Mungkin anda belum tahu bahwa ada beberapa keunggulan yang dimiliki Tiongkok dari Amerika Serikat. Seperti yang kita tahu bahwa kedua Negara ini merupakan Negara yang memiliki tingkat perekonomian yang baik, serta menjadi Negara adidaya yang paling disegani di dunia.

Namun ternyata ada beberapa faktor yang menjadikan Tiongkok lebih baik dari Amerika Serikat. Berikut 5 keunggulan Tiongkok dari Amerika Serikat, seperti dilansir media Business Insider Singapore :

1. Memiliki Kereta Super Cepat : Melaju Hingga 350 Km/Jam!

Miniatur kereta cepat Tiongkok, mampu melaju hingga 350 km/jam! China Railway.

Keunggulan pertama yang dimiliki Tiongkok adalah Negara tersebut memiliki kereta dengan kecepatan tinggi. Bahkan, kereta yang mereka sebut sebagai “Kereta Peluru” atau bullet train tersebut menjadi satu-satunya kereta tercepat yang ada di dunia, yang dapat melaju hingga 350 km/jam!

Bahkan jika dibandingkan, waktu yang diperlukan untuk sampai ke tempat tujuan anda, akan hampir sama dengan ketika anda menggunakan transportasi udara; dimana prosedur keamanan yg terlalu berbelit, mengantre masuk ke pesawat, menunggu kapten mempersiapkan list prosedur pemberangkatan, dsb.

Salah satu jalur kereta super cepat yang pertama kali dibangun adalah jalur sepanjang 70 mil, yang digunakan sebagai rute untuk penyelenggaraan Olimpiade Beijing di tahun 2008. Jika anda menaiki kereta api tersebut, akan menjadi pengalaman yang menarik dan tidak akan terlupakan.

Stasiun kereta berkecepatan tinggi di Tiongkok umumnya terletak di kota-kota besar, dan terhubung langsung ke metro / pusat kota tersebut. Hingga saat ini, Tiongkok memiliki tak kurang dari 25.000 Kilometer jalur khusus kereta cepat.

2. Makanan Bervariasi : Pedas, Asin, Asam, Manis

Peta rasa masakan chinese food di Tiongkok

Tidak sedikit yang mengatakan jika makanan yang ada di Tiongkok merupakan salah satu menu makanan paling lengkap seluruh dunia. Sekedar informasi, bahwa Tiongkok memiliki penduduk kurang lebih 1,4 miliar jiwa yang tersebar di 23 provinsi. Penduduk tersebut terdiri dari kurang lebih 56 etnis.

Setiap masakan yang disajikan di Tiongkok memiliki keunikan masing-masing, baik dari segi rasa, bahan, dan cara pembuatannya. Bahkan, setiap kota memiliki menu makanan uniknya tersendiri. Untuk makanan yang memiliki rasa asam dan manis merupakan ciri khas masakan khas Shanghai. Masakan yang memiliki rasa lada yang kuat merupakan ciri khas masakan dari Sichuan.

Lalu di wilayah barat dan utara Tiongkok, memasak hidangan “ala hotpot”. Sementara makanan yang dimasak dengan cara di kukus merupakan ciri khas masakan dari wilayah Guangdong & Kanton. Dikarenakan banyaknya menu makanan yang tersedia di Tiongkok, dijamin anda tidak akan merasa bosan mencicipi makanan tersebut.

Baca juga : Inilah 8 Macam Gaya Masakan Khas Tirai Bambu Yang Perlu Anda Ketahui

3. Mobile Payment : Semua Lewat Genggamanmu!

Pembayaran digital yang dilakukan lewat WeChat Pay. Google pun mulai mengikuti langkah ini dengan mempopulerkan Google Pay.

Mobile Payment merupakan salah satu keunggulan yang menjadikan Tiongkok lebih baik dibandingkan Amerika Serikat maupun Negara lainnya. Membayar melalui smartphone langsung memang bukan hal yang baru, dan bahkan dilakukan oleh kebanyakan masyarakat milenial Tiongkok.

Dalam kurun 5 tahun (2011 s/d 2016), model pembayaran mobile payment telah menjadi pasar yang penghasilannya mencapai 16 trilliun dollar, yang mana penjualan tersebut didominasi oleh Tencent dan Alibaba, yang memang merupakan raksasa teknologi paling besar yang ada di Tiongkok.

Sementara di tahun 2016 sendiri, mobile payment telah mencapai $9 triliun. Padahal di AS sendiri mobile payment hanya berkisar di angka $112 miliar.

Menurut survei Pinguin Intelegence pada 2017, aplikasi mobil payment yang bersaing di dunia saat ini adalah ALIPAY dan juga WECHAT PAY; yang selain digunakan oleh 92% penduduk Tiongkok, juga mulai digunakan oleh penduduk lainnya di belahan dunia lain, termasuk Indonesia, yang beberapa bank lokalnya telah melakukan perjanjian kerja sama dengan ke-2 aplikasi perusahaan tersebut.

Mobile payment tersebut digunakan ketika akan membayar tagihan makanan di restoran, membayar transaksi di butik, membayar taksi online, membayar transaksi di mall, membeli barang dagangan toko atau di pedagang kaki lima, memberi angpau secara digital (wechat), bahkan hingga menyumbang ke pengemis! Yup, penghasilan pengemis di Tiongkok sebenarnya setara gaji PNS golongan 3A disini.

Yang Anda butuhkan hanyalah scan QR code, sebagai verifikasi untuk memberi atau menerima uang.

Baca juga : 10 Situs dan Aplikasi Populer yang Diblokir di Tiongkok

4. Servis On Demand : Pesan Kendaraan, Makanan, dan Aneka Jasa

Semua bisa dipesan lewat HP mu. Masyarakat dunia saat ini begitu bergantung pada aplikasi ini untuk membantu aktivitas.

Di kota-kota besar Tiongkok, anda bisa menyelesaikan berbagai masalah hanya dengan menggunakan aplikasi dari ponsel yang anda miliki. Bahkan, anda bisa melakukan perawatan manicure pedicure dan lain sebagainya, hanya dengan menghubungi dan membayar dari rumah.

Sama seperti di Indonesia, Anda juga bisa menyewa kendaraan mobil & motor, memesan makanan, mengirim barang, membeli barang, dan sebagainya lewat aplikasi lokal, seperti Didi Chuxing, atau Uber.

Anda bisa menyewa fotografer, instruktur driver, guru les privat, menyewa pembantu rumah tangga, atau sekadar mencari koki untuk memasak secara pribadi, hanya melalui smartphone anda. Bahkan, saat ini Anda bisa menyewa sepeda yang tergeletak / diparkir di pinggir jalan, hanya lewat aplikasi.

Meskipun di AS juga memiliki fasilitas yang sama, namun ternyata di Tiongkok lebih terkenal. Selain karena memang jumlah penduduknya lebih banyak 4 kali lipat, penggunaannya jauh lebih masif, sehingga masyarakat disana seakan menggantungkan hidupnya hanya dari perangkat smartphone di tangan.

5. Perdagangan E-commerce : JD.com + Alibaba.com = ?

2 Perusahaan e-commerce paling maju di Tiongkok, JD.com dan Alibaba.com. Jokowi bahkan sampai mengundang Jack Ma, bos pendiri Alibaba untuk menjadi penasehat perdagangan e-commerce di Indonesia.

Di Tiongkok, JD.com dan Alibaba yang merupakan 2 raksasa E-commerce menjadi kebanggaan tersendiri, karena memudahkan masyarakat Tiongkok untuk mendapatkan barang apa yang mereka inginkan. JD.com terkenal akan pengirimannya yang cenderung lebih cepat dan tanpa biaya, alias gratis ongkos kirim!

JD.com diketahui telah melakukan pengiriman sebanyak 90% dalam kurun waktu 24 jam. Untuk 57% pengirimannya bahkan dilakukan dalam waktu 12 jam pada saat selesai melakukan pemesanan.

JD.com bahkan telah menggunakan teknologi drone dan robot di beberapa wilayah untuk mengirimkan barang langsung dari warehousenya (gudang) kepada konsumen, sehingga waktunya akan lebih singkat ketimbang harus lewat kurir lokal.

Berdasarkan informasi yang dijelaskan oleh Liu Qiangdong yang menjabat sebagai CEO di JD.com, dia menjelaskan bahwa saat ini JD.com berusaha mengirimkan barang menggunakan pesawat tanpa awak, agar biaya pengiriman bisa dipangkas hingga 70%.

Alibaba dan juga JD.com juga terkenal karena sama-sama memiliki supermarket yang memiliki gaya Whole Foods dengan menawarkan makanan kualitas terbaik dan juga akan tetap segar ketika sampai di rumah anda. Bahkan, hanya dibutuhkan waktu 30 menit untuk mencapai tempat tujuan pada saat selesai melakukan pemesanan.

Baca juga : Kisah Jack Ma, Orang Terkaya Kedua di Tiongkok Pemilik Alibaba

By Herman Tan

One Smile Return to the East. Follow @tionghoainfo untuk info2 terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: eitss, mau apa nih?