Marga Feng (Hanzi sederhana : 冯, tradisional : 馮), atau Pang (dialek Hokkian), Fung (dialek Kanton), merupakan salah satu marga Tionghoa. Menurut Daftar Urutan Marga Tiongkok, marga Feng berada di peringkat ke-27 yang paling banyak digunakan masyarakat Tiongkok.

Sementara dalam Buku Ratusan Marga Tionghoa, Bai Jia Xing (百家姓), marga Feng ada di urutan ke-9.

Karakter huruf Feng (馮) sendiri terdiri dari 2 karakter, yaitu karakter Kuda (馬; Ma) dan awalan karakter Es (冰; Bing), dimana 2 stroke/garis di kiri dimaksudkan untuk menunjukkan “kecepatan” atau “derap langkah kuda”.

Penulisan ejaan lain untuk Marga Feng

♦ Dalam bahasa/dialek Hokkian dan Tiochiu, marga Feng disebut “Pang”, atau “Phang”.
♦ Dalam bahasa/dialek Kanton dan Hakka, marga Feng disebut “Fung”, “Fong”.

Asal Usul Marga Feng

Menurut catatan sejarah, Marga Feng berasal dari marga Ji, dan telah ada sejak zaman Dinasti Zhou (abad 11 SM).

Asal-usul marga Feng berasal dari anak laki-laki ke-15 dari Raja Zhou Wen Wang (周文王), yang bernama Ji Gao (姬高). Beliau kemudian menjadi Adipati Gao dari Bi, yang bergelar Bi Gong Gao (毕公高),

Ia dihadiahkan wilayah Bi, yang selanjutnya berkuasa di kota Feng 馮 (sekarang kabupaten Ying-yang, propinsi Henan). Keturunan dari Bi Gong Gao pun kemudian mengambil nama kota sebagai marga mereka.

Bi Gong Gao (毕公高) memiliki seorang keturunan yang bernama Bi Wan (毕万), seorang tabib terkenal dari Negara Jin (~1100 – 376 SM). Keturunan dari Bi Wan diberi wilayah Feng, sehingga Feng dipergunakan sebagai nama marga. Mereka merupakan leluhur2 orang bermarga Feng yang pertama.

Kemudian ketika Periode Musim Semi dan Gugur (770-476 SM), ada seseorang yang bermarga Gui, yang menjadi pejabat di Negara Zheng. Karena dihadiahkan wilayah Feng (di Henan), maka dia pun mengganti marganya menjadi Feng. Dia kemudian dikenal dengan nama Feng Jianze, dan keturunan2 nya kemudian mengikuti marganya.

Tokoh-tokoh Marga Feng Yang Terkenal 

1. Feng Menglong (冯梦龙; 1574 – 1645) : Seorang penulis, penyair, dan sastrawan dari Dinasti Ming.

2. Feng Yuxiang (冯玉祥; 1882 – 1948) : Merupakan seorang Jenderal terkenal dalam perang melawan Jepang, dan pernah menjabat sebagai gubernur Henan di masa Republik Tiongkok yang pertama (1912 – 1949).

3. Mari Elka Pangestu (冯慧兰; Feng Huilan; Pang Hoei Lan; born 1956) : Merupakan Menteri perdagangan Indonesia ke-26 (2004-2011), dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia ke-10 (2011-2014). Beliau adalah wanita beretnis Tionghoa pertama yang memegang jabatan sebagai Menteri di Indonesia.

Baca Juga :  Sekilas Mengenai Marga Zhou 周 (Chow, Chew, Cho)

4. Feng Laijin (1922 – 1986) : Pang Lay Kim, atau Yusuf Elka Pangestu, merupakan ayah kandung dari Mari Elka Pangestu. Beliau adalah ahli ekonom, dosen, pengusaha, penulis, dan peneliti ekonomi di Indonesia. Sepanjang hidupnya, beliau banyak berkecimpung di dunia pendidikan, dan merupakan sosok yang tidak bisa dilepaskan dari perkembangan ekonomi di Indonesia, melalui pemikiran2 dan tulisannya.

By Herman Tan

One Smile Return to the East. Follow @tionghoainfo untuk info2 terbaru. PLAGIAT KONTEN bermodal COPY PASTE adalah tindakan yang tidak terpuji.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Jangan jadi penulis dengkulan, yg bermodal Copas artikel Tionghoa.INFO!