Inilah 5 Pekerjaan Yang Diminati Orang Asing di Tiongkok

Tidak bisa kita pungkiri bahwa Tiongkok menjadi sebuah Negara yang memiliki kekuatan ekonomi, khususnya di benua Asia. Hal ini yang mendorong pemerintah sana untuk membuka lapangan pekerjaan bagi warga asing yang memiliki keahlian, agar supaya dapat menopang pertumbuhan dan juga perkembangan pembangunan Tiongkok dari berbagai aspek.

Berikut ini beberapa pekerjaan di Tiongkok yang cocok bagi warga negara asing :

1. Guru Bahasa Inggris

Seorang guru asing umumnya mengajar bahasa Inggris di sekolah-sekolah Tiongkok.

Guru bahasa Inggris merupakan salah satu pekerjaan yang paling umum di Tiongkok. Karena merupakan bahasa asing, maka sudah tentu seseorang yang bekerja di sana adalah native speaker, alias penutur asli! Tiongkok memerlukan guru bahasa Inggris bukan hanya di daerah perkotaan, melainkan juga di kawasan pedesaan.

Selain itu, pekerjaan ini juga dibutuhkan baik di sekolah tingkat SMP (初中), SMA (高中), sampai di level universitas (大学) atau di lembaga pembelajaran swasta, seperti tempat les/kursus.

Loading...

Salah satu syarat agar seseorang bisa menjadi guru bahasa Inggris, selain harus memiliki sertifikat TOEFL dengan kualifiksi nilai tertentu, juga harus bergelar S2. Seseorang yang memiliki kualitifkasi tersebut akan berpotensi mendapatkan gaji yang besar, apalagi jika mereka mengajar di sekolah internasional Tiongkok.

Baca juga : Daftar Propinsi Tiongkok

2. Teknologi Informasi (IT)

Orang asing yang menguasai teknologi disambut dengan tangan terbuka di Tiongkok.

Perlu anda ketahui, bahwa dewasa ini di Tiongkok sudah mulai mengembangkan bisnis berbagai teknologi informasi. Berbagai perusahaan kecil sampai skala menengah pun menawarkan peluang kerja yang banyak, khususnya di kawasan pesisir kota bagian selatan, seperti Beijing, Shenzhen, Guangzhou, Shanghai, dan kota-kota lainnya.

Pemerintah Tiongkok memang sudah bertekad untuk mengembangkan industri di bidang teknologi. Maka dari itu, pemerintah membutuhkan seseorang yang mahir dalam bidang teknologi informasi, agar bisa mempercepat pertumbuhan industri tersebut.

Baca juga : Cara Membuat Visa Tiongkok, Cara Mengurus Visa China : 9 Langkah Step by Step!

3. Teknik Maupun Keahlian Khusus

Pekerjaan di bidang minyak dan gas selalu diminati orang asing, karena tawaran gajinya yang umumnya lebih tinggi dibanding pekerjaan lainnya.

Meskipun tidak masuk akal karena di Tiongkok memiliki banyak sekali lulusan insinyur, namun tetap saja pekerjaan sebagai teknik atau keahlian khusus merupakan salah satu pekerjaan untuk warga asing. Hal ini karena pertumbuhan industri yang berjalan begitu cepat sehingga banyak perusahaan membutuhkan seseorang yang benar-benar sudah ahli dalam bidang tersebut.

Beberapa teknik atau keahlian khusus yang diminati Tiongkok, antara lain di bidang perminyakan dan gas (Migas), otomotif, industri berat, maupun juga energi terbarukan. Kemampuan dari para ahli dari luar negeri akan memberikan nilai tambah bagi perusahaan lokal, karena  mereka bisa membagi pengalaman dari luar negeri, yang bisa menambah pengetahuan di bidang tersebut.

Selain itu, kebutuhan akan warga asing juga disebabkan karena beberapa universitas masih belum memiliki jurusan yang benar-benar fokus terhadap bidang-bidang pekerjaan tersebut.

Selain itu, kedatangan para ahli yang datang dari luar negeri akan membantu meningkatkan nilai tambah karena menandakan bahwa perusahaan tersebut telah memiliki pengalaman di luar negeri sehingga bisa menambah kemajuan yang ada dalam bidang tersebut.

Baca juga : Wow! Inilah 10 Universitas Paling Top di Tiongkok!

4. Perdagangan e-commerce dan Industri Kreatif

Pemasaran dan juga industri kreatif juga menjadi salah satu pekerjaan yang cocok bagi warga negara asing untuk bekerja Tiongkok. Pekerjaan ini berkaitan dengan desain grafis dan e-commerce,  yang saat ini diketahui sedang berkembang pesat di Tiongkok.

Baca juga : Mahasiswa Asing di Tiongkok Sekarang Bisa Bekerja Part Time!

Loading...

5. Penulis, Editor, dan Jurnalis Bahasa Inggris

Seorang wartawan asing cukup diminati perusahaan-perusahaan media Tiongkok.

Bagi seseorang yang memiliki keahlian dan pengalaman di bidang ini, tentu disarankan untuk segera mendaftarkan diri.

Seperti yang kita tahu bahwa di kota-kota besar Tiongkok, seperti Beijing, Guangzhou, Shenzhen, Shanghai, Hangzhou, Wuhan, dan sebagainya, yang terdapat banyak TV, radio, koran, majalah, maupun juga portal berita online yang menggunakan bahasa Inggris, dan telah dibaca oleh masyarakat dari berbagai belahan dunia.

Perusahaan-perusahaan media Tiongkok tersebut memerlukan penulis, editor dan jurnalis asing yang berkualifikasi native speaker (penutur asli), agar kualitas berita, informasi, atau konten artikel yang mereka buat, benar-benar bisa dipahami dengan baik oleh masyarakat luar (asing). Dengan bekerja di bidang ini, maka pengalaman dan jaringan Anda juga akan semakin luas.

Demikian penjelasan mengenai pekerjaan di Tiongkok yang cocok bagi warga negara asing. Jika tertarik, silahkan datang dan ajukan lamaran Anda.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *