Tahun Baru Imlek (春节; Chunjie), atau Festival Musim Semi merupakan perayaan terpenting masyarakat Tiongkok dan perantauannya diseluruh dunia, termasuk keturunan Tionghoa di Indonesia (nomor 2 setelah Festival musim gugur). Festival Imlek juga merupakan waktu libur terpanjang masyarakat disana.

Tahun Baru Imlek tahun 2022 sendiri akan jatuh pada Selasa, 01 Februari 2022, sekaligus menjadi penanda dimulainya tahun Macan (unsur air). Di Tiongkok, perayaan Imlek sendiri merupakan hari libur nasional, dimulai sejak 29 Januari 2022 s/d 6 Februari 2022.

Sepasang untaian bait sajak diletakkan di kedua sisi pintu.

Festival Imlek sendiri memiliki sejarah lebih dari 3000 tahun! Dulunya perayaan ini lebih kental dengan penyembahan kuno pada langit dan bumi. Selama berabad2, tradisi baru bertambah, dan perayaan menjadi lebih tertuju pada hiburan.

A. Kapan Tahun Baru Imlek Dirayakan?

Setiap tahun, hari Imlek sendiri memiliki tanggal yang bervariasi, namun selalu jatuh di bulan Januari atau Februari; yaitu pada 21 Januari hingga 20 Februari. Di Tiongkok, perayaan Imlek sendiri dijadikan sebagai libur nasional selama ±7-10 hari!

Baca juga : Perhitungan Bulan Lun  (Lun Gwee) Pada Kalender Imlek

B. Tahun 2022 : Tahunnya Macan Air

Zodiak Tiongkok memberi setiap tahun tanda binatang.

Dalam astrologi Tiongkok terdapat 12 shio, yang setiap tahunnya dilambangkan dengan 1 shio. Menurut legenda, dikisahkan bahwa konon sewaktu sang Buddha memanggil semua binatang datang kepada Nya, hanya 12 ekor binatang yang menghadap.

Oleh karena itu ke-12 binatang inilah yang kemudian dijadikan lambang shio. Setiap shio dihubungkan dengan unsur elemen, yang setiap 2 tahun sekali akan ikut berganti (logam, air, kayu, api, tanah).

♦ 2022 : Merupakan tahun Macan air, akan dimulai pada 01 Februari 2022 s/d 21 Januari 2023.
♦ 2023 : Tahun Kelinci air, akan dimulai pada 22 Januari 2023 s/d 9 Februari 2024.
♦ 2024 : Tahun Naga kayu, akan dimulai pada 10 Februari 2024 s/d 28 Januari 2025.

Setiap tahun, selalu ada 4 shio Ciong (shio yang kurang beruntung), dan 4 shio Hoki (shio yang akan beruntung. Apakah shio pembaca termasuk ke dalam ciong atau shio hoki di tahun ini? Simak artikel ekslusif kami berikut.

Baca jugaShio 2022, Ini Ramalan Peruntungan 12 Shio Lengkap di Tahun Macan Air

C. Perayaan Tahun Baru Imlek – 4 Hal Yang Utama

Saat Tahun Baru Imlek, orang2 umumnya akan melakukan 4 hal ini :

1) memasang dekorasi,
2) mengadakan makan malam bersama keluarga inti pada malam tahun baru,
3) menyalakan kembang api pada malam tahun baru,
dan 4) memberikan angpau dan atau hadiah lainnya pada saat hari tahun baru Imlek.

Baca Juga :  Inilah Nominal Yang Harus Kamu Kasih Buat Angpao

Sebagian orang akan menyempatkan diri ke kelenteng untuk bersembahyang; dimana sebagian kelenteng biasanya akan menampilkan pertunjukkan barongsai dan naga.

1. Dekorasi Tahun Baru Imlek : Semua Serba Merah

Dekorasi merah, hadiah yg terbungkus merah, dan pakaian merah, ada di mana2 saat tahun baru Imlek.

Di Tiongkok, setiap jalan, bangunan, dan rumah akan dihias dengan nuansa serba merah. Sementara di Indonesia, umumnya hanya di mall2 milik etnis Tionghoa saja yang mendekorasinya; atau paling banter di kawasan pecinan. Merah merupakan warna utama pada festival Imlek, dan dipercaya sebagai warna keberuntungan.

Lentera merah digantung di jalanan, sepasang untaian bait sajak diletakkan di kedua sisi pintu, gedung perkantoran dan bank mendekorasi bangunannya masing2 dengan aneka hiasan tahun baru yang menggambarkan kemakmuran.

Kegiatan mendekorasi biasanya dilakukan masyarakat Tionghoa sejak sebulan sebelum perayaan tahun baru Imlek berlangsung.

Karena 2022 merupakan tahun macan, maka dekorasi yang berhubungan dengan macan akan umum dilihat; seperti boneka mcan merah untuk anak2, atau lukisan2 tahun baru Imlek berlatar gambar macan.

Baca jugaInilah 7 Dekorasi Untuk Tahun Baru Imlek

2. Perayaan Tahun Baru Imlek : Waktunya  “Quality Time” Bersama Keluarga

Makan malam tahun baru Imlek memiliki banyak hidangan yang bermakna.

Tahun Baru Imlek merupakan waktu untuk keluarga berkumpul. Dimana pun mereka berada, sejauh apapun mereka dari rumah, orang2 akan berharap agar bisa pulang ke rumah, untuk merayakan festival tersebut dengan keluarga inti mereka.

Makan malam perayaan tahun baru Imlek disebut sebagai makan malam reuni, dan dipercaya merupakan makanan yang paling penting dalam setahun.

Masyarakat Tionghoa memiliki kebiasaan untuk tetap terjaga pada malam Imlek untuk menyambut kedatangan hari pertama di tahun yang baru.

Di Tiongkok sendiri, setelah makan malam reuni, seluruh anggota keluarga umumnya duduk bersama untuk melihat gala festival musim semi di channel CCTV; merupakan acara TV yang paling banyak ditonton di Tiongkok saat malam Imlek.

Pada waktu yang bersamaan, kebanyakan orang mengirimkan pesan singkat dan angpau merah lewat aplikasi WeChat (e-money) kepada para kerabat.

3. Petasan dan Kembang Api Pada Tahun Baru Imlek

Orang2 akan berkumpul untuk menyaksikan pesta kembang api saat malam tahun baru Imlek.

Hal ini merupakan tradisi yang telah berjalan lama, yaitu memasang petasan pembuka (yang bentuknya mirip untaian rantai, dibungkus kertas warna merah) saat detik pertama di tahun baru, lalu kembang api mulai dinyalakan terus pada tengah keramaian.

Namun di kota2 besar Tiongkok sendiri sudah melarang, atau setidaknya mengurangi aktivitas ini, karena dianggap mencemari lingkungan dan menyebabkan polusi udara.

Sebagai gantinya, mereka memusatkan perayaan tahun baru di satu tempat, dengan jumlah kembang api yg terbatas, atau menggantinya dengan “kembang api elektronik”.

Baca Juga :  Tradisi Pernikahan Tionghoa

Baca jugaPetasan, Salah Satu Temuan Terbesar Bangsa China

4. Hadiah Tahun Baru Imlek : Angpau!

Di Indonesia, sebagian masyarakat Tionghoa bertameng agama, untuk menghindari kewajiban ini. Pernahkan pembaca meyaksikannya?

Seperti pada saat Natal di negara yang lain, orang bertukar kado juga saat festival musim semi. Di area pedesaan dan untuk orang yang lebih tua tradisi memberikan hadiah tahun baru sangat kuat, tetapi generasi muda yang memilih menerima angpau meningkat (secara langsung maupun elektronik).

Hadiah tahun baru yang paling umum merupakan angpau. Angpau memiliki uang di dalamnya, dan dipercaya memiliki keberuntungan karena berwarna merah. Angpau ini diberikan pada anak2 dan pensiunan. Umumnya hanya majikan yang memberikan angpau pada pekerja dewasa. Lihat lebih pada angpau.

Baca juga : Inilah Nominal Yang Harus Kamu Kasih Buat Angpau

D. Panduan Praktis Hari ke Hari Untuk Tahun Baru Imlek di Tiongkok

Di Tiongkok, institusi swasta dan lembaga publik umumnya memiliki 7 hari libur selama perayaan Imlek. Tetapi  beberapa bagian yg membutuhkan pelayanan publik umumnya akan tetap memiliki beberapa staf yang bekerja sift.

Bagaimanapun juga, kebanyakan mall besar, tempat atraksi turis, transportasi publik, hotel, dan restoran akan buka seperti biasanya.

H-15 s/d hari H-2 (Menjelang Imlek) : Dekorasi jalan, bersih2 lingkungan, belanja, libur sekloah dari 26 Januari = Transport sangat sibuk. Terdapat even / bazar akhir tahun.

H-1 (Malam tahun baru Imlek) : Dekorasi rumah, makan malam bersama family, sembahyang ke kuil lokal, atraksi kembang api = Transportasi lebih lengang, tetapi secara lokal tetap sibuk. Kebanyakan toko akan tutup pada sore hari, bisnis juga tutup.

Hari-H (Tahun Baru Imlek) : Kembang api dimana2, hadiah keluarga, angpau, ucapan selamat = Transportasi cukup lengang. Tidak ada kantor atau bank yang buka, hanya mall2 besar saja.

H+1 : Mengunjungi teman dekat dan kerabat, jamuan makan untuk tamu = Transportasi masih lengang, Kebanyakan kantor pemerintahan tutup, hanya mall besar yang buka, tempat2 wisata penuh sesak wisatawan.

H+2 : Mengunjungi teman dan kerabat di kota lain, atau teman dan keluarga di desa terdekat = Transportasi lokal cukup sibuk. Servis bank atau pemerintahan dilakukan terbatas, dan hanya mall besar yang buka.

H+3 & 4 : Mengunjungi teman dan kerabat, atau santai bepergian ke tempat wisata bersama family, sebagian orang mulai kembali bekerja. Transportasi mulai meningkat padat, puncak arus balik, aktivitas kota kembali normal. Servis pemerintah dan bank dilakukan terbatas, beberapa toko pribadi mulai buka kembali.

H+5 : Periode libur nasional berakhir. Masyarakat Tiongkok bersiap kembali bekerja di kantor2 dan lapangan. Transportasi menjadi sangat sibuk karena puncak arus balik, dan lebih banyak masyrarakat kota yang kembali. Beberapa bisnis mulai buka sehari lebih awal.

Baca Juga :  5 Tradisi Etnis Tionghoa Dalam Menyambut Imlek

H+6 : Kehidupan kembali normal, sekolah buka kembali, namun dekorasi imlek tetap dipertahankan hingga festival lampion (cap go meh) pada 19 Februari = Transportasi normal berangsur2 padat. Aktivitas usaha dan bisnis normal kembali.

Baca juga : Inilah Kegiatan Harian Warga Tionghoa, Menjelang Hari Raya Imlek Hingga Perayaan Cap Go Meh

E. Mitos Tahun Baru Imlek : Hal yang Dapat dan yang Tidak Dapat Dilakukan

Lentera lampion Imlek dengan tempelan karakter hanzi 福 (Fu) yang artinya berkah/rezeki.

Pada jaman dulu, masyarakat Tionghoa percaya bahwa kejadian di awal tahun akan mempengaruhi perjalanan nasib di sepanjang tahun.

Jadi festival Imlek merupakan hari dimana Anda harus tampil sesempurna mungkin, tanpa membuat kesalahan yg bisa mengundang kesialan.

Hal Yang Paling Menguntungkan Dilakukan Pada Tahun Baru Imlek :

1. Memberikan angpau merah atau hadiah lainnya yg dikemas dalam kotak kemasan merah, disertai dengan ucapan keberuntungan Gongxi Fachai/Kionghie.
2. Memakan makanan keberuntungan, seperti ikan.

3. Menyalakan petasan dan kembang api untuk mengusir hantu, dan dipercaya akan membawa keberuntungan yang baik.

Hal Yang Tidak Menguntungkan Dilakukan Pada Tahun Baru Imlek :

1. Mengalami kecelakaan, terutama jika sampai harus ke rumah sakit, tangisan dan perpecahan, seluruhnya merupakan pertanda buruk.
2. Memberikan hadiah dengan arti yang tidak menguntungkan, warna gelap, atau angka 4, bahkan mengucapkan kata2 yg membawa sial.

3 Jangan menyapu di hari tahun baru, atau seluruh keberuntungan Anda akan ikut tersapu!

Baca juga13 Pantangan dalam merayakan Tahun Baru Imlek

F. Makanan Tahun Baru Imlek

Ikan adalah suatu keharusan untuk makan malam tahun baru Imlek.

Makanan untuk tahun baru lebih menekankan pada simbol keberuntungan, seperti misalnya ikan (鱼; yú), yang terdengar seperti ucapan “berlebih”.

Di daratan tengah Tiongkok, ikan dianggap sebagai makanan spesial karena langka (letak geografis). Makanan spesial tahun baru Imlek  lainnya yaitu kue keranjang (年糕; Niángāo).

Baca juga7 Hidangan Wajib di Tahun Baru Imlek : Hidangan Keberuntungan dan Maknanya

G. Ragam Ucapan Tahun Baru Imlek

Salah satu ucapan tradisional yang paling terkenal untuk tahun baru Imlek adalah bahasa 恭喜发财 (Gōngxǐ fācái; kanton : Kunghei Fatchoi), yang artinya ‘berbahagia dan mendapatkan rezeki yang banyak’.

Pssttt… Gunakan ungkapan ini pada saat menerima hadiah atau angpau 🙂

Ucapan2 Selamat Imlek yang lainnyaInilah Ucapan Salam Tahun Baru Imlek, Ungkapan Keberuntungan dan Maknanya

Festival sering dianggap sebagai cara memamerkan kekayaan budaya. Namun dibalik kemewahannya, ada tanggung jawab untuk mewariskan tradisi ini …

By Herman Tan

One Smile Return to the East. Follow @tionghoainfo untuk info2 terbaru. PLAGIAT KONTEN bermodal COPY PASTE adalah tindakan yang tidak terpuji.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Jangan jadi penulis dengkulan, yg bermodal Copas artikel Tionghoa.INFO!