Minyak Tawon (Minyak Gosok Cap Tawon), Minyak Pijat 3 Generasi

Minyak Tawon – Sebagai salah satu Negara dengan tradisi pijat di tengah masyarakatnya, keberadaan minyak tawon merupakan salah satu anugerah yang patut disyukuri. Minyak gosok cap tawon sendiri diracik dari berbagai macam ramuan yang telah dipercaya lebih dari 3 generasi, dan ramuan minyak obat turun-temurun yang sudah dikenal lebih dari 100 tahun.

Meski dinamakan ‘Minyak Tawon’, namun bukan berarti karena minyak ini berasal/diolah dari Tawon atau Lebah, melainkan dibuat dari kelapa, daun kayu putih (Melaleuca leucadendra) dan serai. Minyak gosok cap tawon ini sangat berguna, utamanya untuk meredakan nyeri otot dan sendi serta memiliki berbagai macam khasiat lainnya.

A. Sejarah Minyak Gosok Cap Tawon – 106 Tahun Berdiri

Minyak gosok cap tawon sendiri merupakan salah satu produk asli Indonesia, walaupun di kemasannya bisa kita lihat ada beberapa tulisan hanzi Mandarin. Adalah seorang pengusaha Tionghoa-Indonesia yang berdomisili di Makassar, yang pertama kali meramu minyak gosok ini, tepatnya pada Desember 1912.

Perusahaan Minyak Gosok “Cap Tawon” ini didirikan oleh Lie A Liat (李亚烈; Li Yalie), seorang ahli obat suku Hakka, asal daerah Huizhou (惠州), Guangdong. Dia datang ke Makassar untuk membuka sebuah toko obat yang diberi nama Boo Loeng (茂隆; Maolong).

Toko ini terletak di jalan yang waktu itu bernama Tempelstraat No. 31. Pada masa tersebut, Makasar sendiri merupakan salah satu kota di Indonesia yang sudah ramai dengan 250.000 penduduk. Pada tahun 1920-an, dia mulai membuat ramuan obat gosok yang diproduksi secara lokal. Awalnya minyak ini disebut “Makasser-olie” oleh masyarakat setempat, lantas kemudian diberi merek “Tawon” oleh Mr Lie.

Sebagai pemilik, Mr.Lie rajin memperkenalkan khasiat obatnya ke masyarakat. Di tahun 1930-an, dengan percetakannya sendiri dia mencetak sebuah brosur berukuran 2 halaman seukuran koran dengan huruf Tionghoa (hanzi), bahasa Melayu dan Bugis.

Dalam brosur tersebut dijelaskan bahwa sejak tahun 1925, minyak obat gosok ini telah mendapatkan izin dari pemerintah kolonial Belanda, setelah sebelumnya meneliti komposisi bahan-bahan pembuatnya.

Loading...

Brosur yang dicetak Mr.Lie ini juga turut dimuat sebagai salinan surat rekomendasi dari ketua Kamar Dagang di Makassar, Li Zhenxing (李振兴), dan sebagai lampiran dalam surat pengantar kepada Konsulat Jendral Tiongkok di Batavia, Zhang Ming (张铭).

Pada tahun 1935, Surat kabar lokal di Makassar menerbitkan salinan surat rekomendasi dari Li Zhenxing tentang khasiat obat gosok tersebut. Meski sudah berstatus ‘bos perusahaan’, Mr.Li juga masih ikut serta dalam pasar malam, dan dengan menggunakan paduan suara untuk menarik perhatian pengunjung.

Minyak tawon berbagai ukuran, CC (20ml) , DD (30 ml), EE (60 ml) , FF (90 ml), GG (330 ml)

Baca juga21 Macam Obat Cina Legendaris dan Khasiatnya Yang Masih Banyak Dipakai (PART 3)

Lie A Liat sendiri kemudian juga berusaha memperluas pasar minyak gosok ini. Bahkan ia sendiri membawa minyak tersebut hingga ke luar pulau, yakni ke Jakarta dan Surabaya untuk dipasarkan di kota besar tersebut.

Setelah pendiri minyak gosok cap tawon tersebut meninggal pun, usaha ini masih diteruskan oleh anaknya, yaitu Frans Bani Mattualy. Di tangan generasi kedua, bisnis keluarga ini semakin dikenal oleh banyak orang.

Kemudian pada tahun 1984, merek minyak tawon ini secara resmi diubah menjadi “Minyak Gosok Cap Tawon”, sesuai dengan nama perusahaannya, PT Tawon Jaya Makassar. Karena bisnis yang dijalankan merupakan bisnis keluarga, hingga di generasi ke 3 pun masih dari keluarga Lie A Liat yang meneruskan bisnisnya, yakni Eddy Mattualy.

Para penerus perusahaan keluarga tersebut telah ditempa dengan sikap disiplin, taat dan patuh kepada orang tua, masih sangat bangga untuk mengembangkan warisan yang telah ditinggalkan leluhurnya tersebut, dan menjaganya bak permata.

Pada masa sekarang, pemilik usaha ini (generasi keempat) telah mendirikan PT Tawon Jaya di Makassar dan mengeksport minyak obat gosok ini ke Eropa, Amerika dan Asia. Hingga saat ini, produksi bulanan Minyak Tawon mencapai 300 ribu botol.

Terbukti hingga saat ini produk Minyak gosok cap Tawon masih dapat dengan mudah kita temukan di apotek, toko, maupun supermarket di manapun di Indonesia.

Loading...

B. Khasiat/Manfaat Minyak Gosok Cap Tawon

1. Meredakan rasa nyeri otot dan sendi. Cocok untuk otot leher yang terasa kaku ataupun sakit di bagian pinggang dan punggung.
2. Sebagai pelumas untuk pijat atau urut, mengobati keseleo, lecet, luka bakar, luka khitan, atau kulit yang terbuka karena tersayat benda tajam.

3. Menghilangkan rasa gatal akibat digigit serangga.
4. Mengobati perut kembung dan sakit kepala.
5. Mengobati sakit gigi dan mulut sariawan.

6. Mengobati berbagai penyakit kulit seperti kudis, kurap, panu, bisul, dan sebagainya.
7. Mengobati sakit perut, sakit di bagian ulu hati, hingga sakit di bagian urat dan tulang.

Indonesia merupakan Negara dengan kultur pijat di tengah masyarakatnya

C. Cara Pemakaian/Penggunaan Minyak Tawon

Terdapat 2 jenis minyak gosok cap tawon yang beredar di masyarakat, yakni yang memiliki tutup berwarna merah dan tutup berwarna putih.

♦ Minyak gosok cap tawon berwarna putih : Lebih panas dan meresap hingga ke otot, cocok untuk dioleskan ketika pijat atau urut untuk mengatasi pegal-pegal dan keseleo.

♦ Minyak gosok cap tawon berwarna merah : Lebih ringan dan tidak sepanas yang putih, cocok untuk mengatasi pengobatan digigit serangga, lecet, gatal-gatal, atau kembung.

Bisa juga menggunakan perantara kapas untuk mengompres bagian tubuh yang pegal.

Catatan : Minyak tawon ini bukan untuk dikonsumsi! Melainkan untuk dioleskan ke bagian tubuh yang terasa pegal atau sakit. Jumlah minyak yang dioleskan bergantung kebutuhan tiap orang.

D. Kandungan Minyak Gosok Cap Tawon

Secara umum, minyak gosok cap tawon baik yang berwarna merah maupun putih memiliki kandungan zat yang sama, hanya saja untuk yang bertutup botol putih memiliki kandungan dengan konsentrasi sekitar 2 kali lipat dari yang bertutup merah.

Pada dasarnya, bahan yang digunakan alami dan tidak menimbulkan efek samping, seperti misalnya :

• Oleum cocos (minyak kelapa) : Mengandung kadar vitamin A dan E dalam jumlah tinggi. Mudah diserap oleh tubuh sebab sekitar 80% kandungannya merupakan asam lemak rantai pendek dengan ukuran molekul kecil yang mudah meresap ke dalam pori-pori kulit. Bermanfaat pula untuk kelembaban, kelembutan, dan kelenturan kulit.

• Oleum Cajuputih (minyak kayu putih) : Merupakan ekstrak minyak yang berasal dari ranting pohon kayu putih dan juga paperbark. Minyak ini sangat berguna untuk meredakan nyeri pada syaraf, rematik, dan juga menghangatkan tubuh serta meredakan rasa lelah pada tubuh. Selain itu, bahan esensial yang terdapat dalam minyak kayu putih juga dapat mencegah infeksi kuman ke dalam tubuh.

• Oleum citronellae (minyak serei) : Diperoleh dari berbagai jenis batang serei (Cymbopogon). Zat ini berkhasiat untuk memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh sehingga menghilangkan rasa pegal dan lelah.

• Bahan campuran lainnya seperti Oleum terebinthinae, Piperis follum, Zingiberis rhizoma, Curcumae rhizoma, Allium sativum, Allium cepa, Cymbopogon nardus Rendle, Languatis Rhizoma, Curcumae domesticae Rhizoma, Angelicae polycada Radix, Piper ningrum L, Kaempferia pandurata Rhizoma, Achyrantes bidentata Radix, Cinnamomum lourerii Ness, Menispermum dauricum DC, Asarum sieboldi Herba, Bupleurum falcatum L. Radix, dan Corringent.

Meski rincian mengenai komposisi obat minyak gosok ini disampaikan dalam kemasan, namun rahasia utama pembuatan minyak ini tetap tersimpan. Jika anda melakukan kunjungan ke pabriknya (terletak di luar kota Makassar) aksesnya akan dibatasi.

Minyak tawon dengan kemasan tutup putih dan tutup merah. Beda penutup, beda khasiat.

E. Harga Minyak Tawon Tutup Putih dan Minyak Tawon Tutup Merah (ASLI)

Minyak gosok cap tawon ini biasa dikemas dalam botol transparan dengan tulisan “Minyak Gosok” dan gambar satu ekor tawon di petunjuk kemasannya.

Perbedaan harga minyak tawon tutup putih dan minyak tawon tutup merah disebabkan karena minyak tawon tutup putih memiliki kualitas spesial yang lebih terasa panas yang dapat meresap hingga ke otot, sehingga cocok untuk memijat/mengurut akibat pegalinu maupun keseleo.

Sedangkan untuk minyak tawon tutup merah (premium), tidak sepanas pada kemasan tutup putih, sehingga cocok untuk pengobatan luka lecet ringan, gatal-gatal akibat digigit serangga, perut kembung, dan lain sebagainya.

Loading...

Minyak tawon memiliki produk dengan ukuran yang bervariasi dari botol yang berukuran kecil, hingga botol yang berukuran jumbo; dimulai dengan kode AA (5 ml), BB (10 ml), CC (20 ml), DD (30 ml), EE (60 ml), FF (90 ml) dan GG (330 ml).

Minyak Tawon tutup botol putih GG (330 ml) : Rp.430.000, – Rp.500.000,-

• Minyak Tawon ukuran CC (20 ml) : Rp.18.000,- Rp.25.000,-
Minyak Tawon ukuran DD (30 ml) : Rp.24.000,- Rp.30.000,-
Minyak Tawon ukuran EE (60 ml) : Rp.36.000,- Rp.40.000,-
Minyak Tawon ukuran FF (90 ml) : Rp.50.000,- Rp.60.000,-

Catatan : Harga bisa bervariasi tergantung daerah/wilayah penjualan. Jangan tergiur dengan harga murah karena biasanya itu minyak tawon palsu! Minyak tawon asli dilengkapi dengan stiker hologram yang tertempel tepat dibawah kode ukuran pada kemasan.

Berbagai varian dari produk2 ini dianggap sebagai kemasan ekonomis karena harganya cukup terjangkau. Minyak gosok cap tawon ini juga telah terdaftar di Badan POM dengan nomor TR 072 667 431. Ketika sudah dibuka, sebaiknya simpan minyak ini di tempat yang sejuk, kering, dan terhindar dari cahaya matahari.

Loading...

The following two tabs change content below.

diraliya

I'm a twenty-something years old woman who currently works as a content writer freelancer. I took a major of Chemical Engineering at Institut Teknologi Bandung, wishing that I could learn about what interests me. The wide scope of chemical engineering's knowledge let me learned much within small amount of time.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *