Cara Mendaftar, Mengikuti dan Mengecek Ujian Tes HSK Mandarin

Salah satu high-demand skill yang saat ini banyak diminati perusahaan dalam merekrut karyawan adalah kemampuan berbahasa Mandarin. Alasannya? Karena saat ini, perekonomian dunia mulai banyak berkaitan dengan Negara Tiongkok. Maka dari itu, bahasa Mandarin adalah hal yang harus dikuasai, selain bahasa Inggris.

Perlu dicatat, bahwa untuk diakui memiliki kemampuan berbahasa Mandarin, tidak cukup hanya dengan lisan. Laiknya TOEFL, Perlu sertifikasi berstandar internasional agar kemampuan berbahasa Mandarin diakui secara global. Ingin memiliki sertifikat kemampuan berbahasa Mandarin yang telah diakui? Caranya adalah dengan mengikuti ujian tes HSK – Hanyu Shuiping Kaoshi (汉语水平考试).

Selain untuk pekerjaan, bagi yang ingin melanjutkan studi ke negeri tirai bambu, juga wajib memiliki kemampuan bahasa ini.

A. Apakah Tes HSK Itu? Hanyu Shuiping Kaoshi (汉语水平考试)

Tes HSK pertama kali dilaksanakan tahun 1984 di Tiongkok. Tahun 1992, HSK digunakan sebagai standar resmi nasional di Tiongkok, dan mulai tahun 2005, HSK mulai diselenggarakan di seluruh dunia. Meskipun sudah bisa mendaftar secara online, sekarang ini ujian tetap harus dilakukan di lokasi yang telah ditunjuk. Semua soal dan pemrosesan hasil juga masih dikelola oleh Tiongkok sendiri.

Sertifikat dari tes HSK memiliki fungsi sama dan SETARA dengan tes TOEFL dan IELTS untuk bahasa Inggris. Bentuk tesnya pun hampir sama, ada reading (membaca) dan listening (mendengar). Baik HSK maupun TOEFL, sama-sama memiliki tingkatan atau level, sesuai taraf kemampuan yang dicapai peserta tes.

Daftar dan cek hasil tes HSK secara online di situs chinesetest.cn (Foto : screenshoot)

Baca juga : Mengenal HSK (Hanyu Shuiping Kaoshi), Sertifikasi Resmi Berbahasa Mandarin

Loading...

Ada 6 Level Dalam Tes HSK :

♦ HSK Level 1 (Minimal 150 kata) : Mengenal dan menggunakan kosakata dalam bahasa Mandarin yang sangat sederhana, yang akan digunakan untuk belajar Mandarin di level selanjutnya.

♦ HSK Level 2 (Minimal 300 kata) : Dapat menggunakan bahasa Mandarin untuk topik-topik sederhana sehari-hari.

♦ HSK Level 3 (Minimal 600 kata) : Dapat berkomunikasi secara dasar dalam bahasa Mandarin dalam kehidupan sehari-hari, contohnya untuk belajar dan bekerja.

♦ HSK Level 4 (Minimal 1200 kata) : Dapat berkomunikasi dalam bahasa Mandarin untuk topik-topik yang lebih kompleks, mengekspresikan diri dalam standar yang lebih kompleks.

♦ HSK Level 5 (Minimal 2500 kata) : Dapat mendiskusikan topik yang lebih abstrak dan profesional, mudah untuk merespon berbagai pembicaraan, seperti memberikan komentar.

♦ HSK Level 6 (Minimal 5000 kata) : Dapat berkomunikasi secara luas dalam bahasa Mandarin dengan penuturan dan kefasihan mendekati penutur asli.

Selengkapnya mengenai jenjang level HSK : Mengenal HSK (Hanyu Shuiping Kaoshi), Sertifikasi Resmi Berbahasa Mandarin

Lulus dalam tes HSK belum tentu diakui fasih sepenuhnya dalam berbahasa Mandarin. Tergantung pada level mana kelulusannya. Ada standar minimal level HSK untuk mendapat pekerjaan, atau masuk ke sekolah lokal di Tiongkok, bahkan ada beasiswa yang mewajibkan kemampuan bahasa Mandarin bagi calon pesertanya.

Contohnya, untuk dapat melanjutkan studi perguruan tinggi di Tiongkok, setidaknya perlu lulus ujian HSK level 5. Kecuali Anda ikut kelompok kelas internasional, yang harganya lebih mahal, dan lingkup pergaulannya terbatas.

B. Bagaimana Cara Mengikuti dan Mendaftar Tes HSK?

Penyelenggara resmi ujian tes HSK adalah Confucius Institute Headquarter, atau yang sering disebut Hanban. Hanban telah menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan di seluruh dunia untuk penyelenggaraan tes HSK.

Loading...

Ujian tes HSK ini boleh diikuti siapa saja yang berminat untuk menjalani tes. Bahkan, bagi orang yang tidak pernah belajar Mandarin secara resmi atau ototidak pun (yang sering ngobrol mandarin di rumah), bisa mengupayakan sertifikasi kemampuannya berbahasa Mandarin lewat tes ini. Tidak diharuskan mengikuti sekolah atau kursus tertentu untuk mengikuti tes ini.

Tidak menutup kemungkinan, Anda akan duduk diantara para bocah diatas ketika tes; meski secara usia mereka diarahkan untuk mengikuti tes YCT (Youth Chinese Test). Tampak suasana ruang ujian HSK yang diselenggarakan Universitas kristen Petra, Juni 2018 lalu (Foto : tionghoa.petra.ac.id)

Selain itu, tidak ada batas usia untuk mengikuti tes HSK. Jadi jangan heran, apabila Anda menemukan orang berusia lanjut, atau bahkan anak-anak dalam ruangan tes 🙂

Di Indonesia, sudah banyak lembaga kursus bahasa Mandarin yang ikut bekerjasama dengan Hanban untuk mengadakan tes HSK. Calon peserta dapat mendatangi lembaga-lembaga tersebut untuk mendapat informasi jadwal dan lokasi tes. Tiap lembaga memiliki pengaturan sendiri untuk waktu penyelenggaraan, yang biasanya dilakukan beberapa bulan sekali.

Saat pendaftaran, calon peserta perlu memberikan informasi berupa nama, nomor telepon, email, dan yang paling penting adalah nomor kartu identitas. Identitas yang bisa digunakan untuk mendaftar ujian HSK berupa Kartu Pelajar, KTP, atau Paspor yang masih berlaku.

Kartu identitas yang dicantumkan saat pendaftaran juga wajib dibawa saat ujian. Jadi, perlu diingat bahwa nomor identitas yang diberikan saat pendaftaran, harus sesuai dengan kartu identitas yang akan dibawa saat ujian.

Jangan lupa untuk membayar biaya pendaftaran. Besaran biaya bervariasi, tergantung kebijakan lembaga penyelenggara. Estimasi biaya sekitar Rp.150.000 untuk HSK level 1 dan 250.000 untuk HSK level 2.

Kartu ujian akan diberikan setelah pendaftaran. Kartu ini akan berisi identitas peserta, nomor ujian, tanggal ujian, lokasi, ruang ujian, nomor meja, dan keterangan penting yang wajib diperhatikan agar dapat mengikuti ujian HSK. Kartu ujian ini juga wajib dibawa saat ujian.

Selain kartu ujian, email juga akan dikirimkan sebagai konfirmasi tanda kepesertaan. Email tersebut akan memuat hal yang sama dengan kartu ujian. Jika mendaftar lewat online, harap cetak/print email yang dikirimkan ke email Anda.

Anda juga bisa mendaftar ujian tes HSK secara online lewat internet di situs chinesetest.cn

C. Ujian Kertas vs Ujian Berbasis Komputer. Pilih Mana?

Contoh soal ujian tes HSK (Foto : doc. pribadi Nabilla Noor Khudori)

Baca juga : 6 Tips Agar Lulus Ujian Tes HSK Mandarin

Ada 2 metode penyelenggaraan ujian, yakni computer-based test dan paper-based test. Namun standar soal dan cara penilaiannya sama, hanya cara input jawaban saja yang berbeda. Perbedaan cara input-nya adalah paper-based test menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK), sehingga peserta perlu membawa pensil 2B dan karet penghapus.

Sedangkan computer-based test tidak memerlukan alat tulis, peserta tinggal klik pada jawaban yang benar.

Kelebihan di computer-based test, pada sesi mendengarkan, dapat menggunakan headphone dari komputer masing-masing, sehingga peserta bisa mendengar soal dengan jelas, dimanapun posisi duduknya. Kelemahannya, jika komputer mengalami error atau mengalami gangguan koneksi, maka ada kemungkinan peserta gagal tes, karena input jawaban tidak terekam dengan baik.

Selain itu, hasil tes ujian berbasis komputer diterbitkan 2 minggu setelah ujian, lebih cepat dibanding hasil tes berbasis kertas memakan waktu hingga 1 bulan.

Pada hari ujian dilaksanakan, datanglah minimal 30 menit sebelum jadwal. Sebelum ujian, peserta wajib untuk mengikuti daftar ulang sebagai konfirmasi kehadiran. Saat daftar ulang, panitia penyelenggara ujian memastikan bahwa peserta tersebut benar-benar telah terdaftar untuk ujian pada hari itu.

Sebelum berangkat ke lokasi, pastikan juga telah membawa dan mempersiapkan hal-hal berikut :

• Kartu ujian.
• Kartu pengenal / identitas sesuai yang dipakai saat pendaftaran.
• Pensil 2B dan penghapus (khusus untuk paper-based test).

Kartu ujian dan kartu identitas sesuai yang dipakai saat pendaftaran wajib dibawa. Jika peserta tidak membawa salah satunya, maka tidak akan diijinkan untuk mengikuti ujian.

D. Ruang Ujian : Apa Yang Harus, dan Yang Tidak Boleh Dilakukan?

Bagi yang belum pernah mengikuti ujian HSK, akan digambarkan di sini bagaimana proses selama ujian HSK berlangsung.

Ketika ujian akan dimulai, peserta diminta masuk ke ruangan yang telah ditentukan, dengan 2 pengawas di setiap ruangan. Pengawas akan mengecek kartu ujian dan identitas untuk memastikan peserta telah memasuki ruangan yang tepat. Tas dan alat komunikasi tidak diperkenankan dibawa peserta ke tempat duduk selama ujian!

Loading...

Tampak suasana ruang ujian tes HSK berbasis komputer (Foto : hanban.org)

Baca juga : 6 Tips Agar Lulus Ujian Tes HSK Mandarin

Nantinya akan disediakan tempat untuk menaruh penyimpanan. Peserta harus duduk sesuai nomor meja yang telah ditentukan oleh panitia penyelenggara sebelumnya.

Pengawas akan membagikan soal dan lembar jawaban. Soal dilarang dibuka sebelum diijinkan oleh pengawas! Pengawas akan membacakan terlebih dahulu tata tertib ujian dalam bahasa Mandarin. Untuk ujian HSK level2 awal, salah satu pengawas akan men-translate ke dalam bahasa Indonesia, agar peserta memahami betul tata tertib ujian.

Dalam lembar jawaban, wajib untuk mengisi identitas peserta di kolom yang telah disediakan. Isilah dengan benar, nama, nomor peserta ujian, lokasi, nomor tempat duduk, dan tanggal ujian. Jika takut salah, jangan ragu untuk meminta bimbingan pengawas. Pengawas akan memberi aba-aba sebagai tanda dimulainya ujian.

Soal ujian berbentuk pilihan ganda & mencocokkan jawaban. Lama waktu ujian, jumlah soal dan jenis tes akan berbeda2 di setiap jenjang level :

HSK tingkat 1 waktu ujiannya selama 40 menit (termasuk 5 menit istirahat), total 40 soal (listening 20 soal dan reading 20 soal).

HSK tingkat 2 waktu ujiannya selama 55 menit (termasuk 5 menit istirahat), total soal (listening 35 soal dan reading 25 soal).

HSK tingkat 3 waktu ujiannya selama 90 menit (termasuk 5 menit istirahat), total 80 soal (listening 40 soal, reading 30 soal, dan writing 10 soal).

♦ HSK tingkat 4 waktu ujiannya selama 105 menit (termasuk 5 menit istirahat), total 100 soal (listening 45 soal, reading 40 soal, dan writing 15 soal).

♦ HSK tingkat 5 waktu ujiannya selama 125 menit (termasuk 5 menit istirahat), total 100 soal (listening 45 soal, reading 45 soal, dan writing 10 soal).

♦ HSK tingkat 6 waktu ujiannya selama 140 menit (termasuk 5 menit istirahat), total 101 soal (listening 50 soal, reading 50 soal, dan 1 soal membuat karangan singkat minimal 400 kata setelah membaca artikel naratif yang mengandung kurang lebih 1000 karakter).

Ketika ujian dinyatakan selesai, pengawas akan mengambil satu per satu soal dan lembar jawaban. Setelah semua soal terkumpul, peserta diperkenankan untuk meninggalkan ruang ujian dan mengambil kembali barang bawaan serta alat komunikasi.

Peserta dilarang meninggalkan ruangan sebelum ujian dinyatakan selesai! Jika terdapat sisa waktu, manfaatkanlah untuk mengecek kembali jawaban2 agar mendapat hasil yang maksimal. Perlu diingat, bahwa pengawas akan menindak semua bentuk kecurangan yang dilakukan peserta, termasuk menyontek!

Selama tes, peserta wajib tenang agar tidak menggangu peserta yang lain. Jika ada masalah, seperti soal tidak lengkap, lembar jawaban rusak, peserta dipersilahkan melapor kepada pengawas. Selama ujian, pengawas juga mungkin akan berkeliling mengecek kartu identitas, atau isian identitas di lembar jawaban, untuk memastikan peserta tes mengisinya dengan benar.

E. Kapan Pengumuman Hasil Ujian HSK?

Contoh hasil ujian tes HSK level 4; listening (听力), reading (阅读), writing (写作)

Baca juga : Mengenal HSK (Hanyu Shuiping Kaoshi), Sertifikasi Resmi Berbahasa Mandarin

Pengumuman hasil ujian akan didapat sekitar 2-3 minggu setelah ujian, dengan mengakses ke situs Hanban. Jika merasa kurang paham, peserta bisa minta bantuan lembaga penyelenggara tes. Kalau dinyatakan lulus, sertifikat ujian akan diterima sekitar 1 bulan setelah test.

Hal ini karena sertifikat dikirim langsung dari Tiongkok langsung, bukan dari penyelenggara / panitia lokal. Sertifikat kelulusan HSK akan ditulis dalam karakter Mandarin.

Dalam sertifikat ujian, tercantum keterangan skor maksimal dan skor yang didapat peserta secara detail dari setiap seksi ujian. Dengan begitu, peserta bisa menilai diri sendiri, di aspek yang mana (membaca, mendengar, atau menulis) yang masih perlu ditingkatkan.

Peserta juga diijinkan untuk mengikuti ujian ulang dengan level yang sama, jika tidak puas dengan skor/hasil tesnya, meski telah dinyatakan lulus (memenuhi nilai standar minimal).

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *