Jenis Ragam dan Manfaat Kertas Hu (Fu; 符)

FU (符), atau kertas HU (ejaan hokkian) adalah selembar kertas yang biasanya berwarna kuning atau merah, yang diatasnya terdapat tulisan atau kaligrafi tertentu. Pada umumnya, umat TAO meyakini sebuah Fu (符) merupakan lambang  yang berkhasiat (memiliki kegaiban), atau mempunyai kegunaan tertentu.

Menurut kegunaan dalam keyakinannya, Hu/Fu dapat dibedakan antara lain :

• Fu (符) yang digunakan agar pemakainya akan selalu aman dan sehat dimanapun berada.
• Fu (符) yang digunakan agar selalu sukses dalam sekolahnya.
• Fu (符) yang digunakan agar selalu lancar dalam bisnis/pekerjaannya.

• Fu (符) yang digunakan agar cepat mendapatkan kejodohan.
• Fu (符) yang digunakan agar cepat mendapatkan keturunan.
• Fu (符) yang digunakan agar seisi rumah selalu dalam kondisi yang aman,dan sehat serta penuh rejeki.

Loading...

Sebagai manusia yang hidup dalam jaman modern ini, memang sepintas agak sulit menerima keberadaan, keyakinan, bahkan kemanjuran dari kertas Fu ini. Namun justru disinilah merupakan salah satu keunggulan dan keunikan Agama TAO, dalam hal melayani kepentingan masyarakat dan umat TAO pada khususnya.

Bila ditinjau secara kejiwaan manusia, hal ini juga secara tidak langsung akan memelihara harapan dan keyakinan umat yang memakainya, sehingga akan menambah kepercayaan diri dan daya juangnya, dalam mencapai tujuan kehidupan masing-masing.

Sedangkan sisi negatifnya adalah, banyak pihak yang sengaja mengkomersialkan keberadaan kertas Hu/Fu tersebut, ditambah kecerobohannya dalam menjelaskan sesuatu; bahkan dengan sengaja menambah-nambah cerita ketahayulan yang tidak bertanggung jawab, atau ada pula yang menakut-nakuti umat.

Ini semua akan memberikan pandangan yang sangat menyakitkan hati para umat terhadap manfaat dari Fu sendiri.

Baca juga : Inilah Rahasia Dibalik Penulisan Kertas Kuning HU (Fu; 符)!

Sekarang ini, ada beberapa tokoh Agama TAO yang berusaha untuk mengumpulkan semua jenis Fu yang pernah ada di dunia, sejak jaman dahulu sampai saat ini.

Rencananya mereka akan membuat sebuah buku untuk memberikan penjelasan yang ilmiah, tentang apa arti dan fungsi Fu yang sebenarnya, supaya tidak ada lagi kemisteriusan tentang Fu yang selama ini banyak dipakai sebagai isu untuk menyudutkan Agama TAO.

Disalin dari buku Serba Serbi Agama TAO hal.21

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *