Last Updated on 18 March 2021 by Herman Tan

Fengshui (风水) adalah sebuah ilmu yang mempelajari bagaimana cara manusia untuk hidup, agar selaras dengan alam dan lingkungan sekitar.

Fengshui bisa juga diartikan sebagai suatu cara yang bisa meningkatkan energi positif dan meminimalkan energi negatif; misalnya dalam pengaturan tempat tinggal/rumah kita agar menjadi lebih baik untuk ditempati, atau bagaimana memajukan bisnis/usaha yang kita geluti.

Berikut 15 benda Fengshui yang dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya :

1. Naga


Naga merupakan salah satu hewan mitologi dari Tiongkok kuno. Sosok Naga digambarkan sebagai hewan yang sangat kuat, dan dengan cakarnya dia menggenggam sebuah kristal. Simbol Naga dapat menjadi andalan dalam mencari “hawa rezeki” dalam rumah Anda.

Benda Fengshui Naga merupakan simbol energi Yang (positif) yang kuat. Kegunaan benda Fengshui ini adalah memberikan kesehatan, perlindungan dan hoki yang berlimpah.

Benda Fengshui ini bisa diletakkan dimanapun dalam rumah, kecuali tempat2 ber-energi rendah, seperti toilet atau dapur.

2. Burung Feng


Burung Feng, atau biasa diketahui sebagai burung Phoenix, adalah salah satu burung mistis dalam cerita Tiongkok kuno. Burung Feng konon dipercaya sebagai Raja para burung, dan merupakan salah satu dari 4 hewan pembawa keberuntungan.

Kegunaan benda Fengshui ini ada beberapa macam. Patung burung Feng dapat menambah keharmonisan rumah tangga dan juga mendatangkan rezeki kedalam rumah. Benda Fengshui ini dapat dipajang dalam kamar tidur, atau di ruang tempat berkumpul anggota keluarga.

3. Qilin


Qi Lin atau Kilin adalah salah satu hewan mitologi Tiongkok kuno. Hewan ini digambarkan berkepala Naga dan berbadan kuda, sehingga juga sering disebut kuda Naga. Dikisahkan bahwa Qi Lin dapat berjalan diatas darat maupun diatas air.

Benda Fengshui ini memiliki banyak kegunaan, oleh karena itu dipajang oleh banyak orang. Benda Fengshui ini dapat melindungi kita dari energi negatif (roh jahat), menambah kesuksesan dan rezeki, serta panjang umur.

Benda Fengshui ini dapat ditempatkan diatas meja kantor untuk menambah wibawa. Dapat juga dapat ditempatkan di ruang tamu untuk menambah kestabilan energi.

4. Kura-kura


Kura-kura merupakan salah satu dari 4 hewan yang dipercaya sebagai simbol keberuntungan etnis Tionghoa. Hewan ini merupakan satu2nya hewan yang benar2 ada.

Kura-kura juga adalah binatang yang berumur paling panjang. Menurut catatan penelitian, seekor kura-kura dapat bertahan hidup selama 150 tahun! Umur terpanjang diantara segala hewan lain di muka bumi.

Masyarakat sendiri tidak hanya menganggap kura-kura sebagai lambang kesehatan dan umur panjang, namun kura-kura juga dianggap memiliki kemampuan meramal masa depan.

Pada jaman kuno Tiongkok, sebelum menyelenggarakan sebuah acara, ahli2 peramal harus membakar tempurung kura-kura; lalu berdasarkan pola di atas tempurung itu melakukan tafsiran peramalan.

Baca juga : Legenda Asal Usul Bahasa Tionghoa

Baca Juga :  Arsitektur Atap Tradisional Tionghoa dan Filosofinya

5. Kodok Berkaki Tiga


Benda Fengshui Kodok berkaki tiga, atau dikenal dengan sebutan Chan Chu, merupakan salah satu benda Fengshui yang paling banyak digunakan orang Tionghoa. Kodok ini divisualisasikan seperti sedang berdiri diatas tumpukan uang koin, sambil menggigit sekeping koin.

Kegunaan benda Fengshui ini adalah untuk mendatangkan harta. Penempatan benda Fengshui ini sebaiknya diatas meja usaha/meja kantor. dan menghadap ke dalam rumah, yang mengartikan harta masuk ke dalam rumah.

Siapakah yang cocok untuk menggunakan benda Fengshui ini? Semua orang boleh menggunakan benda Fengshui ini untuk menambah hoki. Apalagi bagi Anda yang memiliki usaha sendiri, dengan memajang kodok berkaki tiga, dapat mendatangkan banyak kesempatan emas.

6. Gajah


Gajah, dalam bahasa Mandarin dieja dengan kata Xiang (象), juga memiliki pengejaan sama dengan kata Perdana Menteri (?). Gajah adalah simbol dari kekuasaan, kekuatan, ketekunan dan keadilan, yang merupakan segenap kualitas dari seorang pemimpin yang baik dan bermoral tinggi.

Kegunaan benda Fengshui gajah adalah untuk meningkatkan kedudukan (kekuasaan), memberikan perlindungan, dan mendatangkan rezeki. Benda Fengshui ini biasanya ditempatkan di sekitar/dekat pintu rumah.

7. Pixiu


Pi Xiu, atau juga ada yang menyebutnya Pi Yao, adalah benda Fengshui yang cukup jarang diketahui oleh banyak orang. Padahal benda ini memiliki kegunaan yang sangat baik.

Sepasang Pi Xiu digambarkan sebagai hewan berkaki 4, satunya bertanduk 2, sementara satunya lagi bertanduk 1. Kegunaan benda Fengshui ini sendiri adalah untuk sebagai pelindung.

Dikarenakan muka dari hewan ini cukup seram, sehingga energi jahat tidak berani mendekat. Selain sebagai pelindung, benda Fengshui ini juga dapat mendatangkan hoki/keberuntungan bagi pemiliknya. Benda ini dapat dipajang di dalam ruang tamu atau di dalam kantor.

Baca juga : Inilah 4 Hewan Yang Dipercaya Simbol Keberuntungan Etnis Tionghoa

8. Pedang Koin Cina


Koin Cina ini disebut koin Guangxu (光緒), yaitu nama Kaisar pada masa dinasti Qing. Koin ini memiliki 2 sisi, yaitu sisi Yang (4 huruf) dan sisi Yin (2 huruf). Koin Tiongkok dipercaya dapat meningkatkan kekayaan.

Penggunaan koin ini biasanya digantung di depan pintu utama sebanyak 6 koin, yang diikat dengan pita berwarna merah.

Ada filosofi tersendiri dari koin ini, dimana bagian tengah koin yang berbentuk (kotak) persegi melambangkan bumi (di jaman dulu, orang2 Tiongkok menganggap bumi itu berbentuk persegi), dan dibagian pinggiran koin yang berbentuk lingkaran melambangkan langit.

Adapun bentuk yang lain dari koin cina ini, yaitu diikat dengan tali benang merah menjadi satu, lalu dijadikan sebuah replika pedang. Pedang koin (uang) ini dipercaya dapat meningkatkan bintang You Bi (bintang 9), dimana dapat meningkatkan reputasi seseorang, serta dapat dipakai sebagai penangkal energi negatif (杀气; Shaqi) dalam rumah.

Anda dapat menggantung pedang koin ini di atas pintu utama, atau di dinding ruang tamu yang ujungnya menghadap keluar, untuk melindungi dari energi negatif yang memasuki rumah Anda. Adapun dimensi panjang dari pedang koin ini kira2 sepanjang 15 inci (30-an cm).

Baca Juga :  Ruang Tamu yang Baik Menurut Feng Shui

9. Yuanbao


Yuan Bao asal mulanya adalah mata uang yang dipakai sebelum adanya koin. Yuan Bao biasanya berbentuk perahu, dibuat dengan bahan emas atau perak. Nilai Yuan Bao dihitung berdasarkan beratnya dengan satuan ‘Tael’, satuan yang dipakai pada jaman perdinastian dahulu.

Benda Fengshui ini sangat sering dipakai oleh banyak orang. Kegunaan dari benda Fengshui ini adalah untuk mendatangkan kekayaan dan hoki, serta menjaga apa yang sudah ada. Pajangan Yuan Bao cocok ditempatkan di dalam kantor atau di ruang tamu.

10. Pagoda


Pagoda atau juga di kenal sebagai Wen Chang, adalah benda Fengshui yang cukup favorit dikalangan orangtua. Sejarah pagoda adalah sebuah semacam kuil untuk tempat belajar para filsuf.

Kegunaan benda Fengshui ini sama seperti sejarah pagoda, yaitu untuk menambah kepintaran serta reputasi bagi pemiliknya. Benda Fengshui ini cocok di pajang diatas meja belajar anak, atau diatas meja kantor Anda.

Tingkatan pagoda juga memiliki arti tersendiri. Ada pagoda bertingkat 5, 7, 8, dan 9. Kalangan Taoisme umumnya memakai pagoda bertingkat 7, sementara kalangan Buddhisme menggunakan pagoda bertingkat 9.

Baca juga : 4 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Pagoda : Sejarah, Arsitektur, dan Filosofinya!

11. Hiolo


Hiolo adalah gentong abu tempat untuk menancapkan dupa ketika sembahyang. Hiolo biasanya ditempatkan di depan altar sembahyang, baik sembahyang kepada Dewa/i ataupun kepada leluhur kita.

Benda Fengshui hiolo juga berguna untuk menambah wibawa bagi pemiliknya. Benda Fengshui ini sangat cocok bagi pemilik usaha, atau bagi mereka yang memiliki kedudukan cukup tinggi dalam sebuah perusahaan. Benda Fengshui Hiolo sebaiknya ditempatkan di dalam ruangan kerja atau kantor.

Tapi hiolo yang digunakan bukanlah yang terbuat dari kuningan (tempat dupa), melainkan dari bahan batu giok.

12. Patkwa


Dalam ilmu Fengshui, cermin Patkwa (Bagua) terdiri 2 macam, yakni cermin cekung dan cermin cembung. Masing2 cermin memiliki fungsi dalam menghindarkan dari hawa/energi jahat.

Cermin cekung dipercaya dapat menarik atau mendatangkan kekayaan, sebagai penolak energi jahat dan dapat menghisap energi baik yang akan disirkulasikan masuk dalam rumah Anda. Sementara cermin cembung digunakan untuk menangkal atau memantulkan energi negatif (Shaqi).

Kedua jenis cermin ini harus diletakan di depan pintu rumah yang kita tempati.

Baca juga : Pat Kwa (八卦; Bagua); Simbol 8 Trigram Dalam Taoisme

13. Feng Ling


Feng Ling, yang dapat diartikan dengan lonceng angin, sering dijadikan hiasan di dalam rumah. Feng Ling bisa terbuat dari batang bambu atau pipa logam, yang jika tertiup angin akan menghasilkan bunyi suara yang merdu, menenangkan hati.

Baca Juga :  Festival Perahu Naga

Bunyi2 yang ditimbulkan ini dapat memecah energi negatif yang masuk ke dalam rumah.

Penempatan Feng Ling sebaiknya di tempat yang banyak terdapat aliran angin, biasanya di depan pintu, atau dibagian belakang rumah. Kegunaan Feng Ling lainnya adalah dapat memberikan ketenangan batin, terutama bagi yang sering kelelahan karena pekerjaan atau kegiatan sehari2.

14. Patung Shio


Shio, atau dikenal juga sebagai zodiak Cina, adalah pengelompokan umur dengan menggunakan jenis hewan. Ada 12 macam hewan, diantaranya adalah tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing dan babi.

Benda Fengshui Shio memiliki kegunaan untuk mengharmoniskan rumah tangga. Dengan memajang satu set shio sang suami dan istri, hubungan akan menjadi langgeng dan romantis. Penempatan benda Fengshui ini cocoknya adalah di dalam kamar tidur.

Baca juga : Legenda 12 Shio; Bagaimana Asal Usul Penamaan dan Pemilihannya Dalam Mitologi Tiongkok?

15. Ruyi


Ru Yi merupakan sebuah tongkat official, yang menandakan tanda resmi pemerintahan di jaman Tiongkok kuno. Biasanya tongkat ini dibawa oleh pejabat2 tinggi di dalam istana untuk menunjukkan otoritas mereka. Kata “Ru Yi” sendiri secara harafiah berarti “Sesuai dengan yang diinginkan”.

Fungsi Ru Yi dalam ilmu Fengshui adalah untuk mendatangkan kesuksesan, atau menambah aura otoritas seseorang. Benda Fengshui ini jika merupakan pajangan, dapat diletakkan diatas meja kantor atau ruang tamu. Adapun yang berupa kalung atau gantungan, dapat diletakkan di dalam mobil.

Bahannya sendiri terbuat batu giok, kristal, atau tembaga.

Siapakah yang cocok untuk menggunakan benda Fengshui ini? Biasanya yang cocok untuk menggunakannya adalah para atasan yang kesulitan untuk mengatur bawahannya, atau para orangtua yang memiliki anak yang cukup sulit diatur. Ru Yi dapat menambah energi otoritas, sehingga bawahan atau anak akan lebih patuh.

Tambahan :

16. Bebek Yuan Fang (Bebek Mandarin)

Bebek Yuan Yang, atau lebih dikenal dengan istilah bebek Mandarin, juga merupakan benda Fengshui yang sering dipakai dalam sebuah keluarga.

Kegunaan “bebek berpasangan” ini adalah untuk menambah keharmonisan rumah tangga, agar selalu rukun dan harmonis. Benda ini biasanya ditaruh dalam kamar tidur pasangan suami istri, atau bisa juga dipajang di ruang tamu.

17. Hulu

Hulu merupakan buah labu yang berbentuk botol. Di jaman dahulu, botol hulu dipakai sebagai tempat penyimpanan air minum atau arak. Dalam visualisasinya, botol hulu sering dipakai oleh para pendeta Tao untuk menangkap setan atau roh jahat.

Kegunaan dari benda Fengshui ini, adalah untuk memberikan kesehatan yang bagus kepada seisi penghuni rumah. Botol hulu ini berfungsi untuk menyerap energi negatif yang berada di dalam rumah. Benda Fengshui ini ditempatkan di bagian dalam rumah, dimana kita sering merasakan hal2 atau energi yang tidak enak.

By Herman Tan

One Smile Return to the East. Follow @tionghoainfo untuk info2 terbaru. PLAGIAT KONTEN bermodal COPY PASTE adalah tindakan yang tidak terpuji.

7 thoughts on “Inilah 15 Benda Fengshui Yang Dipercaya Membawa Keberuntungan”
  1. Ko.boleh tau kek mana pasang sempoa diatas pintu.kata org maunya 383838.jadi kek mana kita penempatan nya itu.maksudnya itungan nya itu.krn saya gak pande.😊.mohon bantuannya.dari biji2nya itu penempatannya kek mana

    1. Kucing pembawa keberuntungan ini berasal dari Jepang; namun lebih populer di daratan Tiongkok ketimbang di Negara asalnya sendiri; secara populasi penduduk Tiongkok itu 10x lebih banyak daripada populasi Jepang. Jadi Maneki Neko tidak dimasukkan dalam artikel karena mengandung unsur budaya luar Tiongkok.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Jangan jadi penulis dengkulan, yg bermodal Copas artikel Tionghoa.INFO!