Pemerintah juga menyatakan sejak hari ini hingga 29 Maret sebagai hari berkabung Nasional dan mengibarkan bendera setengah tiang selama 7 hari sebagai tanda berkabung.

Sebelum dimakamkan, Almarhum akan disemayamkan di gedung Parlemen mulai tanggal 25 Maret hingga 28 Maret. Warga Singapura dapat memberikan penghormatan terakhir kepada Almarhum didepan gedung tersebut.

Lee Kuan Yew wafat dengan meninggalkan putra-putrinya, yakni Lee Hsien Loong (63), Lee Hsien Yang (57), Lee Wei Ling (60), dua putri mantu yaitu Ho Ching dan Lee Suet-Fern, serta tujuh orang cucu. Sebelumnya istri Lee, Kwa Geo Choo sudah terlebih dulu meninggal dunia pada 2010 silam di usia 89 tahun.

Putranya, Lee Hsien Loong sudah menjadi PM Singapura sejak 2004. Lee sendiri memimpin Singapura sebagai Perdana Menteri pertama, yang menjabat selama 31 tahun sejak 1959 hingga mundur pada 1990.

Lee dikenal sebagai bapak Singapura modern. Ia dilarikan ke rumah sakit pada 5 Februari 2015 lalu akibat penuemonia. Selama dirawat, Lee kebanjiran dukungan dan doa dari warganya yang selalu mengirim kartu ucapan maupun bunga ke rumah sakit tempatnya dirawat. Lee juga dikenal sebagai figur berpengaruh dalam sejarah Asia.

Dia dikenal berhasil mengantarkan Singapura dari negeri bekas jajahan Inggris menjadi negara yang kuat di sektor keuangan dan memiliki pendapatan per kapita tertinggi di dunia.

Selanjutnya upacara pemakaman Lee sendiri akan dilaksanakan pada hari Minggu, 29 Maret 2015 di Pusat Budaya National University of Singapore. Dalam acara pemakaman nanti direncanakan akan dihadiri oleh seluruh pejabat Singapura, saudara, kerabat, orang dekat serta para perwakilan negara tetangga dan negara sahabat.

Warga Singapura sendiri beserta simpatisan dari berbagai belahan dunia bisa menyampaikan ungkapan dukacita untuk Mendiang Lee di situs www.rememberingleekuanyew.sg.

RIP, Lee Kuan Yew

By Herman Tan

One Smile Return to the East. Follow @tionghoainfo untuk info2 terbaru. PLAGIAT KONTEN bermodal COPY PASTE adalah tindakan yang tidak terpuji.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Jangan jadi penulis dengkulan, yg bermodal Copas artikel Tionghoa.INFO!