Last Updated on 20 August 2021 by Herman Tan

Di setiap Negara, pasti ada hotel yang mendapat cap menyeramkan lewat rumor2 yang beredar. Saking ketakutannya, bahkan ada pengunjung/tamu hotel yang bergegas checkout ketika baru tiba di kamarnya selama beberapa menit.

Hal ini seperti yang dialami satu pasangan di Hotel Niagara Malang, yang videonya sempat viral di tiktok pada maret lalu. Alasannya, hanya gara2 pintu kamarnya yang diketok dari luar, namun setelah dibuka tidak ada orang.

Hotel yang berdiri pada awal 1990-an tersebut memang sudah lama dicap angker, terutama sejak kamar lantai 4 dan 5 nya ditutup. Hotel yang bergaya eropa klasik ini dirancang oleh arsitek Brasil, Fritz J Pinedo. Pemilik pertamanya seorang pengusaha kaya Tionghoa, bernama Liem Sian Joe, yang awalnya digunakan sebagai vila pribadi.

Mungkin pembaca termasuk orang yang tidak sependapat, karena berpandangan bahwa hotel itu walaupun sepi pasti ada saja yang datang untuk menginap atau sekedar makan di restorannya.  Jika berpandangan seperti itu, berarti pembaca tergolong orang2 yg tidak peka dengan frekuensi mereka.

Ada banyak kisah pengalaman mistik yang dialami para tamu di hotel berhantu. Berikut 7 hotel yang paling berhantu dan angker di Asia :

Baca juga : Tips Menginap di Hotel Berhantu (yang Suka Berwisata Seorang Diri Wajib Baca!)

1. Hotel Grand Hyatt Taipei, Taiwan (台北君悅酒店)

Hotel Grand Hyatt Taipei (kanan) yang terkenal berhantu (foto : agoda.com)

Sebagian pembaca pasti tidak asing dengan hotel ini, karena telah berulang kali muncul dalam daftar 10 hotel paling kuat di dunia, dan tingkat keangkerannya tidak dapat dibayangkan!

Dikatakan bahwa dulunya hotel tersebut adalah tempat eksekusi selama masa pendudukan Jepang, dan ada banyak tahanan yang dieksekusi disana.

Hotel yang memiliki 850 kamar ini telah berdiri sejak 1990. Dari waktu ke waktu, beberapa penghuni hotel mengeluh bahwa mereka mendengar langkah kaki pada tengah malam, suara anak2 di lorong kamar, bahkan sampai ada yang tidak dapat menemukan kamarnya kembali.

Satu cerita yang paling terkenal adalah ketika artis/penyanyi Korea Kim Hyun-jung (1978) yang menginap di Grand Hyatt. Kala itu, dia menemukan bahwa Tv di kamar terus menyala secara otomatis, bahkan masih menyala setelah mencabut stop kontak!

Tak lama kemudian, dia melihat sosok hantu tanpa kepala yang muncul perlahan di layar Tv. Ketika hendak keluar, dia seperti terkunci oleh suatu kekuatan spiritual, dan tidak bisa bergerak. Dia sudah terlalu takut untuk keluar di tengah malam itu.

Kejadian yang menimpa artis ini turut dibenarkan oleh staf yang menemaninya saat itu.

Tampak 2 Hu besar yang dibingkai, tergantung di lobi hotel Grand Hyatt, Taipei.

Karena rumor hotel berhantu yang saat itu begitu panas, membuat pihak hotel secara khusus meminta seorang pendeta Taoisme setempat untuk menulis 2 Hu besar, yang digantung di lobi hotel untuk menangkal hantu.

Ada juga lonceng besar (fengling) yang tergantung di langit2, untuk membuyarkan energi jahat dan keberuntungan.

Namun, setelah renovasi Grand Hyatt Hotel, 2 mantra besar ini juga diam2 dihapus, dan diganti dengan karya seni patung security penjaga. Saya tidak tahu apakah penjaga memiliki efek pada hantu?

Tampak patung security penjaga di lobi hotel. Apa maksud menaruh patung ini disana? (foto : screenshoot program Knock in the Door; 入住请敲门).

Baca juga10 Cara Melihat Roh: Yang Nomor 8 nya Mencengangkan! Ternyata …

2. Jin Jiang Tower Hotel, Shanghai (锦江酒店)

Hotel Jinjiang dibuka pada 2007 silam (towernya sendiri sudah ada sejak 1988). Baru2 ini, ada rumor atau “insiden supernatural” di hotel yang terletak di jalan Changle, Distrik Huangpu, Shanghai ini. Yang paling aneh dari hotel ini adalah lantai 16 nya.

Karena tidak peduli ke lantai mana pun lift pergi, dia akan selalu berhenti (terbuka) di lantai 16. Tetapi tak satu pun orang yang menunggu masuk atau keluar dari sana.

Hotel Jinjiang di Shanghai, kenapa liftnya selalu berhenti dan terbuka di lantai 16?

3. Grand Hi-Lai Hotel Kaohsiung, Taiwan (漢來大飯店)

Hotel bintang 5 di Kaohsiung ini dikatakan sangat berhantu, dan alasannya mungkin terkait dengan kebakaran yang pernah terjadi disana. Hotel yang selesai dibangun pada 1995 ini dulunya adalah toko serba ada.

Namun beberapa tahun yang lalu terjadi kebakaran di ruang bawah tanahnya, yang menewaskan banyak orang. Sejak saat itu, beberapa hal ganjil mulai muncul.

Beberapa paling terkenal adalah sepasang hantu ibu dan anak perempuan yang suka muncul di kamar2 bernomor ganjil. Beberapa tamu juga melihat hantu perempuan kecil yang terpental di ujung ranjang.

Selain kejadian aneh di dalam ruangan, kejadian aneh juga pernah terjadi di dalam lift. Di suatu malam, seusai pulang bertugas, ada seorang pramugari naik lift. Dia tanpa sengaja pergi ke lantai tempat kebakaran terjadi. Setelah pintu lift dibuka, yang dilihatnya adalah ruang gelap dan misterius yang ternyata sangat luas.

Anehnya, lift itu menunjukkan nomor di lantai tempat kebakaran terjadi, yakni di ruang bawah tanah.

Hotel Cesar Park Taipei yang lantai atasnya terkenal berhantu (foto : agoda.com)

Baca juga : 10 Cara Penangkal Hantu : Yang Suka Berwisata Seorang Diri Wajib Baca Nomor 9!

4. Caesar Park Hotel Taipei, Taiwan (凯萨宫酒店)

Caesars Hotel Taipei terletak di Distrik Zhongzheng, di sebelah stasiun kereta api utama, di pintu masuk stasiun kereta bawah tanah, Lokasinya sangat strategis. Tetapi mereka tidak dapat menghentikan rumor yang menghantui.

Kudengar kamar belakang di lantai teratas adalah kamar yang paling ganas di hotel. Seorang tamu mengatakan bahwa begitu dia masuk ke kamar, dia mendengar seorang wanita asing berbicara di sebelahnya. Karena ketakukan, dia segera pergi dengan barang bawaannya dalam hitungan detik!

Meskipun ada rumor yang menghantui, dengan lokasi yang strategis dan layanan berkualitas tinggi telah menyebabkan banyak wisatawan akhirnya memberikan ulasan positif di situs2 pencari hotel.

Namun beberapa wisatawan melaporkan bahwa dekorasi interior hotel terlalu tua, sehingga kurang nyaman dan terasa ngeri.

5. Sunshine City Prince Hotel Ikebukuro, Tokyo, Japan

Sunshine City Prince Hotel Ikebukuro, hotel berhantu di Jepang yang bangunan hotelnya dirancang khusus berbentuk batu nisan! (foto : booking.com)

Sunshine City Prince Hotel Ikebukuro adalah hotel berhantu yang sangat terkenal di Jepang. Bangunan hotel ini dirancang dalam bentuk batu nisan, yang konon digunakan untuk menekan orang mati.

Penduduk setempat tidak akan memilih untuk menginap disana. Sumber utama tamu2 di hotel ini adalah grup tur dari luar negeri, seperti dari Hong Kong dan Tiongkok.

Meskipun ada rumor yang menghantui, lobinya sangat cerah. Dikabarkan bahwa lantai2 di bawah lantai 14 hotel relatif ganas, dan situasi di lantai2 atasnya jauh lebih baik.

Tampak suasana kamar di hotel. Apakah pembaca bisa merasakan adanya energi negatif disana?

Baca juga : Kamu Lagi Liburan? Pastikan Mematuhi Larangan Ini Saat di Hotel!

Menurut cerita, awalnya lokasi hotel itu adalah “Penjara Sugamo”, tempat para penjahat perang kelas A dari perang Dunia II ditahan. Itu adalah tempat dimana penjahat perang dijatuhi hukuman mati dan dieksekusi.

Selain itu, Ikebukuro adalah area kawasan perkotaan yang memiliki banyak lokasi perkuburan, yang sepertinya didedikasikan untuk layanan pemakaman. Hal ini semakin menambah kesan horor di hotel.

6. New Star Hotel Yamanaka Lake, Japan

Hotel di Danau Yamanaka, dekat dengan hutan Aokigahara (the suicide forest), lokasi favorit bunuh diri orang Jepang.

Hotel Danau Yamanaka yang terletak di Prefektur Yamanashi ini selalu dihantui oleh berbagai rumor! Kisah hantu di hotel ini mungkin disebabkan karena dekat dengan hutan Aokigahara (青木ヶ原), yang dijuluki “hutan lautan pohon” yang padat dan dingin.

Hutan ini terkenal sebagai “lokasi favorit bunuh diri” masyarakat Jepang. Alasannya, orang2 tua di Jepang kadang merasa kesepian karena ditinggal kerja anak, atau takut menyusahkan anaknya kelak ketika tua nanti, atau tidak memiliki keturunan, atau yang memiliki masalah keuangan dan keluarga.

Mereka memutuskan untuk masuk ke hutan diam2 dengan perbekalan seadanya, lalu dengan sengaja “menyesatkan diri” disana. Tanpa kompas, tidak menguasai medan, dan karena rimbunnya hutan (kurangnya cahaya) sulit bagi seseorang bisa keluar hidup2 dari sana.

Ketika sudah menemukan “spot yang cocok”, cara bunuh diri yang paling umum adalah melukai nadi, gantung diri, atau overdosis obat.

Pemerintah Jepang sendiri sangat serius menyikapi kasus bunuh diri di hutan Aoki, dengan memasang papan besar di pintu2 masuk hutan (ada 3-4 titik utama) yang berisi nasehat dan kalimat2 persuasif untuk membatalkan niat. Pencarian tubuh korban tahunan telah dilakukan oleh polisi, relawan, dan jurnalis sejak 1970-an.

Petugas2 pun disebar, dengan mendeteksi ciri2 orang yang akan melakukannya, seperti terlihat berjalan sendiri, atau dengan raut muka yang lesu/tidak bahagia. Namun masih saja ada celah untuk memasukinya lewat jalur2 tikus. Menurut catatan, sejak tahun 1988, rata2 100 orang bunuh diri disana setiap tahunnya.

Tampak suasana di hutan Aokigahara. Bahkan pada siang haripun terasa gelap! Sebagian spot Aokigahara pepohonannya sangat padat, dan tanah lava berpori yang ada disana menyerap suara, sehingga membantu memberikan “rasa kesepian” bagi pengunjung.

Kembali ke hotel, ada banyak rumor yang menghantui hotel di Danau Yamanaka.

Ada satu kejadian, dimana seorang pemandu wisata asal Tiongkok yang bernama Qiu Ju, ketika memimpin rombongan kembali ke hotel, pada malamnya kemudian bunuh diri di kamar tidur.

Sejak saat itu, beberapa tamu hotel sering mendengar pintu kamar diketuk di tengah malam. Ada pula yang merasa tempat tidur mereka seperti digoyang. Cerita tentang kematian pemandu wisata tersebut kemudian menyebar dan berkembang.

Konon sosok hantu tersebut adalah Qiu Ju, yang membanting pintu untuk membangunkan anggota kelompok tur, agar bisa melihat pemandangan Gunung Fuji.

Menurut info, sangat jarang, atau bahkan tidak ada orang Jepang yang menginap di hotel tersebut. Pada dasarnya hotel ini hanya menerima tamu dari grup tur Asia Tenggara. Website resmi hotel bahkan tidak mencantumkan data, seperti jumlah kamar yang tersedia, dan tidak menyediakan reservasi online.

7. Chaleena Hotel, Bangkok, Thailand

Pada program reality show “Knock in the Door” telah mendeteksi bahwa ada banyak hantu di kamar hotel (foto : screenshoot Knock in the Door; 入住请敲门).

Baca juga : Inilah 5 Tempat Paling Berhantu di Tiongkok : I Wouldn’t Go In There!

Sebelum hotel ini dibangun, beredar rumor misterius bahwa terdapat beberapa pekerja yang tewas di tempat karena kecelakaan industri. Namun, bukan kecelakaan pembangunan hotel terkenal itu, melainkan sekelompok wisatawan yang membuat pengaduan ke Small Claims Tribunal atas kerugiannya ke maskapai.

Alasannya, mereka diatur untuk tinggal di “hotel berhantu” karena penundaan penerbangan.

Sebelumnya, acara Tv “Knock in the Door” dikatakan pernah mengunjungi hotel terseut. Dalam satu penelurusan, disebutkan bahwa terdapat 7 hantu di dalam kamar!

Penggugat yang bermalam (turis) menyatakan bahwa terjadi hal2 aneh dalam kamar hotel, seperti layar tv yang tidak dapat dimatikan, tetapi mati secara otomatis setelah siaran program berakhir. Selain itu, ada insiden dimana roh hantu mengetuk pintu di tengah malam, dan sandal klasik ala Thailand yang melayang2 di udara.

Sekarang, hotel ini utamanya hanya menerima tamu dari grup2 wisatawan Tiongkok. Dapatkah salah satu wisatawan dari daratan mengusir hantu?

By Herman Tan

One Smile Return to the East. Follow Facebook & Twitter @tionghoainfo untuk info2 terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *