Arti Penjelasan Status Paket Pengiriman Luar Negeri USPS dan EMS

Beberapa minggu yang lalu, saya membeli barang dari luar negeri, tepatnya dari Amerika Serikat. Bukan dari penjual2 di situs Amazon, namun dari penjual di situs pribadi. Agak deg-degan, karena tanpa pihak ke-3 (di Indonesia laiknya Bukalapak, Tokopedia atau rekber Kaskus), jika terjadi sesuatu pada barangnya uang Anda bisa tidak kembali.

Setelah menyelesaikan proses pembayaran, lazimnya penjual akan segera mengirimkan barang pada 2-3 hari setelahnya. Saya menggunakan jasa pengiriman USPS – United States Postal Service, atau pak POS nya Amerika Serikat. Ada opsi kurir pengiriman (swasta) lain, seperi DHL atau Fedex, namun biayanya lebih mahal, hampir 2x lipat.

A. Perhitungan Bea Masuk Barang Impor

Sekedar info, untuk barang yang saya pesan, dimensinya seukuran amplop surat panjang dengan berat < 0,5 kg saja biayanya sekitar $45. Jika menggunakan Fedex biayanya membengkak hingga $75. Perlu diingat, bahwa biaya pengiriman itu termasuk kena pajak/bea masuk. Bukan hanya harga barangnya saja. Rumusnya (CMIIW) :

Nilai Pabean = Cost/FOB  (nilai barang) + Insurance (asuransi) + Freight (ongkos kirim)

1. Nilai pabean : Nilai yang digunakan sebagai dasar untuk penghitungan biaya bea masuk dan pungutan dalam rangka impor lainnya.

2. Cost/FOB : Nilai barang yang tercantum di faktur/nota pembelian.

3. Insurance (asuransi) : Nilai yang tercantum dalam polis asuransi. Jika tidak ada maka dianggap nihil (0).

Loading...

4. Freight : Biaya ongkos kirim sampai ke bandara/lokasi tujuan.

Kalau dulu barang terbebas dari bea masuk asal total nilai diatas (nilai pabean) dibawah $50. Namun peraturan terbaru Perdirjen No. PER-2/BC/2017 pada Maret 2017, nilainya ditingkatkan menjadi dibawah $100.

Perhitungan lainnya yaitu melibatkan pajak barang mewah (BM), pajak PPN, pajak PPh dan pajak PPnBM.

1. Pajak barang mewah (BM) dapat dilihat di halaman : BTKI (Buku Tarif Kepabeanan Indonesia). Tinggal isikan saja nama barangnya (sebelumnya pilih mau dalam uraian bahasa Indonesia/Inggris). Nanti akan muncul listnya. Umumnya berkisar antara 0%-20%. Misalnya ponsel, yang pajak BM nya 0%, atau baterai. Persentase pajaknya akan muncul di kolom BM Tax.

2. Pajak PPN (Pajak Pertambahan Nilai) : yang nilainya 10%.

3. Pajak PPh (Pajak Penghasilan) : 7,5% (jika punya NPWP) atau 15% (jika tidak punya NPWP).

4. Pajak PPnBM (Pajak PPn Barang Mewah) : Berkisar antara 20-75%. Yang tergolong barang mewah itu seperti pesawat, kapal pesiar, mobil mewah, dan perhiasan (termasuk emas, berlian, tas, sepatu dan jam tangan bermerek).

Baca jugaContoh Perhitungan/Cara Menghitung Bea Masuk Impor

B. Penjelasan Status Paket Kiriman USPS

Sebenarnya tidak berbeda jauh dengan arti2 penjelasan status paket pengiriman Luar Negeri yang lain, seperti DHL. Cuma bedanya DHL :

Loading...

(1.) Jauh lebih cepat di transit antar Negara (kode status : transit), dan
(2.) Jauh lebih cepat di bagian pengurusan dokumen Bea Cukai pusat (di Jakarta, untuk menentukan apakah paket kirimannya dapat dikenakan tarif bea masuk atau tidak).

Kembali ke topik, setelah menunggu 2-3 hari, barang saya telah didaftarkan ke PT POS nya Amerika (USPS). Berikut contoh model halaman trackingnya :

Contoh pelacakan (tracking) pengiriman USPS ke Indonesia (Foto : dokumentasi pribadi)

Tahapan-tahapan di statusnya meliputi :

A. Accepted At USPS Origin Facility : Artinya paket kiriman telah berhasil didaftarkan pada kantor pos cabang di USPS. Nomor track nya keluar dan bisa terlacak.
B. Arrived At USPS Regional Facility : Artinya paket kiriman sudah tiba di kantor pos cabang utama USPS (region/wilayah/propinsi).

C. Arrived At Facility : Artinya paket kiriman sudah tiba di tempat pemberangkatan. Karena pesanan saya dari Amerika yang akan dikirim ke wilayah Asia, umumnya akan diberangkatkan dari wilayah pantai barat Amerika, yakni dari California/San Fransisco. Jika pesanan dikirim ke wilayah Eropa, umumnya akan dikirim dari wilayah2 Negara bagian pantai timur Amerika.
D. Processed Through Facility : Artinya paket kiriman sementara diproses di tempat pemberangkatan. Barang2 akan dipilah, mana benda2 yang berbahaya (seperti baterai, parfum, dsb) akan dikelompokkan/dikemas lagi.

E. In Transit To Destination : Paket kiriman sudah sampai di Negara transit. Umumnya paket kiriman/kargo dari Amerika akan transit di pantai pesisir timur Asia, seperti Taiwan, Hongkong, Jepang atau Korea Selatan.
F. Processed Through Facility : Paket kiriman sudah sampai di Negara tujuan (Jakarta, Indonesia).

G. Held In Customs : Paket kiriman diperiksa/ditahan di Kantor Bea Cukai Pusat. Ini yang kadang bisa lama. Barang2 yang kena pajak (bernilai) otomatis akan lebih lama diprosesnya ketimbang barang2 yang tidak kena pajak. Untuk barang yang kena pajak/bea masuk umumnya bisa makan waktu 3-7 hari, karena akan dihitung biaya/kalkulasinya.
H. Arrival At Post Office : Paket kiriman sudah diteruskan ke kantor pos daerah. Tinggal menunggu waktu saja untuk dikirimkan ke rumahmu. Namun apabila paket kirimanmu kena pajak, mereka (PT POS Indonesia) akan mengirimkan surat panggilan terlebih dahulu, yang berisi kalkulasi biaya penebusan pajak bea masuk.

I. Delivered : Paket kiriman sudah tiba/diantarkan oleh kurir Pos Indonesia (jaringan EMS) ke rumah saya.

Kamu nantinya akan disuruh menebus dan mengambil paket kirimannya sendiri di kantor pos. Namun saat ini kalau tidak salah, biasanya mereka hanya akan menelponnya saja untuk konfirmasi, dan petugas/pak posnya akan langsung mengantarnya ke rumahmu.

C. Penjelasan Status Paket Kiriman EMS – Express Mail Service/Indonesian Post

Nah, setelah masuk di tahap Processed Through Facility, umumnya paket kirimanmu juga sudah bisa dilacak lewat halaman track Pos Indonesia. Atau bisa juga dilacak/ditrack lewat halaman Express Mail Service, EMS Pos Indonesia (jika Anda menggunakan jenis paket pengiriman USPS Express Mail). Berikut contoh model halaman trackingnya :

Contoh pelacakan (tracking) EMS POS Indonesia (Foto : dokumentasi pribadi)

Tahapan-tahapan di statusnya sendiri meliputi :

A. Posting/Collection : Paket kiriman sudah didaftarkan dan sementara diproses untuk dikirimkan ke Negara tujuan (sudah masuk kantor USPS/EMS)
B. Arrival at outward OE (Outward office of Exchange) : Paket kiriman sudah berada dalam kantor bea cukai bandara. Ini seperti titik dimana penumpang yang sedang berjalan melewati bea cukai bandara. Seharusnya dalam 1-3 hari proses ini akan selesai. Jika ada masalah seperti paket kiriman berbahaya atau barang yang dilarang, maka paket akan dikembalikan ke pengirimnya.
C. Departure from outward OE : Paket kiriman sudah berangkat dari negara pengirim menuju Indonesia.

D. Arrival at inward OE : Paket kiriman Anda sudah tiba di Negara tujuan (Indonesia) dan sedang diurus bea cukai.
E. Departure from inward OE Adpis 000052 : Artinya paket kiriman sedang diantar ke kantor pos tujuan penerima. Ini merupakan kode pos dari kantor pos selanjutnya, dan 000052 merupakan nomor Adpis, yaitu nomor paket ke lokasi tersebut.
F. Airport Handling : Pihak bandara udara sedang membongkar kargo dan mensortir paket kiriman Anda.

G. Penerimaan Dokumen / Accepted by Customs (untuk detail proses di Bea & Cukai klik link di bawah ini : www.beacukai.go.id/barangkiriman.

Paket kiriman Anda sedang diperiksa di kantor pos/kantor bea cukai. Untuk saat ini, paket kiriman di luar wilayah Jabodetabek akan langsung dikirim ke kantor pos/bea cukai tujuan terlebih dahulu. Berbeda jika menggunakan DHL atau Fedex, semua barang akan tertahan di kantor bea cukai pusat di Jakarta.

Ini yang kadang membutuhkan proses berhari-hari. Apalagi paket kiriman tidak disertai invoice/nota pembelian, sehingga pihak bea cukai sulit untuk menentukan tarifnya. Atau paket kiriman Anda membutuhkan izin impor khusus dari kementerian terkait.

Loading...

Perlu diingat, sebenarnya bukan pihak bea cukai yang menahan paket kiriman Anda. Mereka hanya menentukan berapa biaya yang harus ditebus, berapapun itu, selama Anda sanggup bayar, prosesnya akan sangat cepat. Kecuali Anda mengajukan keberatan atas penentuan tarif bea masuknya.

Yang menahan barang Anda sebenarnya adalah pihak kementerian terkait. Contohnya beberapa merek ponsel/barang elektronik, dimana barang2 tersebut tidak semuanya diizinkan untuk masuk Indonesia. Atau bisa jadi barang yang Anda impor itu dilarang, seperti obat-obatan, buku/majalah yang terindikasi berbau porno, judi, paham terorisme, atau kaset CD/DVD.

Tidak semua barang luar Negeri bisa di impor masuk lewat jalur resmi (bea cukai), sekalipun itu untuk konsumsi pribadi. Kalaupun ada yang bisa tembus, itu lewat jalur ilegal (ada orang dalam, dibawa sendiri atau lewat kapal perbatasan).

Contoh tracking beacukai.go.id/barangkiriman (Foto : dokumentasi pribadi)

H. Processing document by Customs : Pihak perwakilan bea cukai sedang mengecek dokumen barang yang dikirim dalam paket kiriman.
I. Release / Release by Customs : Pihak perwakilan bea cukai sudah meloloskan/menyetujui paket kiriman Anda.
J. Cetak Invoice / Arrival at Collection Point For Pick-up : Jika ada biaya bea masuk, maka akan dikeluarkan nota tagihannya. Paket kiriman akan dikumpulkan oleh petugas untuk di jemput/dibawa ke kantor pos tujuan.

K. Departure from inward OE Adpis 000046 : Artinya paket kiriman sedang diantar ke kantor pos tujuan penerima. Ini merupakan kode pos dari kantor pos selanjutnya, dan 000046 merupakan nomor Adpis, yaitu nomor paket ke lokasi tersebut.
L. Arrival at delivery/Transit Office : Tiba di kantor pos tujuan, tempat paket kiriman akan diserahkan.
M. Item Out for Physical Delivery : Paket pesanan dikeluarkan dari kantor pos untuk dikirim ke rumah Anda. Saat ini paket kiriman sudah berada di kurir, dan akan segera sampai di alamat penerima dalam hitungan jam.

Pada tahap ini, kalau barang tidak dikenakan bea masuk, maka paket kiriman akan dikirim langsung ke alamat tujuan. Namun kalau kena bea masuk biasanya akan dikirim semacam surat panggilan/telepon, dan Anda harus mengunjungi kantor yang ditunjuk, serta melakukan pembayaran pajak masuk barang sekaligus pengambilan barangnya. Jika dalam 2 minggu tidak diambil, maka barang akan dikembalikan ke pengirim.

N. Final Delivery : Paket kiriman yang diantarkan kurir pak pos sudah tiba di rumah Anda. Pada saat menerima paket kiriman di rumah, saya diharuskan untuk membayar biaya bea pelalubean (biaya bungkus ulang dan materai) sebesar Rp.20.000,- kepada kurir pos nya.

D. Tipe-Tipe Paket USPS

USPS Priority Mail merupakan jenis paket kiriman yang paling banyak digunakan orang karena harganya yang terjangkau

Sebagai info, terdapat beberapa jenis paket pengiriman yang lazim digunakan oleh penjual dari Amerika Serikat untuk mengirim barang dagangannya ke pembeli yang tersebar di seluruh dunia. Berikut ini pilihan paket yang digunakan jika menggunakan USPS – United State Postal Service (Pos nya USA) :

1. USPS First Class Mail : Paket yang dikirim melaui Kantor Pos Amerika Serikat (USPS). Ini adalah jenis kiriman Pos Amerika yang paling standard/murah, karena biayanya yang murah namun tetap reliable.

Untuk paket kiriman yang bernilai murah, atau yang tidak memerlukan pengiriman dengan cepat, jenis paket pos ini bisa Anda pilih. Kekurangan dari USPS First class mail adalah tidak disertai dengan tracking number internasional, sehingga ketika paket sudah keluar dari wilayah Amerika (seperti di Negara transit atau sudah sampai ke Negara tujuan), maka paket kiriman sudah tidak bisa dilacak/ditracking lagi.

Contoh nomor resi/trackingnya USPS First Class Mail seperti LK123456xxxUS, LN123456xxxUS. Waktu pengiriman untuk USPS First Class Mail umumnya berkisar antara 28-35 hari sejak dikirim.

Contoh traking menggunakan paket pengiriman murah First Class Mail, atau International Mail. Setelah keluar USA, barang tidak bisa dilacak lagi (di negara2 transit).

Pada contoh screen shoot diatas, tampak keterangan “Selection of service chosen is International Mail. As a result, further tracking information is no longer available.”. Artinya kurang lebih : pengiriman lewat surat internasional, jadi kode traking tidak dapat dilacak lagi, atau tidak lagi tersedia setelah paket kiriman telah keluar dari wilayah Amerika Serikat.

Setelah kira-kira 2-3 minggu, Anda akan mendapat pemberitahuan lewat email; atau jika Anda rajin membuka internet, kode tracking sudah bisa dilacak lewat Pos Indonesia. Namun jika belum ada kabar, Anda harus lebih sabar lagi. Soalnya menurut pengalaman orang lain, menggunakan paket first class mail, atau international mail (termurah, atau bahkan gratis) kadang bisa memakan waktu sampai 6 minggu.

2. USPS Priority Mail : Ini adalah jenis paket kiriman melalui Pos Amerika yang lebih cepat di banding USPS First Class Mail. USPS Priority Mail banyak dipilih untuk mengirimkan barang yang lebih “berharga” dan waktu pengiriman yang lebih cepat.

Keunggulan USPS Priority Mail adalah menyediakan kode pelacakan/tracking number yang berlaku internasional, sehingga keberadaan paket kiriman bisa dilacak dimana pun posisinya berada, hingga paket diterima oleh pemesannya.

USPS Priority Mail juga merupakan paket kiriman yang paling banyak digunakan orang, karena adanya fasilitas Tracking number tadi; sehingga baik penjual maupun pembeli sama-sama bisa melacak keberadaan paket. Paket ini juga bisa di lacak lewat traking POS Indonesia apabila sudah masuk wilayah Indonesia, karena POS Indonesia dan USPS merupakan anggota jaringan EMS Dunia (kantor Pos Negara) dengan 182 anggota.

Contoh nomor resi/trackingnya USPS Priority Mail seperti : CJ471153xxxUS, CA123456xxxUS. Waktu pengiriman untuk USPS Priority Mail umumnya berkisar antara 14-21 hari sejak dikirim.

3. USPS Express Mail : USPS Express Mail ini sama/setara dengan EMS (Express Mail Service). USPS Express Mail adalah jenis paket pengiriman yang paling cepat yang bisa dilayani oleh USPS. Kecepatan pengirimannya bisa setara jasa kurir pengiriman swasta internasional, seperti Fedex, DHL atau UPS.

Paket ini biasanya dipilih untuk pengiriman yang ingin diterima dengan lebih cepat, atau yang memiliki dimensi & berat yang lebih besar sehingga tidak bisa dikirim dengan USPS Priority Mail. Paket ini bisa di lacak lewat traking POS Indonesia apabila sudah masuk wilayah Indonesia.

Contoh nomor resi/trackingnya USPS Express Mail seperti : EA123456xxxUS, ES123456xxxUS. Waktu pengiriman untuk USPS Express Mail umumnya berkisar antara 3–7 hari sejak dikirim.

Baca juga : Contoh Perhitungan/Cara Menghitung Bea Masuk Impor

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

81 Responses to Arti Penjelasan Status Paket Pengiriman Luar Negeri USPS dan EMS

  1. vincencius says:

    halo ko mau nanya dong,aku pesen barang dari amerika tapi dari 4 januari 2019 sampai sekarang statusnya masih departed soekarno hatta – jakarta,gimana solusinya ya ko?

    • Herman Tan says:

      Info rinciannya kurang jelas, jadi maaf tidak bisa membantu.
      Kalau baru pesan tgl 4, ditunggu saja, bisa makan 30 hari kerja untuk pengiriman USPS tarif normal.

      • Vincencius says:

        No trackingnya UA940880903US. Nah barang itu maksudnya pada tanggal 4 januari udh dalam status ” Your item departed a transfer airport in SOEKARNO-HATTA INTL, JAKARTA, INDONESIA. ” nah tapi sampe sekarang blum ad lgi pembaruan status. Kira2 normal kah?

  2. Yusuf mustafa says:

    Ka’ Saya pernah kirim baranng dan gunakan paket usps dr amerika serikat waktu bulan maret tapi barang saya cmn transit sampe di soekarno hatta abis itu sdh ngak berubah lagi statusnya padahal tujuannya kemakassar Sampe skg ini brgnya ngak sampe ditangan saya mohon bantuannya kak gimana solusinya ?
    Smg ada pencerehannya makasi byk sblmnya

  3. Rei says:

    Mau tanya kak.
    kalo statusnya diproses p2/sbp itu mksudnya apa ya? Ilegal barangnya apa gimana? terus biasanya kalo ilegal gitu barangnya di balikin ke pengirim?

    • Herman Tan says:

      Hi Rei!
      1. Belum pernah lihat kode status yg seperti itu (p2/sbp). Mesti lihat ini tahapannya sudah sampai dimana dulu.
      2. Barang ilegal akan dimusnahkan, jika terindikasi obat terlarang, akan dilacak sampai ke alamat penerimanya, dan dikonfirmasi.

  4. YP says:

    Ko, kalo mau krm paket ke UK ( export ) cuma gift sih, baju. Selain pakai DHL dan Fedex ada saran? Apa kalau saya kirim pakai pos indonesia akan sama sampai di negara tujuan berubah menggunakan POS lokal mereka?

  5. Yopi Yogiaman says:

    Siang Kho…
    Oeh yopi
    Oeh beli bandana dari China 86$ {itu total asuransi, harga dan biaya kirim}
    Skr tgl 8 des posisi tracking-Jakarta, ID garis bawah tulisan ABNORMAL artinya apa ya Kho… oeh tggu saja, atau hub Ups nya? atau bgmn baiknya

  6. Ray says:

    Hi Ko Herman,

    Saya beli sudah berapa kali beli barang dari USA yang dikirim melalui USPS First Class Mail. No tracking yang selama ini berawal dengan U yang saya tahu tidak bisa di tracking setelah meninggalan USA.

    Saya pernah pengalaman kalau paket saya yang no resi USPS berawal engan U bisa di pantau setelah diterima oleh B&C via mereka. Namun juga pernah ada paket yang lain yang no resi USPS berawal juga dengan U, tidak ada datanya sama sekali di situs B&C walupun barangya akhirnya sampai juga.

    Pertanyaan saya adalah, kenapa kadang ada paket yang bisa di pantau di kiriman barang B&C cukai dan juga yang tidak ada datanya? Apakah setiap barang dari luar negri diperiksa oleh petugas B&C atau hanya selective?

    Untuk info tambahan. Dua2nya dikirim melalui USPS First Class dangan harga masing2 dibawah $ 75. Kenapa yang satu ada laporan di website B&C dan yang satu tidak?

    Mohon pencerahanya dan terima kasih.

    • Herman Tan says:

      Kalau paket sekelas USPS first class mail atau sekelasnya, biasanya setelah keluar US tidak bisa di track lagi.
      Ini kadang tergantung si penjualnya kirim paket apa. Bisa juga karena ukuran sizenya besar, jadi tetap dikasih track walaupun dengan paket termurah.
      Umumnya setiap barang akan diperiksa manual oleh petugas bea cukai, beserta unit K-9 jika mencurigakan.
      Setelah lolos, baru diteruskan ke pos/kurir lokal yg bekerja sama dengan kurir negara asal.
      Kalau dari US, dengan paket ini estimasi sampai maksimal 45 hari kerja.
      Jika belum sampai sampai batas waktu estimasi, coba hubungi penjual, mereka kadang suka me-refund dana Anda 100%.
      Beda dengan penjual2 di toko online kita, yg menyerahkan sepenuhnya tanggung jawab ke kurir 100%.

  7. gathe says:

    Hi ko, trims atas artikelnya

    Sedikit mau sharing, bulan lalu Sy order vie *bay untuk pembelian sepatu dr UK dengan kurir POS mereka. Beli 2 pasang tp dengan transaksi berbeda/ 2 kali transaksi. Ini merupakan pertama kali sy beli barang dr *bay yg mana dr personal seller. Akibat kurang aware dengan aturan baru ttg pembebasan bea masuk yang turun.. dr fob 100usd ke 75usd. Salah satu order sy klo di usd (dr GBP) kan hargnya 76~77usd (exlcude shipping).. dikit banget selisihnya antara yang akan kena biaya masuk, etc dan tidak. T_T

    Seminggu setelah barang tiba di indo, sy menerima surat dr POS, yang asalnya
    dari beacukaipa*arbar*. Intinya mereka minta untuk sy mengajukan invoice, bukti pembayaran yg valid dan NPWP,, semua bukti dan yg diminta sy sertakan dan dkrimkan via email dan beberapa hari berselang mereka email kembali bahwasanya dokumen sedang di teliti dan akan diproses lebih lanjut, beberapa hari berselang sudh tidak ada email yg masuk dan Sy mulai tracking status nya di trakcing POS indo.. saat ini status dr barang krim sy sudah “release/release by custom” dr tgl 3 Dec smp skrg.

    Nah, anehnya barang satunya yg memang hrgnya dibwah 75usd tidak ada notice sm sekali seperti yg diatas (mnt krim invoice etc), juga skrg statusnya sudah release by custom.

    kira2 setelah itu proses apalagi ya? dn berapa lama lagi kiranya bisa sampai?jg apakah nanti setelah setelah di pos br akan ketauan sy kena biaya masuk nya seperti penjelasan diatas?

    oh iya, ap ada cara ya kita menghindari bea masuk jika hrg barang lebih dr 75usd? sering dengar ada cr2 tp skrg sdh mulai diketahui phk custom

    trims

    • Herman Tan says:

      Meski beli di personal seller, tetap mesti minta nota pembelian, yg di dalamnya tercantum harga.
      Kalo engga ya bakal jadi panjang ceritanya. Bea cukai bakal lebih curiga, apalagi kamu beli sepatu bermerek.
      Mereka bisa cek di internet harga pasarnya, dan jangan kaget kalau mereka ambil harga tertinggi (dan memang biasanya begitu).
      Kalau sudah release by custom artinya barang sudah ada di pihak kurir pos indonesia. Tunggu saja estimasinya 7 hari kerja.
      Apalagi ini sudah bulan desember, biasanya trafik pengiriman lagi padat2nya.

      Bauat kamu2 yg mau belanja luar negeri, sebaiknya hindari bulan ini, karna resiko tertahan di pengiriman tinggi.
      Dari pengalaman2 pribadi dan orang lain, kurir Pos Indonesia (kerja sama dengan USPS / EMS) baru akan aktif diatas tanggal 15 januari untuk pengiriman barang luar negeri.
      Kalo yg udah terlanjur, ya berharap kirimannya tiba dibawah tanggal 21 desember.

  8. Willy says:

    Ko , ‘mau tny kalau departure from inward oe adpis : 000098 artinya ap ? Soalnya pos salah kirim alamat kota setelah buat keluhan itu barang putar2 stats departure from inward oe adpis

  9. Daud says:

    Hi Koh
    RR849678063DE Awb saya dr Jerman. Menurut tracking DeutschePost paket saya sudah sampai di Indonesia tanggal 15 Okt, tapi berdasar tracking EMS Pos Indonesia paketnya tidak pernah mendarat di indonesia, statusnya pun departure saja dari tanggal 9 Okt. Saya sudah coba kontak 161, twitter, bahkan keluhan di web Pos Indonesia tapi belum ada solusi. Apa yang harus saya lakukan?

  10. Anita Huang says:

    Pagi Ngkoh,

    Mau tanya,sblumnya blm pernah impor, beli barang di alibaba China total 27.03 termasuk biaya paypal+ pengiriman EMS economy service. Weight < 400 gram
    Status saat ini: KTSH 19000 Departure from Inward OE Adpis 900086,
    ini maksudnya apa ya/penjelasannya gt ? proses selanjutnya gimana?

    saya kurang jelas cara cek posisi barang tersebut,
    yg saya tau cuman nanti byr pelalubeaan 20.000 jika ada cek+bungkus ulang.

    Terima kasih sebelumnya & mohon pencerahannya:)

    • Herman Tan says:

      Kalo dari Alibaba, Gearbest, yg lokasi warehousenya di Tiongkok, tunggu saja karena biasanya dibawah 2 minggu.
      Nanti hanya perlu bayar biaya pelalubeanan sebesar Rp.20.000,-, karena EMS masuk Indonesia pasti lewat pos/kurir lokal, yakni PT Pos Indonesia.

  11. moon says:

    sebelumnya saya mau tanya, temenku kan kirim paket dari korea, saya baru pertama kali terima paket dari luar negeri. tadi pas saya cek status nya “Cetak Invoice / Arrival at Collection Point For Pick-up” itu maksudnya kita harus ambil ke kantor pos langsung atau nanti di kirimkan sama kurir pos ke rumah kita? trus maksud dri “cetak invoice” itu apa ya? soalnya saya ngga punya bukti apa2 tentang kiriman itu. semua bukti pengiriman ada di temen saya. trus apakah nanti ada pemberitahuan dari kantor posnya untuk ambil sendiri di kantor pos melalui email/tlp? terima kasih sebelumnya

    • Herman Tan says:

      Hi moon,

      1. Arrival at Collection Point For Pick-up : Tiba di Tempat Pengumpulan, dan barang siap untuk dijemput. Ini tergantung posisinya masih di negara awal, atau sudah di negara tujuan.
      2. Tunggu di rumah sampai kurir pos datang;, kecuali untuk beberapa kasus yg cukup langka, penerima diwajibkan datang sendiri di kantor pos setempat (lokal).

      3. Cetak invoice itu dari pihak posnya, mengeluarkan nota tagihan. Meski bebas bea masuk tetap kena Rp.20.000 sebagai biaya pelalubeanan (jasa pengiriman lokal).
      4. Kadang suka ada pemberitahuan dulu lewat sms, email, atau telpon, kadang langsung dikirim saja oleh kurir, laiknya paket domestik. Ini tergantung pegawai pos setempat, beda-beda soalnya. Tujuannya biar penerima tidak kaget apabila ada biaya yg dibebankan (bea masuk), dan segera menyiapkan uang untuk menebusnya, agar kurir pos tidak menunggu lagi (jangan lupa minta bukti/nota tagihannya).

      Kira-kira demikian, semoga menjawab pertanyaanya.

  12. Ahmad M says:

    Koh, klu status “Confirmation by customs: Nota permintaan data: AJUKAN BUKTI BAYAR/NOTIF XXX USD” artinya apa ya? Apa penerima harus bayar xxx USD? Atau pabean minta surat bukti pembelian seharga xxx USD? Terima kasih.

    • Herman Tan says:

      Ya, mereka meminta bukti berupa nota pembelian, karena tim mereka kesulitan untuk menaksir/menentukan nilai barang tersebut.
      Hal ini terjadi, karena dalam box/paket kiriman tidak disertakan dokumen pendukung, seperti nota/invoice tersebut.
      Sebenarnya bisa saja barangnya sebenarnya gratis, namun oleh mereka (bea cukai) dianggap cukup berharga.

      Nah, ini masalahnya, bagaimana Anda mau menghubungi mereka di pusat/Jakarta?
      Kecuali barang Anda sudah tiba di daerah tujuan, bisa langsung menghubungi Pos Indonesia.

      Kira-kira demikian

  13. aditya says:

    pa saya mohon bantuan

    beberapa hari yang lalu kawan saya dari OHIO kirim paket dengan USPS ( priority Mail International Parcels ) kawan saya membayar USPSnya US$60 untuk paket saya, adapun isi paket adalah 1 jaket US army dan 2 tshirt, pertanyaan saya :

    1. berapa nilai pajak yang saya harus bayar pa ? ( saya cek jaket itu 20% )
    2. apakah setelah bayar pajak itu saya harus bayar juga untuk ongkir pos indo ke rumah saya

    xie xie

    • Herman Tan says:

      Meski paket kiriman itu berbentuk gift / hadiah, tapi jika dianggap berharga, nominalnya bisa ditaksir sendiri oleh pihak bea cukai.
      Kalau nilainya dibawah $100, tentu Anda hanya akan dibebankan biaya pelalubeanan sebesar Rp.20.000,-
      Nilai pajak (apabila ada) dan biaya pelalubeanan akan sekalian dicetak dalam lembaran surat, dan ditagihkan kepada Anda oleh kurir pak pos ketika barangnya tiba dirumah.

      Pada beberapa kasus, penerima paket diharuskan untuk datang ke kantor pos setempat untuk mengambil sendiri barangnya.

      • aditya says:

        Halo Pa, di tracking pos itu saya lihat agak sedikit berbeda dengan gambarnya pak Herman diatas , kalo bapak itu posting collection sama arrival at inward OE itu ada dari US nya, tadi pagi saya cek, punya saya inward arrivalnya disitu officenya jakarta, apa ini artinya sudah ada di jakarta pa ? apa baru diberangkatkan ?

      • ozon says:

        pak saya mau nanya saya ada pesan senjata tajam impor dr luar indonesia tepatnya pedang samurai katana.pertanyaan saya apakah jenis senjata tajam itu tidak bermasalah nantinya dan apan bakal ditahan pihak bea cukai?

  14. Helen says:

    Sore Ko. Saya bingung. Ini saya kan beli baeang senilai 200rb an dri Ukraine. Di tracking nya sudah sampe ‘final delivery’ tapi itu sudah 2 hari yg lalu. Ini saya bisa cek ke pos indonesia ato kemana ya klo dri ukraine?

  15. dwi says:

    maksud kode adpis 000728 apa yach bang ?

  16. Miss L says:

    Bisa bantu di jawab yaa ..please ..saya beli dr alirxprss free shipping,barang jg cm 7 usd dan cuma nail art aja..dr tgl 31 bln kmrin hingga sekrng 27 sept barang ga taudimn ..status cm GMTC BERANGKAT TRANSIT DITGL 7 SEPT..hingga sekarang ga jls di mn ..UC786538133MY cm bs di lacak pake sunyou economic airmail..

    • Herman Tan says:

      Seumur-umur belum pernah pake yang free shipping.
      Selalu ambil tarif paket termurah, sekalipun setelah keluar dari negara asal tidak bisa di track lagi.

      Pengalaman beli di redbubble US, setelah > 40 hari pasca pembelian, barang tidak sampai, uangnya akan DI REFUND.
      Saya liat anda masih 27 hari, sabar saja 2 minggu lagi.
      Yang namanya gratis memang tidak ada yg cepat.
      Apalagi beli barang yg hanya setebal uang, itu peluang tercecer atau tertumpuk tinggi sekali, karena hanya dikemas dalam amplop biasa.

  17. Ibnu says:

    Ko saya dapat paket dikirim tanggal 25 agustus dari us dikirim pake usps,dan setelah saya tracking terus info terkahir “1 september 2018 :in transit to next facility” dan belum ada update lagi, kira kira paket saya sampai berapa lama lagi ya ko ? No.resinya :UA424341566US
    Terima kasih banyak ko.

  18. Ibnu says:

    Ko numpang tanya, saya dapet paket dari amerika dan saya dapet no resinya, setelah saya tracking hasilnya : “September 1, 2018
    In Transit to Next Facility
    Your package is moving within the USPS network and is on track to be delivered to its final destination. It is currently in transit to the next facility. ”
    Kira kira ini masih lama lagi ga ya ko ?
    Oh ia ini no resi saya kalo kurang jelas : UA424341566US
    Terima kasih banyak ko sebelumnya

  19. Olivia says:

    Malam ko, mau nanya ko…
    kalo statusnya bgini itu gimana yah?

    In Transit to Next Facility, Your package is moving within the USPS network and is on track to be delivered to its final destination. It is currently in transit to the next facility.

    Pake first class sih, apa brrti sdh ga bisa di lacak lagi?? Udah dari tgl 25 ko gak terupdate. Xie2 ko😊😊

    • Herman Tan says:

      Yup, pake first class/termurah memang begitu.
      Kalau di kita bunyinya malah lebih jelas “Selection of service chosen is International Mail. As a result, further tracking information is no longer available.”.
      Tapi kalau sudah 3 minggu tidak bisa di track, biasanya tidak lama lagi akan sampai.
      Pengalaman saya sering terima surat dan stiker dari US, maksimal 1 bulan sejak di proses kurir lokal.

  20. shepley says:

    siang ko.. mau tanya status pengiriman saya sudah cetak invoces/arrival at colection point.. itu butuh wktu brp lama ya ko untuk samapi ke kantor pos dekat rumah saya.. kantor pos tempat barangnya sih tidak begitu jauh juga.. apa bisa saya ambil? barang saya tidak kena pajak karna hanya 80$ sudah dengan ongkos kirim saya sudah cek di situs bea dan cukai..

    trims..

  21. Aurellyn says:

    Ko saya mau nanya dong saya ngirim barang dari us ke indo tp pas track “Your item departed a transfer airport in SOEKARNO-HATTA INTL, JAKARTA, INDONESIA on August 4, 2018 at 4:15 pm. The item is currently in transit to the destination.” sampai tgl 31 agustus belum berubah gimana dong?

    • Herman Tan says:

      Barangnya ada kemungkinan kena sweeping bea cukai, bisa jadi merupakan barang yang dilarang masuk ke Indonesia.
      Coba kontak ke kurirnya untuk info lebih lanjut. Jika lewat USPS, kontak/datangi kantor pos untuk kejelasan.
      Sebagai pembeli barang impor, Anda dituntut harus lebih aktif, alih-alih menunggu di rumah hingga barang Anda dimusnahkan sama bea cukai.

    • Bangkit Hs says:

      Hi, kabarnya baran nya gimana apakah sudah sampai sekarang?

  22. Emily says:

    Malam kak, terimakasih artikelnya sgt memberi pencerahan.
    Mau tanya, sy ada kiriman barang dg First Class Mail dr tgl 6 Agustus, namun dari tgl 14 Agustus stuck di keterangan ini
    Departed
    TOKYO, JAPAN
    Your item departed a transfer airport in HANEDA, TOKYO, JAPAN on August 14, 2018 at 10:30 am. The item is currently in transit to the destination.

    Dan sampai skrg belum sampai, kalau menurut pembahasan diatas di jenis package ini tidak dpt ditrack lagi.
    Kemungkinan posisi barang dimana ya dan saya bisa follow up kemana ya kak? Untuk di Indonesia sendiri apa bisa menghubungi kantor pos wilayah?
    Karena barang yg sama ke teman saya di kota lain sudah sampai..

    Terimakasih banyak sebelumnya..

    • Herman Tan says:

      Itu resiko jika membeli barang2 impor lewat kurir pos amerika.
      Tidak ada kontak yang tersedia, hingga barang Anda tiba di Indonesia.
      Lain halnya jika Anda menggunakan layanan kurir swasta, laiknya DHL atau Fedex. Memang harganya lebih mahal, tapi barang Anda terjamin, dan tersedia nomor kontak perwakilan di tiap Negara.
      Ada 2 kemungkinan dimana posisi barang Anda :

      1. SUDAH TERTAHAN di pihak bea cukai Japan. Anda tahu, japan merupakan salah satu dari 3 BANDARA YANG PALING KETAT soal security/safety. Maka itu kebanyakan arus kiriman barang dari USA mendarat di Taiwan, alih-alih masuk ke Negara matahari terbit itu. Alasan ditahan, bisa jadi barang Anda terindikasi berbahaya untuk diterbangkan lewat jalur udara, atau mengandung barang2 terlarang, seperti cairan, baterai/bisa meledak, dsb.

      2. Barang Anda sudah tiba di Indonesia, tapi belum di bongkar, atau masih di gudang penyimpanan. Kalau Anda pernah masuk di gudang PT Pos Indonesia (kerja sama dengan kantor pos 190 negara dunia), barang2 dengan jalur pengiriman termurah biasanya ditumpuk2 dalam 1 gudang besar, dimana disana sudah campur aduk, mana barang yg sudah bertahun2 tinggal disana, mana yg barang2 baru masuk. Apalagi kalo paket barangnya berbentuk amplop tipis, itu kemungkinan tercecer lebih tinggi lagi.

  23. Yuri says:

    22/07 posting/collection
    23/07 arrival at outward OE
    24/07 departure from outward OE
    25/07 arrival at inward OE
    25/07 departure from inward OE
    Kira2 prosesnya berapa lagi ya?
    Terimakasih.

  24. Endroe Sugiaman says:

    Kalau pengiriman dr us pakai usps first class mail, tracking terakhir sudah 7hari departed jakarta, kok belum ada progres lg ya, normal kah?

    • Herman Tan says:

      Hi Endroe,

      Coba baca2 lagi di artikel ini, mengenai seperti apa itu USPS First Class Mail. Disana terdapat jabawan, kenapa tracking paket Anda tidak lagi ada kelanjutan.

  25. Yuri says:

    Aku dapat gift dari jepang menggunakan EMS,
    1.posting/collection 22-07
    2.arrival at outward OE 23-07
    3.departure from outward OE 24-07
    4.arrival at inward OE 25-07
    5.departure from inward OE 25-07
    Kira2 berapa lama lagi proses nya sampai ke tangan saya ya? Terimakasih

  26. Tio says:

    Terimakasih sangat membantu artikelnya😁
    Sekalian tanya. Kalau untuk status departure from inward OE. Itu bisa dijemput ga paketnya di POS pusat gitu? Makasih

    • Herman Tan says:

      Tidak bisa. Soalnya semua paket kiriman ada di back office, di gudang distribusinya, yang sudah dipilah2 untuk dikirim ke alamat tujuan akhir.
      Jika Anda ingin “memotong di tengah jalur”, nanti mereka yg susah karena harus membongkar dan mencarinya satu per satu.

  27. eirin says:

    pak mohon pencerahannya, sy ngirim pake ke usa, sy cek status pengirimannya lwt web pos statusnya unsuccsessfull delivery, dan lwt ems statusnya delivery attempted itu. kedua status itu maksudnya apa ya pak?

    sebelumnya terima kasih penjelasannya pak

    • Herman Tan says:

      Hi eiri,
      Untuk status pengiriman “delivery attempted” dari EMS, belum pernah saya alami. Namun jika dirujuk dari artinya, ada kemungkinan paket kiriman Anda sedikit bermasalah saat melewati x-ray. Sehingga perlu dipastikan & dibongkar petugas bandara apa isinya; disaksikan oleh perwakilan kurir dan pihak berwenang, untuk memastikan apa isinya.

      Atau bisa juga, karena ukuran/zize paket yang anda kemas bentuknya tidak lazim, terlalu besar, atau beresiko tinggi (barang pecah belah, mengandung listrik aktif/baterai, dsb) sehingga kesulitan untuk dimuat laiknya barang lain.

      Kalau boleh tahu, sudah berapa lama status tersebut muncul? Jika masih dibawah 1 minggu, ditunggu saja perkembangannya. Jika tidak, Anda harus menghubungi perwakilan PT POS Indonesia, untuk memastikan apa kendalanya. Siapa tahu paket Anda dapat ditarik pulang. Pengiriman ke LN rata2 memang lebih beresiko dibanding pengiriman2 domestik.

      Kira-kira demikian, semoga membantu.

      • Nana says:

        Halo ko saya mau tanya. Agak sedikit galau disini.
        Saya dikirimin paket utk hadiah bday gitu dr amerika dengan USPS , kirimnya kira2 tgl 8 july 2018. Barangnya saya lacak terakhir tgl 23 july 2018 statusnya arrival at delivery / transit office. Kalo berdasarkan urutan dari contoh diatas itu seharusnya habis tu uda di antar ke alamat tujuannya kan. Tapi koq ni saya cek lagi tgl 25 july 2018 barangnya statusnya koq cetak invoice lagi ya
        Ditulis cetak invoice / arrival at collection point for pick up.

        Saya sudah cek resi saya di website beacukai kemarin tu sudah di release . POBnya cuma $30 . Jadi gak ada kena biaya. Tidak ad tagihan tp kenapa ad cetak invoice ya ?

        • Herman Tan says:

          Alur ilustrasi kode tracking diatas tidak menjamin 100% semua langkah2nya seperti itu.
          Ada step yg bisa ditambahi jika diperlukan, dan ada pula step yang dibisa dilewati.
          Cetak invoice untuk biaya pelalubeanan sebesar Rp.20.000,-

  28. Kevin says:

    Pak mhon infonya, paket saya statusnya held by costums (import), mksdnya diapain ya pak??, dan proses nya smpek brp lama pak??
    Mhon pncerahannya pak, trima kasih.

    • Herman Tan says:

      Hi Kevin, penjelasannya ada pada point G :

      G. Held In Customs : Paket kiriman diperiksa/ditahan di Kantor Bea Cukai Pusat. Ini yang kadang bisa lama. Barang2 yang kena pajak (bernilai) otomatis akan lebih lama diprosesnya ketimbang barang2 yang tidak kena pajak. Untuk barang yang kena pajak/bea masuk umumnya bisa makan waktu 3-7 hari, karena akan dihitung biaya/kalkulasinya.

  29. Sengko says:

    Saya pengguna baru di Jasa Pengiriman EMS/POS Indonesia.
    Dan saya ada nemui pertanyaan mengenai paket kiriman ke saya dg status:
    “Cetak Invoice / Arrival at Collection Point For Pick-up”,
    Biasanya status tsb butuh waktu berapa hari utk dibawa ke Kantor POS tujuan berikutnya, jika penerima tidak ambil sendiri ke Kantor POS?
    Sementara Kantor POS dg satus tsb di Kabupaten tetangga.
    Terima kasih.. artikel di halaman ini sangat membantu

    • Herman Tan says:

      Hi Sengko,
      Biasanya kalau sudah di kantor pos lokal, tidak akan memakan waktu lama, laiknya pengiriman domestik. Nanti mereka akan menerbitkan nota pajak bea masuknya. Kalau nilai total barang bernilai dibawah $100 (harga barang, pajak bea masuk untuk barang, pajak pribadi, dan biaya kirim), maka Anda hanya akan dikenai Rp.20.000,-.

      Ditunggu saja nanti pak pos nya sendiri yg antar, atau di beberapa daerah mewajibkan penerimanya untuk menjemput sendiri paket di kantor pos pada hari yg telah ditentukan.

  30. Nita says:

    Min, saya kan beli barang dr ebay pake usps first class mail, estimasi barang sampai paling lambat 10 juli pengiriman dari 16 Mei. Misal sampai tgl 10 Juli ga ada info dari kantor pos, saya harus tanya kemana ya perihal paket saya? Mohon infonya. Thanks.

    • Herman Tan says:

      Hi Nita!
      Sebelumnya mau tanya dulu, apa paket Anda ada kode traking online?
      Tidak masuk akal jika dalam 55 hari paket belum tiba juga.

      • Nita says:

        Ini kode tracking nya UA943395353US
        Ga bisa dilacak lg klo udh keluar US. Saya bingung mau tanya atau telpon kmn jg.

  31. Lucy says:

    Halo mau tanya, saya mendapat kiriman paket sejak 31 mei lewat usps dan sudah bbrp minggu tracking stuck di tgl 5 juni, in transit. Sampai saat ini barang belum tiba juga. apakah pengiriman nya selama itu atau apakah paket sebenarnya sedang di proses ?

    • Herman Tan says:

      Status transitnya masih di Negara luar, apa sudah di Jakarta?
      Ini sudah 2 minggu, jika statusnya transit di LN, berarti barang Anda mungkin kena tahan di bandara karena terindikasi barang berbahaya oleh mesin x-ray/K9 (anjing pengendus). Kalau sudah gitu peluang lolosnya kecil.
      Jika statusnya transit di Jakarta, tunggu saja mungkin masih kena libur lebaran. Jika masih belum keluar juga, hubungi kantor bea cukai jakarta.

  32. Zizi says:

    Pak mohon infonya , paket saya statusnya arrival at delivery / transit office dari tanggal 04 May, tetapi tidak ada telpon / surat untuk saya , seharusnya kan sudah sampai di kantor pos yaa, saya baru tau cara cek resinya melalui postingan ini, sebelumnya saya tidak cek, kan sudah lebih dari 3 minggu yaa, apakah barang saya masih bisa diambil ? dan kenapa tidak ada info apa-apa untuk saya ambil di pos ya? karena saya order sebelumnya biasanya engga kena bea cukai .

    • Herman Tan says:

      Posisi barangnya dimana skrg?
      Jika sudah ada di kantor pos daerah, coba langsung datangi, dan bawa nomor resi serta tanda pengenal.
      Mungkin alamat tujuannya kurang jelas jadi tidak dikirim pak pos.

  33. NN says:

    Malam koko/cici,
    Mau tanya nih batas maksimum pembelian yg di kenakan bea masuk 50 usd atau 100 usd ya?

    Saya ada kasus beli 90 usd tp statusnya cetak invoice. Mohon bantuannya.

    Kamsia

    • Herman Tan says:

      Sekarang batas maksimal bebas bea masuk $100.
      Tapi itu sudah termasuk BIAYA KIRIM. Bukan cuma nilai barangnya saja.
      Kalau NN beli kaos $90, biasanya si penjual akan mencantumkan biaya kirim di nota, atau tercantum di label/stempel pengiriman.
      Jika biaya kirimnya > $10, artinya Anda akan kena bea masuk.

  34. Fakhalaksa says:

    Mau tanya …. Kalo pengiriman menggunakan USPS PRIORITY MAIL EXPRESS itu termasuk jenis paket yang apa ya ?

    • Herman Tan says:

      Pertanyaanmu kurang jelas. Yang jelas priority mail itu ada nomor resi yg bisa di track/lacak.

      • Khall says:

        Mau tanya paket saya setatusny ( Your item departed a transfer airport in SOEKARNO-HATTA INTL, JAKARTA, INDONESIA on May 2, 2018 at 11:12 pm. The item is currently in transit to the destination.) dari tanggal 2 sudah di jakarta cmn smpe tanggal 4 ini g ada update status terbaru lg … Apakah memang lama ya ?

        • Khall says:

          Padahal saya pake paket usps yang USPS Priority Mail Express

        • Herman Tan says:

          Yup. Itu artinya paket kiriman Anda sedang dalam pemeriksaan oleh petugas bea cukai. Sabar saja, kadang bisa sampai 1 minggu.

          • Khall says:

            status terakhir EMS saya
            – Pemeriksaan / Customs inspection
            Dan Status trakhir di bea cukai
            – Laporan Telah di Rekam

            Maksd status itu apa ya ?

          • Herman Tan says:

            Sudah berapa lama statusnya tidak berubah seperti itu? Jika sudah lebih dari 3 hari, barangnya mungkin “bermasalah”.

            Biasanya barang2 terlarang. Bukan berarti berisi narkoba atau bahan peledak, namun ada beberapa tipe barang yg tidak bisa di import karena sudah ada suplier/perwakilan resminya, atau harus lewat lisensi khusus. Jika Anda membawa sendiri dalam pesawat, lain ceritanya.

            Pengiriman luar negeri lewat EMS pasti akan berakhir di kantor pos (PT POS INDONESIA). Sebelumnya barang akan singgah dahulu di kantor bea cukai pusat/daerah, sebelum dilanjutkan ke pos. Ada juga yg sistemnya kerja sama, dimana dalam 1 ruangan sudah ada petugas2 terkait dari ke 2 lembaga tersebut. Sehingga waktu untuk keluarnya tidak akan lama, sekalipun barang Anda itu akan kena pajak, karena semua perhitungannya sudah baku/standart.

  35. Junita Riska says:

    Kak, status pengiriman saya di USPS “Your item departed a transfer airport in SOEKARNO-HATTA INTL, JAKARTA, INDONESIA on March 21, 2018 at 5:45 pm. The item is currently in transit to the destination. ” padahal kan udah sampe INA, sampai sekarang 23 Maret tulisannya masih transit? Bukan “Arrival at Inward OE”

    • Herman Tan says:

      Hi Junita,
      Tunggu saja sampai 3 hari, memang seringkali ada keterlambatan dalam menginput data. Apalagi jika ambil paket USPS yang paling murah.
      Kalau masih belum diupdate, kemungkinan barangnya kena tahan pihak bea cukai.

  36. Stepvani says:

    Terima kasih, artikelnya sangat membantu dan bermanfaat 😊 saya mau tanya apa kalau ada status Cetak Invoice / Arrival at Collection Point For Pick-up itu berarti PASTI kena pajak? Terima kasih

    • Herman Tan says:

      Hi Stepvani,
      Status tersebut belum pasti kena pajak bea masuk, karena semua barang yang masuk pasti akan ada keterangan/tahapan cetak invoicenya.
      Namun sudah pasti akan kena biaya pelalubeanan sebesar Rp.20.000,- jika menggunakan Pos Indonesia.
      Jika menggunakan DHL/Fedex, istilahnya “biaya handling”, yang lebih mahal sekitar 50-75 ribu.

  37. Intan says:

    baru beli RC Kit / Remote Control di Rcmart.com Hongkong
    Senilai 162 USD + 44 USD Ekpedisi .

    udah tentu kena pajak dll ya pak?
    kalo kena pajak berapa yg harus di bayar kira2 ?

    • Herman Tan says:

      Hi Intan,
      Ekspedisinya menggunakan kurir apa? DHL, Fedex, atau EMS?
      Kalau seharga itu, nilai FOB nya sudah pasti kena bea masuk.
      Tinggal dihitung saja estimasinya, yakni :

      Nilai pabean : $166 + FREIGHT $44 + ASURANSI (210 x 0,5%) = $211,05 (pembulatan saja ke 210 biar mudah dihitung).
      Pajak BM : Apa jenis barang yang dibelinya. Mainan remot kontrol? Coba cek di halaman BTKI, berapa pajak berjenis mainan. Linknya sudah ada di artikel. Namun contoh saja katakanlah pajaknya 10%, JADI ($210 – $100 (pembebasan bea masuk) x 10% (nilai pajak mainan remot kontrol) = $11

      PPN : ($210 – $100) X 10% = $11
      PPh : ($210 – $100) x 15% = $16,5 Diasumsikan Intan tidak punya NPWP (Non WP).
      PPnBM : 0 (Mainan tidak termasuk kategori Barang Mewah)

      TOTAL = $11 + $11 + $16,5 + $0 = $38,5 (sekitar 519.750 jika pakai kurs 13.500)
      Tambah biaya pelalubeanan/jasa handling, ini tiap kurir bervariasi. Kalau lewat POS Indonesia Rp.20.000,-. Kalau lewat DHL Rp.50.000 s/d Rp.75.000,-

      Kira2 seperti itu model perhitungannya, paling penting itu menentukan berapa nilai pajak BM nya. Untuk ponsel dan baterainya sendiri pajaknya malah 0%.

      Semoga membantu!

      • Mitha says:

        Pak mhn pencerahan ya. Sy br beli replika tas dr china seharga $322,00 free shiping. Kira2 brp pajak yg hrs sy bayar pd saat pengambilan paket? Dan satu lg. Alamat KTP sy berbeda dgn alamat pengiriman. Jika ada pemberitahuan pengambilan paket melalui surat. Biasanya surat tsb dikirim ke alamat pengiriman atau alamat KTP sy ya pak. Mhn bantuannya. Trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: eits, mau ngapain nih?